Obat Diare Alternatif

Tulisan ini murni berdasarkan pengalaman pribadi. Obat (bukan obat sebenarnya, tapi berfungsi sebagai obat) yang saya telan ini mungkin cocok bagi sebagian orang, bisa juga tidak mempan bagi yang lainnya. Karena tiap orang itu unik, maka dia tidak bisa dijeneralkan bisa mengatasi sakit diare kepada semua orang. Obat terbaik tentu saja yang diberikan oleh ahlinya. Ya, Anda harus ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat. Jika belum sempat ke dokter bolehlah mencoba obat yang saya praktekkan beberap hari lalu.

penyebab diare gambar dari internet

Dulu jika sakit diare untuk mengobatinya saya sering beli obat diare yang dijual bebas di apotik atau toko obat. Karena kemudahan untuk mendapatkan obat itu, maka malaslah saya mencari obat alternatif lainnya. Mudah mendapatkan obat bikinan pabrik alias obat kimiawi, mudah mendapatkan obat murah meriah dari alam. Obat dari alam bisa kita dapatkan dari tanaman yang tumbuh disekitar kita. Info lengkap cara mengobati Diare secara alami dengan ramuan tradisional bisa dibaca disini.

Masalah mungkin timbul jika Anda sakit diare tapi susah mendapatkan obat. Susah bukan karena gak ada obat tapi kondisinya lagi tak memungkinkan untuk segera dapat obat secara cepat. Bagaimana mengatasi masalah begini. Tenang. Ada solusinya.

Ambil sesendok makan gula pasir, masukkan ke mulut lalu dikunyah sampai hancur. Setelah hancur lalu ditelan. Ditelan gak usah pakai minum air. Ya, ditelan begitu saja. Biarkan beberapa menit. Kalau saya biasanya minum air putih setelah 15 menit menelan gula pasir. Tempo ini memberikan kesempatan gula pasir untuk bereaksi didalam lambung dan membunuh bakteri coli atau virus yang masuk ke lambung. Biasanya tak berapa lamaย  setelah minum gula pasir dengan cara begini buang-buang air akan mereda. Silahkan dicoba.

Air liur itu banyak fungsinya. Salah satu enzim yang terkandung dalam air liur adalah enzim lisozim yang memecah protein dan menyerang bakteri secara langsung. Nah, mungkin perpaduan gula dan enzim lisozim inilah yang membunuh bakteri atau virus penyebab diare.

Jika setelah diare usahakan Anda makan makanan padat setelah mampu untuk makan. Hal itu disarankan oleh dokter yang pernah saya datangi sewaktu berobat sakit diare. Sebaiknya porsi makan jangan terlalu besar. Hindari makanan yang terlalu berat, pedas, serta berlemak.

Demikianlah pengalaman saya ini semoga bermanfaat.

***
Siapapun yang memberikan komentar pertama dan pemberi komentar kesepuluh akan mendapatkan buku gratis dari saya. Syaratnya kirim saat itu juga alamat lengkap Anda via email, dan tidak bertempat tinggal di luar negeri. Gak perlu bikin GA mendapatkan buku gratis dari saya. #saya mah orangnya begitu.

45 Tanggapan to “Obat Diare Alternatif”

  1. Jejak Parmantos Says:

    Pas banget nih tipsnya, saya dua hari ini diare pasca hari ahad kemarin bbq (mungkin karena kebanyakan makan cabe jg). Perut kayak dikuras rasanya hehe

    Tipsnya gampang Pak, boleh dicoba…

    @ Jejak Parmantos
    Silahkan coba, semoga cocok dan penyakitnya sembuh.
    Karena sampeyan tinggal di luar negeri jadi tak dapat buku gratis dari saya,๐Ÿ™‚

  2. mrs muhandoko Says:

    Saya kmrn bermasalah dgn pencernaan, mas. Sy minum teh pekat tanpa gula. Reda sih,tp ga mengatasi sumber masalah. Akhirnya minum yakult *bkn komen berbayar lho ya*. Krn sy pny mslh konstipasi. Malah ada yg suruh cuci kolon.
    Tfs mas

    @ mrs muhandoko
    Saya pernah minum teh pekat tapi gak ngaruh. Saya minum yakult malah makin menjadi diarenya, hehehe.

  3. nenknunu Says:

    *noted* terima kasih infonya๐Ÿ™‚

    @ nenknunu
    Semoga bermanfaat.

  4. Amach Aqeela Says:

    Wah saya baru tau ada alternatif untuk diare, makasih infonya๐Ÿ˜‰

    @ Amach Aqeela
    Oke.

  5. titintitan Says:

    Eh? Baru tau.. Gampang jg yah

    @ titintitan
    Mudah.

  6. dani Says:

    Wah makasih Mas Alris! Baru tahu beneran trik ini deh. Makasih ilmunya! ๐Ÿ˜Š

    @ dani
    Saya dapatnya juga dari hasil coba-coba. Biasanyakan kalo diare minum larutan gula+garam. Nah, kenapa gak sekalian gula saja yang digado, eh ternyata makjleb, hehehe…

  7. Gara Says:

    Logis juga, karena pengobatan pertama terhadap diare juga menggunakan Larutan Gula Garam, kan… tapi tumben sih saya lihat kalau pakai gula pasir langsung digado begini, mungkin untuk menambah volume air liurnya ya?
    Memang air liur itu bermanfaat banget untuk menanggulangi bakteri, ya…
    Wahaha Mas Alris memang salah satu blogger yang paling dermawan kalau soal memberi buku kepada para pembaca! Top deh. Sukses terus ya, Mas!

    @ Gara
    Bisa jadi waktu kita mengunyah gula pasir bertambah volume air liur karena ada rangsangan dari gula pasir.
    Sudah dua kali untuk dua posting saya coba hubungi via email orang yang berhak menurut saya mendapat buku gratis, tapi email saya gak dibalas. Jadi saya bikin aturan terbuka saja (dengan syarat juga๐Ÿ™‚ ) bagi yang mendapatkan buku gratis.

  8. ar syamsuddin Says:

    Tips mengobati diare kaya gini memang belum pernah saya coba, tapi kayaknya boleh juga nih dicoba, apalagi ga repot-repot cari di tempat yang jauh. Soalnya pencernaanku tergolong sensitif jadi kadang kalo ga hati-hati milih menu makanan, suka kena diare juga. Jadi, insya Ansya Allah akan saya coba mas…
    Salam dari Dompu

    @ ar syamsuddin
    Kalau sakit diare lagi coba saja, semoga cocok.
    salam dari Ambon

  9. Ceritaeka Says:

    eh baru tau tips ini

    @ Ceritaeka
    Saya dapat juga dari coba-coba.

  10. ecky Says:

    Serius mas? tapi mulut gak gatel-gatel makan gula aja?hehe
    nice info mas, siapa tau bisa dicoba nanti

    @ ecky
    Seserius pengalaman saya.

  11. Timothy W Pawiro Says:

    Wah oke nih tips nya .. Emang plg sebel kl diare ga berhenti2 … bosen ke kamar mandinya haha! Thanks for sharing the tips๐Ÿ˜‰

    @ Timothy W Pawiro
    Coba aja kalo datang diare.

  12. Orin Says:

    wah, baru tau lho. nanti dicoba, tapi mudah2an sih ga usah diare lah ya๐Ÿ˜€

    @ Orin
    Sebaiknya jangan diare,๐Ÿ™‚ Tapi kalo kena juga boleh dicoba.

  13. zilko Says:

    Hehehe, boleh nih tipsnya disimpan. Siapa tahu berguna suatu saat๐Ÿ˜› . Tapi itu gulaaa, musuh besarku, hahaha๐Ÿ˜†

    @ zilko
    Semoga cocok.

  14. Budy | www.travellingaddict.com Says:

    Tipsnya bermanfaat sekali maz, entar cobain ah…

    @ Budy
    Silahkan, mas.

  15. jampang Says:

    sama seperti yang di atas…. baru tahu tips ini

    @ jampang
    Silahkan dicoba.

  16. Allisa Yustica Krones Says:

    Baru kali ini denger, biasanya kan pake larutan gula garam..hehe..makasih infonya yaa

    @ Allisa Yustica Krones
    Ini juga hasil coba-coba,๐Ÿ™‚

  17. Yudhi Hendro Says:

    tips yg praktis, biasanya pakai oralit kalau diare..

    @ Yudhi Hendro
    Bisa dicoba.

  18. @dodon_jerry Says:

    wah. penting nih, bisa dipraktekkan dalam keadaan darurat hehehe

    @ @dodon_jerry
    Apalagi bagi @dodon_jerry yang tukang jalan, tentu berguna,๐Ÿ™‚

  19. akhmad muhaimin azzet Says:

    Ini informasi baru bagi saya. Ternyata gula pasir ya. Makasih banyak ya, Mas. Sungguh๐Ÿ™‚

    @ akhmad muhaimin azzet
    Semoga cocok juga buat Pak Akhmad.

  20. rynari Says:

    Terima kasih Uda, berbagi pengalaman spesifik. Lingkungan sekitar terdekat menyediakan obat sederhana bagi kita ya. Salam sehat

    @ rynari
    Pengalaman diri sendiri, semoga bermanfaat bagi yang lain.

  21. angkisland Says:

    wah selain jeruk gula pasir sekarang juga bsa ya ms… wah mantap jd nambah wawasan trima kasih

    @ angkisland
    Yoi, silahkan dicoba.

  22. winnymarlina Says:

    mkasih mas infonya bagus

    @ winnymarlina
    Ya, Win.

  23. academic Indonesia Says:

    tulisan yang mencerahkan, kalo bagi orang jawa biasanya bawa batu buat di saku๐Ÿ˜€ terima kasih artikel mendidiknya

    @ academic Indonesia
    hehehe..aneh juga ya, diare kok malah bawa batu.

  24. zaenudin Says:

    @academic indonesia
    bener juga itu salah satu kebiasaan di lingkungan saya di Tasikmalaya.
    Terimakasih mas alris ilmunya

    @ zaenudin
    Nah, ternyata ada yang sudah dulu mempraktekkannya.

  25. Aul Howler Says:

    Aneh bin ajaib

    Asli baru dengar cara ini wkwk
    Thank you info nya mas
    Nanti kalau kena bakal dipraktekin hihi

    @ Aul Howler
    Coba saja, semoga cocok.

  26. Monda Says:

    biasanaya ngemut gula itu kalau kepedasan….
    jadi obat diare tanpa campuran garam baru tau ini lho

    @ Monda
    Salah satu peajaran dari orang tua memang ngemut gula kalo kepedasan.
    Yang saya praktekkan obat cara sederhana.

  27. jarwadi Says:

    beberapa hari ini kebetulan saya sedang diare, diare itu terjadi ketika saya tiba2 kedinginan, misal mandi di pagi hari, atau naik sepeda motor di pagi hari๐Ÿ˜ฆ

    @ jarwadi
    Diare biasanya disebabkan bakteri atau virus tertentu. Kalau yang Jarwadi alami mungkin bukan diare.

  28. shiq4 Says:

    Lumayanlah buat pengetahuan. Ntar klo pas diare malem hari bisa dipraktekkin ha ha ha……

    @ shiq4
    Silahkan coba.

  29. Agung Rangga Says:

    hmm, boleh juga nih dicoba.
    biasanya saya cuma minum y*kult atau d*apet aja sih…๐Ÿ˜

    @ Agung Rangga
    Saya kalo minum yakult diarenya tetap membandel,๐Ÿ™‚

  30. DollyPR Says:

    Biasanya saya kalo sakit perut dan masih jauh dari toilet, hal pertama yang dilakukan adalah memijit betis, cari otot yang lumayan tegang. Hal ini ampuh untuk mengurasi rasa sakit perut, paling tidak sampai ketemu toilet.

    @ DollyPR
    Nah, ini ilmu baru lagi yang sampeyan bagikan,๐Ÿ™‚

  31. Hendro Nurkholis Says:

    Lai yo bana ko bang, ndk ota doh kan?๐Ÿ˜€

    @ Hendro Nurkholis
    Nan indak-indak awak posting kanai caci-maki awak dek urang.

  32. annosmile Says:

    jaman kecil; dulu kalau diare disuruh minum larutan air gula+garam kalau gak salah..logis juga sih mas..hihihi..
    kalau diare karena keracunan mungkin sudah beda ya penanganannya?

    @ annosmile
    Kalau keracunan makanan saya pikir gak mempan. Tapi saya belum tau juga.

  33. @eviindrawanto Says:

    Obat diare sederhana. Mungkin karena gula juga bersifat pengawet, membunuh bakteri ditambah enzim tubuh kekuatan pembasmi kuman nya jadi meningkat, Pak Alris

    @ @eviindrawanto
    Bisa jadi begitu, uni Evi.

  34. Ferdy Lpu Says:

    Tipsnya simple banget ya mas… Suatu saat aku coba ah

    @ Ferdy Lpu
    Silahkan coba, semoga juga manjur.

  35. Kang Nurul Iman Says:

    Wah ternyata seperti ini ya terima kasih ya sangat bermanfaat sekali infonya.

    @ Kang Nurul Iman
    Silahkan dicoba.

  36. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Alris…

    Petuanya sangat mudah dan senang diperolehi. Tidak pernah mendapat petua seperti ini. Anak-anak juga tentu tidak sukar untuk makan gula pasir. Mudahan alternatif ini membantu sebelum kita ke dokter.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    Waalaikumsalam wr.wb kak Siti,
    Betul kak Siti. Ini adalah obat sementara sebelum pergi jumpa dokter.

    salam dari Ambon

  37. arinidm Says:

    Kalo kata dokter umum Da, diare itu sebenarnya salah satu proses pembuangan racun dari dalam tubuh, jadi sebaiknya jangan dihentikan dengan obat diare, malah dibiarin aja keluar untuk ngebuang racunnya dulu, yang lebih penting minum kayak oralit supaya nggak dehidrasi. Nah gara-gara itu, kalo misalnya lagi diare dan kebetulan hari itu nggak ada aktivitas dan bs di rumah aja seharian saya biasanya usahain nggak minum obat diare Da, tapi ya itu repot banget bentar-bentar ke WC. ๐Ÿ˜‚ Tapi kalo harus keluar rumah, atau udah capek banget harus bolak-balik ke WC, ujung-ujungnya minum obat diare juga Da jdnya hehehe.

    @ arinidm
    Saya pikir benar juga, diare salah satu proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Cuma membuangnya ngerepotin,๐Ÿ™‚

  38. Lidya Says:

    ternyata ada obat alternatif yang mudah & mudah ya

    @ Lidya
    Ini juga hasil coba-coba.

  39. willova Says:

    Biasanya aku kalau diare minum air kunyit yang diperes-peres. Tapi kayaknya ada yang lebih mudah nih.. thanks ya info menariknya

    @ willova
    Wah ini obat baru lagi bagi saya: air kunyit.

  40. pupuy Says:

    gak kepikiran ya kalau makan gulanya langsung bisa nyegah diare. padahal oralit sudah dari dulu digunakan. Terima kasih ilmunya mas

    @ pupuy
    Semoga bermanfaat.

  41. ali shodiqin Says:

    biasanya obat alternatif lebih manjur dari pada obat di toko.
    menarik ulasannya… siippp
    salam blogger…..sukses…

    @ ali shodiqin
    Makasih sudah mampir. Salam.

  42. bersapedahan Says:

    nice info …. kalau diare …. bikin kalang kabut …
    saya pernah baca untuk menambah air liur adalah dengan menguyah permen karet … mungkin bermanfaat juga kalau lagi diare untuk di coba

    @ bersapedahan
    Kalo mengunyah permen karet emang banyak air liur.

  43. kutukamus Says:

    Hoh, makan gula? Baru dengar sekali ini. Kalau tokcer boleh juga ya, bahan pasti ada di sekitar soalnya.

    @ kutukamus
    Iya, gula. Dicoba saja mana tau cocok juga.

  44. omnduut Says:

    Saat fam trip minggu lalu, aku terserang diare hebat. Lemes luar biasa dan obat warung nggak mempan. Gula pasir ini akan aku praktek nanti kalo kenal lagi. Mudah2an nggak deh amiiin

    @ omnduut
    Bisa dicoba kalo diare lagi.

  45. adelinatampubolon Says:

    sudah 2 minggu ini diare timbul dan tenggelam hehehe.. benar-benar menyiksa dech. entar aku coba praktekin dech sarannya mas.

    @ adelinatampubolon
    Semoga cocok juga cara obat ini dengan Adelina

Tinggalkan Balasan

