Mari Beramal

Tak terasa sudah satu bulan dua minggu blog ini tidak di-update dengan posting baru. Setiap kali masuk komentar dari pembaca blog saya sudah pengen untuk update dengan posting baru. Setiap kali ingin update rasa malas menulis langsung menyergap diri saya. Memang malaslah yang jadi faktor utama mengapa lama nian blog saya ini tidak di-update.

Kerja di lapangan di alam terbuka dengan kondisi cuaca yang kadang panas kadang hujan ternyata berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Kalo panas serasa kebakar badan. Mungkin ini karena tempat kerja di pinggir laut panasnya jadi lebih. Jika hujan lumayan adem, tapi harus tetap kerja. Ditambah lagi harus banyak berdiri dan mondar-mandir sejak jam delapan pagi sampai jam sembilan atau sepuluh malam. Bahkan pernah bekerja sampai jam dua belas malam. Terus terang dengan kondisi seperti itu membuat daya tahan tubuh gampang cepat merosot. Saya cepat merasa lelah. Badan capek. Kalo malam saya cepat sekali mengantuk. Jadi begitu nempel ke kasur gak berapa lama saya pasti sudah tertidur. Istilahnya pelor, nempel langsung molor, hehe… Lalu bangun-bangun sudah pagi. Waktu untuk menulis hampir tidak ada. Sebenarnya waktu untuk menulis teramat banyak, cuma manajemen waktu saya teramat kacau.

tuh...dipinggir laut

tuhkan… dipinggir laut dan mau hujan nih

kalo panas begini bikin badan cepat dehidrasi

kalo panas begini bikin badan cepat dehidrasi

Setelah team bekerja keras dan sudah menyelesaikan pekerjaan bored pile sebanyak 154 titik akhirnya untuk sementara waktu pekerjaan di hold. Pekerjaan dihentikan sementara karena setelah dilakukan PDA Test ternyata Daya Dukung Aksial Tiang tidak tercapai seperti yang direncanakan. Untuk itu dilakukan redesign terhadap pondasi. Nah, sambil menunggu pekerjaan dilanjutkan adalah waktu banyak untuk membuat tulisan dan diposting di blog saya yang tanpa tema ini.

Beramal Yuk..!

Setiap memasuki bulan ramadhan ini saya selalu terbayang masa kecil waktu di kampung dulu. Banyak kenangan masa kecil yang selalu tersimpan di memori saya. Salah satunya adalah kegemaran saya mengunjungi musabaqoh tilawatil quran (di kampung saya di sebut perlombaan) yang diadakan tiap kampung. Pesertanya adalah utusan kampung atau surau yang ada di kampung tersebut. Kalo di kampung tersebut tidak ada surau maka peserta adalah utusan kampung. Biasanya peserta yang seperti ini belajar mengajinya di kampung tetangga. Tapi kalo ada surau di kampung tersebut maka dia adalah utusan surau yang mewakili kampung. Umur peserta musabaqoh tilawatil quran antar kampung ini biasanya dibatasin mulai dari kelas 5 atau 6 sekolah dasar maksimal masih mengikuti pendidikan di sekolah menengah pertama (smp /mtsn). Dimasa jeda musabaqoh tilawatil quran itu, yaitu sekitar jam 00.00 s/d 01.30, ada lelang singgang ayam (ayam panggang versi kampung). Dana yang terkumpul dari lelang ini digunakan untuk pembangunan surau dan kegiatan pemuda.

singgang ayam

singgang ayam, foto dari sini

Yang menarik adalah hadiah untuk pemenangnya. Jaman dulu saya kecil hadiah untuk pemenang pertama adalah seekor kambing berumur lebih kurang enam bulan. Lalu hadiah pemenang kedua dan hadiah pemenang ketiga biasanya perangkat rumah tangga seperti alat memasak, bahkan juga ada selimut. Tapi hadiah kedua dan hadiah ketiga itu masih ditambah duit sekedarnya.

Nah, jaman berganti. Sejak beberapa waktu, sudah puluhan tahun, hadiah untuk pemenang musabaqoh tilawatil quran antar kampung itu sudah berbentuk uang tunai. Pemberian uang tunai ini sebagai hadiah sah-sah saja. Tapi bagi saya pribadi pemberian hadiah yang baik itu adalah berbentuk barang yang bermanfaat atau binatang ternak yang bisa jadi modal yang terus berkembang. Kalo hadiah uang di jaman yang materialis ini godaan untuk menggunakannya untuk hal yang tidak bermanfaat sangat besar. Untuk anak umur 13 tahun uang itu bisa jadi untuk memenuhi keinginannya, bukan untuk memenuhi kebutuhannya. Misal beli gadget , atau bahan konsumtif lainnya yang tidak perlu. Saya prihatin dengan perilaku konsumtif non selektif yang sudah merambah sampai ke kampung.

Pada musabaqoh tilawatil quran yang akan diadakan dalam bulan ramadhan tahun ini di surau di kampung, saya berkeinginan untuk hadiahnya bukan lagi berbentuk uang, tapi barang yang bermanfaat, tidak gadget. Hadiah untuk pemenang kesatu adalah seekor kambing. Keinginan sudah saya sampaikan ke panitianya dan gayung bersambut. Jadi masalah adalah uang untuk membeli kambing tersebut. Diperlukan uang sejumlah lebih kurang dua juta rupiah untuk membeli seekor kambing betina muda (kalo uangnya nanti ada kelebihan alias beli kambing kurang dari dua juta rupiah, maka sisanya itu akan disedekahkan untuk pembangunan surau). Mengandalkan hasil iuran di kampung yang penduduknya 99,999% petani membutuhkan waktu lama.

Untuk itu dengan niat baik ada kesempatan bagi pembaca blog saya untuk ikut berpartisipasi menyumbang uang untuk pembelian kambing satu ekor. Silahkan menyumbang berapapun anda mau dan ikhlas. Insya Allah saya amanah, sumbangan itu saya sampaikan ke panitia nun jauh berada di Muaralabuh, Solok Selatan, Sumatera Barat.  Sumbangan bisa ditransfer ke nomor rekening 09482 01359 BCA Rawamangun atas nama Yafni Alris. Bagi peyumbang mohon konfirmasi ke alris587@gmail.com jika uang sudah ditransfer, sebutkan nama dan jumlah uang yang disumbang. Saya tidak akan publish jumlah uang yang disumbangkan. Sumbangan paling lambat saya terima tanggal 11 Juli 2015.

Bagi tujuh penyumbang akan mendapatkan hadiah buku gratis novel klasik karangan Buya Hamka. Teristimewa tiga penyumbang terbesar disamping buku novel ada tambahan hadiah satu buah batu akik jahanam yang berasal dari Ternate. Foto batu akik jahanam Ternate seperti dibawah ini.

siap dikirim ke 3 orang penyumbang

siap dikirim ke 3 orang penyumbang terbesar

Pada posting periode lalu yang mendapatkan buku gratis adalah : mondasiregar.wordpress.com , atapermata.wordpress.com , dan shiq4.wordpress.com. Selamat kepada pemenang, hadiah sudah diterima masing masing pemenang.

 

 

 

 

56 Tanggapan to “Mari Beramal”

  1. dani Says:

    Wah, saya membayangkan suasana Ramadhan yang meriah dan ngangenin Mas. Saya baru sempat mampir lagi nih. Semoga banyak yang nyumbang ya Mas. 🙂

    @ dani
    Benar mas Dani. Kenangan masa kecil yang tetap terpatri.
    Terima kasih doa-nya.

  2. lovelyristin Says:

    menulis memang kdg butuh waktu tersendiri, kegiatan sehari2 kdg udh lelah ya.. hehe..

    @ lovelyristin
    Jadi orang yang konsisten itu memang susah ya kalo gak jadi kebiasaan. Begitu juga dalam menulis.

  3. rangiruru Says:

    Saya kaget nama batu akiknya begitu banget hehehehe

    @ rangiruru
    Mungkin karena saking hitamnya dinamakan begitu,🙂

  4. darsonogentawangi Says:

    wah, itu pantainya kok keren..
    ngomong2 soal Ramadhan, ini salah satu moment terindah dlm hidup saya.. krn utk pertama kalinya ditemani si kecil Al Kindi yg baru 9 bulan🙂

    @ darsonogentawangi
    Pantainya lumayan bagus. Bersyukurlah udah punya keturunan, selamat ya.

  5. arip Says:

    Iya hadiahnya bener harus yg bisa bikin produktif.

    @ arip
    Saya setuju. Diberi uang malah jadi konsumtif yang gak perlu.

  6. bambangpriantono - From Indonesia For You Says:

    Waduh..salah lihat..harusnya gak ada gambar singgang ayam disini.

    @ bambangpriantono
    Singgang ayam buat makan berbuka maknyuss..

  7. Miftah Afina Says:

    Hadiahnya nggak gadget😦😀

    @ Miftah Afina
    Harus itu hehe…

  8. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Alris…

    Kalau di kampung saya, hadiah buat anak-anak yang berjaya solat terawih penuh adalah peralatan alat tulis sekolah dan uang. Benarlah, hadiahnya harus dapat memberi manfaat jangka masa panjang. Ayam singgangnya kelihatan lazat sekali. Selamat berbuka puasa.

    Salam Ramadhan dari Sarikei, Sarawak.🙂

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    Waalaikumsalam wr wb, kak Siti
    Kami waktu kecil juga diberi hadiah peralatan tulis sekolah kalau berjaya shalat tarawih sebulan penuh.
    Benarlah pemikiran orang masa-masa dulu, memberikan hadiah manfaat jangka masa panjang. Ini saya nak cuba baliklah memberikan hadiah berupa binatang ternak, supaya bermanfaat bagi budak-budak tu.
    Singgang ayam ni khas adanya bulan ramadhan je, memang lazatlah kak Siti, hehe..

    Salam dari Ambon.

  9. Datuk Toman Says:

    Ayam nya… Bangun pagi liat ini langsung pingin sahur lagi…

    @ Datuk Toman
    Memang enak singgang ayam, hehe…

  10. Firman Says:

    Semoga dilancarkan, Ramadhan mubarak!

  11. winnymarch Says:

    dirimu engineer ya?

    @ winnymarch
    Site Engineer lebih banyak ke ensure apakah gambar bisa diaplikasikan. Saya bagian supervisi yang memastikan pekerjaan dilaksanakan sesuai apa yang sudah diputuskan engineer.

  12. Agung Pushandaka (@pushandaka) Says:

    Utamakan istirahat dan kesehatannya mas. Apalagi ini bulan puasa, harus tetap sehat.

    @ Agung Pushandaka
    Iya mas, kesehatan harus dijaga. Kemaren saya sempat sakit, tekanan darah melorot drastis.

  13. prih Says:

    Terima kasih ya Uda untuk uji kelayakan PDA test dan redesign, SOP wujud tanggung jawab keselamatan.
    Selamat berkarya.

    @ prih
    SOP nya memang begitu mba Prih. Pada akhirnya ini menyangkut banyak nyawa manusia dikemudian hari.

  14. Akhmad Muhaimin Azzet Says:

    Di sela pekerjaan yang begitu luar biasa, bahkan sampai malam, dan sekarang bisa menyempatkan menulis, sungguh ini sudah luara biasa, Mas🙂 Salut saya. Semoga sukses dan bahagia selalu.

    @ Akhmad Muhaimin Azzet
    Aamin doa nya ustad. Ini juga wujud rasa syukur sudah diberi banyak nikmat.

  15. kayka Says:

    puasa gak da kalo kerja di lapangan begitu. saya kebayang nih teriknya gimana… #langsungkehaussan

    ah panggang ayamnya benar-benar bikin yang jauh dari tanah air sakau abis…

    salam
    /kayka

    @ kayka
    Tetap puasa, Insya Allah. Sudah seminggu lebih pekerjaan di-hold, menunggu redesign pondasi bored pile. Justru gak kerja bikin badan lemes dan gak enak,🙂
    Singgang ayam di kampung saya munculnya cuma di bulan ramadhan saja karena bikinnya ribet dan lama. Saya juga kangen singgang ayam, hehe…

  16. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Alris…

    Kalau kerja berat seperti mas Alris ini, apakah pernah merasa untuk berbuka puasa aja. kerana kerja berat seperti ini memang ada rukhsoh puasanya. pasti lelah ya terutama saat matahari terik dan terbayang air di ruangan mata… hehe.

    Salam sejahtera dari sarikei, Sarawak.🙂

    @ SITI FATIMAH AHMAD

    Waalaikumsalam wr wb, kak Siti
    Alhamdulillah tidak pernah merasa untuk berbuka puasa. Memang kerja begini lelah, tapi inilah tantangan orang berpuasa. Insya Allah tetap kuat menjalankan ibadah puasa.

  17. zilko Says:

    Wah, batu akik jahanam itu memang namanya itu ya, hahaha😆

    @ zilko
    Iya namanya jahanam, saking hitamnya, haha…

  18. Chichi Says:

    Hebat bisa kuat puasanya. Ayo semangaat.. 10 hari lagi..😀

    @ Chichi
    Harus kuat. Kalo gak kerja malah lemes, hehe…

  19. asuransi pendidikan Says:

    wah tantangan juga ya om, puasa ditengah pekerjaan yang panas-panasan gitu. Semoga sumbangannya banyak ya om, bisa membantu orang yang membutuhkan.
    Supaya transparansi, jumlah dana yang masuk di foto om. Sukses

    @ asuransi pendidikan
    Puasa dinikmati saja, jangan dijadikan beban, Insya Allah kuat.
    Ada penyumbang yang tidak mau disebutkan nama dan jumlah sumbangannya. Sukses juga buat anda.

  20. Orin Says:

    kalo cape memang tidak memungkinkan untuk menulis ya, pasti banyak typo dan otak ga bs bersinergi dg jari🙂

    @ Orin
    Kalo capek, lelah, bawaannya ngantuk aja, hehe..

  21. Sucipto Kuncoro Says:

    Semoga acaranya berjalan lancar.. aamiin.

    @ Sucipto Kuncoro
    Aamin.

  22. nanangrusmana Says:

    ya, benar mas, lingkungan masa kecil dulu sangat membekas dlm ingatan …….kadang kerinduan itu selalu datang.

    @ nanangrusmana
    Benar sekali mas, dan kita merindukan itu setiap tahun ketika momennya datang.

  23. Trainer Motivator 0821.4150.2649 Says:

    mari berbagi😀

    @ Trainer Motivator
    yuk, mariii..

  24. cumilebay.com Says:

    Semangat … semoga banyak sumbangan nya.

    @ cumilebay
    Tetap semangat. Aamin, semoga doanya terkabul.

  25. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wrwb, mas Alris…

    Harap uang amal yang dikumpul itu sudah cukup untuk membeli kambing untuk anak-anak yang penuh tadarrusnya akhir Ramadhan ini, ya. Mudahan mereka yang menyumbang dilimpahi rejeki yang banyak dari Allah SWT. Aamiin.

    Salam takzim dari Sarikei, Sarawak.

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    walau tidak sesuai target tidak apa, yang penting bisa membeli kambing,🙂
    Aamin.

  26. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Alris..

    Tangan dihulur maaf dipinta,
    Erat hubungan sesama kita,
    Semoga gembira di hari yang mulia ini,
    Salah dan silap harap dimaaf,

    Selamat Hari Raya Aidilfitri,
    Maaf Zahir dan Batin.

    Salam Syawal dari Sarikei, Sarawak.

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    Waalaikumsalam wr.wb, kak Siti.
    Mari saling memaafkan.
    Selamat Hari Raya Aidilfitri,
    Maaf Lahir dan Batin.

  27. Blogger Indonesia Says:

    Minal Aidin wal Faizin Mohon maaf lahir dan batin ya mas Alris O:)

    @ Blogger Indonesia
    Sama mas, maaf lahir dan batin juga.

  28. ahmad darwin Says:

    Ikut baca artikelnya bang. Asik bacanya.. Salam kenal z…

    Bersamadarwin.blogspot.com

    @ ahmad darwin
    Silahkan.

  29. ipah kholipah Says:

    minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin ..

    @ ipah kholipah
    Sama2, memaafkan.

  30. cumilebay.com Says:

    Kakak …mohon maaf lahir batin

    @ cumilebay
    Sama2 mas Toro.

  31. ded Says:

    Semoga redesign terhadap pondasi cpt selesai, dan pekerjaan bs dilanjutkan kembali🙂

    @ uda Ded
    Aamin.

  32. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Alris…

    Syawal sudah menjelma dan pastinya masa beramal anjuran mas Alris juga sudah dilaksanakan. Apakah hadiah kambing itu sudah ada yang berjaya menerimanya, mas Alris. Ingin juga mahu tahu perkembangannya. Tentu ada anak yang sangat gembira.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.🙂

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    Waalaikumsalam wr wb, kak Siti,
    Semoga segala amal ibadah kita selama bulan ramadhan diterima Allah swt, aamin.
    Musabaqoh tilawatil quran (mtq)sudah berjaya diadakan di kampung saya itu. Hadiah kambing untuk peringkat pertama sudah diberikan. Nanti saya buat posting hal itu, saya lagi menunggu foto-foto kegiatan mtq.

  33. ipah kholipah Says:

    aku mau ngucapin minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir batin ya hehehhe

    @ ipah kholipah
    Sama-sama, Ipah.

  34. Arul Says:

    THUMBS UP!

  35. islam di dadaku Says:

    ternyata mas Alris juga masih aktif ngeblog ya jadi rindu dengan semua sahabat ngeblog

    @ islam di dadaku
    Ayo ngeblog lagi.

  36. febridwicahya Says:

    Wah, engineers kece nih mas😀

    Yuk beramal :)) lancar ya mas😀

    @ Febri
    Engineer-nya emang cakep, tapi saya bukan engineer, hehe…
    Ayo beramal, tidak hanya di bulan ramadhan.

  37. soeman jaya Says:

    Beramal sebuah usaha infestasi untuk ‘masa depan kelak di Yaumil Akhir … ajakan yg sangat penting …🙂

    @ soeman jaya
    Semoga, aamin.

  38. ilmueksak Says:

    silaturahim aja yaaa… dah lama gak maen ke sini! Mohon maaf lahir dan batin ….🙂🙂

    @ ilmueksak
    Sama2 ya, maaf lahir dan batin.

  39. izzawa Says:

    Sdh lma tdk berkunjung ksini uda….saya jd ingat dlu kk saya sering juga ikut mtq dan smpt juga dpt kmbing..klo dpikir pikir emg lbh bgus kmbing hadiahnya y uda… oh y bgmn jdny mtq nya uda?

    @ izzawa
    Maaf lahir batin, selamat idul fitri 1436 H.
    Alhamdulillah mtq di kampung saya itu lancar. Hadiahnya tahun ini juara pertama piala+kambing, juara kedua piala+uang, juara ketiga piala+uang.

  40. Ditter Says:

    Sama, Mas. Salah satu alasan kenapa blog saya akhir-akhir ini jarang diperbarui adalah karena malas…. :))

    Wuiih… kalau saya bayangin kerja di lapangan seperti itu dari pagi sampe malem, pasti juga udah ngga punya tenaga lagi buat nulis-nulis… Langsung tidur begitu nempel di kasur….

    @ Ditter
    Menulis bisa diwaktu yang luang, hehe…

  41. Budi Arnaya Says:

    Hadiahnya menarik..Akik Jahanam Ternate😉 sukses yach…jadi penasaran dengan batu Akiknya😉

    @ Budi Arnaya
    Terima kasih, sukses juga buat bli Budi.
    Bisa hubungi saya kalo tertarik sama batu akiknya,🙂

  42. Catatan PR Says:

    Salam kenal ya mas.
    Saya baru baca soal sumbangan ini. Sebuah niatan bagus banget mas.

    @ Catatan PR
    Salam kenal juga. Aamin.

  43. Gustyanita Pratiwi Says:

    Semoga makin berkah

    @ Gustyanita Pratiwi
    Aamin.

  44. Ni Made Sri Andani Says:

    Heii..maaf baru nongol saya, Pak Alris. Minal Aidin Wal faidzin Pak Alris. Telat telat dikit tetap mohon maaf lahir bathin ya Pak.
    saya juga sesempatnya ngupdate blog dan nyaris nyaris nggak pernah blog walking ke para sahabat. Bukannya nggak mau ya..tapi ya begitu juga. Kadang sudah keburu ngantuk….
    Ide hadiah kambingnya itu menurut saya memang jauh lebih baik daripada hadiah gadget Pak. Nilai yang diberikan juga bukan hanya sekedar nilai fisik bendanya, tetapi juga plus pelajaran memelihara hewan dan kewirasawstaan.
    Berharap semuanya berjalan sukses ya Pak..

    @ Ni Made Sri Andani
    Oke gak apa-apa. Maaf lahir batin juga.
    Saya berharap hadiah itu jadi investasi yang kalau dipelihara akan terus berkembang sehingga memberikan manfaat lebih.
    Aamin.

  45. Ceria Wisga Says:

    Wow keren hadiahnya kambing🙂

    @ Ceria Wisga
    Iya, biar jadi investasi yang terus berkembang bagi yang berhasil mendapatkannya.

  46. noe Says:

    Wah, niat baik nih mengembalikan hadiah seperti dulu, kambing. Aku telat deh main kesini, ketinggalan info sumbangan. Jd gimana perlombaannya di Ramadhan kemarin?

    @ noe
    Alhamdulillah, kegiatan perlombaannya sukses.

  47. cumilebay.com Says:

    Numpang mampir … tapi ngak ada yg baru, yo wes pulang aja dech

    @ cumilebay.com
    Satu atau dua hari ini ada posting baru.

  48. Yudhi Hendro Says:

    Semoga tahun depan hadiah lombanya bisa meningkat ya..

    @ Yudhi Hendro
    Aamin.

  49. shiq4 Says:

    Wah ternyata pekerjaannya berat sekali. Harus sampai malam. Padahal kerjanya mulai pagi. Kalau saya pasti langsung KO he he he

  50. Pengobatan Alternatif Asam Urat Says:

    Artikel yang memacu.

  51. jakartabahasatmc Says:

    Hallo Pak Alris, mana tulisannya lagi ?

    @ jakartabahasatmc
    Ada, barusan posting.

  52. Pengobatan Tradisional Jantung Rematik Says:

    bagus.

  53. Cara Mengobati Jantung Aritmia Says:

    Mari beramal.

  54. Cara Mengobati Kanker Rahim Says:

    Tanpa pamrih.

  55. Ricalinu Says:

    sangat menarik sekali artikelnya

  56. Pondasi Bor Pile Says:

    What’s up i am kavin, its my first time to commenting anyplace,
    when i read this piece of writing i thought i could also make comment due to this brilliant article.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: