Never Put Off Till Tomorrow What You Can Do Today

Roh, jiwa, atau bakat tulis-menulis itu saya pikir dimiliki oleh semua orang. Begitu brojol ke dunia bakat tulis-menulis sudah ditanamkan satu paket oleh Yang Maha Pencipta dengan bakat lainnya. Yang membedakan antara satu orang dengan lainnya adalah seberapa sering mengasah kemampuan menulis itu dipraktekkan, sehingga bisa menghasilkan tulisan yang dapat juga dinikmati orang lain.

Saya misalnya, akan bisa menyaingi Andrea Hirata, kalau saya terus-menerus berlatih membuat tulisan. *belum segitunya kaleee…cemooh seseorang* Semangat dan jiwa seperti pejuang merebut kemerdekaan mesti saya punyai kalau pengen jadi novelis cemerlang seperti dia. Disamping itu juga diperlukan “asupan” yang memadai untuk menghasilkan tulisan yang baik dan disukai pembaca.

Asupan itu didapat dari pengalaman atau melalui bacaan. Rata-rata penulis jempolan punya pengalaman hidup yang hebat dan kutu buku yang akut. Dari pengalaman bisa dibuat tulisan yang real, punya “rasa” berbeda dengan tulisan reka-reka atau kejadian fiktif. Dengan membaca buku akan memperkaya taste dan menambah daya fikir. Membaca buku ibarat men-charge baterai otak yang lemah. Otak lemah kalau dipakai terus-menerus, sih, oke punya. Tapi lemah karena jarang didayagunakan, ini yang berabe.

Pengen menghasilkan tulisan bermutu tapi otak gak pernah diasah, jarang digunakan. Membaca buku dalam seminggu bisa dihitung dengan jari tangan. Apalagi bisa menamatkan sekian buku dalam satu bulan adalah hal yang tidak pernah dijalani, maka jangan diharap akan bisa membuat tulisan yang tingkatannya sekelas penulis produktif apalagi penulis top. Seperti kata Tuan Ersis, -begitulah sebutan Siti Fatimah Ahmad untuk beliau-  mau menghasilkan berak yang banyak tapi gak makan. Pengen menghasilkan tulisan bejibun tapi tak pernah menulis dan membaca. Ya, ora iso, mas. Resepnya ternyata tidak sulit : tulis dan membaca. Maka anda akan menghasilkan tulisan.

Tulis, ya, dengan menulis. Bukan berangan-angan menulis, nanti tulisannya gak bakalan jadi. Membaca akan memperkaya wawasan, menambah pengetahuan dan memperluas cakrawala berpikir. Intinya banyak menulis dan membaca, maka semakin lancar anda menghasilkan tulisan. Coba aja kerjakan kalo gak percaya.

Kembali ke awal tulisan ini, bahwa bakat tulis-menulis itu dimiliki oleh semua orang, saya menemukan pembenaran dan kenyataan beberapa hari yang lalu. Setelah lelah bekerja dari pagi, waktu istirahat siang secara tidak sengaja saya menemukan tulisan berbentuk puisi seperti yang saya posting dibawah ini. Tulisan itu dibuat oleh seorang buruh bangunan, pekerja suatu proyek minimarket yang sedang dikerjakan di Lebakbulus, Jakarta Selatan. Buruh disini dalam arti sebenarnya yang kerjanya ngangkat semen, mindahin batu bata, bikin adukan dan mindahin material bangunan yang berat-berat. Pokoknya semua jenis pekerjaan yang tidak memerlukan keahlian, itulah jobdes yang di handle-nya. Puisi, yang ditulis pada selembar kertas buku tulis yang biasa dipakai anak sekolah dasar belajar menulis bermerek Sinar Dunia yang bagian bawahnya terdapat quote Never Put Off Till Tomorrow What You Can Do Today, sungguh istimewa. Keindahannya, menurut saya, melebihi profesi pekerjaan dan tingkat pendidikan sang penulis. Profesi pekerjaannya buruh bangunan, pendidikannya tidak tamat sekolah menengah pertama. Saya jadi malu sendiri  kalau membandingkan pendidikan saya dengan dia.

Keberadaan saya sendiri di proyek itu membantu teman untuk pengawasan secara teknis dan koordinasi dengan pihak terkait. Jadi ALRIS sudah kerja? Antara iya dan tidak, jawabannya. Karena saya ikut teman itu tidak melalui lamaran pekerjaan, tidak ngikutin tes, tidak ada wawancara, tidak ada surat perjanjian kontrak kerja, apalagi nyetorin uang pelicin. *beeeh…uang pelicin darimana, pengangguran, bro!* Ringkasnya begini, diminta bantu dan ada uang lelahnya. Bukankah saling membantu itu suatu kebaikan, maka perbanyaklah berbuat baik. Pada akhirnya perbuatan baik itu akan kembali ke anda. Nah, inilah puisi hasil karya sang pekerja bangunan itu.

Raih bahagia dalam tidurmu
Saat letih menderamu
Kukirim doa ketepian malam
Hingga pagi menyapa
Moga dibalik sunyinya malam
Kamu terbuai dalam mimpi indah
“Met bo2k”

Seandainyaku bisa menemanimu tuk selamanya
Rasa suka/bahagia di wajah yang ceria…
Kan ku bawa cerita ni dihari tua…

Atin, dimanakah kau berada…
Ku dah lama tak jumpa
Rasa kangen yang slalu buat aku derita…
Cintaku slalu buat kuat
Jalani hidup ini tanpa hasrat
Entah kapan kitakan jumpa
Aku slalu menunggu itu

Atin, pernah kau merasa seperti itu
Yang aku alami selama ini
Pa…kamu dah lupakan aku
Ku berharap smoga kau slalu
Menungguku…Atin

catatan : saya tidak merubah ejaan, titik, koma, bahasa ataupun kalimat dari puisi itu. Jadi saya copy paste apa adanya.


111 Tanggapan to “Never Put Off Till Tomorrow What You Can Do Today”

  1. ibnrajab Says:

    salam kenal kembali pak..

    terima kasih sudi bertandang ke blog ana.. hrp dpt memanfaati tulisan-tulisan yg sdkit itu..

    wassalam

  2. Wempi Says:

    Apa judulnya? dan oleh siapa?
    biasanya baca syair kan begitu.😀

    @ Wempi

    Gak ada judul, oleh salah seorang pekerja proyek bangunan di Jakarta

  3. noorhasan Says:

    Membaca postingan para sahabat sangat membantu saya menambah wawasan dan pengetahuan saya dalam belajar menulis, Wuiih..barangkali saya tak bisa membuat puisi seperti itu…

  4. demoffy Says:

    Hmm..
    Puistis nya..🙂

  5. Fanda Says:

    Setuju! Menulis adalah memindahkan isi pikiran dan perasaan ke sebuah media. Kalau kita banyak membaca, pasti kita akn bisa menulis dgn baik. Juga, apa yg sering kita baca akan berpengaruh pada tulisan kita.

    Alris, ada award buatmu loh. Ambil di blogku yg Curhat Fanda ya!

    @ Fanda

    Oke, makasih

  6. sisihati Says:

    pada saat rasa itu membuncah, saat itu pula kalimat indah mengalir tercipta dengan sendirinya dari hati.
    walau dari hati seorang buruh sekalipun…
    hehe, saya kok sok tau.
    salam kenal juga ya..😉

    @ sisihati

    Wah berbakat tuh jadi penyair…

  7. nia Says:

    kunjungan pagi..

    intinya adalah baca dan tulis, lihat dan tulis, rasakan dan tulis..

    apapun hasil dari pemikiran yang tertuang dalam bentuk tulisan, itu merupakan sebuah karya kita, bangga lah kita karena telah membuat satu karya.. he he

  8. mamah aline Says:

    seperti kata pepatah ulah bisa karena terbiasa, kita juga bisa menulis andai diasah, bagus sekali sharingnya mas

  9. sunarnosahlan Says:

    kata Pak Taufiq Ismail, membaca dan menulis itu kakak adik yang tak boleh terpisahkan

  10. And1k Says:

    Salam kenal jga. Mksh dah mampir ke blog saya

  11. Guru Go!Blog Says:

    Menurutku, hanya dengan motto ini mas, sampean akan lebih sumangat menulisnya :
    1. BISA KARENA TERBIASA.
    2. MALAS ADALAH PENYAKIT, JANGAN DIPELIHARA ITU PENYAKIT.🙄😆

    @ Guru Go!Blog

    Mantap mas, saya usahakan untuk tidak pelihara penyakit malas.

  12. Mariska Ayu Says:

    Mariska juga baru belajar menulis kak, terima kasih sudah mengingatkan

  13. NURA Says:

    salam sobat
    yup setuju ,,selalu berbuat baik, saling bantu ya,,,
    walau kerja bangunan yang penting halal ..
    siip banget puisinya.

  14. nothingwrongwithmylongblackhair Says:

    Wedew keren tuh, bagus diberdayakan.
    Kunjungan balik🙂
    Makasih sudah berkunjung.

  15. agnes sekar Says:

    Selamat sore Alris, sejak lecil saya sudah terbiasa menulis diary ( buku harian ) apa yang terjadi sehari-hari saya utarakan dalam buku tsb, dan menginjak dewasa sudah menggunakan electronic tentu berubah dalam menuangkannya lebih simple dan mudah di save dan di up date kemana saja. Semua uneg-uneg dihati saya tumpahkan ke Web Site sampai jadilah Blog ini, benar kata anda Alris, menulis dapat mengasah otak, apalagi yang job deskription nya sebagai pembicara seperti saya ini, perlu perbendaharaan dan wawasan ilmu yang banyak, sehingga ketika paparan tidak pernah kekurangan bahan bahkan selalu kekurangan waktu. Dengan menulis akan membuat raut wajah ini menjadi kemilau, menghilangkan kerutan2 di wajah akibat stress, alhasil menjadi awet muda. Terima kasih postingan yang bagus, Sukses untuk Alris.
    Regards, agnes sekar


    @ agnes sekar

    Seandainya saya dari dari kecil terbiasa bikin buku catatan atau diary, mungkin saat ini sudah jadi penulis terkenal, hehehe… Gak apa terlambat daripada tidak samasekali.

  16. RifkyMedia™ Says:

    kalau nulis sih gampang hehehe,merangkai nya itu loh yg susah…

  17. hpnugroho Says:

    hebat, seorang kuli bangunan saja punya cita rasa begitu tinggi terhadap seni, bagaimana dengan kita? apa begtu sulit untuk sekedar menulis?
    dan ternyata memang menulis itu tidaklah semudah yang kita bayangkan, kita bisa saja menulis ratusan lembar, tetapi belum tentu bermakna, untuk itulah seperti uraian mas Alris diatas, perlunya kita berlatih .. tentunya dengan cara sering-2 menulis ..

    @ hpnugroho

    Betul, bos…

  18. fajar Says:

    puisi yang mantap……..

  19. fajar Says:

    ijin pasang link om….ditempatku…

  20. Cak Win Says:

    Yang penting tetep semangat😀

  21. Data Kuliah Says:

    mau jadi andrea hirata…? saya doakan…
    Likn sudah saya pasang, tukeran link yuk… thx… monggo dicek..

  22. catur ariadie Says:

    Halo mas Alris terima kasih sudah berkunjung ke blog saya

    saya kebetulan juga orang yang baru dalam menulis itupun setelah saya mengenal blogging karena saya tidak pede dengan tulisan tangan saya😛, setelah saya menulis semua unek2 saya karena lebih banyak tentang curhatan saya maka serasa beban pikiran benar2 lepas apalagi setelah mendapat banyak support dari teman sesama blogger.

    salam kenal mas

    @ catur ariadie

    Itulah salah satu manfaat sahabat, saling beri dukungan.

  23. Budy Santoso Says:

    mantap surantap n makasih dah mau mampir ke blogku n salam kenal kembali dari Bandung.

    Salam sukses n ay lap yu pulll

  24. made gelgel Says:

    puisinya seperti buatan pujangga, susah dimengerti

    @ made gelgel

    Pujangga sekolahnya di proyek bangunan, hehehe…

  25. hari mulya Says:

    panjang bener.. mksh dh kunjung ke bLog keren saya.. gt ja dL deh.. komen yg serius bsk2 ja.. he..he…

  26. senny Says:

    tapi masalahnya, susah banget untuk ngga nunda-nunda kerjaan, terutama kerjaan yang ngga punya deadline

    @ senny

    Anggap aja semua pekerjaan punya deadline, biar gak ditunda.🙂

  27. dedekusn Says:

    Selamat Malam Alris…
    Tulisannya sudah bermutu kok.
    Sukses!

    @ dedekusn

    Lobang hidung saya membesar nih, dipuji begitu🙂 Tapi kata temanku tulisan saya belum ada apa-apanya.

  28. sinopi Says:

    itu beneran..?
    mana skrinsyut nya, saya mau lihat..
    *kalo nda ada skrinsyut, kabar ini cenderung hoax lho..*

    soalnya saya penasaran jg dg tulisan tangan, pingin lihat kaya apa.. mengingat diceritakan di atas katanya dia itu ga lulus SMP, sedangkan kalimat nya boleh juga tuh
    disuruh nge blog aja mas kuli nya tuh.. trus suruh ikutan PPC di web nya Pakde Cholik

    @ sinopi

    Yang jelas dia lebih fasih ngomong Jawa dari pada bahasa Indonesia. Seseorang yang tamatan SMP minimal bahasa Indonesia rada lancar.

  29. noun Says:

    kayak sering denger kata2 judulnya deh..🙂

  30. myu Says:

    wah benar pak. Membaca dan berlatih adalah kuncinya untuk bisa berhasil sebagai penulis. salut yang kedua kali buat pak alris. Semoga bisa menyaigi andrea hirata (he…2). Nice info

    SALAM KENAL

    MYU-MURAD MAULANA

  31. TUKANG MAMPIR Says:

    SALAM kenal pak alris. Mantap ne pak alris, semoga bisa jadi penulis beken. TUKANG MAMPIR hanya mendoakan cita-cita semuanya tercapai pak…..

    TUKANG MAMPIR

  32. manshurzikri Says:

    kunjungan balik..🙂
    salam kenal ya..!
    btw thx udh mampir ke blog gue ya, sering2 aj maen k blog uge😛

    wah, keren juga tuh, puisi dibikin oleh seorang buruh,,
    jd kaya sastrawan jalanan gtu,,
    weeeeeeww!!!,,
    judul ny ga ad ya??🙂

  33. nur Says:

    gue suka gaya loe (pake logat jawa medok karena saya orang jawa banget)

  34. tary si lempah kuning Says:

    wahhhh aku jadi seneng berlama-lama di blog ini, baca postingan dan puisinya itu loh, yg keren banget menurut aku.

  35. sepur Says:

    Buku adalah jendela ilmu, dengan sering kita membaca tentu pikiran dan hati kita akan semakin banyak menerima pandangan , wawasan dan pengetahuan yang mungkin belum kita ketahui. Alhamdulillah sejak saya ngeblog, unek – unek dan perasaan hati bisa saya tuangkan dalam tulisan, dan berbagi dengan sesama dan dengan sering blogwalking pikiran dan wawasan kita semakin bertambah.
    terima kasih sudah berkunjung ke blogku, salam kenal.

  36. nyin Says:

    setuju mas… tapi kadang sekalipun udah tahu.. mau mulai susaah banget deh kayaknya (curcol hehe).salam kenal kunjungan balik nih… maaf ya barusan bisa sekarang… link mas udah aku pasang😉

  37. Willy Ediyanto Says:

    Setuju dengan tulisan di atas.
    Salam kenal. Makasih sudah berkunjung ke blog saya.

  38. tuteh Says:

    Dengan sering menulis, sering berlatih, Insya Allah bisa lancar menulis. Begitu katanya orang2… hehehe…

  39. Pencarian Says:

    Kutemukan Puisi disini🙂

  40. indra1082 Says:

    Salam semangat… terus berjuang..🙂

  41. dasir Says:

    Betul sekali mas alris, menulis bisa mencurahkan perasaan kita, tipsnya bagus, thx ya atas kunjungannya. Salam.
    Eh lupa ada puisi diakhr postingan.
    Siip puisinya, selamat menulis..

  42. heru Says:

    mantap sobat artikel dan blognya, salam kenal kembali

  43. masnur Says:

    Mungkin menulis adalah nggak jauh beda dengan seni. Misalkan nyanyi. Semua dibutuhkan bakat. Dan bakat itu seperti sebuah wadah, ada yg dianugerahi wadah cangkir, ember dan ada kolam.

    JAdi dengan sama-sama diasah disekolah yg sama, guru yg sama dan ujian yg sama, ketiganya akan menghasilkan tulisan yg jauh berbeda.

    JAdi untuk menjadi sekelas Andrea Hirata yg mungkin wadah bakatnya segede kolam kita harus mengukur, seberapa wadah kita, apakah sanggup hanya sekedar menyamainya.

    Tapi yg jelas kita tetap bisa menulis dg kualitas dan ruang yg berbeda.
    Kalau membaca itu bagian dari proses mengasah dan memperkaya wawasan atau proses mencontoh gaya tulisan penulis lain, bukan bakat itu sendiri.

    Selamat menulis.
    Salam kenal.

    @ masnur

    Wah uraian masnur cespleng. Gak nyangka….

  44. Cara Membuat Website Says:

    puisinya jeritan hati banget ya?!

    Cara Membuat Web

  45. Yolis Says:

    bener tuh,, aslakan banyak berlatih dan disertai sedikit bakat pasti bisa deh😀

  46. Mbah Jiwo Says:

    kunjungan balik..

  47. Huang Says:

    mirip simbol di buku tulis gitu.. hehe

  48. Abied Says:

    Atin tu sopo mas?
    Saya setuju dengan tulisannya. Mesti belajar terus untuk akhirnya bisa berproses dengan baik. Masalah kebahagiaan itu akan ada ketika semuanya dijalani dengan nyaman, berhasil atau tidak itu jadi urusan belakangan.
    Yang penting usaha, usaha, nyoba, nyoba, nyoba, nyoba,
    Hmmm ..
    Salam kenal ..🙂

    @ Abied

    Gebetan yang bikin puisi, mungkin.

  49. javabis99 | bisnis online n hobby blog Says:

    yep, kurang lebihnya baca, dengar, lihat, + sedikit visi maka jadilah sebuah tulisan. thanks bro.

  50. embun777 Says:

    Kadang kata 2 suka datang mengalir begitu saja..
    ada kalanya walau hati ingin.. dipaksakan pun sulit

    tetapi tentu pada swasana hati
    paling dominan melahirkan inspirasi.

    Salam dan Sukses.

  51. embun777 Says:

    dan tidak lupa salam ya..
    buat ATIN , he…heee…😳🙄😳

  52. Anuh Says:

    TengKyu telah berkunjung ke blog saya Mas Alris.
    Setuju sekali dengan posting diatas. Sebenarnya sih “kurang terbiasa” aja dalam menulis. Kalau sudah terbiasa, ide yang cuma beberapa kata, bisa berkembang jadi tulisan beratus-ratus kata..

  53. Pasaman Says:

    –Never Putt Off Till Tomorrow– Like It!

  54. Anuh Says:

    Membaca-membaca-membaca, itulah kuncinya..!
    Karena buku adalah jendela dunia, heheh

  55. romailprincipe Says:

    wah..punya proyek membangun minimarket nih..ALfa atau Indo?
    atau lainnya?hehe
    menulis mengasyikkan, apalagi ketika dibaca sendiri dan diresapi maknanya..
    salam hangat

  56. jual kaos game Says:

    halo..mau ajakin tukeran link nih…
    link u dah gw pasang duluan di http://kaos-game.blogspot.com.pasang link gw juga ya…

    ini link yang mau gw pasang:
    link : http://kaos-game.blogspot.com/
    anchor text : jual kaos game

    terimakasih

  57. Irawan Says:

    Menulis komentar juga bisa memberikan semangat buat penulis….

  58. mas tyas Says:

    membaca buku dan membaca alam secara langsung, salam

  59. Hary4n4 Says:

    Tulisan yg mengalir bersama rasa, akan selalu menghasilkan karya yg indah dan bermutu…
    Smoga sukses selalu…

    Salam hangat dan damai selalu…🙂

  60. UmuKamilah Says:

    puisi yang berasal dari hati. Menghasilkan rangkai kata yang menawan hati pula. Tak peduli siapapun manusianya. siapapun bisa jika berlatih giat.
    buruh bangunan itu, mungkin hanya memiliki sedikit waktu untuk sekedar berlatih menulis. tampaknya dia memang memiliki basic bakat menulis. puisinya pas, indah, menggambarkan segenap kegelisahan dan kerinduannya.

    terimakasih udah mengunjungi blog saya🙂

    salam kenal dari samarinda

  61. UmuKamilah Says:

    Datang kembali… memberitahukan blog mas Alris sudah saya add. Terima kasih sudah meng- add link saya.

    Salam persahabatan dari Samarinda

  62. Dangstars Says:

    Sungguh luar biasa,Puitis dan mantep dalam penyajian…
    sukses..

  63. shalimow Says:

    salam kenal juga bos
    bagus banget postingnya
    suka dengan blog ini
    tx

  64. ocekojiro Says:

    Sy berkeyakinan bahwa ‘baca dan ‘tulis bukan modal semata yang bisa membuat seseorang menjadi A Hirata, Dee Atau Buya Hamka, mereka melatih diri dg dua hal tsb diatas, namun mereka memang sudah mempunyai taste, bakat bahkan otak yang mumpuni melebihi kebanyakan orang.
    Peace…

  65. Domba Garut! Says:

    Semoga tetep semangat dalam menghasilkan tulisan-tulisan yang memberdayakan ya..

    Salam hangat dari afrika barat!

  66. Dangstars Says:

    Salam Dan Teriring Doa buat sahabat😛
    Semoga selalu ceria dan semangat 😀

  67. antokoe Says:

    judulnya sangat motivatif, jadi seperti diingetin…

  68. wH Says:

    makash bnyak mas tulisanya sangat mengispirasi saya agar lbh bersemangat lg ..u/ belajar dan belajar lg…cri duit duit lg yg semangat..

    salam kenal kembali mas..

  69. ruanghatiberbagi Says:

    nais posting gan!! happy weekend !!

    @ ruanghatiberbagi

    Saya udah sekian lama gak kenal weekend.

  70. narsis Says:

    walah mantep nih, emang siapa pun bisa nulis, tinggal gaya nulisnya aja yng di bikin kreatif, jadinya tulisan kita lebih mantaps..

  71. tuteh Says:

    met wiken…🙂
    jangan lupa update ya hehehe

  72. aliaz Says:

    btw, tema postingannya sama nech🙂

  73. arkasala Says:

    indah banget puisinya.
    Trims.
    Salam🙂

  74. sunarnosahlan Says:

    berkunjung kembali

  75. Opung Says:

    Betul sob..apa yg bisa dilakukan hari ini lakukanlah dan jangan tunggu sampai besok. Link nya sudah saya pasang yah.

  76. hendra Says:

    Wah puisinya mantap juga..mengalir dari hati..hehe

  77. udienroy Says:

    Kunjungan balik. Maaf telat nih. info yang sngat apik. salam kenal bro

  78. wibisono Says:

    aku juga masih belajar tuk menulis… susah ternyata…

  79. jenkna Says:

    haks haks haks dari tulis menulis kok ke atin? meloww
    aku yakin kamu mampu kok seperti andrea hirata, tapi dengan versi kamu sendiri ya.
    keep writing ..

  80. ajikinai Says:

    tiap org psti pya cita seni tggi, kadang cma ga bisa nyampeinnya aja…:mrgreen:

  81. Abula Says:

    kunjungan tengah malam…
    apa kabar????

    @ Abula
    Jawaban tengah malam. Kabar baik.

  82. Abula Says:

    hasrat saya untuk bisa menulis begitu besar…
    tapi aneh hasrat yg besar tersebut tanpa dibarengi cara belajar yang sunguh-sungguh serta baik dan benar,,, bahkan terkesan semaunya…
    kenapa bisa begitu ya???

  83. ivan kavalera Says:

    wah, puisinya keren ya. salam hangat.

  84. phonank Says:

    Namanya nasib siapa yg tau sob,, siapa tau dengan terus rajin berlatih…

    akan bisa tercapai jadi penulis…

    hakhakhak
    iya gak..???

    kali penulis juga gak mesti seperti andrea hirata,, petugas sensus penduduk juga penulis…

    nulis2 yg ada ajah.. hehehe

  85. M Mursyid PW Says:

    Sepakat dengan judul post-nya. NEVER PUT OFF WHAT YOU CAN DO TOODAY. Bagus . . .!

  86. M Mursyid PW Says:

    Ralat komen; bukan TOODAY tapi TODAY. (guru bahasa inggris kok salah nulis inggris, wagu!)

  87. Twitteling Says:

    saya suka dengan puisinya🙂

  88. mysukmana Says:

    apa yang kau liat kau dngar dan rasakan.ungkapin aj mas lewat tulisan..sy jg br aja belajar ngblog lho

  89. ImUmPh Says:

    Saya pernah mendengar pepatah, “Bisa karena Biasa, Biasa karena di Paksa”, jadi klo kita ingin bisa, kita harus memaksakan diri untuk menulis sehingga kita akan terbiasa menulis dan bisa menulis.

    Makasih dah mampir!!

  90. ikiakukok Says:

    tulisan yang datangnya dari hati pasti enak dibacanya😀

  91. v3 Says:

    atin itu siapa ya mas?

    @ v3

    Bukan pacar saya pastinya….:)

  92. JakaPrasetya Says:

    Idem sama mas abula, seringkali menulis kalo lagi mood aja,😀

  93. Zarod Says:

    Sik sik sik ( sambil manggut2 ngebaca postingan, krn bingung mo komen apa jd. . . ) permisi numpang lewat. . . . Salam kenal. . . .🙂

  94. kishandono Says:

    puisinya keren.. tak menyangka lahir dari tangan seorang buruh kasar

  95. bali blog Says:

    mirip simbol di buku tulis gitu..

    saya suka puisi ini

    salam kenal sobat blogger

  96. norjik Says:

    Mereka adalah blogger2 hebat !

  97. qnuun Says:

    dari puisi.ny , ak plng suka kata” ‘“Met bo2k”’ ..:mrgreen:

  98. nghiadoi Says:

    well… nice great from vietnam

  99. cerita cinta dan kehidupan remaja Says:

    wah, ternyata setiaporang punya bakat buat karya sastra yah..?

    begitu juga buruh bangunan atau profesi apa pun….

  100. cerita cinta dan kehidupan remaja Says:

    saya lengkapi komen ke seratus….!

  101. munir ardi Says:

    tulisan anda begitu bagus salut sahabat

  102. Arief Rachman Says:

    Wahhh…salut!

    Postingannya bikin saya berdecak kagun,coz panjang banget sich…

    Salam kenal yaa!!

  103. Wiwin Says:

    Kunjungan balik🙂 , selamat tahun baru !!!

  104. munir ardi Says:

    setuju sekali dengan postingan ini jangan menunda sampai esok apa yang bisa anda kerjakan hari ini dan inilah kelemahan terbesar saya mas

  105. munir ardi Says:

    datang bergerilya malam mas Alris salam hangat dan takzim selalu

  106. simple wold Says:

    the first visit here nice to know you sir. I will save this article in my heart and my brain

  107. simple world Says:

    Good night and enjoy your sleep because tomorrow you will face the other problem and job

  108. furniture minimalis Says:

    jangan menunda apa yg bisa dikerjakan hari ini. Waktu tidak bisa diulangi kembali…

  109. tips beli rumah Says:

    waa…..asyik bgt tuh…keren…bolehlah…………

  110. fajar Says:

    kereeen…

  111. naughtyric Says:

    nice artikel gan , bsa buat motifasi, lam kenal🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: