Mengapa Mereka Sukses

“Saya tidak gagal, tetapi menemukan 9994 cara yang salah dan hanya satu cara yang berhasil. Saya pasti akan sukses karena telah kehabisan percobaan yang gagal.”

Itulah kalimat yang diucapkan oleh Thomas Alfa Edison, ketika ditanya, bagaimana ia bisa bertahan setelah ribuan kali gagal. Penemu bola lampu dan pendiri perusahaan kelas dunia, General Electric ini telah membuktikan ucapan, ketabahan, semangat dan tekadnya yang tidak pernah mengenal kata menyerah dan kemampuan bangkit kembali untuk kesekian kalinya setelah gagal. Kegigihan Thomas Alfa Edison telah dibuktikan dengan kegemilangannya memberi kita penerangan diwaktu gelap dengan cahaya listrik. Terbayangkan malam tanpa penerangan dari yang namanya boghlam dan sejenisnya itu, setan gentayangan dimana-mana dan pake acara penampakan segala, hihihi…

So, berapa kali saya gagal tidak jadi soal. Kata Valentino Dinsi dalam bukunya “Jangan Mau Seumur Hidup Jadi Orang Gajian,” yang penting kemampuan untuk bangkit kembali setiap kali jatuh. Katanya seseorang yang mampu bangkit kembali setelah jatuh, tidak akan putus asa. Menyedihkan jika ada orang yang baru dua kali gagal memilih untuk menetap ditempat kegagalannya. Dan ketahuilah alris, bahwa begitu banyak orang yang berhasil membuat temuan mengagumkan adalah karena kegigihan dan bangkit kembali setelah terjatuh. Charles Goodyear yang tekun membuahkan ban yang memungkinkan kendaraan melaju kencang dan kecepatan mobil balap F1 setara pesawat jet. Ketabahan Wright bersaudara berhasil menciptakan pesawat terbang yang bisa membuat penyanyi Elton John sarapan pagi di Paris dan makan siang di New York. Bethoven mengisi dunia dengan musik yang inspiratif dan bahkan musik ciptaan dia bisa dijadikan salah satu terapi untuk kesehatan. Ketegaran Helen Keller memberikan harapan kepada semua orang cacat.Ternyata kesuksesan itu butuh passion dan persistence. Itu sudah dibuktikan oleh Bp. Alfi Hendri pemilik http://tandike.com yang selama empat tahun merugi. Pak Alfi bisa bertahan dan akhirnya berjaya dengan menjadi distributor resmi 14 merk outdoor equipment dan safety equipment dari berbagai negara karena punya passion dan persistence. Dan dalam masa krisis ini Beliau sudah mendapatkan sebuah mobil Hummer dari bonus yang diberikan oleh perusahaan prinsipal di mana dia menjadi agen tunggal produk tersebut di Indonesia. Really, really smart. Bonus mobil itu menurut saya hanyalah salah satu buah gairah dan kegigihan dia berbisnis. Jangan lihat puncak gunung es keberhasilannya, tapi perlu saya pelajari dan ambil hikmahnya : sukses itu butuh proses.

Tanpa kegigihan, ketabahan dan semangat pantang menyerah penemu mobil tidak akan mungkin saya bisa pergi-pulang ke Karawang dalam waktu hitungan jam. Kalo tidak ada temuan jenius dari Gottlieb Wilhelm Daimler dan Carl Friedrich Benz sampai beberapa ratus tahun bahkan bisa jadi sampai hari ini mungkin kita masih menggunakan angkutan pedati, -seperti foto yang saya ambil tiga tahun lalu di daerah Binuang, Kalimantan Selatan- untuk mobiliasasi barang dan orang. Tentu makan waktu berjam-jam, bahkan bisa dalam hitungan hari menempuh perjalanan pergi pulang untuk jarak puluhan kilometer.

12-18-2006-3-19-55-pm1

Dengan penemuan yang hebat jarak Jakarta – Karawang dengan menggunakan bus bisa saya tempuh kurang dari satu jam. Berkat kegigihan seorang penemu mesin ATM, telepon selular dan teknologi telekomunikasi saya bahkan bisa mencheck saldo tabungan disalah bank plat merah sambil beol di wc umum di depan UKI Cawang beberapa hari yang lalu. Berkat semangat tidak kenal kata menyerah, bangkit lagi, bangkit lagi dan bangkit lagi akhirnya para penemu menuai kesuksesan. Banyak orang juga sukses bukan sebagai penemu, tapi memberikan hal yang berbeda atas temuan orang lain. Bangsa Jepang begitu sangat pandai memberikan nilai tambah pada sebuah mobil. Jadilah mereka menguasai pasaran mobil dunia, padahal mereka bukan bangsa penemu mobil. Kata Pak Tridjoko di blognya ada adagium “ilmu ditemukan di Eropa, dikembangkan di Amerika, dibuat produknya di Jepang, dan dipakai oleh orang Indonesia.” Jadi kalau adagium itu benar, konsekuensi logisnya Eropa hanya menemukan teori saja, tapi yang membuatnya menjadi “competitive advantage” orang Amerika, tapi orang Eropa dan Amerika kalah karena in the end of the day yang membuat dan menjual produknya ke pasaran adalah orang Jepang. Maka sebagaimana yang kita lihat hari ini bangsa Jepang menuai keberhasilan secara ekonomi dengan ketekunan dan kegigihan mereka.

Posting kali ini sebenarnya adalah untuk membangkitkan kembali semangat untuk bangkit lagi. Sebagai seorang unemployment saya sering dilanda idleness. Untuk melawan kemalasan mungkin tiap orang punya tips dan cara sendiri untuk melakukannya. Kalo cara saya salah satunya dengan membaca buku, sharing menimba ilmu dengan orang yang sudah berhasil, juga kalo sempat ke warnet browsing internet liat situs-situs yang asyik. Asyik bukan pornografi, lho. Karena sekarang semakin canggih warnet untuk melindungi konsumennya dari pengaruh negatif porno dengan memblok situs-situs porno, salut. Blusukan kemana aja yang bisa menimbulkan passion juga sangat bermanfaat, bisa ke pasar, ,mengunjungi sentra produksi, ke mall -kalo yang ini sudah jarang banget dilakukan- dan tempat lainnya yang bermanfaat. Asal jangan ke lapangan sepakbola yang lagi ada caleg kampanye, kalo itu mah cuma dapat hiburan nyanyi dangdut dan janji-janji caleg yang belum tentu dia ingat apalagi ditepati kalo dia terpilih jadi anggota dewan legislatif.

Kalo baru sekali dua kali gagal dan gak berani bangkit lagi, saya merasa begitu cemen setelah membuat posting ini. So, what gitu lho. Ayo bangkit Alris, semangat. Ingat anak dan istri-mu juga tidak akan nolak kalo diberi bonus mobil Mercy seri C 230 Avantgarde AMG. *sambil membayangkan nyetir mobil Mercy di jalan tol jagorawi menuju Puncak, wekekeke…*

67 Tanggapan to “Mengapa Mereka Sukses”

  1. phiy Says:

    iya beneur, kita musti bangkit lagi kalo dah gagal, jangan terlalu lama menyesali kegagalan :]

    @ phiy
    Saya ingat kata Billi PS Liem “orang tenggelam itu karena dia tidak bergerak ke tempat lain.” Saya gak mau tenggelam.

  2. Ersis Warmansyah Abbas Says:

    Orang gagal adalah yang memikirkan ketidaksuksesan sembari melupak kesuksesan. Artinya, yang disimpan yang berhasil … gagal lupakan, dan atau, ambil pelajarannya untuk sukses. Yap, bunuh malas

    @ Ersis Warmansyah Abbas
    Ok, setuju. Semoga saya bisa mempraktekannya.

  3. vaepink Says:

    Aku suka dengan kata-kata yang ini…
    “Sukses itu butuh proses”
    Yap bener banget, semua tidak bisa didapat dengan mudah (instan) dan jika kita ingin menikmati kesuksesan itu maka lakukan dengan kesabaran dan usaha terutama do’a😉

    @ vaepink
    Kalo mau instan tinggal masak mie, atau kalo ke mall pesen junk food. Both not healthy.
    Kalo pengen sukses, ya, butuh pengorbanan, pantang menyerah, dan kerja pintar. Ssssst, ini kata yang udah sukses, lho. Sebab banyak yang kerja keras tapi gak sukses.

  4. Siti Fatimah Ahmad Says:

    Begitu asyik membaca artikel tulisan saudara.Hebat dan penuh semangat. Bahasa yang mudah difahami dan sangat memberi daya motivasi yang tinggi buat saya juga sesiapa yang inginkan peningkatan diri. Malah saya sendiri sering menjadikan kegagalan sebagaia satu faktor untuk bangun lebih berjaya dari sebelumnya.

    Ternyata oran-orang yang berjaya adalah mereka yang pernah gagal sebelumnya. Kerana kegagalan itu menjadikan kita sedar dan belajar serta terus belajar untuk mencapai kejeyaan yang lebih gemilang. Salam hormat dan mesra selalu dari UKM,Bangi, Malaysia.

    @ Siti Fatimah Ahmad
    Saya merasa tersanjung atas komentar mba Siti. Padahal saya ini orang biasa saja. Baru belajar menulis.

  5. mrpall Says:

    sejuta jaln menuju roma…patah satu tumbuh seribu emang ga boleh patah semangat tuk menuju keberhasilan dan banyak rintangan..musti dilalui dengan hati tulus…salammm

    @ mrpall
    Iya betul sekali. Salam lagi.

  6. audy Says:

    Bener banget…walo kadang ga gampang buat bangkit lagi, tapi selama kita punya niat yang kuat dari dalam hati, kita pasti bisa bangkit…perlu juga d baca tulisan2 yang memberi kita inspirasi kayak ini…thanks yaaah….

    @ audy
    Makasih juga.

  7. audy Says:

    komen saya masuk ga mas? soalnya sering ni, saya dah komen taunya ga masuk, hiks..ga taw napa…

    @ audy
    Masuk nih, situ kerasa gak waktu dimasukin, wekekeke….

  8. imoe Says:

    bener sekali, kita dia nugerahi otak dan alam yang luas ini agar kita mampu mengeksplorasinya sehingga tetap semanagt sekalipun kegagalan muncul…Tetap semangatttt

    @ imoe
    Karena kita diotaki oleh orang asing akhirnya kekayaan alam kita banyak yang dieksplorasi untuk kemakmuran mereka. Kita tetep aja jadi jongos di negeri sendiri. Semangat terusssss

  9. nyurian Says:

    wow,
    kereeen….
    hidup BOSSS!!!
    he..he..he..

    @ nyurian
    Hidup terus boss, semangat.

  10. atca Says:

    setuju banget….yhanks for sharenya…jadi tambah semangat nih..
    makasih jg sudah berkunjung keblogku yahh

    @ atca
    Iya saya juga nambah semangat.

  11. aLe Says:

    Sepakat,
    Semangat untuk kita semua,
    Btw, dah tahu CafeBisnis?
    Lumayan buat tambahan belanja anak istri,
    Ilmunya jg bermanfaat untuk bLogger,
    Ini link nya : CafeBisnis.Com
    Jika berkenan silahkan dhkunjungi,
    Dan dipelajari😉
    Terima kasih.,

    @ aLe
    Ok, langsung aku liat.

  12. ayay Says:

    postingan yg inspiratif..pas buat sy yg lagi dalam BT abies dan Jenuh dgn pekerjaan,,,

    @ ayay
    Kalo masih kerja gak usah bete berikan aja yang terbaik. Coba kalo udah nganggur kayak saya…

  13. tutuko Says:

    salam kenal. sebuah perenungan yang bagus.kunjungi juga blog saya karena saya menulis kata-kata yg insyaAllah bermanfaat.

    @ tutuko
    Langsung meluncur.

  14. macangadungan Says:

    ya… quote di awal postingan adalah suatu hal yg gue yakini selama ini🙂 sejauh ini gue ga takut dan ga malu untuk gagal.

    @ macangadungan
    Harus begitu, jangan takut.

  15. p u a k Says:

    Daku juga pernah patah semangat gitu da.
    Tapi kadang ada saja yang ngingetin supaya tetap semangat.
    Kalau hidup tanpa pengharapan, maka mati.
    Jadi..tetap semangat ya..!!

    @ p u a k
    Iya ya, minimal ada mimpi yang harus diwujudkan.

  16. senny Says:

    gagal itu ada krn Tuhan tau kita blm siap untuk berhasil

    @ senny
    Mungkin juga.

  17. advintro Says:

    dari semua nama yang muncul, kalimat pak THOMAS A. E. yang paling inspiratif yang pernah aku dengar

    @ advintro
    Oh, begitu.

  18. chee11 Says:

    hanya mo bilang…merugilah orang2 yg ga baca blog alris…
    TOP BANGET….

    @ chee11
    Hidung saya kembang-kempis, kantong juga, hehehe…

  19. annosmile Says:

    menambah semangat saya mas, makasih

    @ annosmile
    Makasih juga udah mampir.

  20. genial Says:

    coba sekali lagi, karena mungkin Tuhan memberi di jalan yg sekali yg gk kita sangka2 itu …

    @ genial
    Selalu akan saya coba.

  21. syafwan Says:

    Bener kata edison. Gagal itu pasti jengah untuk datang

    @ syafwan
    Iyalah, kalo gagalnya udah habis tinggal memetik sukses.

  22. fanny Says:

    kegagalan itu hya sukses yg tertunda lho.

    @ fanny
    Mudah-mudahan begitu.

  23. Fuad Says:

    kita akan terus merasa jadi pecundang, apabila kita slalu berkiblat pada kesedihan yang kemaren, tuangkan sebuah risau dan keluh kesahmu pada sebuah kertas dan buang kertas tersebut sejauh mungkin dan segera tulis didalam fikiran apa2 keberhasilan yang telah kamu rauh, mungkin bisa jadi obat penawar. susah emang saya sampai sekarang masih terkungkung oleh itu semua dan masih terus belajar dan belajar.

    @ Fuad
    Muantab, ambo satuju.

  24. Ria Says:

    semangatttttttt!!!!
    kalao tetep berusaha pasti akan ada jalan yang pastinya lebih oke menunggu di depan…anggep aja kegagalan bagaian yg sudah terencana…karena tanpa kegagalan mungkin blom bisa berhasil…
    Semangat…

    @ Ria
    Yoi, terus semangat bro.

  25. ichanx Says:

    tetep semangat bro! semoga sukses yak

    @ ichanx
    Makasih bro San.
    😀

  26. ceritapenulis Says:

    Aq minta Sapinya ya???? hehehehehehe

    @ ceritapenulis
    Silahkan….

  27. dyahayu Says:

    he..he.. aku kok jadi tersindir ya..tapi itu sudah berlalu dan sekarang saatnya bangkit dari keterpurukan.
    dan yang paling membuat orang enggan dan suka ga’sabar itu PROSES. padahal proses itulah yang mendewasakan kita dalam segala hal.
    terus berkarya..sukses

    @ dyahayu
    Amin. Sukses juga buat kamu.

  28. maskoko Says:

    Mereka sukses karena mereka punya semangat… ayo semangat !!!

    @ maskoko
    Makasih mas. Tetep semangat.

  29. Yenni Says:

    Never give up!🙂

    @ Yenni
    Bangun terus….

  30. Chris Says:

    Majooo terusss.. pantang mundur..😀😀

    @ Chris
    Ayooo…

  31. anny Says:

    Kegagalan bisa jadi cambuk untuk berbuat yg lebih baik😀
    Yang penting Yakin dan Semangat !!!!

    @ anny
    Ok, semangat.

  32. boyin Says:

    Semangat dan munculkan selalu semangat itu..jangan pernah padam! sukses bro!

    @ boyin
    Makasih, mas boy.

  33. tutuko Says:

    apa kabar?

    @ tutuko
    Kabar baik. Udah saya kirim, maaf terlambat, kemaren saya di kampung.

  34. uni Says:

    Zemangat pagi sahabat, terimkasih ya sudah diingatkan ^_^
    gagal bukan berarti hidup kita hancur, gagal juga suatu proses belajar yg luar biasa😀

    @ uni
    Betul, gagal bukan berarti dunia kiamat. *juga buat caleg gagal…*

  35. Balisugar Says:

    Tulisan ini sebuah penyemangat, bahwa kegagalan bukanlan suatu akhir :smile Salam

    @ Balisugar
    Salam balik bro.

  36. deeedeee Says:

    Hebat semangatnya, Mas…
    bahkan dikatakan dari 10 pintu rejeki, 9 diantaranya dari berniaga, berwirausaha…!
    Tetep semangat ya, Mas… Jadikan mimpi sebagai acuan..!
    Kagum saya baca tulisannya🙂

    @ deeedeee
    Banyak saya baca kisah, tidak sedikit sukses yang dimulai dari mimpi. Tentu mimpi yang harus diwujudkan.

  37. marshmallow Says:

    konon semangat adalah modal utama.
    tanpa semangat, tak kan ada gairah untuk berusaha.
    kalau sudah tak bergairah, peluang besar di depan mata pun tak bakal dianggap.
    mudah-mudahan da alris tak hanya berhasil menyemangati diri sendiri, namun pula menularkannya kepada semua pembaca.

    @ marshmallow
    Semoga, amin.

  38. soyjoy76 Says:

    Luar biasa semangatnya Bro…
    Apalagi kalau dah punya tanggung jawab sama isteri dan anak, semangatnya harus dilipatgandakan. Sukses ya..

    @ soyjoy76
    Amin. Sukses juga buat kamu bro.

  39. omiyan Says:

    belajar dengan orang sukses emang bagus…

    @ omiyan
    Betul…mereka dulu juga pasti pernah gagal.

  40. lescaboma Says:

    katanya, kegagalan itu emang merupakan keberhasilan yang tertunda.
    tetap semangat!!!😉

    @ lescaboma
    Pasti, asal tetap bangkit lagi.

  41. genthokelir Says:

    sukses itu karena gagal yang sudah di biasakan hahahaha semangat dan ayo bareng sukses

    @ genthokelir
    Wah omongan sampeyan sudah terbukti. Saya harus banyak belajar dari suhu nih.

  42. diajeng Says:

    kesuksesan itu berbeda dari masing2 orang…tergantung keikhlasan kita menerima setiap keberhasilan itu sendiri …sekecil apapun🙂

    @ diajeng
    Begitu ya. Baru ngeh.

  43. diajeng Says:

    semoga sukses selalu yach…awali semuanya dengan doa dan senyum…🙂

    @ diajeng
    Amin.|

  44. Pakde Says:

    Setiap orang pasti mengalami kegagalan. Yang memebdakannya hanya tingkatan kegagalan dan jenis kegagalannya.

  45. Siti Fatimah Ahmad Says:

    Semoga sukses selalu. Ingin menikmati postingan barunya. Jauh betul mengembara sehingga lupa meninggalkan pesan dan catatan baru buat teman-teman yang berkunjung. Salam hormat.

  46. manggIs Says:

    Alhamdulillah…

    Semangat…semangat….

    Thanks yaa…

  47. kelly amareta Says:

    “… Kalo tidak ada temuan jenius dari Gottlieb Wilhelm Daimler dan Carl Friedrich Benz sampai beberapa ratus tahun bahkan bisa jadi sampai hari ini mungkin kita masih menggunakan angkutan pedati …”
    wah, agak berlebihan seh. Kalo engga ada beliau-beliau ini, paling sekarang ada kendaraan lain yang diciptakan oleh genius lain😀
    Tapi postingan ini bagus ko, kelly setuju kita memang engga boleh berhenti berusaha.
    so…, selamat berjuang🙂

  48. syaiful Says:

    berkunjung lagi nih apa kabar.

  49. Fariskhi Says:

    Bagaimana yah bisa menjadi orang yang berikhtiar dengan keras seperti Thomas Alva Edison dan ketika dia dilanda kegagalan (seperti hak patennya direbut Alexander Graham Bell atau laboratoriumnya kebakaran) dia tak pernah mengeluh.

  50. han han Says:

    kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda

  51. Ayam Cinta Says:

    Baru nemu 555 kegagalan.
    Long way to go….

  52. narpen Says:

    gile.. semangatnya itu lho🙂
    semoga bukan hanya di tulisan ya, hihihi..
    maksudnya begitu selesai nulis, trus udahan aja..

    ^____^ tetap semangat dan semoga tetap bisa menikmati setiap detik hidup dalam perjuangan panjang ini..

  53. nyoman Says:

    Kalimat yang terakhir di postingannya semoga jd kenyataan. Mantap tuh mobilnya🙂

  54. sylvana Says:

    Jadi intinya kita harus tetap semangat..cayooo!!!

  55. buJaNG Says:

    NIce… TOP dah pokoknya….

  56. Catra Says:

    Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda

  57. sucikeren Says:

    Sip. Jangan nyerah!

  58. geRrilyawan Says:

    setuju!
    yang penting itu bukannya nggak pernah jatoh, tapi justru bisa bangkit lagi setelah jatoh…

  59. konohanasakuya Says:

    aduh, ud lama banget ya. g ksini.
    salam kenal lagi aja deh.

    hahaha

  60. tutinonka Says:

    Ayoo, semangat terus Bang Alris. Jangan ada kata menyerah. Keberhasilan itu pasti ada di suatu titik nanti, dan jangan berhenti sekarang, karena siapa tahu titik keberhasilan itu hanya membutuhkan satu langkah saja lagi.

  61. junjung Says:

    waduh mercy msh kejauhan
    utk sementara ke kampus pakai bajaj aja😀

  62. junjung Says:

    lg mikir kapan ya kira2 flu kucing muncul….

  63. suwung Says:

    liat gambar penarik pedati jadi mikir…. hidup mereka cukup bahagia juga terlihat dari senyum di foto…
    bahagia di hati
    ada yang bahagia karena uang
    karena sukses dan bahagia karena memang bhagia sederhana itu sebenarnya

  64. dyahsuminar Says:

    Sukses itu lebih baik dari kemarin, dari minggu lalu..dst…
    Dan kalau belum pernah GAGAL,pasti tidak bisa mensyukuri ketika lebih BAIK…
    Bunda tertarik kalimat terakhir…sambil membayangkan naik Mercy di jalan tol….he..he..he…yang bisa naik MERCY ,belum tentu bahagia lho…nggak sempat NGeblog seperti kita kita lho…ha..ha..ha..pembelaan blogger ya..

  65. Mushlihudin Says:

    Sukses memang milik orang kreatif dan ulet.
    Bangsa pemalas tidak akan bisa bersaing, karena tidak memiliki kreatifitas dan produk yang menarik orang… !
    Jaman sekarang kratifitas bisa hilang kalau tidak dipatenkan..

  66. FormulaMilyuner Says:

    Langkah kecil kadang bisa membuat orang menjadi berbeda dan menjadi oprang sukses jika langkah itu merupakan tindakan cerdik dan maknyuss.

    Salah satu kunci keberhasilan adalah INFORMASI.

  67. Ely Says:

    gambar sapinya kurus kurus ya ? *lol*😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: