Blue Ocean

Mungkin kedengaran agak sarkas jika menyimak ucapan yang dilontarkan seorang teman sewaktu kami ngobrol ngalor-ngidul disuatu kesempatan pada waktu halal-bihalal keluarga IKASUPA (Ikatan Keluarga Sungai Pagu) yang berdomisili di Jabodetabek pada minggu keempat bulan oktober yang lalu. Kata dia begini, “Kalau ente tidak melakukan cara yang berbeda dengan yang orang lain kerjakan, maka andapun harus siap dapat hasil yang sama dengan yang dilakukan banyak orang.” (kalimatnya sudah saya terjemahkan secara bebas, diutak-atik, dan bahasanya saya bikin sopan dari bahasa Mualab kampung saya tercinta)

Benar apa yang dia ucapkan. Relevansi nasehat yang diberikan teman itu, sebenarnya sangat mengena dan sesuai kenyataan hidup yang saya jalani sejak masih jadi tangan dibawah alias karyawan sampai saat ini jadi (calon) entrepreneur sukses di dunia dan berbahagia di akhirat. Saya mendapatkan Blessing in disguise dari pertemuan dan omongan teman itu. Suatu berkah yang tidak saya dapat bahkan dari bangku kuliah sekalipun. Inilah madu, kawan. Enak, nikmat menyehatkan. Dan tidak terbantahkan silaturahmi bawa rejeki, setidaknya saya dapat salah satu kiat sukses dari pertemuan yang disengaja itu. Perjumpaan yang diharapkan jadi turning point dalam hidup saya. Saya yakin TUHAN memberikan kesempatan untuk sukses, lewat nasehat teman itu, untuk saya dan siapa saja yang selalu berusaha, -ikhtiar- mencari, mencari dan terus mencari jalan kehidupan terbaik yang direstui-NYA.

“Iya, loe sukses ngomong doang,” kata seorang sobat yang celetukannya sering bikin hati sakit beneran kalau gak kuat nahan kata-kata pedasnya.

Kalau direnungi apa yang diucapkan teman saya melalui kata-kata “bijak” itu yang nyelusup ke hati, mungkin dia tujukan bukan hanya buat saya. Tapi juga untuk kawan lain yang bareng ngobrol waktu itu yang secara ekonomi berada dibawah dia. Dari perspektif profesi apapun nasehat teman itu sangat berguna, tidak peduli anda pegawai, wiraswasta atau pengusaha.

Anda mengharapkan hasil yang berlimpah padahal proses dan cara yang dijalani untuk mendapatkan tujuan itu tidak berbeda dengan orang awam lakukan. Itu hal yang mustahil, menggantang angan-angan di awan.

Kalau anda pengusaha, bisnis saat ini seperti banyak digambarkan peramal, pengamat, analis bahkan pelaku dunia usaha itu sendiri menyerupai perang berdarah-darah. Mungkin seperti sewaktu amerika menginvansi Irak atau bak israel memborbardir jalur Gaza : penuh perlawanan, alot dan tidak terduga karena sengitnya persaingan. Pengusaha yang kreatif, cerdik, biasanya menciptakan pasar yang tergantung pada dia. Sang pengusaha akan melakukan inovasi, sehingga bisa mendapatkan laba tanpa harus perang harga. Dari kondisi ini muncullah monopoli alami, dimana pengusaha menciptakan bisnis yang belum ada pesaingnya. Selagi bisnis itu langka dan memonopoli secara alami, -tanpa kongkalikong dan aturan yang dibuat untuk menguntung diri sendiri atau kelompoknya- menurut salah satu majalah yang saya baca itu termasuk apa yang dinamakan Blue Ocean.

“Tapi bisnis langka dan memonopoli dijaman internet canggih begini mana ada, bos,” bantah teman saya seorang pengangguran terdidik lulusan S1 sebuah universitas.

“Ada lagi,” jawab saya.

“Kalo ada coba sebutkan,” tantangnya seolah tidak mempercayai omongan saya.

Saya berpikir keras untuk menemukan jawaban yang cemerlang. Saya memerlukan tempo beberapa saat untuk berpikir. Inilah akibatnya kalau otak kurang terasah, saya mengutuki diri sendiri. Ternyata efek gizi buruk masa balita berkontribusi disitu. Tiba-tiba ide kreatif berpijar, bersileweran keluar dari otak saya yang rada lambat panas kayak mesin diesel temuan orang Jerman itu. Satu yang saya tangkap.

“Gini deh, ini inovasi yang barusan saya temukan untuk menjawab pertanyaan loe yang barusan,” kata saya berbicara pelan seolah takut ide kreatif saya itu dicuri orang.

“Loe tahukan binatang merayap yang namanya keong.”

“Ya, taulah.”

“Coba loe buat bisnis dari bahan baku utamanya keong.”

“Contohnya apa, bos,” kata dia penasaran.

“Dari dagingnya loe buat keripik keong yang enak, yang bikin orang addict kalau sudah mencicipinya. Lalu dari kulit cangkangnya loe bikin handicraft bernilai seni tinggi.”

“Ah, si bos… sulit itu.”

“Kalau memang ingin jadi kelompok Blue Ocean  loe harus menaklukkan kesulitan itu. Bagi entrepreneur sejati kesulitan adalah gala dinner megah yang ditunggu. Kesulitan adalah makan malam nikmat tiada tara setelah berhasil menaklukkannya,” khotbah saya sambil membayangkan yang mengadakan gala dinner itu adalah saya. Mimpi indah nikmat bukan main apalagi kalau beneran, kawan!

Emang enak jadi pemain bisnis yang memonopoli untuk produk tertentu. Tapi “nikmat” itu tentu diperoleh dengan ongkos yang harus dibayar mahal. Misalnya ongkos untuk menemukan ceruk pasar yang potensial, ongkos membuka pasar yang masih laten dan yang besar tentu saja biaya edukasi kepada konsumen -bahasa lain promosi jor-joran- atas produk yang ditawarkan. Jika berhasil menjalankan bisnis secara berbeda dengan orang lain, maka bersiaplah untuk panen hasil yang berbeda pula. Hasilnya akan sepadan dengan upaya yang dilakukan. Mari buktikan kita buktikan, kawan.

“Ngomong-ngomong, loe udah laksanakan apa yang barusan kita bicarakan?” tanya teman tadi.

“Saya sudah survey kecil-kecilan bisnis apa yang cocok buat saya jalankan secara berbeda dengan orang lain,” jawab saya yakin. Tepatnya meyakinkan diri.

“Saya doa-kan bisnis loe sukses besar, bos,” katanya memberi semangat sambil menepuk-nepuk bahu saya.

Lobang hidung saya membesar, sorot mata bersinar optimis dan semangat jiwa entrepreneurship yang selama ini timbul tenggelam seperti sekoci di lautan langsung berlompatan bagai speedboat terbaru yang berkekuatan 100 PK, mengubah energi potensial yang selama ini terpendam menjadi energi kinetik yang tak tertahankan. Saya jadi tak sabar menunggu hari esok.

“Hi, world. I am coming….soon!!!”

62 Tanggapan to “Blue Ocean”

  1. Wempi Says:

    Blue Ocean mengambil kesempatan dari suatu pasar yang belum terpikirkan digali oleh siapapun.

    contohnya: yamaha mio, iPod, dan mendiang mbah surip.

    tidak seperti follower yang ikut terjun memperebutkan pasar yang sama secara berdarah-darah.

  2. dyah suminar Says:

    mas Alris…banyak hal baru ..Bunda baca dr blog ini, sekaligus belajar nih untuk Bunda…terimakasih..

  3. agnes sekar Says:

    Selamat siang Alris, saya pribadi sudah beli dari Alris 4 bad cover dan 3 selimut Jepang, Wah selimutnya itu lho yang lembut dan enak dipakai, Alris ngomong-ngomong tentang persoalan hidup, kita tau Tuhan adalah pengatur segala urusan. Tuhan itu Maha Besar, karena itu tidak ada persoalan yang nampak berat di mata Tuhan. Dengan kekuasaanNya Tuhan akan memberikan kemudahan-kemudahan kepada Hambanya yang dikehendakiNya. Dan Tuhan sudah berjanji bahwa ia akan selalu mengabulkan permoihonan hambaNya. Itulah janji Tuhan yang diyakini betul oleh orang-orang yang tabah. Terima kasih postingannya, Sukses untuk Alris.

    Regards, agnes sekar

    @ agnes sekar
    Jadi malu, pujian bu Agnes bikin lobang hidung saya makin gede…
    Trims doa-nya.

  4. boyin Says:

    Semangat terus mas..saya tahu mas pasti bisa!

  5. zulhaq Says:

    Sukses sukses sukses!!!
    Teruslah mewujudkan segala apa yang ingin di raih dalam bentuk usaha dan doa yang intens…

    Selamat!!!

  6. ceritapenulis Says:

    aku juga ga sabar menunggu hari esok…hehehhehehehee

  7. Oemar Bakrie Says:

    Pernah dengar Blue Ocean Strategy, tapi belum sempat mendalami. Dari sini saya sudah bisa kira-kira maksudnya, mudah-mudahan bisa belajar lebih jauh lagi …

  8. anang Says:

    harus optimis…mas pasti bisa..saya bantu doa…
    INFO MOBIL | INFO ALAT KOMPUTER | INFO ASURANSI | TOKO KOMPUTER

    @ anang
    Makasih, Amin

  9. budisan68 Says:

    saya setuju nasihat teman tersebut, kita kudu melakukan hal yang orang rata-rata tidak lakukan

    @ budisan68
    Bener. Yuk mari action

  10. Fanda Says:

    I am coming..!! Aku udah baca buku Blue Ocean Strategy. Kadang blue ocean itu berarti menciptakan hal baru yg dulunya tdk ada. Tapi kadang bisa juga menggabungkan dua konsep yg sudah ada, dan menciptakan sebuah konsept yg baru. Intinya, selalu kreatif, berpikir out of the box, punya dedikasi dan keberanian, dan selalu hidup dgn baik. Di blogku http://bukufanda.blogspot.com ada beberapa ulasan buku2 bisnis. Siapa tahu bermanfaat…

    @ Fanda
    Ntar aku cari bukunya, pengen baca juga. Aku sudah kunjungi blog sampeyan, blog yang bagus

  11. Mawi Wijna Says:

    Betul mas, wirausaha itu sulit, tapi ada kenikmatan dibalik kesulitan itu😀

  12. edratna Says:

    Yang jelas kita mesti jeli terhadap pasar apa saja yang masih ada peluangnya, kompetensi kita, dan siapa segmen yang akan dituju. Pada dasarnya, siapapun yang mau berusaha, asalkan ditekuni, bisa berhasil.

  13. nh18 Says:

    Blue Ocean ?
    Saya pernah dengar buku itu …
    tetapi belum tau isi detailnya tentang apa …
    yang jelas sepertinya ini tentang pemanfaatan pasar … bagaimana menciptakan terobosan dan yang sejenisnya

    Saya perlu baca buku itu …

    Salam saya

  14. sunarnosahlan Says:

    usaha yang imajinatif sekaligus kreatif, semoga sukses

    @ sunarnosahlan
    Amin.

  15. adhymantovani Says:

    Ketika blogger saling berkunjung, maka tali silaturahmi akan tetap terjaga. Met kenal ya sob, nice article🙂

  16. citromduro Says:

    imajinasi,kreatifitas bisa mejadi sumber kesuksesan
    salam

  17. citromduro Says:

    tulisan yang bagus

    @ citromduro
    Saya lagi belajar, mas. Tulisannya saya masih jauh…..

  18. citromduro Says:

    berkunjung menemui saudaraku di malam yang sunyi menjelang pagi
    imajinasi akan menimbulkan kreatifitas

    sukses selalu

  19. made gelgel Says:

    postingan ini menjadi pelajaran hari ini, makasih mas, semoga sukses selalu🙂

  20. endar Says:

    semangat terus mas. semoga sukses selalu.

    @ endar
    Amin.

  21. Laksamana Embun Says:

    Berkujung bwt pertamxx nya… Lam knal juga kwan,,,

  22. reviandi Says:

    Wow, Sungai Pagu emang mantap.

  23. abifasya Says:

    kunjungan balasan nih pak,
    salam kenal kembali pak
    sukses slalu
    salaaaaaaaaaam

    @ abifasya

    Salam juga, bos.

  24. macangadungan Says:

    ahahha, aku abru kerja sebentar juga udah kepikiran pengen bisnis sendiri aja. enakan jadi freelance designer. soalnya diri sendiri yang menjadi bosnya😀

    @ macangadungan
    Bagus itu, tandanya mau jadi pengusaha, amin

  25. bri Says:

    yes biruuuu^^…say hay future too sob
    salam kenal daribri🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂🙂
    __SMILE^^__

    @ bri
    Ketawanya lebar amat.

  26. indra1082 Says:

    bisnis trus…😀

    @ indra1082
    Delapan dari sepuluh pintu rejeki adalah melalui bisnis. Ayo berbisnis.

  27. Dangstars Says:

    Kreatif banget..Gan

    @ Dangstars
    Biasa aja, bos. Baru belajar nulis.

  28. Hary4n4 Says:

    Semoga makin sukses sobat…
    Salam kenal dari Hary4n4 di Surabaya…
    Salam hangat dan damai selalu…😀

    @ Hary4n4
    Amin, sukses juga buat sobat di Surabaya.

  29. elmoudy Says:

    walau gak gampang menyelam di blue ocean…
    musti brani gila lebih dulu sebelum yg laen ngikutin…
    berrraaat.. tapi ini cara paling baik buat eksistensi diri

    @ elmoud
    Orang lain bisa, kenapa saya tidak?

  30. maryam Says:

    kreatif gan, keren2
    moga usaha nya berkah ya

    @ maryam
    Amin, berkah juga buat Maryam.

  31. Fauzi Says:

    Gak usah nunggu besok boss. Sekarang juga bisa. Kan B-OL (bisnis online) itu gak punya jam kerja. Kapan saja bisa. Kalau nunggu besok, mungkin sudah kena Scam … h h h
    Salam.

    @ Fauzi
    Ok, bos.

  32. Pencil Colour Says:

    hmmm…saya pengin baca buku itu
    saya suka baca buku motivasi..
    walaupun kadang engga bisa memacu motivasi saya juga..
    maju terus ya, sukses sama bisnis sepatunya..

    @ Pencil Colour
    Amin.

  33. Itik Bali Says:

    Salam kenal ya, sukses selalu dan semangat selalu..

    @ Itik Bali
    Salam juga. Sukses juga buat u

  34. zee Says:

    Jangan lupa dikerjakan, biar gak bakal dibilang cuma sukses omong doang.
    Sukses ya.

    @ zee

    Makasih, lagi sedang diusahakan.

  35. vie_three Says:

    wuiihhhh udah gak sabar tuch….. semangat2 ^^

    @ vie_three
    Hehehe…

  36. ies Says:

    kereeennn…… salut deh pokoknya..
    sukses yah… salam kenal aja deh ^_*
    hhmmm.. menambahkan, kadang orang sukses itu bukan berarti orang2 yg melakukan hal2 luarbiasa, orang sukses itu adalah orang2 biasa yg mengerjakan hal-hal biasa tapi dengan cara yg luar biasa ^_*

    @ ies
    Betul, bro.

  37. katalogharga.com Says:

    Pantang menyerah broo… maju terus dunia bisnis

    @ katalogharga.com
    Iya, semangat terus.

  38. dyudh4p.com Says:

    dibalik sukses ada perjuangan, lanjutkan….

    @ dyudh4p.com
    Juga pengorbanan. Dilanjutken

  39. katalogharga.com Says:

    maju tak gentar menuju sukses….

    @ katalogharga.com
    Ayo, semangat juga buat sampeyan.

  40. dyudh4p.com Says:

    Selamat berjuang bozzz…

    @ dyudh4p.com
    Makasih, gan.

  41. attayaya Says:

    ayo semangat mas
    sukses selalu

    @ attaya
    Ok, makasih

  42. Vinna Says:

    wah.. salut buat semangatnya, mas.. slamat bjuang & sukses slalu…

    @ Vinna
    Makasih. Selamat sukses juga buat mba Vinna.

  43. Sugeng Says:

    Mas kalo sudah sukses tolong dong titip keponakan saya kaleee aja butuh supir karena dia punya SIM B1 umum.😆 Salam kenal mas.

    @ Sugeng

    Doa-in biar sukses ya. Manatau kalo udah sukses butuh banyak orang, misal sopir.

  44. Fajar Says:

    wah…..entrepeneur ya….bisa nih berguru….btw thanks telah berkenan mampir ke gubugku…….

    @ Fajar
    Saya juga lagi belajar mas. Makasih.

  45. nyin Says:

    semoga berhasil ya mas…. salam kenal balik..🙂

    @ nyin

    Amin.

  46. noorhasan Says:

    Wah..sebuah pembelajaran yang sangat berharga setelah baca postingan ini, makasih bos..salam kenal dan minta ijin follow blognya..

    @ noorhasa

    Makasih juga, Gan udah berkunjung. Diijinkanken untuk follow.

  47. Yolis Says:

    siph neh kalo udah punya semangat gituh,, moga sukses yah!!😀

    @ Yolis

    Amin, makasih.

  48. NURA Says:

    salam sobat
    waoo banyak sahabat yang respons nich
    salluuut banget sobat..
    salam kenal juga.

  49. Eka Says:

    Bersemangat! Bersemangat! Dan jangan ragu menantang dunia, jika kreatifitas ada dalam genggaman. Di situlah nilai lebih kita.

  50. attayaya Says:

    sore2 gni mo cari goreng pisang
    ada ga?

    @ attaya

    Banyak mas, jangankan goreng pisang, gorengan yang lain juga ada.

  51. tuteh Says:

    Semangat! Dan semoga semangat itu nggak pudar begitu saja dimakan waktu… sukses ya, Ris.

    @ tuteh

    Makasih mas, sukses juga buat mas

  52. a-chen Says:

    makasih mas, sungguh mencerahkan…

  53. komuter Says:

    motivator sejati……

  54. Keyza Says:

    wah.. terima kasih atas kunjungannya di blog saya🙂 salam kenal juga dari kota Pahlawan

  55. Ramlan Says:

    ahah aku suka tulisan dan gaya ceritanya, mesti banyak beljar lagi😛. salam kenal buat anak wordpress dari anak BLOGGER kita sama sama anak blogger😀

    @ Ramlan

    Peace, bro…!

  56. oen Says:

    nice opinion, thanks artikelnya ^^

  57. wi3nd Says:

    9ood Luck ya..
    diperlukan proses untuk emraihnya,sabar dan tekun itu kuncinya
    makasi da sin99ah🙂

  58. senny Says:

    aduh aduh itu paragraf terakhir sinetron sekali haha
    anyway, good luck ya

  59. wibisono Says:

    blue ocean strategy… pengen baca buku itu tapi belum sempat..

  60. Arief Rizky Ramadhan Says:

    mantap mas.. hehehe seperti artikel mas hengky yaah…

  61. furniture minimalis Says:

    jadi orang harus kreatif agar bisa bertahan hidup. persaingan makin ketat.

  62. fajar Says:

    tetap semangat..

Tinggalkan Balasan

