Sagu Tumbuk

Sehabis jumatan kami segera keluar dari masjid raya Al-Fatah Ambon, menuju kawasan Ambon Plaza (Amplaz) untuk suatu keperluan beserta rekan sekerja. Saya menemukan makanan seperti foto di bawah ini.

dibungkus plastik tipis, bentuk bulat panjang

dibungkus plastik tipis, bentuk bulat panjang

Ya, itulah sagu tumbuk salah satu makanan khas Ambon. Terbuat dari sagu, kenari dan gula merah (gula aren). Diolah sedemikian rupa sehingga menjadi jajanan enak dan bergizi. Rasanya campuran rasa sagu, kenari dan manis gula merah. Sagunya terasa lembut dengan butiran halus, harum kenari serta manis khas gula aren. Enaklah pokoknya.

tersedia dua ukuran besar dan kecil

tersedia dua ukuran besar dan kecil

Harga per pis untuk bungkus besar 5k dan bungkus kecil 2,5k. Bisa jadi salah satu oleh-oleh dari kota manise.

45 Tanggapan to “Sagu Tumbuk”

  1. rangi ruru Says:

    Tampaknya enak. Tidak ada di toko oleh2 di jakarta kayaknya, harga kenari pun mahal di jawa saya ingat masa saya kecil kalo ibuk bikin kue kering lebaran tidak pernah pake hiasan kenari spt resep krn harganya yg mahal.
    Hallo, ini komen perdana saya kayaknya🙂

    @ rangi ruru

    Di seputaran Ambon Plaza pun saya hanya menemukan dua orang penjual gendongan yang pakai tampah.
    Karena anda komentar perdana, baru publish langsung diberi komentar pula, maka anda dapat buku gratis dari saya. kirimkan alamat via email. (email sudah saya kirim).

  2. arif rahman Says:

    Semoga saja bisa berkunjung ke sana. Bisa nih di jadikan oleh-oleh.

    @ arif rahman
    Aamin semoga dikabulkan. Iya, salah satu alternatif oleh-oleh dari Ambon.

  3. Muhammad Zaini Says:

    Weh, baru denger tuh sagu yang kayak begituan. Di Ambon makanannya kayaknya unik ya😮

    @ Muhammad Zaini
    Iya unik-unik dan enak-enak ,hehe..

  4. shiq4 Says:

    Rasa sagu kayak gimana sih? Saya baru nyadar seumur-umur belum pernah makan sagu. Bukannya sagu dari irian?

    @ shiq4
    Waduh saya gak bisa mendefinisikan rasa sagu. Tapi kalo boleh sebagai perbandingan cobalah makan ongol-ongol Betawi, nah disitu ada rasa sagu. Sagu banyak terdapat di Indonesia bagian timur.

  5. cumilebay.com Says:

    Aku pikirtadi itu kurma yg di bungkus plastik hahaha

    @ cumilebay.com
    Kurma? Kalo dodol masih miriplah…

  6. Tatit Ujiani Says:

    Ahaaa..sagu ini dulu sering aku temukan di daerah AY. Patty yang jualan Oma-Oma pakai sarung dan baju kurung khas Ambon manise🙂

    @ Tatit Ujiani
    Beberapa kali lewat jalan AY. Patty saya belum nemu,🙂

  7. Risma Armia Says:

    Mirip dodol😀

    @ Risma Armia
    Iya dodol versi Ambon, hehe…

  8. jampang Says:

    kirain dodol😀

    @ jampang

    Kalo penampakannya sekilas memang mirip bang, hehe…

  9. Donna Imelda Says:

    Mas Alris tinggal di Ambon? Wah aku mau coba ini langsung di tempatnya.

    @ Donna Imelda
    Saat ini iya tinggal di Ambon. Ayo coba ditempatnya, hehe…

  10. Putrinyanormal Says:

    eh, aku kirain itu dodol. Rasanya gimana ini kak?! keknya enak xixi

    @ Putrinyanormal
    Sepintas memang mirip dodol. Rasanya enak.

  11. Fahmi (catperku) Says:

    Aduh, enak deh itu😄 Penampakannya mirip sama madumongso ya, jajanan jawa gitu😀 Jadi pengen makan madumongso ini~~

    @ Fahmi (catperku)
    Iya memang enak. Saya belum pernah makan madumongso.

  12. nurlailazahra Says:

    jadi penasaran deh gimana saat dimakan😀

    @ nurlailazahra
    Enak. Makan dua udah kenyang, hehe…

  13. bengkel blogger Says:

    saya juga dulunya pernah menemukan makanan ini di kalsel…lumayan enak dan mengenyangkan untuk mengganjal perut gan…makanan tradisional yang unik dan enak juga rasanya.

    @ bengkel blogger
    Kalo yang di Kalsel dodol gan, banyak tuh di Kandangan. Di Ambon terbuat dari sagu, kenari dan gula aren.

  14. Mysweet Ladyluck Says:

    haayyy aku suka yg manis2 … penampakan mirip kalo di jawa namanya “jenang”. Saya bayangkan kalo dari sagu pasti lebih gurih apalagi tambahan kenari-nya mantab…pas buat disimpen di tas, sewaktu2 langsung ‘lep’, dpt mengatasi ‘maag’ segera. cemilan bergizi … mauuuuu.. mmmm kayaknya dibikin puding mak jozzz yaaa … puding sagu kenari dg gula merah🙂 thx for your comment on it.

    @ Mysweet Ladyluck
    Iya mantap buat ngilangin laper karena kalorinya tinggi.

  15. Devy Indriyani Says:

    mirip seperti dodol begitu ya, hanya kalau dodol kan dari ketan, kalau ini dari sagu ya,

    salah satu kuliner khas kota ambon-manishe..

    @ Devy Indriyani
    Penampakannya mirip dodol. Tapi rasanya lebih mantap ini, hehe…

  16. Eka Ikhsanudin Says:

    Malam2 lihat Makanan Sagu Tumbuk jadi pengen nyicipin saya kang, seperti mirip Dodol yah kang ..🙂

    @ Eka Ikhsanudin
    Kalo masih daerah Jawa saya kirim, suer, kirim aja alamatnya. Memang mirip dodol penampilannya.

  17. arip Says:

    Iya nih visualnya sih kayak dodol. Mungkin bisa dikasih julukan dodol manise.😀

    @ arip
    hehe… tapi tetap sagu tumbuk.

  18. wahabsaputra Says:

    Jadi teman kopi mantap itu…

    @ wahabsaputra
    Bener, langsung bikin kenyang.

  19. kekekenanga Says:

    sekilas mirip kurma, dideketin kaya dodol yah mas😀

    @ kekekenanga
    hehe..mirip dodol iya.

  20. Kang Muroi Says:

    saya pernah makan sagu yang lempengan putih, tapi kalo yang ini belum pernah coba, penasaran rasanya….

    @ Kang Muroi
    Kalo sagu yang ini enak kang.

  21. Alid Abdul Says:

    Mas minta mas, penasaran dengan olahan sagu, belum pernah euy😀

    @ Alid Abdul
    Ayo berkunjung ke Ambon, nanti saya belikan, hehe…

  22. rangtalu Says:

    kalau disiko ado nyo “sagon bakar”🙂

    @ rangtalu
    Taragak ambo jo sagon baka tu nyo.

  23. Allisa Yustica Krones Says:

    Baca ini jadi kangen sama bagea, itu makanan yang dibuat dari sagu juga. Di palembang juga tepung sagu banyak dipake buat dibikin jadi pempek😀

    @ Allisa Yustica Krones
    Di Ambon juga ada bagea,🙂

  24. Salman Faris Says:

    Sagu tumbuk ini rasanya kayak tepung beras kali ya hehehe

    @ Salman Faris
    Rasanya enak, campuran sagu, kenari dan gula aren.

  25. eviindrawanto Says:

    Semacam dodol ya Pak Alris…Legit pastinya…

    @ uni Evi
    Penampilannya mirip dodol, tapi rasanya beda, enak sekali dan mengeyangkan karena kaya kalori.

  26. Datuk Toman Says:

    wah makanan khas ambon ya.. wah sepertinya enak ya? kalo dilihat mirip dodol ya?

    @ Datuk Toman
    Memang enak dan sekilas mirip dodol.

  27. prih Says:

    Oleh-oleh khas Ambon ya Uda, empuk kah? biasanya dapat sagu bakar yang lumayan keras.

    @ prih
    Salah satu oleh-oleh khas Ambon. Kalo sagu ini lembut.

  28. zilko Says:

    Hehe, jadi penasaran dengan rasanya🙂

    @ zilko

    Ayo kalo balik ke Indonesia berkunjung ke Ambon, dan dicoba.

  29. ar syamsuddin Says:

    Ini rupanya jajanan super khas Ambon manise ya, kalo sagu sudh pernah kucicipi tapi yang ini belum..

    salam

    @ ar syamsuddin
    Kalo ke Ambon ayo dicoba. Salam

  30. kayka Says:

    baru nyadar kalo ternyata saya belum pernah makan sagu.

    penampakannya seperti dodol sumatera barat ya. apa rasanya seperti itu juga kah?

    salam
    /kayka

    @ kayka
    Rasanya beda dengan dodol, karena terbuat dari sagu, kenari. Orang menyangka sekilas dodol, hehe…

  31. ysalma Says:

    Kayaknya memang salah satu makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh nih. Dari foto seperti ‘galamai’, tapi beda rasa ya.

    @ ysalma
    Galamai agak lembek kalo ini tidak. Bahannya juga beda.

  32. winnymarch Says:

    belum pernah nyoba sagu tumbuk

    @ winnymarch
    Kalo ke Ambon cobain.

  33. hendrasuhendra176 Says:

    Enak ya kayaknya, belum pernah ngerasain, hiks.. hiks..

    @ hendrasuhendra176
    Yoi, enak bro. Yuk berkunjung ke Ambon..

  34. AdminRudi Says:

    tampaknya seperti dodol. Namun kalau dilihat dari perpaduan 3 bahan utamanya, nampaknya yang mirip hanyalah gula merahnya saja. Bang, apakah ini lengket seperti dodol? tetangga sebelah saya orang Ambon. Tiap kali dari sana selalu dibawain ikan sama minyak kayu putih khas Ambon katanya.

    @ AdminRudi
    Sagu tumbuk tidak lengket. Lembut dan enak.

  35. Teras Maya Says:

    Kalo dari bentuknya mirip dodol ya hehehe..

    @ Teras Maya
    Ya betul kang.

  36. Beby Says:

    Ya ampun.. Pas pertama kali liat fotonya, aku pikir itu kurma.. Bahahah😀

    @ Beby
    Mirip dodol iya, hehe..

  37. MS Says:

    temanku waktu itu nggak bawain oleh2 ini deh.., wah jadi penasaran

    @ MS
    Nanti kalo balik ke Ambon minta dibawain, hehe…

  38. oh andrian Says:

    sagu tumbuknya mirip dodol ya mas.
    wah kalo mas mau kirim kerumah aku, aku sangat berterimakasih loh hohoho bercanda.

    @ oh andrian
    Boleh, asal ongkos kirimnya ditanggung sendiri, hehe…

  39. belalang cerewet Says:

    Lihat penampilannya, di Jawa mirip madu mongso ya Mas. Penasaran gimana rasanya sagu model begini. Yummy….

    @ belalang cerewet
    Iya mirip, tapi beda rasa, hehe… Rasanya enak dan mengenyangkan.

  40. pin jalasenastri Says:

    Thanks for ones marvelous posting! I genuinely enjoyed reading it, you will be a great
    author. I will make sure to bookmark your blog and will often come back down the road.
    I want to encourage you to continue your great writing, have a nice evening!

  41. Susanti Dewi Says:

    waah… makanannya keliatan enak2 banget, apalagi pisang goreng dan singkongnya, pastinya enak banget🙂

    @ Susanti Dewi
    Iya, enak sekali apalagi dimakan setelah berenang, nikmat sekali.

  42. Akhmad Muhaimin Azzet Says:

    Oleh-oleh yang khas ini🙂

    Singkatannya sama ya, di Jogja juga ada Amplaz, tp artinya Ambarukmo Plaza.

    @ Akhmad Muhaimin Azzet
    Iya khas Ambon. Di Medan juga ada amplas, tapi terminal bis, hehe..

  43. Frany Fatmaningrum Says:

    Menarik untuk dicicip

    @ Frany Fatmaningrum
    Lumayan mengenyangkan lho.

  44. Rahmawati Albojoirie Says:

    kuenya bisa tahan berapa lama?

  45. http://Kenarimerah.com/2015/04/cara-menjodohkan-kenari-jantan-dan-betina/ Says:

    Great web site. Plenty of useful info here. I am
    sending it to some friends ans additionally sharing in delicious.
    And certainly, thanks to your sweat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: