Harta Karun

Terkadang Tuhan memberikan sesuatu itu dengan cara di luar nalar dan tidak disangka. Kadang kita tidak perlu berusaha keras untuk mendapatkannya. Jika merunut kepada otak kiri yang penuh perhitungan dan runtut, apa yang saya dapatkan hari selasa 4 Juli 2015 lalu harusnya tidak terjadi.

Seperti biasa kalau sudah jam 12 siang perut sudah menagih minta diisi. Karena teringin makan dengan banyak sayur saya harus berjalan kaki dari proyek menuju warung makan yang berada di seberang MCM (Maluku City Mall). Tadi pagi sewaktu lewat di depan warung makan itu saya lihat ada soto, goreng tahu, goreng tempe, perkedel jagung dan gulai kuning (biasanya berisi terong dan ikan laut). Memang menuju warung makan itu saya harus melalui MCM. Entah kenapa tanpa direncanakan terlebih dahulu sampai di pintu masuk bagian belakang MCM saya justru masuk mall itu. Sampai di dalam saya langsung menuju lantai dua menuju toko buku Gramedia dengan maksud hendak membeli atlas Maluku. Sudah berbilang bulan di Ambon, saya ingin mengetahui pulau-pulau di Propinsi Maluku. Di bagian luar toko buku itu saya singgah sebentar melihat buku murah dengan potongan harga cukup besar.

Saya sudah cukup sering mampir melihat buku yang di display terbuka dibagian luar toko Gramedia itu, dan sudah beli beberapa buku. Kemaren itu saya menemukan boxset novel Sekuntum Nozomi. Tanpa pikir panjang saya langsung ambil dan bawa ke kasir. Ternyata harga boxset novel Sekuntum Nozomi itu sangat murah, hanya Rp.130k. Buku dengan tebal 10 cm (semua buku) dengan lima eksemplar dengan harga segitu murah sekali. Jadi kalo harga  dibagi rata, maka tiap buku berharga Rp.26k. Murah sekali, lebih murah 4k dari harga satu porsi makan malam di warung tenda Lamongan dengan menu goreng ayam. Boxset itu terdiri dari : Sekuntum Nozomi 1, Sekuntum Nozomi 2, Sekuntum Nozomi 3, Sekuntum Nozomi 4 dan Sekuntum Nozomi 5.

Saya sejak setahun berselang sudah mencari boxset novel ini di beberapa toko buku di Jakarta. Pernah ketemu di Gramedia Blok M, tapi harganya saat itu masih mahal menurut isi kantong saya ketika itu. Nah, ketemu boxset kemaren dengan harga murah itu bagi saya ibarat menemukan harta karun. Buku novel yang saya impikan akhirnya dapat juga.

sekuntum nozomiBeberapa resensi mengatakan Sekuntum Nozomi adalah roman dan sketsa masyarakat, fiksi berdasarkan fakta (mengetengahkan KKN, hubungan pri-nonpri, birokrasi, diskriminasi, dll. termasuk tragedi Mei ’98). Saya jadi tak sabar untuk membacanya. Tapi saya memang harus bersabar dulu, karena masih ada empat buku yang harus saya selesaikan membacanya. Seluruh royalti boxset itu disumbangkan untuk amal.

Kembali ke paragraf pertama, jika saya langsung ke warung makan tanpa mampir di MCM, maka saya kemungkinan tidak akan mendapatkan boxset novel Sekuntum Nozomi. Karena bisa jadi misalnya boxset itu keburu dibeli orang lain. Intuisi mengarahkan kaki  saya memasuki mall, maka kun fayakun. Intuitif adalah salah satu fungsi otak kanan. Kawan, seringlah menggunakan otak kanan, maka keajaiban diluar nalar akan terjadi, Insya Allah.

 

 

27 Tanggapan to “Harta Karun”

  1. kayka Says:

    hehheheheh kalo saya makan dulu da baru deh seudahnya belok kemana-mana.

    dulu saya lumayan sering baca novel karangan marga t.

    salam
    /kayka

    @ Kayka
    Awalnya memang tujuannya mau makan aja, tapi kok seperti diarahkan kesana.

  2. dani Says:

    Wah rejeki banget memang Mas dan tanpa tahu sebelumnya kaya dituntun ke sana gitu ya Mas. Selamat buat harta karunnya😀

    @ Dani
    Iya Dan, seperti diarahkan kesitu.

  3. winnymarch Says:

    jadi penasaran ama bukunya itu bg

    @ winnymarch
    Ayo beli Winny,🙂

  4. arif rahman Says:

    Terkadang sesuatu yang tidak direncanakan sebelumnya bisa memberikan kejutan yang tak terduga.

    @ arif rahman
    Betul sekali.

  5. Ummu El Nurien Says:

    kalau sudah rezeki, rezeki lah yang memanggil kita🙂

    @ Ummu El Nurien
    Betul juga.

  6. Saiful ghozi Says:

    buku adalh jendela dunia pak, ….

    @ Saiful ghozi
    Yoi.

  7. arip Says:

    Ini tuh yg nulis Badai Pasti Berlalu ya kang?
    Oke kudu masukin list belanjaan ini mah.😀

    @ arip
    Ya betul kang. Kudu, soalnya ceritanya bagus. (saya belum baca novelnya, haha..)

  8. Ridha Tantowi Says:

    emang rejeki agan disuruh beli itu boxset buat amal kali gan hehe. Btw, belom pernah baca novelnya nih, itu novel lawas ya?

    @ Ridha Tantowi
    Novelnya belum lama, masih barulah menurut saya, kejadian dimulai tahun 1998. Tapi belum tau juga saya jalan ceritanya, belum baca sih hehe..

  9. Nasirullah Sitam Says:

    Kayaknya bagus itu buku, dalam beberapa bulan ini lumayan dapat buku banyak.

    @ Nasirullah Sitam
    Sepertinya sih iya. Bersyukurlah dapat buku banyak,🙂

  10. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Alris.. demikianlah Allah menentukan rezeki kepada hamba-NYA dengan diberi naluri yang kuat kepada apa yang direzekikan. Tahniah ! buku memang harta karun yang berharga. Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    Waalaikumsalam wr wb, kak Siti,
    Betul la tu kak Siti. Allah dah tentukan mana-mana yang rezeki kita.

  11. rangiRUru Says:

    Padahal saya sering ngindarin toko itu apalagi kalo bokek, dari yang tidak dianggarkan tapi kebeli juga buku yang bahkan ga masuk list. Cek…cek… sinopsisnya nih

    @ rangiRUru
    Saya malah sering beli buku yang awalnya gak niat beli tapi setelah liat harganya meleleh deh duit di dompet, hehe..

  12. Desi Namora Says:

    yap, bner bgt manusia emang suka nalarin semua hal, padahal tak semua hal bisa dinalar otak manusia yg terbatas

    @ Desi Namora
    Yoi, betul itu.

  13. cumilebay.com Says:

    Oh di maluku juga ada mall yaaa kak #laluDikeplak

    @ om Cumy
    bukan mall tapi toko besaaar jual macam2 barang dan ber-ac…

  14. kekekenanga Says:

    Komentar Bang Cumi ngeselin banget.. aku bantuin keplak sini hehheee

    @ kekekenanga
    Belum merasakan dia keplak orang Ambon, hehe…

  15. Orin Says:

    pasti seneng bgt dapet harta karun begini ya mas hohoho

    @ Orin
    Apalagi novel ini sudah lama saya idamkan, hehe…

  16. Nathalia DP Says:

    kalau udah jodoh mah ga akan kemana yah… selamat membaca🙂

    @ Nathalia DP
    Begitulah rupanya,🙂

  17. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr,wb, mas Alris…

    Silakan sudi mengambil AWARD BERGAYA SENIDIRI sempena Ulang Tahun Ke-5 Kelahiran Blog LMGS G2 di maya pada. Semoga silaturahmi ini diberi kebaikan. Aamiin.

    https://webctfatimah.wordpress.com/2015/08/15/ct346-launching-banner-baru-lmgs-g2-ulang-tahun-ke-5-bergaya-sendiri/

    Salam ukhuwwah dari Sarikei, Sarawak.🙂

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    Terima kasih kak Siti atas hadiah awardnya.

  18. Evi Says:

    Jalan-jalan secara random itu terkadang emang manfaatnya Pak Alris. Jadi dapat buku impian deh🙂

    @ uni Evi
    Iyo uni Evi, kadang awak ndak tau dari ma datang rasaki.

  19. Firsty Chrysant Says:

    enaknya dapet buku sepaket seharga ituuu…. Tapi aku jarang liat yang paket harga miring kaya gitu… Berharap besok juga dapet… amin…🙂

    @ Firsty Chrysant
    Iya, jarang2 ada boxset itu. Semoga doanya dikabulkan, aamin.

  20. shiq4 Says:

    Saya juga mau tuh dengan harga yang murah kwkwwk

    @ shiq4
    Boleh, hehe…

  21. prih Says:

    Intuisi yang menuntun ke harta karun ya Uda. sepaket sekuntum Nozomi menunggu dinikmati.
    Salam

  22. Akhmad Muhaimin Azzet Says:

    Sekuntum Nazomi yang luar biasa ituuuuuu….🙂

    @ Akhmad Muhaimin Azzet
    Saya belum baca, hehe…

  23. bersapedahan Says:

    wah kalau boxset novel setebal itu 130K … bener2 murah … biasaya saya beli novel tipis untuk anak saya aja sudah 25 sd 40 ribuan …. #ketahuan jarang baca novel …

    @ bersapedahan
    Iya murah sekali. Kalo beli per eksemplar pasti mahal.

  24. Ni Made Sri Andani Says:

    Beruntung sekali mendapatkan buku karya penulis ternama begitu dengan harga yang sangat miring ya Pak Alris.

    @ Ni Made Sri Andani
    Iya, mba Dani. Saya jual lagi ke orang yang cinta buku.

  25. Rifqy Faiza Rahman Says:

    Terkadang kita bisa ngotot bersikeras bahwa kita berucap “untung tadi masuk dulu ke toko buku”, seolah intuisi yang kita buat adalah hasil dari kita sendiri, padahal itu dituntun oleh Tuhan. Harta karun banget ya Mas, saya juga kaget sebegitu murahnya🙂

    @ Rifqy Faiza Rahman
    Tentunya, sebagai orang beragama, segala sesuatu adalah atas ridho Tuhan. Banget murah.

  26. ceritariyanti Says:

    you’re not lucky, you’re blessed…🙂

    @ ceritariyanti
    Ya, saya diberi rejeki soal novel murah itu.

  27. Sandi Iswahyudi Says:

    enakkkk saya juga suka baca buku mbak.. kadang beli kadang juga dapat dari penerbit

    @ Sandi Iswahyudi
    Mba??? Saya belum ganti kelamin mas.

Tinggalkan Balasan

