Omaga! Aku Ingin Tidur Normal

Sudah beberapa bulan ini saya susah untuk tidur lebih awal. Setidaknya tidur normallah kalau dimalam hari. Maksudnya tidur kayak orang kebanyakan, yang sudah ngedengkur jam 10 atau 11 malam. Ya, paling telat tidur jam 12 atau jam satu malam, biar badan sehat, pikiran segar dan punya waktu lebih banyak di pagi hari untuk berbuat sesuatu. Saya mengalami tidur tak normal sejak lebih kurang tiga bulan yang lalu. #makanya saya sering bw dan meninggalkan komentar di posting blog saat-saat subuh itu, untuk killing time dan berharap mata ngantuk.

pakai jam weker buat bangunin ente tidur. sumber foto dari sini

pakai jam weker buat bangunin ente tidur. sumber foto dari sini

Tak tidur normal bagaimana? Begini. Saya baru bisa menguap-nguap dan mata mulai lelah setelah kumandang azan subuh berkumandang. Artinya itu baru bisa tidur jam setengah lima pagi. #sebagai muslim kudu sholat subuh dulu baru bobo. Jadi saya tidur jam lima pagi lewat. Lalu bangunnya jam berapa? Biasaa.. tidur dulu secukupnya baru bangun. Saya bangun sekitar jam 9 atau jam 10 siang. Kalau ada janji penting yang harus ditepati, -misal wawancara kerja- saya stel jam weker (digital) sesuai hitungan waktu yang dibutuhkan untuk sampai ditempat tujuan. Akibatnya waktu bangun badan lemes, mata berat dan kepala puyeng. Ya, akibat kurang tidur, bro, itulah yang saya rasakan.

Pernah saya mengikuti wawancara kerja di PT.MAP Tbk janji sama sipengundang untuk hadir jam 10.00 wib. Karena takut terlambat datang saya tidak tidur semalaman itu. Akibatnya kondisi tubuh saya tidak fresh. Saya lihat di kaca sewaktu mau berangkat, dibawah mata saya agak menggembung. Saya terselamatkan, tidur dalam taksi lebih kurang 40 menit dalam perjalanan menuju wisma bni 46. Waktu tempuh perjalanan normal sebenarnya tidak selama itu, tapi karena macet dan lagi ada kegiatan pembangunan MRT akhirnya bisa molor sampai 45 menit. Sopir taksi putih yang ada lambang E itu membangunkan saya setelah sampai tujuan. Sebelumnya saya sudah mengatakan nama gedung yang akan dituju kepada sopir, juga sopir taksinya familiar dengan gedung tersebut. 

Saya baca beberapa tulisan di blog tentang kekurangan tidur ini. Banyak banget akibat buruknya dan mengerikan. Nih, akibat dan penyakit yang bisa anda dapatkan kalau kurang tidur : (sumber  http://manfaat.co)

  1. Kurang fokus saat berkendara
  2. Menurunnya konsentrasi saat berpikir
  3. Tubuh rentan terkena berbagai penyakit
  4. Mempengaruhi emosional misal sering marah, kelihatan murung, sering mengalami stress
  5. Berdampak tidak baik bagi kesehatan kulit dan mata
  6. Sering lupa
  7. Obesitas
  8. Daya tahan tubuh lemah
  9. Memicu serangan jantung koroner
  10. Meningkatkan resiko terserang penyakit kanker
  11. Resiko diabetes meningkat
  12. Resiko terserang penyakit stroke
  13. Meningkatkan tingkat stress
  14. Suhu tubuh rendah
  15. Lebih sulit berolahraga
  16. Gairah sek menurun
  17. Menyebabkan depresi
  18. Meningkatkan resiko kematian

Waduh menyeramkan sekali akibat kurang tidur ini, OMG. Saya pengen hidup sehat. Kalo gitu kudu stop tidur kemalaman. Mulai besok harus tidur jam 23.00 wib. Gimana caranya? Besok sore harus jogging dan main skipping minimal satu jam. Kenapa gak sekarang aja tidur jam 23.00 wib? Ya, gak bisalah, lha, wong tulisan posting ini dibuat jam 01.45 selesai jam 03.20 wib. Dan mata nyalang aja nih gak ada ngantuk-ngantuknya.😦  Kalo gitu menghibur diri dulu, ya, dengerin instrumentalia musik blues.

 

olahraga yuk biar sehat. sumber gambar dari sono

olahraga yuk biar sehat
sumber gambar dari sono

Seperti biasa akan ada dua eksemplar buku gratis yang akan didapatkan oleh pengomentar. Satu buku sudah didapatkan oleh danirachmat.com karena dia langsung beri komentar begitu posting saya publish. Syaratnya: belum mendapatkan buku dari saya dan tidak bertempat tinggal di luar negeri. Posting lalu yang mendapat kiriman buku adalah  pendarbintang.wordpress.com dan renggostarr.com

43 Tanggapan to “Omaga! Aku Ingin Tidur Normal”

  1. dani Says:

    I can feel you. Sebelumnya saya juga gitu. Karena bangun jam 4 an pagi tidur juga paling sering jam 2 an. Tapi setelah saya lumayan sering lari dan memasrahkan (melepaskan) medsos saya tidur jam 8 ato 9an. Badan emang lebih seger. Lari rutin aja dua hari sekali 3 km an..

    @ dani
    Saran Dani oke tuh. Saya akan coba jalani, tapi mungkin bertahap.
    Karena Dani udah kasih komentar sesaat setelah saya posting jam 03.31 wib, maka saya akan kirim buku gratis. Novel klasik Marah Rusli.

  2. -n- Says:

    Aku heran sama Dani juga. Aku bangun subuh, mesti dia udah komen. Apa nggak tidur yo kowe Dan?😆

    @ -n-
    Dani mungkin bangunnya pagi banget. Saya posting jam 03.30 wib, Dani memberikan komentar jam 03.31 wib.
    Rasanya pasti enak banget bangun subuh-subuh ya. Bisa ibadah lebih lama, menghirup udara bersih dan badan & pikiran fresh. Oooh…saya pengen banget suasana itu.

  3. Gusti 'ajo' Ramli Says:

    Harus membiasakan saja, klo udah biasa tidur cepat, dg sendirinya jam 9 malam mata udah ngantuk..

    @ Gusti ‘ajo’ Ramli
    Iya Jo, akan dimulai secara bertahap. Mudah-mudahan bisa tidur normal.

  4. eviindrawanto Says:

    Benar banget itu pak Alris, bikin tubuh lelah dengan olah raga siang hari akan menyenyakan tidur malam. Disamping juga harus menata pikiran agar selalu fresh🙂

    @ Uni Evi
    Benar uni, tidur cukup, olahraga dan menata pikiran.

  5. jampang Says:

    saya pernah ngalamin tuh. kurang tidur. berangkat sekitar jam 6 pagi lalu tidur malam… mungkin jam 11-12-an malam dan tidak dalam kondisi pikiran yang plong.

    perjalanan rumah – kantor sekitar 30 km atau satu setengah jam dengan sepeda motor.

    karena ditempuh tiap hari, akhirnya pertahanan saya saat naik motor jebol juga. sering ngantuk dan lepas kendali. beberapa kali hampir nabrak. hampir nabrak gerobak, hampir nabrak trotoar, dan nyenggol motor lain. dan yang terparah adalah jatuh dari motor karena ketiduran😦

    untungnya nggak ada kendaraan di belakang saya. jadi selamat. alhamdulillah.

    @ jampang
    Saya pernah ngantuk dan tertidur berkendara sepeda motor akibatnya menabrak trotoar dua kali di dekat bunderan UI Depok. Beruntung saya jatuhnya kesebelah kiri jadi aman karena saya memang sudah di jalur paling kiri. Kalo jatuhnya saya ke kanan mungkin saya sudah wassalam dari dunia dilindas kendaraan roda empat.
    Mari kita jaga kesehatan dengan tidur cukup dan olahraga.

  6. Maria Sunarto Says:

    saya pernah beberapa x gak tidur sampai pagi , karena harus kerja minum neorobion pink pengganti melek semalaman supaya siang kerja gak ngantuk seger sampai jam 16.00 pulang kerja langsung ambruk.

    @ Maria Sunarto
    Saya takut minum obat suplemen. Dari beberapa bacaan yang saya baca suplemen bisa berakibat tidak baik buat jantung.
    Saya lebih suka minum madu, makan tomat mentah, dan minum teh hijau tanpa gula untuk jaga kesehatan.

  7. fanny fristhika nila Says:

    wah pt map yg di BNI 46 ya…kantorku di bawahnya🙂 …

    Aku srg ngalamin susah tidur itu biasanya krn abis traveling yg beda waktunya jauh ama indonesia, ato kalo terlalu cape paginya… itu jg bikin susah tidur…kdg hrs dibiasain jg sih mas tidur di jam tertentu, jd mata kita jg lgs ngantuk di jam itu… cuma bikin itu jd kebiasaan yg susah ;p… Butuh waktu…. krn mas udh terbiasa ngantuk di waktu subuh, jdnya mataku jg terbiasa ngantuk di jam itu…

    @ fanny fristhika nila
    Di lantai berapa? MAP yang saya datangi di lantai tujuh #dibahas
    Saya kalo kecapekan malah gampang tidur. Iya saya usahakan untuk tidur lebih awal.

  8. prih Says:

    Semoga pola tidur berproses kembali menuju ke pola tidur normal. Minum teh hangat yang menenangkan semoga membantu mata dan pikiran untuk rehat pada pukul 22an. Salam

    @ prih
    Aamin, doa mba Prih. Saya kalo minum teh bisa melek, kalo minum kopi malah gak ngaruh.

  9. mila Says:

    kalo saya sore2 jogging malahan jd seger, malemnya tidurnya jd lbh malem. tapi paginya bangunnya ttp seger jg sih

    @ mila
    Saya kalo kecapekan cepet tidur. Susah saya itu bangun pagi karena tidur larut malam.
    Lagi berusaha untuk bangun pagi2.

  10. Pendar Bintang Says:

    Kalau susah tidur sebenarnya caranya mudah, kalau suka susu cobalah minum susu hangat, coklat hangat menjelang tidur insyaallah pelan-pelan rasa ingin tdr akan muncul.
    buat saya pribadi tak harus susu hangat bahkan kopi hangatpun bikin ngantuk, hehehe
    mandi air hangat sebelum tdr jg membantu, pokoknya yg hangat-hangat deh😀

    @ Pendar Bintang
    Saya kalo minum susu kental manis yang diberi kopi/teh. Coklat kurang suka.
    wah kudu hangat2 ya, hehe..

  11. septarius Says:

    baca buku dulu sampek mata capek.. biasanya gampang merem..😀

    -AtA-

    @ septarius
    Udah saya coba tapi tetap aja mata melek. Kayaknya memang harus bikin badan capek baru cepet tidur🙂

  12. Cekapetewe Says:

    aku juga akhir” ini gitu gan. tidur habis subuh, paling parah pernah jam 1 siang baru bangun dengan penuh kekecewaan😦 wkwk
    btw salam kenal yah, blog baru nih hehe

    @ Cekapetewe
    Mari hidup sehat bro. Usahakan olahraga dan makan secukupnya.
    Blog lama saya bro, cuma baru diupdate.

  13. shiq4 Says:

    saya dulu juga mengalami masalah yang sama tapi sekarang sudah tidak lagi. untuk tidur lebih awal, awalnya minum obat tidur dan akhirnya bisa tidur normal. kalau mau dicoba beli obatnya di apotek terdekat he he he

    @ shiq4
    Saya sudah coba makan obat tidur herbal tapi gak ngaruh juga.Moga-moga dengan olahraga bisa membantu tidur cepat.

  14. Lyliana Thia Says:

    Kurang tidur juga bikin maag kambuh…
    mudah2an bisa segera normal siklus tidurnya ya,,🙂

    @ Lyliana Thia
    Iya segala macam penyakit bisa mendatangi badan. Terima kasih doanya.

  15. Beby Says:

    Aku justru kayak kebo, Bang.. Hihihi..😛 Solusinya apa ya.. Sekarang kalo jam 8-9 uda bobok..

    @ Beby
    Awas lo ntar kegemukan banyak tidur hehe…
    Kalo mau melek minum teh/kopi tergantung mana yang manjur.

  16. Ronny Mailindra Says:

    Wah blogger sejati rupanya mas Alris ini.
    Semoga sekarang sudah tidak susah tidurnya.
    Kalau saya sih PeLor, asal nemPel langsung moLor😀
    Salam kenal,

    @ Ronny Mailindra
    Blogger iya, tapi gak sejati. Soalnya sering gak update,🙂
    Saya justru kalo bepergian dengan bus jadi “pelor” hehe…

  17. fasyaulia Says:

    Dulu jaman kuliah saya juga tidur berantakan dan kebanyakan tidur jam 2 atau 3, akhirnya kalau lagi gada tugas, abis magrib minum susu biar cepet ngantuk. Hasilnya efektif sih kalau buat saya.

    @ fasyaulia
    Besok saya coba deh minum susu, mana tau cepet ngantuk.

  18. Renggo Starr Says:

    Saya pernah juga mas kayak gitu. Dulu kerja shift 2, pulang jam 00.00. Biasanyatidur abis subuh. Bangun2 jam 12.00. Jam 16.00 harus udah kerja lagi. Berasa ga menikmati hidup.

    Oh iya, buku kirimannya udah sampai. Terima kasih.🙂

    @ Renggo Starr
    Kalo jam kerja malam kan memang harus melek, hehe..
    Semoga bukunya bermanfaat.

  19. senjasusanti Says:

    Biasanya kalau siangnya aktif, banyak bergerak, malemnya malah mudah tidur… karena badan pasti butuh istirahat ya🙂

    @ senjasusanti
    Iya pasti, makanya saya olahraga biar badan capek berharap malam cepet tidur.

  20. Firsty Chrysant Says:

    aku juga belakangan tidurnya rata2 jam setengah 12 dan 12… bikin otak rada2 oon kayanya… pengen lagi tidur sebelum jam 10… tapi selalu gagal hahaha..

    @ Firsty Chrysant
    Iya kurang tidur bikin badan gak enak, puyeng dan pikiran juga ikut pusing. Mari hidup sehat.

  21. Zaqia Nur Fajarini Says:

    Saya g perlu jogging n olahraga caz ngikutin gerakny si kecil dah bikin gbyos n ckup membuat sya mrasa ngantk lebih cepat..tpi kalau sempt bokci ya malamnya bisa Me Time buat kejar tayang ngeblog….pak Alris

    Salam kenal

    @ Zaqia Nur Fajarini
    Iya ngurusin sikecil pasti bikin capek, tapi bahagia. Salam kembali.

  22. ded Says:

    Mudah2an keadaan susah tidur bs segera teratasi, misalnya berangkat ke tempat tidur klo benar2 sdh ngantuk🙂

    @ uda Ded
    Aamin. Nah, masalahnya ngantuknya itu justru kalo udah pagi hehe…

  23. Zizy Damanik Says:

    Saya sekarang sudah mulai mengenal jam biologis tubuh setiap habis minum kopi kental. Ada jenis kopi yang terlalu keras dan bikin say tidak tidur sampai pagi. Bahaya itu, karena kurang tidur bikin saya pilek, kemudian kepala pusing, dan tidak fit seharian.

    @ Zizy Damanik
    Saya ngopi gak ngaruh ke tidur, tapi kalo minum teh hitam gak bisa tidur. Banyak mudharatnya kalo kurang tidur ternyata.

  24. ѕєrbα ѕєAcєh Says:

    bermanfaat
    nice blog..

    @ ѕєrbα ѕєAcєh
    Makasih sudah berkunjung.

  25. myra anastasia Says:

    kurang tidur memang mengganggu aktivitas. Saya pernah di wawancara kerja di MAP. Sukses bikin saya panas dingin hehehe

    @ myra anastasia
    Irama hidup jadi gak normal maba Myra,😦
    Saya gak keterima di MAP, bahasa Inggris saya dibawah standar. Insya Allah diterima ditempat lain.

  26. Citra Pradipta Hudoyo Says:

    Wow habis subuh baru tidur, luar biasa…
    Itu memangnya sebelum jam 12 tidak merasa ngantuk bro?

    waduh cocok bener klo kerja yang shift malem ni…
    Kalo sekarang sudah berhasil tidur awal bro? wkwkwk

    @ Citra Pradipta Hudoyo
    Gak ada ngantuknya bro, ntar kalo udah jam 4 atau 5 pagi baru menguap. Cocok kalo jadi satpam malam haha…

  27. meliodas Says:

    sama saya juga begitu dari kelas SMA
    rasanya sulit banget untuk tidur pagi kalo gak bener-bener capek banget
    kadang walaupun ud cape banget tetep aja susah tidur terutama kalo musti bangun jam 7 susah banget rasanya

    @ melioda
    Perlu usaha keras untuk kembali ke irama normal dalam tidur. Sejak posting sampai saat membalas komentar ini, saya masih sering tidur abis subuh. Padahal udah mulai jogging dan skipping. Memang kudu kosisten olahraga nih.

  28. Pendar Bintang Says:

    Jangan susu kental manis, coba beli susu bendera yang for family itu yang bubuk. Susu coklat insyaallah langsung ngantuk🙂

    @ Pendar Bintang
    Oke nanti saya cari, makasih udah kasih info.

  29. kekekenanga Says:

    Hampir jarang sih ngalamin yang namanya susah tidur, paling malam aku tidur jam 10 hehehee *ketauanbukananakmalam

    Pernah sesekali insomnia padahal malamnya habis olahraga, alhasil paginya seharian pusing dikantor hikss..

    @ kekekenanga
    Berbahagianya yang bisa tidur cepat, syukurilah.

  30. febridwicahya Says:

    Aku sering kurang tidur gitu sih,efek yang sering aku rasain ya pusing puyeng gitu ._. tapi sekalinya tidur, beuh, 8 jam an😀

    @ febridwicahya
    Saya walaupun tidur pagi tetap aja bangun agak cepet, tapi pernah bablas sampai 7 atau 8 jam.

  31. Info Menarik Says:

    Masalah tidur sayapun suka ga tidur sore-sore, apalagi kalau sedang ngerjain tugas sekolah …🙂

    @ Info Menarik
    Gak baik tidur sore, hehe..

  32. Emakmbolang Says:

    Sama, saya sudah hampir 5 bulan ini kurang tidur. cuman 3 atau 4 jam sehari. Apalagi kalau banyak artikel yang harus dikerjakan. begadang sampai pagi. kalau mas Alris bisa bangun jam 9 atau 10. Saya harus dan tetep bangun jam 6 karena nyiapin makanan dan ngurusin si kecil sebelum berangkat sekolah. Alhamdullilah lancar semua. paling sering pusing…. dan kubuat tidur sejenak. Normal lagi :))

    @ Emakmbolang
    Usahakan tidur siang minimal satu jam, antara jam 12 sampai jam 13, supaya badan tetap fresh. Kalo bisa rutin minum madu sesendok sebelum tidur. Saya merindukan tidur normal.

  33. cumilebay.com Says:

    Gw tiap hari tidur jam 3 pagi dan jam 5 bangun sholat subuh. Trus jam 7 pagi tidur sampai jam 10. Kadang mikir kalo jam 11 malam bisa tidur sampai subuh kan pasti enak🙂

    @ cumilebay.com
    Omaga, posting saya dikasih komentar sama blogger pemes.
    Bener tidur tiap hari jam 3 pagi kakak? Lama2 bisa banyak penyakit loh…

  34. evrinasp Says:

    udah coba ngitungin jumlah domba kaya mr bean? hehe. alhamdulillah jam tidur saya normal, kalo kurang bahaya bisa pusing siangnya

    @ evrinasp
    Saya baca istighfar sampai sejam lebih tetap gak ngantuk. Kayaknya kudu bikin badan capek dengan olahraga biar cepet tidur.

  35. capung2 Says:

    Tidur lbh awal biasanya akan memudahkan seseorg utk bangun disepertiga malam.

    @ capung2
    Pengennya sih begitu. Sedang berusaha untuk itu.

  36. Fahmi (catperku) Says:

    Semenjak jadi mahasiswa dulu rasanya susah sekali tidur normal, seringnya jadi kalong, kerja sampai malam hari atau bahkan dini hari. Akhirnya kebiasaan itu kebawa sampe sekarang, bahkan ketika sudah kerja sekali pun😐

    @ Fahmi (catperku)
    Kalo sudah biasa susah mengubahnya, ya, kakak.

  37. Rawins Says:

    aku juga ga pernah jelas kalo urusan tidur
    repotnya tinggal di mess ya begini. kadang bisa tidur sore, baru mau akan mimpi udah ada emergency call dari tambang. hidup kaya udah dibeli perusahaan😀

    @ Rawins
    Udah resiko kerja di tambang ya mas. Yang penting jumlah jam tidurnya cukup.

  38. ndop Says:

    Aku semenjak lari setiap minggu minimal 5 kilo. Tidur jadi gampang mas. Sekarang sih aku fleksibel ya, begadang bisa, tidur cepet juga bisaaa.. hahahhaa… Tapi tetep ya, tidur malam bangun pagi itu paling enak rasanyaaa…

    @ ndop
    Iya paling maknyus tidur jam 11 malam bangun jam 5 atau 6 pagi. Uuenak tenan.
    Pantes sampeyan sekarang udah kurus hehe..

  39. monda Says:

    kasih saran apa ya
    komentar2 di atas udah kasih saran bagus
    coba makan malam itu jangan terlalu malam deh.., dan jangan makan berat, yg banyak vit C juga jangan dimakan lagi kalau udah sore, cenderung bikin seger, banyakin aktivitas siang harinya dan usahakan pikiran tenang

    @ monda
    Saya gak tau kalo mau istirahat jangan makan yang banyak vitamin C. Soalnya saya minum CDR kalo mau tidur jika badan terasa capek. Saya jarang sekali makan malam, paling makan oatmeal atau roti gandum. Tapi ya sering ngemil roti haha…
    Saran yang bagus sekali dari nantulang, mauliate godang.

  40. noe Says:

    Jadi gmn skrg? Udh berhasil tidur normal secara rutin? Hehe… Klo aku, asal hari udh gelap, rasanya badan ngajak tidur mulu. Mata banyak lemnya😀

    @ noe
    Udah ada perubahan dikitlah, tidur sekarang jam 2 atau jam 3 pagi hehe…

  41. indah jelita Says:

    alhamdulillah. Aku kalo malem tidurnya teratur banget (kalo gak keluar malem ya) hehe.

    Ayo bang bisa tidur cepet! Biasanya nonton film sama baca buku ngaruh tuh.. hehe

    @ indah jelita
    Sekarang saya harus tidur cepat supaya bangun pagi biar gak terlambat pergi kerja. Kalo ada yang ngatur (yang ngatur kerjaan) mau gak mau harus tidur cepet.🙂

  42. Pendidikan anak usia dini Says:

    Izin nyimak dulu ya gan

  43. Akhmad Muhaimin Azzet Says:

    Kalo saya alhamdulillaah bisa tidur teratur, tiap malam rata-rata tidur jam 12 malam lebih seperempat ato setengah satu, dan biasanya jam 3 seperempat ato setengah empat sudah bangun. Seger rasanya🙂

    @ Akhmad Muhaimin Azzet
    Memang enak hidup kalo tidur teratur ya ustad.

Tinggalkan Balasan

