Tak Jadi Beli Kambing

Niat saya beli kambing untuk hadiah bagi pemenang pertama lomba tilawatil quran di kampung saya tak kesampaian. Tak apa. Kadang usaha itu gagal. Itu hal biasa. Tidak selalu niat baik kita itu didukung orang dengan memberikan donasi. Doa dan harapan yang disampaikan pembaca bagi saya sudah merupakan sokongan. Saya berterima kasih untuk dukungannya.

parlombaan

Lomba tilawatil quran di kampung saya tetap berlangsung meriah. Karena ini adalah kegiatan rutin saban ramadhan. Bahkan sepanjang yang saya tahu kegiatan ini sudah berlangsung sejak saya masih kecil. Menurut beberapa orang tua, kegiatan perlombaan baca ayat suci Al Quran antar kampung ini sudah berlangsung sejak tahun enam puluhan. Uniknya perlombaan ini hanya berlangsung di kecamatan saya saja (kecamatan saya ini setelah pemekaran menjadi tiga kecamatan). Kabupaten saja tidak mengadakan lomba tilawatil quran setiap tahun. Bahkan Propinsi Sumatera Barat tidak mengadakan lomba MTQ tiap tahun. MTQ tingkat propinsi ini diadakan sekali dua tahun.

Dana yang jadi faktor krusial selama ini yang sering jadi kendala bisa diatasi dengan jiwa gotong-royong. Semangat kebersamaan dalam menyokong lomba sosial keagamaan ini begitu kental hidup di tengah masyarakat kami. Secara sukarela masyarakat akan menyumbang dalam bentuk uang, beras, ayam, kelapa, cabe, minyak goreng, dll. Lho, kok ada bahan sembilan bahan pokok? Memang sembilan bahan pokok itu diperlukan untuk membuat singgang ayam. Beras yang terkumpul biasanya dijual dijadikan tambahan biaya lomba.

Panitia terdiri dari pemuda-pemudi yang masih dalam masa pendidikan. Kebanyakan masih dalam sekolah menengah atas dan mahasiswa-mahasiswi yang pulang kampung. Usia muda turut menggelorakan semangat mereka untuk menyukseskan kegiatan ini. Saya ketua panitia kegiatan lomba tilawatil quran antar kampung ini pada tahun 1992. Dan selama berpuluh tahun kegiatan ini masih tetap berlangsung tanpa dukungan dana bantuan dari pemerintah.

===***===

Dalam posting lalu saya berjanji akan memberikan buku gratis kepada orang yang memberikan donasi untuk beli kambing. Karena tidak ada yang memberikan donasi, maka hadiah buku untuk posting yang lalu juga tidak ada. Posting ini tersedia dua eksemplar buku gratis berjudul Rahasia Sukses Terbesar karangan Jennie S. Bev. Silahkan memberikan komentar, saya akan memberikan buku gratis kepada yang memberikan komentar. Syarat dan ketentuan berlaku.

23 Tanggapan to “Tak Jadi Beli Kambing”

  1. wenceu Says:

    Gpp Bang. Yang penting niat. Niat baik sudah dicatat malaikat sebagai amal ibadah, insyallah.

    Btw, meskipun nggak kasih kambing, hadiah 500rb untuk juara 3 masih adakah?

    @ wenceu
    Ya, yang dari saya tetap diberikan sebagai hadiah ketiga.

  2. shiq4 Says:

    Mencoba berkomentar yang bagus tapi nggak bisa ha ha ha….

    Mungkin karena waktunya yang mepet pak alris sehingga tidak ada yang donasi. Atau mungkin perlu promosiin yang lebih gencar terhadap postingan yang digunakan untuk menggalang dana.

    Semoga tahun depan kegiatannya lebih lancar dari tahun ini.

    @ shiq4
    Sengaja saya hanya membatasi waktu cuma tiga hari. Saya gak mau promosiin yang gencar, nanti dikira orang gak baik. Tidak semua orang senang dengan cara kita mengumpulkan donasi, apalagi berbentuk uang.
    Aamiin, semoga tahun depan terwujud lagi.

  3. dani Says:

    Hoalah Mas. Kemaren itu saya kayaknya gak baca postnya atau pas baca kelewat aja mau kirim dananya.😦
    Semoga tahun depan jadi ada hadiah kambing lagi ya Mas Alris.
    Konsistensi panitia dan segenap pengurus kecamatannya luar biasa. Saya membayangkan pasti suasana Ramadhan di sana meriah dan sekaligus syahdu Mas. Di kampung saya di Surabaya ini, suasana syahdunya sudah mulai terkikis sepertinya. Saya gak nemu lagi suasana kayak yang saya temukan waktu jaman kecil dulu….

    @ dani
    Semoga. Saya berharap mas Dani tahun bisa ikut partisipasi kembali.
    Lomba di kampung saya itu hanya antar kampung dalam satu kecamatan.
    Suasana ramadhan di kampung saya memang terasa kental. Mudah-mudahan terus berlangsung seperti itu.

  4. brizki Says:

    tetap semangat Bang Alris🙂

    @ brizki
    Saya tetap semangat dan optimis, bang brizki.

  5. Cipu Says:

    Semoga saya bisa berpartisipasi tahun depan. Insya Allah. Sebagai “mantan” peserta MTQ saya tahu betapa sulit untuk berlatih tilawah. Mohon maaf saya baru tahu kalau ada penggalangan dana kemarin.

    @ Cipu
    Kalau kita diberi umur panjang dan rezeki yang cukup, Insya Allah, Cipu salah satu donatur tahun depan, aamiin.

  6. Rissaid Says:

    Niat baiknya pun sudah menginspirasi dan mengingatkan yang membaca ini, semaaangat kak Alris🙂

    @ Rissaid
    Selalu berniat baik. Tetap semangat.

  7. Vety Fakhrudin Says:

    Ini kampungnya dimana? Sependapat dengan yang lain, mungkin banyak yang belum tau.

    @ Vety Fakhrudin
    Kampung saya di Muaralabuh, Solok Selatan.

  8. dedy Says:

    Saya setuju dengan komentar Shiqa, waktunya yang mepet, sehingga klo ada yg berniat sebagai donatur menjadi tdk terealisir krn beberapa alasan, al :
    – Hampir bersamaan dg waktu mudik
    – Dana yg akan didonasikan Sdh terlanjur digunakan utk yg lain
    – Banyak kebutuhan yg mendesak

    Saya rasa tdk ada salahnya klo diumumkan paling tidak satu bulan sebelumnya
    Semoga tahun mendatang lebih sukses dari tahun ini. Aamiiin…..

    @ uda dedy
    Sengaja saya mepetkan waktunya. Saya berharap dari orang yang benar-benar mau menyumbang dengan ikhlas.
    Kalo umur panjang, tahun depan mungkin waktunya saya panjangkan sedikit, sekitar 10 hari, Insya Allah.

  9. Ridha Tantowi Says:

    Semangat mas yang penting kan niat baiknya, InshaaAllah sudah berkah :))

    @ Ridha Tantowi

    Apapun kondisinya tetap berpikir positif.

  10. cumilebay.com Says:

    Kalo tahun 1992 dah jadi panitia, berarti sekarang usia nya berapa yaaa hahaha #Kabur #Dibahas

    @ cumilebay.com
    Tahun segitu saya sudah mahasiswa bisa dikira berapa umur saya,🙂

  11. Veronica Lee Says:

    Saya setuju dengan wenceu. Yang penting niat.

    Selamat Eid Mubarak!

    @ Veronica Lee
    Iya, niat baik semoga nanti juga hasil baik.
    Terima kasih.

  12. Grace Melia Says:

    Halo mas Alris, salam kenal. Makasih udah mampir ke blogku. Yang penting niat baiknya, mas :))

    @ Grace Melia
    Hai, Grace. Terima kasih juga sudah mampir ke blog saya.
    Iya, usahakan selalu berniat baik.

  13. Indi Sugar Says:

    Niat baik selalu ada hasilnya. Lain kali pasti lebih baik🙂

    @ Indi Sugar
    Insya Allah, aamiin.

  14. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Alris…

    Saya turut bersyukur kerana usaha yang dilakukan oleh penduduk kampung mas Alris masih berlanjutan hingga sekarang. Sudah jarang kita melihat sikap gotong royong yang kuat seperti ini. Mudahan bisa menjadi contoh kepada kampung-kampung lain untuk meraikan bulan Ramadhan dengan lebih meriah.

    Insya Allah mas, kalau tahun ini kurang mendapat donasinya, mudahan di tahun akan datang, Allah akan membalas yang lebih baik. Anggap ini satu ujian buat menambah sabar dan buah pahalanya. Semoga niat yang baik mendapat kemuliaan di sisi Allah SWT. Aamiin.

    Selamat Hari raya Aidil Fitri, maaf zahir dan bathin.
    Salam Syawal yang indah dari Sarikei, Sarawak.

    @ SITI FATIMAH AHMAD

    Waalaikumsalam wr wb, Kak Siti,
    Sampai hari saat ini jiwa gotong royong masih lagi baik di kampung saya. Semoga berketerusan sampai bila-bila masa.
    Insya Allah tahun depan bisa membeli kambing untuk hadiah musabaqoh tilawatil quran itu.
    Terima kasih semoga doa orang banyak untuk kebaikan ini dikabulkan Alla swt, aamiin.

    Selamat Hari raya Aidil Fitri 1437 H, maaf lahir dan bathin.
    Salam dari Ambon, Maluku.

  15. Kang Nurul Iman Says:

    Jangan bersedih ath kang saya juga dulu punya niat pengen beli juga tapi tidak kesampaian tapi saya mah gak apa apa yang penting happy, ahi hi hi dan paling utamanya itu sudah punya niatnya kang karena dengan niat saja sudah mendapatkan pahala kok.

    @ Kang Nurul Iman
    Saya tak sedih Kang Nurul Iman. Semoga tahun depan kesampaian, aamiin.

  16. Son Agia Says:

    Walaupun belum bisa terlaksana, mudah-mudahan niatnya yang baik pun bisa menjadi ibadah.

    Sukses terus, kang🙂
    Minal aidin wal faidzin.

    @ Son Agia

    Semoga tahun depan bisa terlaksana, aamiin.
    Sukses juga buat kang Son Agia.
    Selamat hari raya idul fitri 1437 H.

  17. monda Says:

    aku ketinggalan berita, baru sempat bw lagi..

    @ monda
    Insya Allah tahun depan jadi kenyataan lagi. Tahun depan saya akan kabari kak Monda kalau saya mau mengumpulkan donasi lagi.

  18. Gena Lysistrata Says:

    Seru bgt ya mas, masih ada event komunal macam gini..bagus bgt utk menumbuhkan semangat gotong royong..mantaapp!

    @ Gena Lysistrata
    Event ini juga salah satu yang ditunggu masyarakat kampung sewaktu bulan ramadhan. Semoga jiwa gotong-royong tetap hidup selamanya.

  19. kang nur Says:

    semampunya dulu… hadiah tidak harus kambing… sapi juga boleh… ayam maksudnya…😀 , Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi

    @ kang nur
    Iya, kemaren semampu saya saja hadiah. Mampu saya hadiah nomor 3, hadiah nomor 1 dan nomor 2 ditanggung oleh orang lain.

  20. arinidm Says:

    Semoga acara ini akan bertahan dan berlangsung terus selamanya, aamiin

    @ arinidm
    Saya juga berharap begitu, aamiin.

  21. ar syamsuddin Says:

    Assalamu’alaikum wr.wb. mas Alris…
    Tetap semangat dan berpikir positif aja insyaAllah apa yang dilakukan mas Alris dengan niat baik dan ikhlas sudah tercatat sebagai ibadah di sisi Allah Shubhanahu wata’ala. Mudah-mudahan di tahun depan bisa tercapai apa-apa yang mas Alris usahakan, aamien.
    Salam Idul Fitri dan Syawal dari Dompu

    @ ar syamsuddin
    Waalaikumsalam wr wb, bang AR Syamsuddin,
    Mudah-mudahan begitulah hendaknya. Kalau umur panjang Insya Allah akan saya adakan lagi pengumpulan dana.

  22. bersapedahan Says:

    Wah hebat bisa setiap tahun bisa mengadakan MTQ, mudah2an bisa terus berlangsung… dan mudah2an tahun depan saya bisa ikut donasi… aamiin

    @ bersapedahan
    Kalo umur kita sama panjang tahun depan saya hubungi akang ikut jadi donatur,🙂

  23. Salman Faris Says:

    Semoga niat baiknya segera terkabul ya Mas, amiiin

    @ Salman Faris
    Aamiin.

Tinggalkan Balasan

