Apa yang Anda Lakukan Ketika Sedang BAB?

Jawaban dari pertanyaan diatas bisa beragam. Bagi kaum lelaki perokok toilet adalah tempat yang asyik buat menikmati rokok, -menghisap racun- sambil BAB. Bagi kaum perempuan? Nah, kalau yang ini saya gak tau. Tak mengenal gender, jawabannya mungkin kalau dikelompokkan akan mendapatkan hasil yang mirip. Menurut saya kebanyakan orang akan menjawab yang mereka lakukan adalah bermenung. Mungkin juga sebagian menghayal.

gambar dari sono

Dulu saya juga melakukan hal yang sama, -bermenung- ketika BAB. Tapi sejak kenal dan ke klinik tong fang kini saya tak bengong lagi ketika BAB. Terima kasih Tong Fang saya membaca salah satu wawancara dengan Nungki Kusumastuti belasan tahun lalu di salah satu koran minggu saya mulai mengubah hal yang tidak bermanfaat itu. Dalam wawancara itu disebutkan kalau keluarga Beliau adalah penggila baca buku. Sampai-sampai di toiletpun mereka bikin rak gantung untuk menarok buku. Saat anggota keluarga BAB pasti baca buku. Selesai BAB buku diletakkan kembali di rak gantung. Jadi ada buku yang khusus dibaca sampai selesai hanya saat BAB. Betapa mereka menghargai waktu dan mencintai baca buku. Keren.

Saya mencoba mengikuti cara keluarga Nungki Kusumastuti ini kalau di rumah. Setiap mau ke toilet dan mau BAB saya membawa buku bacaan. Jenis bacaan yang saya bawa ke toilet kebanyakan adalah novel. Saya menamatkan novel Amba karangan Laksmi PamuntjakΒ  ketika “setor” dan berada di toilet,πŸ™‚

Bagaimana rasanya membaca buku saat BAB. Pengalaman pribadi saya membuktikan keasyikan tersendiri. Buku yang dibaca rasanya lebih nancap di otak. Setiap kalimat bisa dicerna dengan mudah. Alur cerita lebih meresap dan bisa diikuti dengan lebih intens. Setiap kalimat bisa diresapi. Pokoknya sensasi membaca buku di toilet itu bagi saya bikin ketagihan. Itu semua bisa dirasakan mungkin karena kita fokus kepada bacaan. Kenapa bisa fokus waktu membaca buku di toilet sambil BAB? Karena tak ada gangguan.

Kalau lagi membaca bacaan yang seru dan itu dilakukan di toilet sambil BAB, waktu berjalan terasa cepat. Setengah jam rasanya kok baru lima menit yang lewat. Pernah saya menghabiskan waktu satu jam lebih untuk membaca buku sambil BAB. Benar, waktu tak terasa begitu cepat berlalu di toilet. Coba, kalau kita sengaja membaca buku sambil leyeh-leyeh misalnya, tak akan lama pasti sudah ngantuk. Atau kita sengajakan membaca buku di meja belajar, tak bertahan lama, rasa bosan segera datang.

Jadi buat Anda yang pengen menikmati membaca buku dengan sensasi yang berbeda, cobalah membaca buku sambil BAB. Rasakan sensasinya. Seperti makan kacang rebus diwaktu hujan perut sedikit lapar, atau seperti ngemil keripik didampingi yayang. Dua-duanya menimbulkan satu kata : gak mau berhenti,πŸ™‚

***

Untuk posting yang lalu yang mendapat buku gratis dari saya adalah : fleurlady.wordpress.com dan eckyagassi.com. Selamat buat keduanya. Buku segera dikirim ke alamat masing-masing. Posting ini juga menyediakan dua eksemplar buku gratis. Yang memberikan komentar ketujuh dan kelima belas berhak mendapatkannya. Syarat dan ketentuan berlaku.


Saya membagikan link berikut, karena saya bahagia melihat orang-orang dalam video itu. Suatu saat saya mungkin akan merindukan Ambon, jika saya tak lagi tinggal disana.

57 Tanggapan to “Apa yang Anda Lakukan Ketika Sedang BAB?”

  1. dani Says:

    Kebiasaan saya banget Mas Alris. Malah setiap kali mau ke toilet rela nahan-nahan sampe buku yang saya baca ketemu dulu. Sudah gak kehitung ada berapa buku yang saya habisin. Kalo sekarang pake ditambah target sekali masuk minimal sepuluh halaman per duduk. Jadi kalo berkali-kali ya tinggal kalikan sepuluh halaman tuh. Wkwkwkwkw. Sekarang saya sudah sampe halaman 270-an dari limaratus sekian halaman buku O. Nikmat banget. Bisa sambil ngelatih otak juga tuh inget – inget halaman terakhir dan juga cerita terakhirnya.

    @ dani
    Nah, mas Dani sudah merasakan nikmatnya baca buku sambil BAB.
    Kalau saya sih gak pake target baca buku sambil BAB. Kalo waktunya luang bisa nongkrong sampai lama, hehe…
    Mas Dani, bikin rak gantung disamping toilet untuk meletakkan satu atau dua buku. Lebih praktis, memudahkan dan buku yang kita baca bisa kontinu.

  2. Heru Prasetio Says:

    Aku banget itu kak, BAB sambil baca Novel. Entah sudah berapa N

    @ Heru Prasetio
    Memang sensasinya beda baca novel sambil BAB, hehe..

  3. Heru Prasetio Says:

    Entah sudah berapa Novel yang udah aku baca. Selain Novel kadang Buku pengetahuan, Koran, Buletin, Bahkan buku pelajaran adekku yang masih SMA. Tapi aku paling anti membaca buku yg berbau agama di Toilet. Karena Dosa hukumnya kak.

    @ Heru Prasetio
    Ya, janganlah membaca buku agama di toilet, nanti kalau ada ayat suci yang harus dibaca, jadi gimana gitu.

  4. kayka Says:

    dulu nih uda sukanya baca majalah dalam bentuk kertas. kalo sekarang bacanya lewat iPad. atau kadang sambil liatin youtubeπŸ˜€ dari beberapa penelitian katanya kurang baik nih uda. kalo bab harus konsentrasi bab. teorinya begitu tapi susah prakteknya kalo udah kebiasaan.

    salam
    /kayka

    @ kayka
    Saya gak berani bawa gadget ke toilet, takut jatuh dan rusak,πŸ™‚
    Saya baru tahu harus konsentrasi waktu BAB.

  5. Heru Prasetio Says:

    Kayaknya aku harus buat rak buku juga kak di toilet. Ibuku kadang marah karena aku sering ninggalin buku dan sejenisnya di Toilet hingga basah πŸ˜‚

    @ Heru Prasetio
    Ide bagus, memang bagus begitu.

  6. prime_ Says:

    Mau coba ah πŸ˜†

    @ prime_
    Silahkan.

  7. Akhmad Muhaimin Azzet Says:

    Kalau saya belum pernah membaca buku sambil BAB. Mungkin ini berhubungan dengan nasihat bapak saya dulu di waktu kecil, bahwa kalau di kamar kecil jangan berlama-lama. Secukupnya saja. Maka, saya hingga kini tak pernah memanfaatkan waktu sambil membaca saat BAB, khawatir jadi lama. Sebab, saya kalau sedang membaca, apalagi novel, susah untuk berhentinyaπŸ™‚

    @ Akhmad Muhaimin Azzet
    Kalau baca novel sambil BAB memang mengasyikkan, susah berhentinya,πŸ™‚
    Larangan orang tua pasti ada tujuannya.

  8. Ferdy Lpu Says:

    Waw ngga kepikiran bang.. Tp kalo pas bab baca2 blog si sering..
    Ntar dicoba ah, baca buku pas bab. Beli buku blom ada yg khatam, kebiasaan keburu ngantuk hehe

    @ Ferdy Lpu
    Cobain aja, Ferdy. Saya rasa nanti akan ketagihan,πŸ™‚

  9. Rissaid Says:

    Saya pribadi ga pernah, ga betah brlama2 d toilet, ckup utk kprluan bak, mandi, dsbnya hihi
    Tapi ini menarik, sampai dbuatkan rak buku :”

    @ Rissaid
    Beda orang beda kebiasaan. Menurut saya daripada melamun gak karuan mending baca buku.

  10. dani Says:

    Baru lihat videonya Mas. Semangat-semangat ya orang-orang di video. Btw untuk target bacanya gak maksa sih Mas. Trus klao soal baca rak bukunya pas depan toilet. Jadi ya kontinyu deh.πŸ˜€

    @ dani
    Orang di video itu mungkin punya kenangan dengan Indonesia, khususnya Ambon.
    Wah keren udah punya rak buku di toilet. Saya juga pengen begitu,πŸ™‚

  11. denaldd Says:

    Saya bisa dikatakan penggila baca buku. Karena buat saya ibaratnya ga masalah ketinggalan Hp dirumah kalau mau keluar, tapi jangan sampai ga bawa buku. Bisa gelisah luar biasa haha. Tapiii terus terang saya ga pernah baca buku kalau sedang BAB. Kenapa? Karena kalau BAB saya prosesnya cepet dan lagi justru kalau BAB saya senangnya melamun dan pasti dapat inspirasi misalnya untuk menulis di blog atau inspirasi yang lain, bahkan ide memasak. Ide topik tesis saya didapatkan ketika BABπŸ˜…

    @ denaldd
    Melamun yang baik sambil BAB juga positif. Katanya buku itu salah satu dari fungsi otak kanan. FYI, katanya buku lagi rata-rata orang kaya-raya yang bukan mendapat warisan itu adalah menggunakan otak kanan. Nah, soal otak kanan ini menarik, bisa bahan posting juga nih,πŸ™‚

  12. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Aris…

    Sesuatu yang menjadi kesukaan, di mana-mana sahaja pasti suka untuk melakukannya. Lain orang lain caranya. Untuk kegiatan sambil BAB ini saya belum pernah melakukannya sambil baca buku kerana saya tidak suka berlama-lama di toilet kerana di dalamnya ada “makhluk” yang suka menenggek di kepala kita saat BAB. Mungkin itu ya buat orang jadi asyik hingga tidak terasa lama di dalamnya…hehehe.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    Waalaikumsalam wr wb, kak Siti
    Saya hanya memanfaatkan waktu daripada terbuang percuma sewaktu kita bab,πŸ™‚
    Apakah “makhluk” yang suka menenggek di kepala kita saat BAB itu kak Siti? Sewaktu mau masuk toilet harus berdoa dulu supaya aman.
    Salam dari Ambon

  13. mrspassionfruit Says:

    Hahahaha aku pas kecil, baca komik pas lagi BAB tapi sekarang nggak pernah. Cuma keluar masuk toilet aja, biasa ditunggu sampe detik terakhir br ke toilet biar cepet

    @ mrspassionfruit
    Kalo saya sih gak menunggu detik terakhir baru ke toilet. Kalo udah terasa gejala bab langsung ke toilet bawa buku, biar lamaan dikit membacanya,πŸ™‚

  14. @eviindrawanto Says:

    Kalau dulu saya bawa majalah koran atau buku. Tapi kemajuan teknologi telah merubah kebiasaan tersebut. Sekarang saya membawa gadget ke toilet. Dari sana saya ngetweet,balas komen di blog atau blog walkingπŸ™‚

    @ eviindrawanto
    Saya takut aja gadget jatuh atau kecemplung air kalo bawa ke toilet. Nanti kalo gak sadar malah masukin gadget ke bak air dikirain gayung, hehehe…

  15. monda Says:

    kalau berlama2 di toilet..seiring nambahnya umur, bisa bikin kesemutan…, hati2 kepleset..kaki jadi kebas nggak bisa digerakin…#curcol

    @ monda
    Jangan lama-lama duduknya. Setiap beberapa menit berdiri,πŸ™‚

  16. zahradiian95 Says:

    Saya pernah mencobanya. Tapi sekarang saya berhenti. Karena setelah saya fikir, lamaan bacanya dari pada Be a be nya. Haha
    Dan kacaunya kadang jadi males menyudahi ritual be a be kalo di barengi baca buku. Haha

    @ zahradiian95
    Sebaiknya kalo bab terburu-buru gak bawa buku. Kalo lagi santai baru deh bab sambil baca buku,πŸ™‚

  17. Yusuf Saktian Says:

    Apa nggak takut basah itu bukunya mas hehe.
    Kalo gue biasanya sambil browsing2 di internet nyari bacaanπŸ˜€

    @ Yusuf Saktian
    Hati-hati, jangan sampai basah,πŸ™‚

  18. Sandurezu ァンデγ‚₯レズ Says:

    Pernah juga nyobain mas, kadang buku kadang tablet smartphone. Baca-baca berita atau kabar terbaru, kadang malah dapat inspirasi kalau lagi bab. Tapi ya, efek sampingnya kelamaan di toilet. hehe

    @ Sandurezu ァンデγ‚₯レズ
    Harus kontrol waktu, kecuali memang lagi libur bolehlah berlama-lama di toilet sambil membaca buku.

  19. dedy Says:

    Saya justeru tidak betah lama-lama di toilet sebersih atau senyaman apapun toiletnya…..
    Apalagi baca buku…..πŸ™‚

    @ uda Ded
    Saya kalau toiletnya bersih, nyaman, gak bau pasti betah baca buku,πŸ™‚

  20. inlycampbell Says:

    Mungkin kalau toilet kering masih ok sih, mas nya. Tapi kalau toilet basah, ngeri kalau bukunya jatuh and jadi keriting gara2 basah, haha.. udah lama banget gak baca buku sambil BAB, susah konsennya dan sekali BAB paling cuma kelar 1 lembar aja.. hehe..

    @ inlycampbell
    Saya toiletnya kering, jadi gak khawatir.
    Beda orang beda perilaku, kan tiap pribadi unik.

  21. watilabs Says:

    gimana yah itu baca buku di toilet,,hahahah kalo saya sih belom pernah,paling ga bisa lama lama dtoiletπŸ˜€

    @ watilabs
    Klosetnya kloset duduk jadi nyaman membacanya.

  22. ar syamsuddin Says:

    Iya saya mang pernah dengar info seperti ini (BAB +baca novel) dan itu ya preferensi masing-masing, tapi keknya saya ga bisa, krn tak ingin lama-lama di WC. soalnya selain ada aroma tak sedap juga ada “makhluk lain” yang hrs segera dihindari, hehee.
    Salam hangat dari Dompu

    @ ar syamsuddin
    Makhluk apakah itu?

  23. Timothy W Pawiro Says:

    Duh saya biasanya maen COC pas bab haha. Mmm mungkin lain kali bawa bukuuu …

    @ Timothy W Pawiro
    Main game juga asik ya sambil bab, lain kali coba baca buku. Supaya tetap nyaman setiap feses keluar harus segera disiram bersih.

  24. vizon Says:

    Kalau di rumah kita tinggal sendirian atau punya banyak toilet, baca buku sambil BAB sangat mungkin dilakukan. Tapi, kalau rumah dengan toilet hanya satu dan banyak anggoa keluarga, seperti mustahil bisa diwujudkan. Jangankan ketenangan, malah kegaduhan yang didapat, karena digedor-gedor terus dari luar, hehe..πŸ˜€

    @ vizon
    Kalo rumah lagi sepi juga bisa,πŸ™‚

  25. jampang Says:

    biar nggak lama-lama di kamar mandi…. biasanya saya sambil gosok gigi…. sabunan…. atau shampoanπŸ˜€

    @ jampang
    Masing-masing orang memang punya style sendiri di kamar mandi.

  26. Dini Febia Says:

    Waaduh.. hihihi.πŸ˜€

    @ Dini Febia
    Dicoba, nanti ketagihan, hehe…

  27. Allisa Yustica Krones Says:

    Kalo saya BAB ya BAB aja, gak sambil ngapa2in, soalnya kan musti cepet2 krn klo di rumah pasti sambil ngurus anakπŸ˜€

    @ Allisa Yustica Krones
    Bagus itu. Saya kalo buru-buru juga gak baca buku kalo bab.

  28. Lidya Says:

    kalau aku sambil mikir mau posting apa yaπŸ™‚

    @ Lidya
    Hehe…

  29. Linda Leenk Says:

    Sambil ngapain yaa

    @ Linda Leenk
    Sambil ngapain? MenghayalπŸ™‚

  30. annosmile Says:

    Idenya unik juga mengisi waktu sambil bab,
    kalau saya sendiri waktu bab tidak ngapa-ngapain..hihih..konsentrasi biar bab cepat selesai dan keluar dari wc/kamar mandi..banyakin makan sayur biar bab lancar tidak harus lebih dair belasan menitπŸ˜€

    @ annosmile
    Kalo waktunya luang. Kalo buru-buru ya gak baca buku.

  31. ruli retno Says:

    Wahh kalo ga mau brenti bakal lama donk di wc nya. Pdhl klo dlm islam itu wc adalah tempat berkumpulnya setan.. Hihihi..
    Eh pernah baca buku rieke diah pitaloka yg judulnya renungan kloset, hal2 di renungkan ketika di kloset..saya blom pnh tp katanya bagus

    @ ruli retno
    Akhir-akhir ini saya membaca di toilet kalo punya waktu luang saja. Walau masih sering tapi sudah gak sebanyak dulu lagi.

  32. prih Says:

    kebiasaan para jagoan di rumah, ‘ngantor’ dengan buku. ide rak gantungnya asiik banget, menghindari buku kucel, basah dan mengurangi ‘nyanyian’ emak. Trim sharing inspiratif ini Uda Alris

    @ prih
    Iya, lebih baik bikin rak gantung, demi keamanan,πŸ™‚

  33. coretandenina Says:

    ini saya banget dah mas, BAB itu asyik banget buat sekalian baca. Walau sebenarnya saya nya sendiri nggak lama proses BAB nya, tapi bisa dilanjutkan baca saja jadinya… haha…

    @ coretandenina
    Ternyata banyak juga yang baca buku sambil bab,πŸ™‚

  34. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, Mas Alris,

    Iya betul itu mas Alris… dengan membaca doa masuk dan keluar tandas merupakan keamanan buat kita untuk berlindung dari setan jantan dan setan betina yang menghuni di dalam tandas tersebut. Ternyata ramai yang suka membaca di dalam tandas, ya, Mudahan aktiviti tersebut akan berterusan di luar tandas juga.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    Waalaikumsalam wr wb, kak Siti,
    Iya, kita harus berdoa sebelum masuk tandas, supaya dilindungi Allah swt. Iya, ternyata banyak juga yang suka membaca di tandas.

    Salam dari Ambon

  35. mechta Says:

    Saya suka baca, tp jarang melakukannya di toilet, krn sikon tidak mendukung! Hehe

    @ mechta
    Emang kenapa sikonnya?

  36. ariearie Says:

    Main handphone saya mah, Pak. Kurang suka membaca buku. Hehehe.

    @ ariearie
    Kalo saya gak suka bawa hp ke toilet.

  37. jarwadi Says:

    saya maian twitter kalau sedang bab, apalagi kalau sedang susah bab, hehe

    @ jarwadi
    Saya malah menghindari main gadget kalo di toilet, takut jatuh bisa berabe,πŸ™‚

  38. ysalma Says:

    saya mungkin sebaliknya, ke toilet BAB, ya BAB saja, ga pake lama dan ribet. Sebersih dan senyaman apapun toiletnya, tetap ga bisa. Semua kembali ke kebiasaan ya *kalo baca buku/novel, suka ga bangun dr duduk kalo belum kelar soale*

    @ ysalma
    Iya, masing-masing orang punya kebiasaan sendiri.

  39. sari widiarti Says:

    Saat BAB malah waktu yang pas dapat inspirasi nulis :v

    @ sari widiarti
    Yoi, salah satu kegiatan yang mendatangkan inspirasi. Bila perlu bawa pena dan kertas ke dalam toilet, begitu dapat inspirasi langsung tulis,πŸ™‚

  40. sutanto prabowo Says:

    Kalau saya gak bisa BAB sambil melakukan aktifitas lain. BAB ya BAB aja….hehe.
    Kunjungan balik bos. salam kenal…thx

    @ sutanto prabowo
    Lain orang lain perilakunya di toilet.
    Trims sudah berkunjung.

  41. Dandy Siswandy Says:

    masa sih bikin ketagihan ? Bukannya malah engga Fokus yaa secara ngeden sambil Baca

    @ Dandy Siswandy
    Coba saja, nanti akan dapat enaknya,πŸ™‚

  42. bersapedahan Says:

    sama seperti saya .. hehe
    tapi saya pernah baca juga di toilet jangan lama2 … karena di sana banyak kuman2 … kecuali kalau toiletnya bersih banget kali ya ..πŸ™‚

    @ bersapedahan
    Abis baca buku langsung mandi, hehe…

  43. Sri Lestari Says:

    Mungkin lebih enak tidak baca apa apa deh kalau sedang bab karena tidak fokus saya soalnya pernah coba dan malah tidak jadi keluarnya.

    @ Sri Lestari
    Ya bisa begitu, karena beda orang beda kelakuannya,πŸ™‚

  44. Alid Abdul Says:

    Aku boker sambil hapean, bisa sosmedan, baca komik, berita, nulis blog juga wekekeke… ato kadang bawa headphone blutut wkwkwkw… duh bokerku lamaaaa

    @ Alid Abdul
    Banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika bab, asal toiletnya bersih dan nyaman.

  45. Distributor 4Life Transfer Factor Says:

    Biasanya liat2 IG sambil BABπŸ™‚

    @ Distributor 4Life Transfer
    Banyak kegiatan yang bisa dilakukan sambil bab.

  46. omnduut Says:

    Aku pasti bawa majalah atau buku saat BAB haha, yang sering jadi korban itu adalah pembatas buku yang nggak sengaja jatuh dan tercemarkan lol

    @ omnduut
    Gak apa kalo pembatas yang jatuh daripada bukunya,πŸ™‚

  47. cumilebay.com Says:

    Kalo aku yg penting bawa HP, buat main game atau cek socmed atau baca2 berita.

    Gw kalo mandi cepet banget tapi kalo BAB pasti lama sekali karna sekalian benggong

    @ cumilebay.com
    Jangan bengong jika lagi bab, om cum. Nanti kesambet,
    πŸ™‚

  48. pupuy Says:

    kalau saya sih kadang dapat ide buat nulis mas alris.. dan di toiletnya juga gak lama2 meskipun lagi BAB.

    @ pupuy
    Iya, saya juga kadang dapat ide nulis waktu bab.

  49. Adi Setiadi Says:

    Saya termasuk orang yang cepat kalau sedang di kamar mandi. Salam kenalπŸ™‚

    @ Adi Setiadi

    Bagus juga itu, jadi hanya urusan yang perlu saja kalau ke kamar mandi.
    salam

  50. mrs muhandoko Says:

    Mas, kalo saya ke kamar mandi untuk panggilan alam, biasanya sambil merenung, inget inget kerjaan apa yg belum dibereskan, apa yg belum dihitung. Karena saya kalo ke kamar mandi ga mau lama-lama. πŸ˜†

    @ mrs muhandoko
    Saya juga kadang begitu, suka mikir kalo gak bawa buku.

  51. adelinatampubolon Says:

    kepikiran aja sich mas ini membuat judul seperti ini hehehe. tapi beneran sich kadang kalau pagi hari moment menyetor di kamar mandi emang paling asyik sambil baca. karena proses menyetor saya agak lama wkwkwk.. jadi kalau diselingin ama membaca nga berasa bosan.

    @ adelinatampubolon
    Bagi sebagian orang memang bisa bikin lupa waktu kalau membaca buku sambil bab. Saya kadang juga begitu.

  52. Datuk Toman Says:

    Saya BAB nya di sungai bang.. Sambil bawa pancing jadinya…

    @ Datuk Toman
    Bab di sungai lumayan buat nambah makan ikan, hehehe…

  53. DollyPR Says:

    Kalau saya BAB menggunakan taktik sepakbola ala-ala ingggris, kick and rush.
    eek, abis itu secepat mungkin langsung cebok.

    @ DollyPR
    Lebih cepat lebih baik,πŸ™‚

  54. Vallendri Arnout Says:

    Ha ha, saya sekali itu^^ BAB sambil baca novel (biasa nya sih gegara enggak bisa ninggalin bacaan satu menit pun). Di toilet bawa novel, di kasur ya emang sama novel, di pesawat ya ada novel, di kelas ya kadang bawa novel, di angkot/kereta sudah wajib sama novel. Di mana-mana he he

    *rolling eyes*

    @ Vallendri Arnout
    Wah novel mania ya.

  55. @dodon_jerry Says:

    kalau sedang BAB mikirintema Blog kira kira apa yang menarik untuk di tulis dan di nikmati

    @ @dodon_jerry
    Kadang sedang BAB ada saja inspirasi yang datang,πŸ™‚

  56. arinidm Says:

    Pengen sih baca buku pas lagi di toilet Da, tapi sayangnya kamar mandi saya tipe yg basah, pake wc jongkok, sebelahnya langsung bak, depannya langsung dinding karena ukurannya kecil. πŸ˜‚ Kalo suatu saat punya wc kering pengen deh narok buku juga biar bisa baca buku sambil bab, hehe.

    @ arinidm
    Pake wc jongkok memang rada susah baca buku. Asyiknya pake wc duduk.
    Tambah asik dibuat rak kecil buat menarok buku. Jadi setiap mau ke toilet sudah ada buku yang mau dibaca,πŸ™‚

  57. OYONG ILHAM Says:

    saya jugabetah lama lama di toilet …..:)

    @ OYONG ILHAM
    Sambil baca buku gak? Atau cuma menghayal,πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

