Nasi Kebuli Bogor

Nasi Kebuli  bagi sebagian orang mungkin asing, maklumlah nasi ini bukan asli Indonesia. Melainkan berasal dari Timur Tengah. Sebagaimana diceritakan oleh Wikipedia Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih yang ditemukan di Indonesia. Nasi ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin. Disajikan dengan daging kambing goreng dan kadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis. Hidangan ini populer di kalangan warga Betawi di Jakarta dan warga keturunan Arab di Indonesia. Nasi kebuli menunjukan pengaruh budaya Arab Timur Tengah dan India Muslim, tepatnya tradisi Arab Yaman. Nasi ini mirip dengan nasi Biryani. Mirip lho ya, jadi tidak sama.

Dalam budaya Betawi nasi kebuli biasanya disajikan dalam perayaan keagamaan Islam, seperti lebaran, kurban, atau maulid. Nah, ternyata nasi kebuli juga populer di kawasan kota yang banyak terdapat warga keturunan Arab, seperti Surabaya dan Gresik. #apakah cumilebay turunan arab asimilasi jawa? secara dia berasal dari Gresik, haha…

rumah makan kebuli bogor dua bangunan sebelum rs salak

rumah makan kebuli bogor dua bangunan sebelum rumah sakit salak

Beberapa hari lalu saya ke Bogor lagi urus pajak sepeda motor yang sudah koit tiga tahun. #harusnya bayar pajak cukup online. jaman internet gini samsat masih aja kerja  manual, gak efisien, ngabisin duit dan ngabisin waktu. payaah ente…

dunsanak kasadonyo timeout dulu ya, mau jogging dan skipping nih. lanjutan ceritanya nanti jam sembilan malam.

Lanjut lagi, ya, ceritanya.

Tadi olahraga, warming-up sekitar 10 menit saya jogging 15 menit lalu saya lanjutkan skipping selama 20 menit. Badan terasa capek, keringat bercucuran sampai basah tuh bajo kaos yang saya pakai. Sewaktu saya menulis cerita ini, badan saya  enak sekali dan pikiran fresh. Alhamdulillah, betapa enaknya hidup.

Nah, kalau anda lagi ada keperluan, ada acara, atau memang sengaja mengunjungi kota Bogor dan pengen makan nasi kebuli silahkan berkunjung ke tempat ini. Kalau anda dari depan Istana Bogor tinggal menyebarang jalan. Rumah makan ini dua bangunan setelah Rumah Sakit Salak, masih sejajar RS Salak arah ke Air Mancur atau Jambu Dua.

tampak depan

tampak depan

Nasi kebuli ini  rasanya unik, gurih, dan beraroma harum yang dihasilkan dari aneka rempah-rempah. Goreng daging kambingnya terasa lembut. Dan istimewanya ada tambahan rendang daging, daun selada dan irisan tomat dan seporsi acar.

satu porsi cukup kenyang

satu porsi cukup kenyang

nasi kebuli, rendang daging, goreng daging kambing, daun selada, irisan tomat

nasi kebuli, rendang daging, goreng daging kambing, daun selada, irisan tomat

Siang itu, makan seporsi nasi kebuli sudah mengenyangkan. Sebagai penutup makan siang yang berkesan ini saya pesan jus buah strawberry.

suasanya di dalam hommy, bersih dan menyenangkan

suasananya di dalam hommy, bersih dan menyenangkan

Pada posting saya yang berjudul Omaga! Aku Ingin Tidur Normal yang mendapat buku gratis adalah  http://danirachmat.com dan http://kekekenanga.wordpress.com. Mas Dani sudah menerima buku dari saya, sedang mba Keke belum mengirim alamat jadi buku belum saya kirim. Untuk posting ini tersedia dua buah buku gratis, buku berjudul Rahasia Sukses Terbesar karangan Jennie S. Bev. Silahkan meninggalkan komentar. Waktu posting tulisan baru nanti saya umumkan siapa yang mendapat buku tersebut.

RM. KEBULI

Jl. Jend. Sudirman 14A Bogor

Telepon (0251) 8379329

HP 0813 8034 4204, 0878 7237 4468

66 Tanggapan to “Nasi Kebuli Bogor”

  1. MS Says:

    wah .., ada timeoutnya da..?
    he..he..
    baru pernah nyoba nasi kebuli di bilangan Kp Melayu…, enak memang

    @ MS
    Haha…pas lagi nulis ingat belum jogging dan skipping udah empat hari.
    Memang enak sih, asal bumbunya jangan terlalu “deep”

  2. Fahmi (catperku) Says:

    Lagi serius baca malah ada time out nya😀 Udah pernah cobain sih nasi kebuli, memang mirip seperti nasi biryani, rasanya gurih enak😀 Lebih enak lagi dimakan sama daging kambing :9

    @ Fahmi (catperku)
    Mumpung lagi cuaca bagus usahakan olahraga nih,🙂
    Nah, daging kambing nasi kebuli Bogor sangat lembut, enaklah.

  3. fasyaulia Says:

    Seumur2 ga pernah nyoba makan nasi kebuli😦

    @ fasyaulia
    Kalo ke Bogor usahakan makan kebuli ini, maknyuss.

  4. Ni Made Sri Andani Says:

    hi hi.. aku pikir tadinya Nasi Kebuli itu asli dari sebuah wilayah di Indonesia lho… ternyata import ya? he he..

    @ Ni Made Sri Andani
    Menurut sejarahnya memang import,🙂

  5. @brus Says:

    Nasi Kebuli … wah terbayang deh ‘serba kambing … hmm … effek nya bisa josss … atau … tensi or kholesterol naik …😛

    @ @brus
    Di rumah makan ini daging kambing bisa diganti daging sapi. Waktu itu saya ditanya mau daging kambing apa daging sapi.

  6. capung2 Says:

    Sering lwt sepedahan tmptnya nih.. gag jauh jga dr Regina Pacis ya.😀

    @ capung2
    Yoi. Sebelah rs salak, dua bangunan setelahnya.

  7. monda Says:

    di Palembang juga ada nasi kebuli malahan di sana udah jadi makanan buat pesta2 pernikahan
    disajikannya pakai nampan kuningan bulat besar, satu nampan itu untuk dimakan beberapa orang ramai2.., duduk melingkar menghadap nampan

    @ monda
    Kalo yang dimakan satu nampan beramai-ramai pernah saya lihat salah satu pengajian.

  8. Junita Siregar Says:

    nasi kebuli? Jangan lupa saladnya, bisa jadi penetralisir lemak di nasi. Biasanya mereka buatnya pake minyak samin ya?

    @ Junita Siregar
    Ya sekalian makan dengan saladnya.Nasi kebuli memang dimasak dengan minyak samin.

  9. Awan Says:

    Jadi lapar baca nasi kebuli pagi2… heheheh
    Jika ke Bogor boleh nih dicoba, menggiurkan🙂

    @ Awan
    Yuk ke Bogor.

  10. Beby Says:

    Dulu makan nasi kebuli di rumah temen ku yang emang turunan Arab.. Tapi rasanya sedikit berminyak, walaupun kambing gorengnya enak.. Hihihi..😛

    Bang Cumi ngga mungkin turunan Arab ah, mukanya aja Jawa banget gitu.. Huahahah😀

    @ Beby
    Kalau nasi kebuli yang saya makan di Bogor minyaknya tidak kentara, hanya sedikit.
    Cumi emang jawa, hanya becanda haha…

  11. jampang Says:

    dulu makan nasi kebuli senampan berame2. udah lama…. dan belum nyicipin lagi. jadi kepengen😀

    @ jampang
    Iya bang Rifki, kalo dalam tradisi salah satu pengajian ada makan nasi dalam nampan berame-rame.
    Diseputaran Jaksel saya belum ketemu warung nasi kebuli kayak rumah makan di Bogor itu.

  12. Anggi Says:

    Lihat fotonya jadi lapeerrrr…….😀
    Saya pernah baca sebenarnya kadar kolesterol dan lemak daging kambing lebih rendah dari daging sapi lho.. tapi kalo proteinnya jauh lebih tinggi daging sapi.
    Selain itu kandungan zat besi dan zinc kedua daging ini baik untuk tubuh.
    Segala sesuatu memang baik asalkan tidak berlebihan. Gula saja kalau berlebihan bisa diabetes.

    Sayang di Kediri belum pernah nemu yang jualan nasi kebuli…😦 pengen nyoba…..

    @ Anggi

    Mungkin bener juga kali ya kolesterolnya rendah. Kalo kolesterol daging kambing tinggi tentu paling banyak penyakit kolesterol di Timur Tengah, orang sana kan doyan daging kambing. hehe..
    Nah, kalo nasi khas Kediri apa mas Anggi?

  13. Rawins Says:

    ga tau kenapa aku kurang suka nasi yang kelimis berminyak gitu
    boro boro tau rasanya nasi kebuli, nasi goreng aja jarang banget nyicipin😀

    @ Rawins
    Rugi lho sampeyan gak nyicipi hehe…

  14. Hengki Says:

    Menarik, Bagian dalam tempatnya lumayan (dibandingkan tampilan luarnya).

    Daritadi blogwalking ketemunya tentang makanan. Sepertinya saya harus mencari makan dalu nih, lapar :’D

    @ Hengki
    Adem di dalamnya bro, bikin betah. Makan kalo udah laper jangan ditahan ntar bisa maag.

  15. Blogger Indonesia Says:

    Saya masih kurang begitu paham nasi kebuli itu harus pakai daging kambing ngga sih, selama ini pemahaman saya nasi kebuli itu ya nasinya dicampur daging kambing, kalau ngga bukan nasi ekbuli namanya, hehehehe.

    @ Blogger Indonesia
    Gak mesti daging kambing juga. Yang penting diolah dengan bumbu khas Timur Tengah dan minyak samin.

  16. yayangneville Says:

    Aku tau nya nasi kebuli atau biryani ya setelah tinggal disini, itu pun ga tau bedanya asal Comot aja, biasanya aku makan di mushola karena yg dateng ada orang Maroko atau Turki kadang mereka bawa nasi sejenis itu hehehe

    @ yayangneville
    Kayaknya nasi Kebuli dan nasi Biryani beda-beda dikit. Kalo nasi biryani kebanyakan dibikin oleh muslim India atau Pakistan.

  17. prih Says:

    Belum nyobain nasi kebuli ini, Da…seputar RS Salak kulinernya enak2 ya, meluncur ke arah air mancur pilihan juga bejibun.

    @ prih
    Sekitar jalan pengadilan deket regina pacis juga banyak.

  18. gustina Says:

    baru tau … apakah mirip nasi lemak ? kayaknya enak

    @ gustina
    Beda dengan nasi lemak.

  19. Tuxlin Says:

    Wah saya belum pernah nyicipin nasi kebuli ini… Kayaknya enak banget ya gan… Sayang, di daerah saya belum ada yang jual nasi kebuli😦

    @ Tuxlin
    Emang tinggal dimana gan, gak ada nasi kebuli.
    Memang sih gak setiap daerah yang ada komunitas Arabnya ada yang jualan nasi kebuli.

  20. pipiew Says:

    wah kelihatan menggiurkan..nanti kalau pas mampir Bogor boleh nih dicoba..🙂

    @ pipiew
    Kalo ke Bogor cobain ya.

  21. Adi Pradana Says:

    Tempatnya bersih ya, makan jadi nikmat. Nasi kebuli itu rasanya gurih ya? Pengen nyobain.

    @ Adi Pradana
    Setiap orang pasti beda kesukaannya. Kalo saya suka aja nasi kebuli, enak. Yuk ke Bogor.

  22. Allisa Yustica Krones Says:

    Harusnya jus buah strawberrynya diminum sebelum makan nasi kebulinya, biar lebih sehat….hehehe… *sok nasehatin*😀

    Petunjuk arah ke RM. Kebuli yang ditulis di sini jelas sekali, jadi orang yang pengen ke sana berdasarkan referensi dari sini pasti bisa langsung nemu tempatnya🙂

    @ Allisa Yustica Krones
    Oh, begitu ya, memang dianjurkan makan buah dulu sebelum makan berat.
    Semoga membantu bagi yang pengen nasi kebuli di Bogor

  23. kekekenanga Says:

    hhmm.. nggak suka yang berbau kambing😦

    @ kekekenanga
    Minta yang daging sapi aja, hehe…
    Tapi yang namanya nasi kebuli rata2 pake daging kambing.

  24. Chichi Says:

    Ke Bogor cuman ke kebun raya doang sama taman topi😀..
    Di Bandung daerah Dipati Ukur juga ada.. Cobain ah nasi kebulinyaa..

    @ Chichi
    Rumah makannya cuma sepelemparan batu dari Kebun Raya.
    Waduh nyebut Dipati Ukur kapiraray keur bobogohan jaman baheula,😦

  25. Info Menarik Says:

    Kalau melihat makanan seperti ini saya bawaannya lapar mas.😀 Salam kenal mas …

    @ Info Menarik
    Ayo makan nasi kebuli,🙂
    salam kenal juga

  26. noe Says:

    Pingim coba nasi kebuli, tapi ntar aja ah klo udah ngelahirin. Selama hamil ini rasa-rasanya kok susah mekan nasi yang dimacem-macemin. Heuheuu…

    @ noe
    Iya bagusnya nanti dicoba kalo udah ngelahirin, takutnya nanti mual karena gak cocok sama daging kambing.

  27. zilko Says:

    Wuih, nasinya sepertinya enak ya!🙂

    @ zilko
    Enak bagi yang suka, eneg bagi yang gak doyang daging kambing, hehe…

  28. Dita Says:

    huwoooo nampak lezat itu nasi kebuli-nya. Tempatnya juga bersih. Sayangnya aku gak doyan daging😀 apa ada nasi kebuli vegetarian? hihihi

    @ Dita
    Kalo gak doyan daging bisa minta gak usah pakai daging.

  29. Bibi Titi Teliti Says:

    Kayaknya enak yah mas nasi kebuli nya…
    Kapan2 harus dicoba niiih…
    Sekali2 makan kambing gak papa lah, asal jangan keseringan aja aku mah🙂

    @ Bibi Titi Teliti

    Enak juga bagi yang suka. Kalo ditempat ini bisa ditukar daging sapi.

  30. Ecky Agassi Says:

    jadi laper😀

    @ Ecky Agassi
    Kalo ke Bogor yuk mampir.

  31. ennylaw Says:

    Kebuli itu pasti pake Kambing ya?
    Aku gak suka kambing😀

    @ ennylaw
    Ditempat ini bisa ditukar daging sapi. Saya juga gak suka kambing hidup haha..

  32. Anggi Says:

    Mau jawab pertanyaannya nih…
    Kalau nasi khas Kediri nggak ada kayaknya.. adanya nasi pecel tumpang, jadi nasinya nasi putih biasa.. pecel tumpangnya yang khas.
    Trus ada juga makanan yang unik yaitu sate bekicot.. Katanya sih enak, tapi aku agak gimanaaaa gitu mau makan sate bekicot….. hihi..😀

    @ Anggi

    Boleh juga nih dicobain sate bekicot.

  33. kiki Says:

    salam sukses buat kita

    @ kiki
    Sukses buat semua, aamiin.

  34. ayu Says:

    moga web nya makin bagus dengan adanya komentar saya ini..
    aamin

    @ ayu
    Aamiin..

  35. winnymarch Says:

    Penasaran mw kesini ah

    @ winnymarch
    Ayo dicoba.

  36. Aldi Rahman Untoro Says:

    sepertinya nasi kebuli enak sekali, nasi dari timur tengah, tampaknya pasti kenyang sekali kalau makan nasi tersebut🙂

    @ Aldi Rahman Untoro
    Bagi yang suka pasti enak, apalagi daging kambingnya lembut,🙂

  37. Akhmad Muhaimin Azzet Says:

    Saya sering makan nasi kebuli bila bersama jamaah di pengajian🙂
    Wah, satu porsinya mantap sekali tuuu, kok adi terasa lapppeerrr ya saya d pagi ini, hehehe

    @ Akhmad Muhaimin Azzet
    Kalo pengajian di Jakarta ada juga yang makan satu nampan ramai-ramai.
    Terima kasih sudah berkunjung ustad.

  38. Meiy Piliang Says:

    kalo uni kampungan alris, susah makan nan aneh2, sukonyo samba kampuang awak, randang jo dendeng balado hehe…rajin olahraga yo? oh tingga di bogor toh al?

    @ Meiy Piliang
    Sasakali dicubo uni Mey, mano tau beko suko hehe..

  39. nikmatnya makananku Says:

    rumah makannya itu terletak dimana ya,,,.? terima kasih

    @ nikmatnya makananku
    Jl. Sudirman 14 A Bogor, sebelah rumah sakit Salak.

  40. gunungkelir Says:

    aku pernah makan di situ juga memang enak

    @ gunungkelir

    Yoi kang. Saya kepengen lagi kesana hehe…

  41. Yudi Says:

    Hm… lihat foto-fotonya aja sudah menggugah selera…:mrgreen:

    @ Yudi
    Enak memang, yummy.

  42. Sultan Says:

    Sering banget lewat Jalan Sudirman tp gak merhatiin RM-nya, sebelah mananya RM Rindu Bogor yg dekat RS Salak?

    @ Sultan

    Kalo arah ke Air Mancur Atau ke Jambu Dua dari depan istana dua bangunan setelah rumah sakit Salak.

  43. uyoyahya Says:

    Baca postingan ini, laparlah aku dibuatnya…

    @ uyoyahya
    Yuk berangkat kesana dan cicipin makanannya.

  44. mila said Says:

    cobain ah kalo ke bogor :9

    @ mila said

    Mangga atuh…

  45. Adie Riyanto Says:

    Gak terlalu suka nasi kebuli gara2 gak suka daging kambing. Tapi klo ada sih suka icip-icip 2 piring aja :)))

    @ Adie Riyanto
    Nasi kebuli yang di Bogor itu dagingnya bisa diganti daging sapi. Coba aja nanti juga ketagihan haha…

  46. cumilebay.com Says:

    Aku doyan banget nasi kebuli, apalagi ama daging kambing nya yg mantap itu. Btw dulu punya langganan di kampung melayu tapi sekarang dah ngak jualan. Jadi mesti nyobain yg di bogor nich

    @ cumilebay.com
    Yoi kakak, kalo ke Bogor hajar nasi kebuli samping rumah sakit salak.

  47. ded Says:

    He3…. nulisnya pakai timeout dulu😀

    Btw ambo beberapa hari yang lalu makan nasi kebuli di Blok S, mekipun cara menghidangkannya tidak serapi yg di Bogor tapi rasanya juga g kalah.
    Dan asiknya lagi dagingnya tidak harus daging kambing, tapi bisa diganti dengan ayam…🙂

    @ uda Ded

    Dakek lapangan sepakbola Blok S yo da Ded, buliah juo nanti ambo cubo kasinan.

  48. Ari Yudha Prasetyo Says:

    Ngelihat postingan ini, jadi pengen nasi kebuli. Saya blom pernah nyobain sama sekali soalnya. Paling sering cuma makan nasi goreng kalo nggak nasi bungkus.

    @ Ari Yudha Prasetyo

    Cobain yuk, mari ke Bogor.

  49. Dee An Says:

    Aku sukaaaa nasi kebuli… hmmm… langsung laper deh🙂

    @ Dee An
    Kalo ke Bogor cobain deh nasi kebuli yang ini, rasanya beda dengan yang lain.

  50. bukanrastaman Says:

    pernah nyoba di surabaya nasi ini

    dan menurutku enaaak banget🙂

    @ bukanrastaman
    Memang bagi yang suka enak sekali.

  51. TripID Says:

    kalo ke Bogor mampir ah ke nasi kebuli iniiiii

    @ TripID
    Siip, yuk jajal.

  52. arif rahman Says:

    Kalau aku perhatikan menunya, seperti makanan yang sesuai dengan anjuran dokter tentang makanan sehat. Jadi pengen nyoba juga menu nasi kebulinya.

    @ arif rahman
    @ Mungkin karena deket rumah sakit jadi berusaha menyediakan makanan sehat, hehe…

  53. itsmearni Says:

    Wah baru tau saya ada rm ini dijalan sudirman. Padahal sering lewat sana tapi gak ngeh aja deh

    @ itsmearni
    Rumah makannya udah lama. Dulu pernah juga dikunjungi pak Bondan maknyus, ada di youtube.

  54. ipah kholipah Says:

    cocok nih buat sekarang makan sore hehe apalagi nasi nya anget haduuuh mantap nih cuaca dingin ginih hehehehe

    @ ipah kholipah
    Memang cocok dimakan sore hari. Bogor sore memang dingin, hehe..

  55. Firman Says:

    kapan waktu harus cobain! penasaran sama rasanya..

    @ Firman
    Yoi, cobain di Nasi Kebuli Bogor, bikin ketagihan.

  56. Firsty Chrysant Says:

    aku ngga suka sama makanan yang berkaitan sama daging kambing…😦

    Tapi temanku suaminya pinter banget bikin nasi bryani. dia orang srilanka soalnya

    @ Firsty Chrysant

    Saya dulu waktu di kampung juga gak suka daging kambing. Setelah merantau ke jawa malah doyan sate kambing, tongseng daging kambing, sop kambing yang masakan orang jawa,🙂

  57. faziazen Says:

    porsinya banyak juga ya

    @ faziazen

    Lumayanlah, kalo buat saya kenyang satu porsi.

  58. pєuhαbα !! Says:

    jika di aceh nasi lemak.. mantap

    @ pєuhαbα !!
    Menurut saya beda dikit antara nasi lemak dengan nasi kebuli.

  59. Rivanlee Says:

    belum pernah… terakhir nyobain nasi kebuli yang enak cuma pas maulid nabi hahahaha
    harus ke sini kapan2

    @ Rivanlee
    Ayo segera dicobain nasi kebuli Bogor, sekalian traveling.

  60. arip Says:

    Pake daging kambing, khas banget timteng nya.

    @ arip
    Iya, begitulah kalo standarnya. Tapi di rumah makan Kebulu Bogor kalau tidak suka daging kambing bisa diganti daging sapi.

  61. Mysweet Ladyluck Says:

    nasi embeeee mantabz, plus minumnya yoghurt … nih aku sdg rebus daging kambing mau masak nasi ‘kabsah’… baunya ampe situ gaaak ? hehe… pernah juga cobain nasi kebuli yg di bogor puncak, deket kfc, next pengin coba yg di jl Sudirman insyaa Allah … lihat gambarnya aja udah ngilerrr ….🙂

    @ Mysweet Ladyluck

    Wah mantab, nanti difoto dan di publish di blog ya nasi kabsah-nya.
    Nasi kebuli yang Sudirman itu maknyuss…

  62. creativeidea153 Says:

    Pingin kesana…

    @ creativeidea153
    Yuk ke Ambon.

  63. Feryanda Says:

    Udah lamaaaa bgt nyari2 yg jual nasi kebuli asli. Yg sering aku dpt nasi goreng ala kebuli.. duuuhh. Seandainya bogor tinggal kayang langsung nyampeee.. *derita rumah di cinere..

    @ Feryanda
    Akhir pekan main ke Bogor, bisa nyicipin nasi kebuli itu.

  64. Teh Blesstea Says:

    Jadi pengen nih,, tapi ini terletak di jalan mana ya,,ada rencana sih mau mampir..mohon infonya ya..

    @ Teh Blesstea
    Letaknya sebelah rumah sakit Salak, Bogor

  65. ugy yani Says:

    Harga 1 porsi nasi kebuli na brapaan ya.. Lgi ngidam pngn mkn nasi kebuli nih.. Tlng mnta info na ya

    @ ugy yani
    Telpon aja kesana, ada nomor telponnya.

  66. irawan Says:

    bisa DO gak ya…

    @ irawan
    Dicoba saja telepon kesana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: