Gak Tahan Lama

“Saya gak tahan lama, nih,” kata saya kepada seorang sambil ngobrol ngalor-ngidul disuatu sore Jakarta menjelang hujan. Tanpa menunggu penjelasan saya berikutnya apa konteks pembicaraan saya itu, sang teman itu nyerocos begini :
“Ah, kamu bercanda, ya.”
“ Masa gak tahan lama loe bisa punya dua anak’”
“Berarti selama ini istrimu tersiksa, dong. Loe egois, ya, maunya enak sendiri.”
“Kamu udah puas sementara istrimu…”

“Hei..hei…stop, stop.” Saya mengguncang tubuh teman sambil menyuruh dia berhenti bicara sebelum dia terlanjur bicara jauh melenceng dari apa yang saya maksud dan fantasinya semakin liar. Lalu saya menjelaskan apa yang saya maksud dengan tidak tahan lama.

Saya sudah hampir sebulan tidak bikin posting baru di blog saya yang menurut sebagian teman cukup saja tulisan dan tampilannya. Ya,maksudnya blog saya cukup seadanya, tulisannya cukup sebagai tulisan seorang pemula. Nafsu untuk menulispun ikut hilang lenyap ditelan masalah yang datang silih berganti seperti bus-bus di terminal keberangkatan menunggu giliran. Semangat menulis menggelora selama ini yang terpelihara rapi sedikit demi sedikit ikut tergerogoti. Kalau hai ini dibiarkan terus-menerus, cita-cita jadi penulis beken seperti Anton Chekov atau novelis lokal luar biasa Andrea Hirata bisa melayang tanpa pamit.

Berkat dari blogwalking dan bacaan dari buku Breaking Through Your Success Barriers karangan Frank F. Lunn, buku La Tahzan karangan Dr. `Aidh al Qarni, buku Menulis Itu Jenius susunan Roland Fishman, dan buku Mati Ketawa Cara Rusia yang disunting Z. Dolgopolova, akhirnya saya putuskan untuk menghentikan puasa menulis. Saya tidak tahan untuk tidak menulis. Seperti orang yang sudah lama tidak tersalurkan nafsu biologisnya, pasti awalnya grusa-grusu dan pengen mulai cepet. Pokoknya yang terfikir tubruk aja, hajar bleh..! Begitulah rupanya, nafsu menulis saya bangkit lagi, bergelora lagi. Jadi untuk menulis saat ini prinsip saya adalah tubruk aja dan hajar bleh. Mumpung lagi nafsu . Saya berharap onfire terus dalam menulis.

Oh, ya, dari keempat buku yang saya baca hanya buku Mati Ketawa Cara Rusia yang saya tamatkan membacanya, bahkan sudah saya baca sampai 10 kali dalam waktu hampir sebulan ini. Buku terbitan PT. Pustaka Grafitipers cetakan kedua yang dirilis April 1986 itu bikin saya ketagihan untuk membacannya, lagi, lagi dan lagi. Buku La Tahzan baru terbaca sekitar 30%, dua buku lainnya hanya terselesaikan membacanya sekitar 60%.

Nah, sidang pembaca berikut saya posting beberapa cerita yang saya copot dari buku Mati Ketawa Cara Rusia.

Kennedy menghadap Tuhan dan memohon, “Tuhan berapa lama lagikah baru rakyatku bergahagia?”
“Lima puluh tahun lagi,” kata Tuhan.
Kennedy menangis dan berlalu.
De Gaulle menghadap Tuhan dan memohon, “Tuhan berapa lama lagikah baru rakyatku bergahagia?”
“Seratus tahun lagi,” kata Tuhan.
De Gaulle menangis dan berlalu.
Presiden Indonesia menghadap Tuhan dan memohon, “Tuhan berapa lama lagikah baru rakyatku bergahagia?”
Tuhan menangis dan berlalu.

Ahmadinejad tiba di Jakarta untuk sebuah kunjungan resmi. Pukul delapan pagi, ia keluar ke balkon penginapannya, dan melihat kemacetan lalu lintas, bis yang penuh sesak dengan manusia, mobil pribadi dan sepeda motor.
“Siapa mereka?” Ahmadinejad bertanya kepada presiden tuan rumah.
“Merekalah tuan dan pemilik negeri ini,” jawab sang presiden.
Pukul sepuluh , Ahmadinejad kembali ke balkon. Di jalanan ia menyaksikan beberapa limousin hitam meluncur dengan anggun.
“Dan siapa mereka?” Ahmadinejad bertanya.
“ Itulah kami,” sahut presiden dengan nada bangga. “Kami para hamba sahaya rakyat.”

Seorang arsitek Soviet meninjau ke luar negeri. Disana, ia dibawa ke rumah seorang arsitek tuan rumah. Tamu Soviet itu diajak berkeliling.
“Ini ruang utama,” tuan rumah menerangkan. “Itu ruang duduk, disana kamar belajar saya, itu kamar anak-anak, ini kamar tidur utama, dan diseberang sana ada kamar terpisah untuk para tamu. Itu dapur, kamar makan, dua kamar mandi, dan kamar peturasan…”
“Sangat bagus,” ujar arsitek Soviet itu.
“Bagaimana di negerimu?”
“Di Soviet? Sama aja, hanya kami tidak membagi-bagi ruangan…”

Kereta api itu tiba di stasiun. Dari sebuah kompartemennya, turun seorang anak lelaki kecil bersama ibunya. Mereka diiringi seorang prajurit dengan dada penuh bintang dan tanda jasa. Di peron sudah menunggu ayah anak lelaki itu.
“ Saya ingin memperkenalkan engkau dengan teman sekamar kami di kereta api, “ ujar ibu anak itu kepada suaminya. “Ia adalah pahlawan Uni Soviet!”
“ Pahlawan apa!” anak kecil itu menukas. “Di kereta api, ia tidak tidur kalau tidak ditemani ibu.”

catatan : Presiden Indonesia menghadap Tuhan dibuku aslinya adalah Brezhnev; Ahmadinejad tiba di Jakarta dibuku aslinya adalah Nehru tiba di Moskow. Sengaja kalimatnya saya “selewengkan” supaya ada rasa dalam negeri. 🙂

Posting ini juga untuk mengenang setahun wafatnya Sassie Kirana, hiks…


176 Tanggapan to “Gak Tahan Lama”

  1. alrisblog Says:

    Pertamax…
    Dengan sangat terpaksa saya mendahului alamendah. Sesekali boleh dong pertama di rumah sendiri, hahaha….

  2. belajar investasi Says:

    saya keduaxxx kang ..
    humor2 yang lumayan menggelitik

  3. alamendah Says:

    cukup puas dengan;
    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Dibuat santai aja, bro. Yang penting nulis-nulis, dan nulis. Kadang saya juga merasa malas menulis. HJehehehehe

  4. Rahmad Syahroni Says:

    pertamax gak pertamax yg penting page one

  5. Ratasoe Says:

    Kunjungan malam sob, semangat and keep blogging..salam

  6. Rock Says:

    hahaha… aku kira apanya yang ga tahan lama…

  7. vany Says:

    wah, akhirnya mas alris nulis lg nih….😀

  8. mas acrom Says:

    thanx dah mampir sob,salam juga .
    Nice artikel

  9. iLLa Says:

    welkambek om,, akhirnya nulis lagi, hehe… hiatus memang ga perlu lama2😀

  10. dasir Says:

    saya g than lma utk duduk diam, pegel soalnya. Hahaha, salam

  11. ofaragilboy Says:

    hahahh… kalo ngeblog sih saya tahan lama bnget….😀😀

  12. Susan Noerina Says:

    Hihihi, lucu Mas. Kasian yah malah Tuhan yang nangis pas ditanya sama presiden RI. Berti saking lamanya bangsa kita ini ga bahagia. hiks!

  13. Noorhasan Says:

    Wah…puasa menulis ? pastinya setelah kembali sudah banyak ide menarik yang bisa di bagikan ke sahabat. Bukan begitu pak…!? he..he

  14. hendro-prayitno Says:

    kirain siapa yang gak tahan lama…bagus ceritanya

  15. sanjati Says:

    kunjungan balik diwaktu pagi juga.cerita yang menarik.

  16. HAPIA Mesir Says:

    salam sob.. semangat selalu…

  17. hanif IM Says:

    haha, mantab sekali… saya suka kutipan para presiden bertanya pada TUHAN mereka… hanya Indonesia saja yang aneh. hehe.

  18. peri01 Says:

    wah alris sudah update nieh hehe
    salam pagi

  19. tukangpoto Says:

    Ternyata berbagai bahan bacaan sanggup memberi inspirasi untuk mulai menulis lagi,ya.Salam jepret!

  20. anny Says:

    Wihhh ada Ahmadinejad nih disini🙂
    He..he….mudah mudahan sesuatu yg beraura positif bisa tetap tahan lama ya

  21. JhezeR Says:

    Gak tahan lama kalo gak ngeblog, kalo nulis tahan lama di natapin monitor.
    keep share mas

  22. Rahad 2 Six Says:

    kirain gak tahan apaan….
    ternyata gak tahan gak nulis di blog toh….
    kirain apaan….

  23. Dheny Gnasher Says:

    Waduh, saya baca judulnya ketawa, reh isinya ternyata berbeda 180 derajat hahaha

    Salam kenal sobat🙂

  24. Dheny Gnasher Says:

    Waduh, saya baca judulnya ketawa, reh isinya ternyata berbeda 180 derajat hahahaha…

    Salam kenal ya sobat🙂

  25. anyin Says:

    berubah ya templatenya

  26. agoenk70 Says:

    hehehe judulnya udah meembuat orang berpikiran ke arah sana az *tuing tuing..*

  27. si ublik Says:

    menulis itu ibarat operasi pengencangan kulit wajah. you could feel more alive jiaaaaahhh !!!!!

  28. orange float Says:

    dah lama sekali ngak up date. welcome back….🙂

  29. Franco Says:

    mampir ketempat sobat, salam kenal😀

  30. BENY KADIR Says:

    Selamat sore,Mas.
    Buku yg enak disimak rupanya.
    Selamat ya,semangatnya sudah bangkit kembali.
    Salam hangat selalu.

  31. Artikel Islami Says:

    terus semangat berbaginya kawan.. untuk memberi manfaat kepada yang lainnya

  32. Artikel Islami Says:

    tetap semangat untuk berbagi

  33. sakurata Says:

    Hahaha..
    Ide untuk postingannya menggelitik, bikin orang penasaran untuk membaca sampai tuntas😀

  34. 'dee Says:

    he he he… jadi bulan puasa sudah berlalu ya?🙂 d.~

  35. mycorner Says:

    kurang banyak copotan dari bukunya😀

  36. Huda Says:

    selewengannya bikin lebih hidup,… bagus🙂

  37. Wempi Says:

    heheh… kalo dah kena virus ngeblog [nulis], hal yang menghambat itu cuma ada dua iaitu ketersediaan waktu dan ketersediaan dana.😆

  38. armansyahputrabarus Says:

    kata seorang penulis. Menulis…menulis….dan menulis.

  39. delia4ever Says:

    Semoga tetap semangat dalam menulis…🙂
    kunjungan pernana.. salam kenal🙂

  40. Rock Says:

    Selamat pagi kawand… Aku datang lagi… hahaha…

  41. annosmile Says:

    wah..semangat banget nih nulisnya..
    hmm..saya juga pengen update lagi neh

  42. achoey Says:

    Nah tuh kan tulisannya bagus
    Semangat ngblog🙂

  43. sunarnosahlan Says:

    saya juga lama tak berkunjung ke sini

  44. d.e.q Says:

    berkunjung .. buku la tahzan bagus, sampul kuning ayas suka

  45. deekkyy Says:

    Hallo..salam kenal..happy blogging ya

    http://deekkyy.blogspot.com

  46. deekkyy Says:

    makasi sebelumnya udah kunjungi blog ku..kok tau kalo kota kasongan terkenal dengan buah duriannya ?

    http://deekkyy.blogspot.com

  47. Bee'J Says:

    cuma bisa ketawa… hahaha..

  48. Bee'J Says:

    oiya lupa… salam persahabatan

  49. HALAMAN PUTIH Says:

    Dalam berbagai humor, Indonesia selalu dilambangkan sebagai negara yang paling ironis, kasihan dan perlu dikasihani.

    Tapi bukunya menarik sekali, saya pernah baca2 beberapa halaman namun tak sampai tuntas.

  50. Halaman Putih Says:

    Dalam berbagai humor, Indonesia selalu digambarkan sebagai negara yang paling ironis, kasihan dan perlu dikasihani.

    Tapi bukunya menarik sekali, saya pernah baca2 beberapa halaman namun tak sampai tuntas.

  51. dedi Says:

    mampir sebentar😀

    di tunggu mampir balik…

  52. ariosaja Says:

    lucu hihihih

  53. Utari Says:

    iya judulnya bikin kaget salam kenal ya sobat kunjungan balik nich ..

  54. agnes sekar Says:

    Selamat sore Alris, senang bisa ngeblog lagi dengan semangat yang baru dan wawasan yang baru juga. Karakteristik seorang Alris.. pantang menyerah, bersemangat dan akhirnya sampai ke tujuan. Disisi lain dapat dipercaya dan dapat menumbuhkan motivasi di lingkungannya, Ayo maju terus pantang mundur Iya nggak ris ?

    @ agnes sekar

    Iya, bu Agnes. Maju terus…

  55. Sapril Says:

    Sore yang cerah di Belitung kang Alris. Kunjungan balasan ke rumah sahabat🙂

  56. ahmad sutan Says:

    Salam kenal pak, semoga sukses selalu

  57. ninok eyiz Says:

    hihihi..

  58. bocahbancar Says:

    HHmm….saya jadi ikut terkenang Mbak Sassie😦

  59. flexter syariah Says:

    saya juga senang membaca sayang ga punya duit, jadi baca nya numpang di gramedia :p:mrgreen:

  60. manshurzikri Says:

    Wah, boleh juga tuh bukunya, Mati Ketawa Cara Rusia. Humor yang penuh krtik,,
    Klo di gramedia harga nya berapa tuh, Gan?

  61. andipeace Says:

    memang untuk mendapatkan semangat nunlis lagi itu bisa juga dari beberapa hal..

    salam adem ayem

  62. Mbah Jiwo Says:

    jadi di rumah tahan lama ga nih??

  63. kikakirana Says:

    hehe numpang baca” aja maz😀

  64. zuawi Says:

    waktu baca judulnya pikiranku kemana-kemana ternyata salah bukan tentang itu isinya hehehhe ……
    salam blogger
    maksich …..🙂

  65. gambutku Says:

    mantap artikelnya fren.:D

  66. julie Says:

    aku juga suka tuh buku matiketawa cara rusia dah sering dibaca hehe

  67. Abu Ghalib Says:

    sepertinya ini kunjungan pertama saya?
    salam kenal ya

  68. Abu Ghalib Says:

    nambah komen
    ini juga membuktikan bahwa saya tahan lama😀

  69. oelil Says:

    wekekekek.. sama mas..saya juga lagi loyo…hahaha…

  70. mas acrom Says:

    Info menarik

  71. Erdien Says:

    Hahaha…. keren-keren!
    Bener-bener ketawa mati😀

  72. Yari NK Says:

    Iya nih…. dulu populer banget ya buku “Mati Ketawa Cara Rusia…..” setelah itu muncul deh buku2 humor sejenis yang sampai sekarang lumayan masih menjamur. Saya juga punya bukunya tapi sekarang udah hilang….😦

  73. narti Says:

    makasih artikelnya, buat motivasi kedepan.

  74. sda Says:

    baca awalnya, kirain mau ngomongin apa….

  75. Ferry Prima Says:

    huauahauhauha… kocak abis yang kennedy hahaha.. sampe ngakak gue. hahaha

    (aniway thanks dah mampir ke blog aye. )

  76. Riyanti Says:

    hmmm…mengenang jeng Sassie Kirana ea, me jg nate mampir d blogna keren blogna….smg dia sll tersenyum di singgahsananya bersama Sang Kholiq amien….

    salam sayank akng…

  77. miawruu Says:

    wuaikakakakakakak… ngakak bacanya. tambah lagi dunk banyolan sarkastis mengenai presiden. Jadi tertarik beli bukunya. masih ada yg jual ga ya?

    btw, mia jg terkadang suka mati ide buat nulis lama2 jadi bosan. tapi, ternyata yang lebih membosankan itu adalah jika tidak menulis lagi.

  78. Tyas Says:

    Berkunjung baliik🙂
    Slm kenal

  79. peri01 Says:

    wah blom update

  80. dewifatma Says:

    numpang nyengir…….

  81. ichanx Says:

    gitu dong ‘da… rajin bgeblog biar bisa ketawa-ketiwi… hehe

  82. van Says:

    wkwkwkwk,,,
    lemayan lah buat hiburan sore hari,,ngikik habis bro

  83. movic Says:

    wow,,
    ga lama ngeblog bisa dapet 2 anak,,,hehehehe

  84. U-marr Says:

    memang mas, semangat itu suka ilang begitu saja, tapi sebenernya semangat itu bisa saja kembali lagi asalkan kitanya benar-benar berniat untuk ng-blog. maka semangat ng-blog pun akan terus ada.

  85. Didien® Says:

    hahahaaha..temennya piktor banget yak?:mrgreen:
    syukur deh kalo sekarang sudah mulai bersemangat untuk menulis lagi,,saya hanya bisa mendoakan semoga apa yg menjadi harapan²nya dapat terwujud amin….

    salam, ^_^

  86. budiono Says:

    woooo terlambat datang, sudah pada mau pulang hwhwhw

  87. suryaden Says:

    apa masih keliatan komentara saya ya😀

  88. big sugeng Says:

    Mati ketawa cara rusia kalau nggak salah diterjemahkan oleh Helmi Yahya?

    @ big sugeng
    hahaha… helmi yahya kapan nejermahinnya?

  89. a-chen Says:

    Kakakkakakakka… hampir mati ketawa neh…🙂

  90. buwel Says:

    Wah, bikin tertawa juga tuh buku mati ketawa nya….
    heheheh

  91. kishandono Says:

    cerita yang terakhir maksudnyaa karena ada istilah mother russia ya??

  92. fajar Says:

    sekedar mampir…udah lama ndak mampir om…

  93. siroel Says:

    wah, libido menulisnya tinggi nih, hehe…

    maaf telat berkunjung sob…

  94. soewoeng Says:

    semangat bos

  95. koplak Says:

    salam kenal bos

  96. Mas Ben Says:

    Sudah setahun ya Sassie [alm] pergi. Semoga dia sedang berbahagia di Taman Tuhan🙂

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

  97. ridwan Says:

    semoga dapat ramuan mujarab supaya bisa kuat dan tahan lama😀

  98. fety Says:

    mungkin postingan fety di sini, bisa menjadi penjaga semangat untuk terus menulis.
    http://ingafety.wordpress.com/2010/03/30/belajar-menulis-dari-tips-tips-andrias-harefa/

  99. joresan freedom Says:

    lam knal balik boz…tetep semangat

  100. Lia Says:

    hehe..kirain apanya yang gak tahan lama??, salam kenal ya..

  101. FaiS Says:

    postingan yang menarik….

  102. nayantaka Says:

    panjang bangetttt
    tapi menarik untuk dibaca

  103. muhammad zakariah Says:

    heheh.. awal baca bikin pikiran gw gak jelas gt..😀 kirain apa yg gak tahan lama.. semangat gan..

  104. Asop Says:

    Huahahahaha! Saya tahu buku ini! ^_^
    Ternyata lucu juga ya…😀

  105. norjik Says:

    Kisah yang menarik🙂

  106. Realodix Says:

    Kunjungan malam sob, semangat and keep blogging..salam

  107. arkasala Says:

    waaaa, jadi gak ngantuk, tertolong artikelnya …..
    jadi tahan lama neh he he he
    Trims Mas,
    salam hangat selalu🙂

  108. cah ndueso Says:

    wadoh….tak kira ngeres ni td..

  109. skydrugz Says:

    Kenapa Tuhan tidak menjawab pertanyaan presiden Indonesia?😀

  110. flyegg Says:

    saya juga gak tahan lama nih, gak tahan liat koment2-nya rame bener ya
    hahahaha

  111. rizal santosa Says:

    wah mantap…ternyata udah di edit..tak kira beneran Indonesia..hehe

  112. ijjal Says:

    bagus…berkesan🙂

  113. hanif Says:

    suka baca buku Dr. `Aidh al Qarni to?

  114. kartunmania Says:

    Di tunggu terbitnya buku “Mati Ketawa ala Alris”…😆

    Salam

  115. ipul Says:

    hahaha ,jangan – jangan temen anda tuh mas yang ga tahan lama wkwkwk.

  116. deady Says:

    hahahaha
    saya pernah denger dari dosen saya tuh jokes tentang Tuhan yang menangis itu

  117. kosong Says:

    jaminan mutu? diiklanin gak ya?

  118. soewoeng Says:

    dikasih borax ngak ya biar tahan lama?

  119. koplak Says:

    hmmm salam kenal aja bos

  120. Darin Says:

    hehehe iya itu kayak lelucon2 yahudi sob, ironis
    btw, knapa ngga tahan lama? minum jamu kalo perlu🙂

  121. matanaga Says:

    hahahayy..
    kirain ngga tahan apa?
    ngga taunya kebelet nulis tho!
    lanjut dah!🙂

  122. handy fernandy Says:

    waw tulisannya manstabb euy,, mampir gan,,

  123. sabai95 Says:

    hihihihi.. kocak! salam kenal ya..

  124. Agung Pushandaka Says:

    Wah, ndak tahan lama ya? Tapi kalau mendukung Inter bakal awet sampai lama kan?

  125. muhammad zakariah Says:

    bangun bro… inter main nih.. begadang atuh.. seru bgt nih mainnya.. hehe..:mrgreen:

  126. bayuputra Says:

    ahaaaa… bisa aja tuh temannya … kok jauh amat jalan pemikirannya.. terlalu keratif pikiran temannya tuh mas … heeee… lucu.

  127. flypucino Says:

    klo gak salah (smoga bener, karena males ngecek lagi) aku komen yang ke 124 ini ya??…hmmm… klo dapat komen sebanyak ini di blog-ku pasti tukang jualan cendol pun jadi artis karena aku jadiin tokoh cerpenku (alias menghantam semua untuk bisa eksis). tapi alhamdulillah.. biar pembaca ku rata-rata (99 %-aku sdg berbohong dengan statistik-) ndak punya blog.. semoga bisa tetep nulis. hhhh…kadang agak ribet juga klo tagihan postingannya bukan lewat blog ato imel.. inbox hp-ku jadi kelip-kelip.. (sok ngartis).hahahaha… (keknya aku lagi memupuk mimpi disini jadi penulis beken..). Lets go!!! sudah sejauh ini juga… malu kalo berhenti disini.

    salam silaturrahim juga… ^_^

  128. tary Sonora Says:

    yah gitu deh kalo hasrat udah nggak kebendung, heheheh
    ayooo tulis…tulis..biar gak basi.

  129. MT Says:

    ya, jangan berhenti menulis. apapun, bebas ditulis di blog. itulah asyiknya ngeblog. seperti tulisan ini, awalnya kirain dialog ttg “tahan lama” apa gitu hehehe… ternyata…. mantap!

  130. hellgalicious Says:

    hahahaha
    keren tuh komedinya

    kalo gatahan ya ngeblog aja mas
    biar temen mas ga mikir yang aneh aneh lagi

    hahaha

  131. Siti Fatimah Ahmad Says:

    Assalaamu’alaikum mas Alris

    Bagus banget tulisannya mas. Menceriakan waktu petang yang panas ini. Senang membacanya. terhibur. Menulis ni bukan susah sangat kalau kita tidak berfikir berat. santai aja mas. Semoga sihat dan selalu ceria. maaf baru ada kesempatan BW. Salam mesra dari saya di Sarawak, MALAYSIA.

  132. start@2010 Says:

    izin nge-link blognya🙂
    ditunggu link baliknya😀

  133. billierijadi Says:

    wah teman2nya banyak juga ya
    Anda sptnya orang yang famous

  134. nurhayadi Says:

    Akhirnya gatel juga kan tangannya, mengetik itu nikmat tersendiri

  135. Mamah Aline Says:

    semoga kali ini bisa tahan lama mas….

  136. FiyaFiya Says:

    Hiihihihi..
    minum obat kuat aja biar tahan lama..
    upzzzzz

  137. Abula Says:

    buku ini memang luar biasa,,,

  138. achoey Says:

    lama gak nengok blogku nih hehe

  139. Andi Says:

    saya juga termasuk yg tdk tahan lama.

  140. fajri Says:

    wah temanmu lagi belum ditahun makna dari ngak tahan lama
    udah di berpikiran negatif
    http://ujungdaun.co.cc/

  141. newbiedika Says:

    Salam knl juga…

    Hm.crita nx menarik juga .,

  142. Caride™ Says:

    heuheu..kacau temennya kang….

  143. Didien® Says:

    sepertinya sedang sibuk neh..sampe g ada postingan terbaru…??
    semoga semuanya lancar ya mas..

    salam, ^_^

  144. d-Gadget™ Says:

    kunjungan malam utk silaturrahmi..
    baca tulisan ini bikin saya ngakak..temennya PD banget respon hihihi

  145. Desri Susilawani Says:

    kirain emang bener tulisan aslinya ada orang indonesianya..hehehe…sempet mikir, koq orang rusia tau kondisi negeri ini, ternyata plesetan yang tepat. mantep lah

  146. yos Says:

    ayo update lagi mas…

  147. sauskecap Says:

    selamat datang kembali mas… saya seringkali naik turun semangat ngeblognya… tetapi untungnya tetapi bisa ngeblog walaupun hasilnya seadanya

  148. bintangtimur Says:

    Saya juga penggemar buku Mati Ketawa Cara Rusia…anekdot-nya lucu dan mengena, susah cari buku dengan kualitas seperti itu🙂
    Ikut berduka dengan berpulangnya Sassie…

  149. sjafri mangkuprawira Says:

    …menulis adalah suatu pilihan seseorang…intensitasnya sangat berkait dengan lagi asyiik bersantai atau tidaknya seseorang…dan menulis juga bisa terdorong karena baru melihat kejadian tertentu,sehabis membaca buku,mendengar berita di media elektronik, dsb…tulisan anda bagus…

  150. Ari Says:

    seorang blogger itu “terpaksa” menulis, kalau tidak menulis bisa pusing kepala heheh….

    salam kenal sobat, sukses selalu

  151. idisuwardi Says:

    Ciakaka, itu sih dasar temannya aja yang parno. Jadi langsung nyerotos aja ngomongnya.

  152. surihati_ku Says:

    buat suri tertawa sendi disini🙂

  153. Matt Wahyu Says:

    Seoga tetap semangat menulis …. kunjungan balik, semoga tetep bolak balik

  154. budiastawa Says:

    Saya salut dengan semangatnya mas Alris, semoga saya juga tetap semangat untuk menulis dan termotifasi dari tulisannya mas Alris ini.

  155. nowgoogle.com adalah multiple search engine popular Says:

    Kunjungan balasan, jalin silaturahmi dengan bolak balik saling berkunjung.

  156. denmasfauzi3074 Says:

    salam kenal dulu mas?trim atas kunjunganya

  157. imasaja Says:

    kreatif dan keren.
    kunjungan di waktu dhuha, kawan,,,,:)

  158. kartika Says:

    Nice posting, otak jadi ga kucel he he he…
    Salam kenal.

  159. wiyono Says:

    berkunjung ahhhhhhh biar ada kunjungan baliknya

  160. furniture minimalis Says:

    hidup harus semangat…. ayo semangat!!!

  161. furniture minimalis Says:

    pake obat donk biar tahan lama

  162. Jabon Says:

    biar tahan lama di cahs nya yang lama …. he he

  163. jabon Says:

    @yos, rupanya ketagihan nih….

  164. fajar Says:

    salam kenal sob

  165. Natacha Shaver Says:

    I find your blog in google. And I will be back next time, thanks.

  166. Claris Allgeyer Says:

    A lot of weird comments on here. Cool I checked it out again. Cudos

  167. Joannie Andreassi Says:

    I didn’t see a link anywhere but do you have advertising? I have several blogs in the same niche and I’d like to add my banner somwhere on your site. This site seems to have a lot of discussion and visitors.

  168. Stephnie Dugay Says:

    Antoher nice post. Cool I checked it out again. Much appreciated

  169. penginapan di jakarta Says:

    kenapa mas kog gak tahan lama

  170. Billy Says:

    hihihihi.. kocak! salam kenal ya..

  171. exit popup script Says:

    I do accept as true with all the ideas you’ve presented on your post. They are very convincing and can definitely work. Nonetheless, the posts are very short for novices. May you please prolong them a little from subsequent time? Thanks for the post.

  172. jelly gamat Says:

    hahaha… kirain gx tahan lama apaan mas… ternyata gx tahan gara2 jrg posting,, hehehe
    salam kenal y mas

  173. obatalami27 Says:

    terimakasih atas infonya gan bermanfaat banget

  174. pengertian asuransi Says:

    judulnya gokil om, tapi isinya ga tahan post haha nitip om

  175. Eleanor Says:

    We’re a group of volunteers and starting a new scheme in our community. Your website offered us with valuable information to work on. You’ve
    done an impressive job and our entire community will be grateful
    to you.

  176. hotel murah dijakarta Says:

    hotel murah dijakarta

    Gak Tahan Lama | Alrisblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: