Abdi Ngacay Bicara Kuliner Kota Bogor

Beberapa hari setelah ambo pulang dari Bogor ada teman lama yang tanya ke saya. Dia, teman itu, tinggal beda kota dengan saya. Dia menanyakan tempat kuliner yang enak bin raos di kota Bogor, karena dia ada rencana liburan beberapa hari membawa keluarga. Sebagai orang yang pernah tinggal di kota Bogor selama hampir empat tahun tentu saya mengetahui beberapa tempat kuliner yang endes alias おいしい bin 美味.

Kota Bogor yang terkenal dengan julukannya sebagai kota hujan, juga menyediakan tempat wisata kuliner yang kesohor. Wilayah kota yang tidak terlalu besar memungkinkan anda untuk berkunjung dari satu tempat ke tempat lainnya dengan tidak ribet. Tetapi jika anda ingin menikmati berbagai kuliner di kota ini, tentunya satu  hari tidak akan cukup untuk menjelajahinya. Bisa anda paksakan menjelajahi satu hari dari pagi sampai malam kalau cuaca bagus, tapi perut ente tak muat makan makanan yang raos pisan euy.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan tidak cukup waktu  untuk menjelajahi tempat wisata kuliner dalam satu hari. Pertama, seperti yang saya sebutkan tadi, Bogor adalah kota hujan. Bisa dipastikan kota ini sangat sering diguyur hujan, apalagi diawal-awal tahun kayak sekarang ini. Maka dari itu kita perlu waktu untuk berkeliling di Bogor. Yang kedua, kota Bogor banyak objek wisatanya, baik wisata kuliner, belanja dan wisata alamnya. Jadi sayang tho, jika anda sekalian buru-buru meninggalkannya. Kemudian adalah sarana akomodasinya yang sangat bervariasi dan menarik. Anda mau menginap dari kelas hotel melati sampai hotel berbintang tersedia di kota Bogor. Penginapaan dan hotel-hotel disekitar Bogor ini sangat bervariasi, mulai dari yang bernuansa pedesaan hingga penginapan atau hotel bernuansa alam dengan rate yang cukup terjangkau alias tidak mengeruk kantong terlalu dalam,🙂

Untuk sampeyan yang mau lidah bergoyang dan  bikin perut kenyang, -akhirnya setelah perut kenyang bilang :ho liau-, silahkan untuk menjajal tempat kuliner dibawah ini :

Kedai Kita

Kedai Kita terkenal dengan menu pizza kayu bakar dan mie sapi lada hitamnya. Hmm…dengar namanya aja udah bikin ngacay. Tempat makan ini berlokasi di dekat Taman Kencana. Sekitar akhir 2014 lalu, Kedai Kita juga membuka cabang baru di daerah Pajajaran. Kisaran harga pizza kayu bakar di kedai kita adalah Rp. 70.000 per porsi. Kalo berkunjung di akhir pekan atau hari libur nasional, maka usahakan Anda datang lebih dulu sebelum kehabisan tempat. Kedai Kita, Jl. Pangrango No. 21. Telepon (0251) 8324 160.

mie hot plate kedai  kita, yummy...

mie hot plate kedai kita, yummy… sumber foto dari sini

Macaroni Panggang

gakkuat kan liat penampilannya?, meleleh deh... foto diambil dari ini

gakkuat kan liat penampilannya?, meleleh deh… foto diambil dari ini

Masih di kawasan yang sama, Macaroni Panggang beralamat  di Jl. Salak No. 24. Makanan yang menjadi buruan favorite pengunjung adalah macaroni panggang special yang atasnya dipenuhi oleh baluran keju panggang. Ada tiga pilihan ukuran yang ditawarkan, yaitu small, medium dan large. Selain macaroni panggang terdapat pula pilihan makanan lain, yaitu ayam panggang, iga panggang, jamur panggang, salad, omelet dan lain-lain. Banyak deh pilihannya, hehe… Nah, ini dia web Macaroni Panggang tersebut.

Bogor Permai

Sewaktu berkunjung ke Bogor kemaren, tempat ini lagi dalam renovasi. Walaupun masih renovasi tapi tetap melayani para pengunjung seperti biasa. Bogor Permai ini  tidak hanya restoran dan bakery tapi juga pusat jajanan. Di seputaran Bogor Permai anda juga dapat menemukan wisata kuliner lain. Makanan-makanan yang terdapat di sekitar Bogor Permai adalah es sekoteng, soto mie Bogor, toge goreng (yang udah terkenal itu lho..), siomay, sate dan lain-lain. Pilihan makanan yang begitu banyak membuat Anda mungkin akan kebingungan, akan tetapi es sekoteng menjadi pilihan yang wajib. Es sekoteng Bogor Permai adalah es serut, alpukat, sirup, sekoteng, susu kental manis dan kelapa muda yang dipadu dengan pas, paling enak dimakan saat kondisi cuaca sedang panas. Alamat Bakery dan Restoran Bogor Permai : Jl. Sudirman No. 23 Bogor. Alamat webnya disini.

Sop Duren Lodaya

Sop duren ini memiliki berbagai cabang di Bogor. Salah satu cabang yang mudah diakses adalah yang berlokasi di Jl. Ahmad Sobana (dahulu bernama Jl. Bangbarung), Bantarjati. Sop Duren Lodaya dengan tempat bernuansa hijau menawarkan sop duren dengan berbagai varian rasa. Rasa-rasa yang tersedia antara lain, sop durian ketan hitam, sop  durian oreo, sop durian buah, sop durian anggur, sop durian lengkap dan lain-lain. Kalo mau ngetwit Sop Duren Lodaya boleh, nih dia.

Asinan Bogor

pasti mantap disantap setelah makan berat... foto aslinya ada dimari

pasti mantap disantap setelah makan berat… foto aslinya ada dimari

Asinan bogor yang patut dicoba adalah asinan bogor Ny. Yeni yang terletak di Jl. Binamarga. Asinan Bogor terdiri dari 2 macam, yaitu asinan sayur dan asinan buah. Asinan Bogor disajikan dengan kuah asam yang segar. Jangan lupa untuk membeli kerupuk kuning untuk menambah kenikmatan menyantap asinan. Ada juga Asinan Gedung Dalam (kalo ini sudah nyohor pisan euy…) yang ada di Jalan Siliwangi, Sukasari Bogor.

Gang Selot

Gang Selot menawarkan makanan-makanan yang murah dan mengenyangkan perut. Walaupun harganya murah tapi soal rasa tetap maknyus. Makanan-makanan yang tersedia di Gang Selot antara lain soto mie, bakso, toge goreng, ketoprak, gado-gado dan lain-lain. Selain itu pada akhir tahun 2014, telah dibuka “Bitten”, kue cubit dengan berbagai varian rasa. Pembeli seringkali memesan kue cubit “Bitten” yang setengah matang, tidak lupa ditambahkan pilihan topping seperti oreo, kit kat, ovomaltine, nutella, dsb.Gang Selot adalah gang yang terletak di sebelah SMA Negeri 1 Bogor. Gang Selot biasanya menjadi tujuan anak sekolah untuk jajan, tetapi orang umum juga bejibun, bro…

Cafe-cafe

Anda yang suka hang-out atau untuk sekedar nongkrong sambil menikmati udara kota Bogor yang nyaman bisa mengunjungi beberapa cafe. Saat ini mulai bermunculan cafe-cafe di Bogor. Hal tersebut menjadi destinasi yang tepat bagi Anda yang ingin berwisata kuliner sekaligus menikmati nuansa nancozy yang ditawarkan cafe tersebut. Cafe-cafe yang terdapat di Bogor antara lain Two Stories, Monarchy Bistro, Lusso Café&Resto, Lemongrass dan Tier Siera Resto&Lounge. Atau ente mungkin lebih tau dari saya soal cafe ini, sebutin dong ya, hehe…

Peringatan: pengomentar pertama akan mendapatkan buku gratis karangan Ippho Santosa. Tidak berlaku buat yang sudah mendapatkan kiriman buku dari ambo dan beralamat di luar negeri.

40 Tanggapan to “Abdi Ngacay Bicara Kuliner Kota Bogor”

  1. Zulham Efendi Says:

    ampun,… bikin air liur jatuh deras menetes,…hehehhe

    @ Zulham Efendi
    Kalo ke Bogor coba nikmati makanan disalah satu tempat kuliner itu. Pasti bikin ketagihan, hehe…
    Sebagai pengomentar pertama mas Zulham Efendi berhak dapat buku gratis. Kirim alamatnya ke saya via email.

  2. eviindrawanto Says:

    Abdi ikut ngacay, terutama lihat foto asinan Bogor…🙂

    @ Evi Indrawanto
    Kalo ke Bogor ayo dinikmati asinannya, uni Evi.
    *typo-nya udah saya betulin, hehe…

  3. eviindrawanto Says:

    Aih ini typo berat, lihat kok jadi ohat🙂

  4. jampang Says:

    yang baru saya cobain kayanya ya asinan bogor doank. roti unyil masih adakah?

    @ jampang
    Ayo cobain yang lainnya kalo ke Bogor. Roti unyil masih eksis.

  5. Ridha Harwan Says:

    Asinan Bogor saya suka tuh. Ternyata rasanya tidak terlalu asin. Rasanya segar.

    @ Ridha Harwan
    Okeh rasanya ya mas. Apalagi dimakan rame2, asikk..

  6. Cipu Says:

    Yang di atas rata rata sudah kucoba semua, kecuali yang gang selot. Insya Allah next trip will go there.

    Thanks reviewnya mas, mantap

    @ Cipu
    Ajak saya, ya, kalo mau coba lagi,🙂
    Sebenarnya ada beberapa tempat makan yahud yang belum masuk seperti Sop Buntut Mang Endang yang di Air Mancur, atau Soto Kuning Pak Salam yang di Jl. Siliwangi deket Gang Aut.

  7. Blogger Indonesia Says:

    Kalau dari fotonya, mie hot-platenya sepertinya pedas ya kak😀

    @ Blogger Indonesia
    Pedasnya sedang aja mas. Tapi lidah orang beda-beda ya.

  8. Astari Ratnadya Says:

    Bogor kulinernya juara bangeeeet🙂
    Paling favorit kuliner disepanjang pasar bogor ^^

    @ Astari Ratnadya
    Setuju. Deket SD Pengadilan juga banyak yang enak, hehe..

  9. ciput Says:

    Mari kepada para sekalian para pencinta kuliner, Mari kita Control + D halaman ini, nanti waktu ke bogor bisa buka link referensi kuliner ini.

    @ ciput
    Kalo diajak saya juga mau ikut,🙂

  10. limaumanes Says:

    Pingin dah nyobain sayang skrg makin jauh aja hehe

    @ limaumanes
    Lampung ke Jakarta gak jauh Ade, hehe…
    Kalo balik ke Jakarta jajal deh.

  11. prih Says:

    Beneran ngacay….. Perumahan tenang Jl Pangrango pada zamannya kini berubah jadi jajaran resto keren, MP pun Kedai Kita cleguuk. Gang selot…ooh sebelah SMA 1 tempat makan khas, belum coba bitten nya. Hatur nuhun ya dikirimin aneka kuliner enak ini.

    @ prih
    Kini Jl. Pangrango dan Jl. Salak berubah jadi tempat nongkrong keren, dulu waktu mba prih masih kuliah di Bogor sekitaran itu tempat kos yang tenang,🙂
    Gang Selot belum terlalu lama ramenya, walaupun dari dulu sudah ada tempat makan disitu. Bogor ngangenin euy…

  12. Una Says:

    Di Tebet juga ada Bitten, gilaaa ngantrenya… udah ke sana dua kali tapi belum berhasil mencoba saking habisnya cepet banget😥

    @ Una
    Baru tau ada bitten di Tebet, sebelah mana? #kupernihgw

  13. eksak Says:

    Bogor? Pernah nyobain asinannya doang! hehehe

    @ eksak
    Ayo cobain yang lain.

  14. Enny Mamito Says:

    macaroni panggang penampakannya ituu..hhhmmm.. jadi pengeenn.. ^_^

    @ Enny Mamito
    Saya juga pengen, haha…

  15. dedy oktavianus pardede Says:

    kue brownies talas bogor sama roti unyilnya ketinggalan…

    @ dedy oktavianus pardede
    Memang belum semua, nanti kalo ke Bogor lagi dijajal dulu, baru posting🙂

  16. Beby Says:

    Salah banget buka postingan malem-malem gini.. Di saat aku sedang lapar-laparnya tapi mesti diet demi kebaya wisuda..😥

    @ Beby
    Kalo diet mesti tahan godaan. Selamat wisuda ya, eh kapan wisudanya?

  17. Rullah Says:

    Asinannya itu loh bikin ngiler😀

    @ Rullah
    Ayo buruan wisata ke Bogor.

  18. itsmearni Says:

    Bogor memang kaya sama beragam kuliner deh. Tapi macetnya kagak nahaaaaan hiks

    @ itsmearni
    Wisata kuliner sambil nikmatin macet, haha..

  19. dedy oktavianus pardede Says:

    jgn lupa restoran trio bogor juga ya….
    patut dipujikan!!!

    @ dedy oktavianus pardede
    Kalo restoran Padang, banyak juga yang enak di Bogor.

  20. Beby Says:

    Wisudanya besok, Bang. Hihihi😀

    @ Beby
    Selamat ya Beby. Semoga ilmunya berguna untuk cari kerja,🙂

  21. cara mengobati nyeri kaki Says:

    pengen banget coba kuliner khas bogor yang enak enak pastinya

    @ cara mengobati nyeri kaki
    Bogor siap menanti kedatangannya.

  22. Rachmat Amienullah Says:

    penasaran ama kuliner makaroni panggang…soalnya klo di daerah ane adanya camilan makaroni pedas manis😀

    @ Rachmat Amienullah
    Ayo dicoba ke Bogor, hehe…

  23. zilko Says:

    Untung masih kenyang ketika membaca posting ini😀 .

    @ zilko
    Tapi foto makaroni bikin laper,🙂

  24. Dwiyani Arta Says:

    Wah… Bs jd refensi kalau kita mau ke Bogor nih… TFS🙂

    @ Dwiyani Arta
    Betul, referensi awal. Ntar di Bogor bisa nanya-nanya juga,🙂

  25. rinasetyawati Says:

    sop duren Lodaya udah ada juga di daerahku di Bekasi… enaaakkk

    @ rinasetyawati
    Memang enak ya, saya juga pengen nih, hehe..

  26. Rifqy Faiza Rahman Says:

    Kebetulan sekali, pertengahan Maret nanti saya mau ke Bogor. Sudah ada catatan kuliner yang wajib dikunjungi, ditambah tulisan ini, noted deh!😀

    @ Rifqy Faiza Rahman
    Nah, itu saat yang tepat untuk mencicipi kuliner Bogor.

  27. kania Says:

    bikin ngiler makanannya…harganya bersahabat ngga ya??😀

    @ kania
    Harganya terjangkau.

  28. dweedy ananta Says:

    Ngiler liat asinan Bogor >.< udah lama gak makan asinan u.u

    @ dweedy ananta
    Yuk segera beli,🙂

  29. Vanisa Desfriani Says:

    beberapa waktu lalu diajakin temen nyobain macaroni panggang itu. eeh, tapi ko mahal yaa?😦

    @ Vanisa Desfriani
    Memang, hehe… Kita kan beli suasananya juga yang adem itu.

  30. Awan Says:

    makanannya enak-enak benar, jadi lapar baca tulisan ini🙂

    catat dulu akh ni lokasi-lokasinya jika ke Bogor supaya dicoba. hehehe

    @ Awan
    Ayo jajal kalo berkunjung ke Bogor

  31. Vhoy Syazwana Says:

    Mie hot plate nya bikin ngiler Mas

  32. Nathalia DP Says:

    jd kepingin makaroni panggang…

    @ Nathalia DP
    Ayo berwisata kuliner ke Bogor, nanti puasin makan makaroni panggang,🙂

  33. Yanet @ Momento Dulce Says:

    jadi lapar…

    @ Yanet
    Yuk berangkat ke Bogor..

  34. Lusi Says:

    Sebagian sudah nyicipi. Kuliner Bogor enak2🙂

    @ Lusi
    Semoga nyicipin yang lainnya. hehe

  35. fasyaulia Says:

    Makaroni panggangnya bikin ngiler. Kalau ke Bogor, ingin coba ke cinnamory itu, eh apa sih namanya lupa pokoknya view nya bagus dan bisa makan di pinggir sungai yang bersih hehehe

    @ fasyaaulia
    Bikin ngiler dan memang enak. Ya, itu deh namanya, hehe…

  36. tempat wisata bogor murah meriah Says:

    Hello, i believe that i saw you visited my site so i came to go back the want?.I’m trying to find things to enhance my web site!I guess its adequate to
    use some of your ideas!!

  37. pprakosa Says:

    wii, jadi penasaran sop duren lodaya nya nih bang😀 kapan” perlu cobain nih kalo pas mampir ke bogor😀 hihihihi

    @ pprakosa
    Ayolah berkunjung ke Bogor, nikmatin kuliner sepuasnya.

  38. rumah dijual, rumah limasan, rumah joglo, rumah minimalis, rumah sederhana Says:

    Mau beli rumah limasan?
    atau beli rumah joglo?

    Minta dianterin aja sama mbah google ke RUMAH JAWA JOGJA, mbah google dah tau kok alamatnya, coba aja.

  39. Akhmad Muhaimin Azzet Says:

    Walau belum pernah ke Bogor, saya kadang beli asinan di Jogja🙂

    @ Akhmad Muhaimin Azzet
    Asinan Bogor mantap. Semoga pak ustad segera ke Bogor, aamin.

  40. bogor Says:

    The art employed in these dolls along with the interplay of light and shadow used in the theatre performance makes the Wayang Kulit as
    one of the most unique heritage in the world. As
    a kind of indispensable equipment for calcining cement clinker, this industrial furnace is applicable in the cement
    industry, metallurgy industry and chemical industry, etc.
    The Great Depression occurred with the Republicans in power.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: