Molana Island : Piknik Tanpa Direncanakan

Teman1 : “Eh, kemaren liat on the spot Trans7 gak?”

Teman2 : “Tentang apa itu?”

Teman1 : “Pantai tersembunyi paling Indah di dunia. Indonesia hanya punya satu, Molana Beach. Keren, deh.”

Teman2 : “Kapan kita kesana, ya? Kerjaan kan belum sibuk nih, gimana kalo hari sabtu besok kita rame-rame kesana.”

Teman1 : “Boleh juga itu. Kan dekat ini. Menurut on the spot hanya 45 menit dari Tulehu pakai speedboat.”

Bos : “Kenapa tunggu besok, sekarang aja. Besok pekerja kontraktor kan sudah mulai kerja. Kalo udah kerja kita gak bisa bebas kemana-mana.Sekarang aja…”

Saya : “Abis makan siang aja kita berangkat, pak. Udah nanggung nih, bentar lagi jam 12.”

Bos : “Oke, kita persiapan dulu. Yang mau makan siang, makan dulu deh. Sekalian persiapan berangkat. Jam satu kita langsung cabut.”

Saya & Semua Teman : Setujuuu…

Setelah persiapan ala kadarnya, -membawa celana pendek & baju untuk berenang, hp, kamera, cemilan dan minuman- maka kamis 14 Juli 2016 berangkatlah kami tujuh orang berpiknik dadakan yang tanpa direncanakan sebelumnya.

Perjalanan dimulai dari kota Ambon menuju Tulehu. Jarak dari kota Ambon ke Tulehu sekitar 26 km kami tempuh selama 40 menit. Kalau tidak ada sedikit kemacetan di Galala dan depan mal ACC di Passo jarak itu bisa ditempuh hanya 30 menit. Di Tulehu kami menuju pelabuhan yang melayani Tulehu – Pelauw. Karena teman kami yang orang Pelauw sudah memesan speedboat untuk mengantar kami pp ke Pulau Molana. Inilah penampakan speedboat fiber yang  kami gunakan menuju Pulau Molana.

IMG_20160714_135613_1sandar di Tulehu

IMG_20160714_153051tambat di Pulau Molana

Perjalanan kami langsung menuju Pulau Molana mengikuti garis merah seperti gambar dibawah ini.

Pulau Molana

Perjalanan menempuh jalur warna merah beresiko bagi mereka yang tidak tahan goncangan ombak yang bisa menyebabkan pusing, muntah bahkan mabok laut. Jalur itu memang jarak terpendek, tapi beresiko besar. Karena ombak laut di jalur itu cukup besar. Ombak ini berasal dari Laut Banda yang merupakan salah satu laut terdalam. Di Laut Banda juga terdapat palung laut dengan kedalaman lebih dari 7.000 meter. Untuk kenyamanan sebaiknya Anda mengikuti jalur kuning, sebab ombaknya kecil. Jika melalui jalur warna merah waktu tempuh dari Pelabuhan Tulehu ke Pulau Molana adalah 60 menit. Kalau melalui jalur warna kuning perjalanan memakan waktu 90 menit, bahkan bisa lebih.

IMG_20160714_153947.jpg

Molana merupakan pulau kecil nan elok yang berhamparan pasir putih halus nan lembut dan mempunyai terumbu karang yang indah.

IMG_20160714_153209.jpg

Untuk Anda pecinta diving saya sarankan untuk mengunjungi pulau ini karena wisata bawah lautnya sangat cantik. Karang lautnya masih subur dan masih alamiah yang merupakan tempat bermain ikan-ikan, berupa ikan hias dan ikan karang. Pulaunya juga masih alami belum mangalami perubahan dilihat dari berbagai macam pohon rindang serta tanaman bakau. Pulau ini tidak ada penghuninya.

IMG_20160714_162827.jpg

Dari banyak pantai yang sudah saya kunjungi, air laut pantai Molana terasa sejuk, tidak lengket dan sangat bersih.

IMG_20160714_152900_1.jpg

IMG_20160714_164525_1.jpg

  IMG_20160714_164449_1.jpg

Jika ingin menginap Pulau Molana kini sudah dilengkapi fasilitas untuk bermalam bagi para turis. Menurut sumber ini dua buah cottage dan sebuah restaurant sudah dibangun oleh pemiliknya, August Kaya. Disamping tiga bangunan itu masih ada bangunan rumah lain yang terdapat di sekitar cottage. Saya tidak tahu apakah bangunan rumah itu juga disewakan. Sewaktu kami kesana semua bangunan itu dalam keadaan terkunci dan tak berpenghuni.

IMG_20160714_173744_1.jpgsalah satu cottage yang disewakan

Jika Anda sedang beruntung akan menemukan sekelompok ikan lumba-lumba yang bermain bebas di seputaran pulau Molana.

Yuji-san orang Jepang membuat video tentang pulau ini tahun 2013.

Sedikit tentang Pulau Molana (dari Wikipedia)

Pulau Molana adalah sebuah pulau kecil di wilayah kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Indonesia. Pulau ini merupakan gugusan karang yang mencuat ke permukaan laut dan menjadi daratan. Pulau ini berbatasan dengan Pulau Ambon di sebelah barat, dengan Pulau Haruku dan Saparua di sebelah utara dan Pulau Nusa Laut di sebelah Tenggara.

Kepemilikan Pulau Molana secara adat menurut sejarahnya dipegang oleh tiga marga dari Haria, yaitu

  • Marga Kaya
  • Marga Souisa
  • Marga Kainama

Pasir putih yang terhampar pada sisi utara pulau ini mempunyai keunikan karena berpindah sesuai dengan musim angin yang terjadi. Pada musim angin timur pantai berpasir akan berada di sisi sebelah barat, sedangkan pada musim angin barat pantai berpasir berpindah menjadi ke sisi sebelah timur. Pergerakan pasir secara masif ini diperkirakan terjadi karena butiran pasir Pulau Molana sangatlah halus seperti bubuk.

=====***=====

Yang mendapat buku gratis untuk posting lalu adalah: rhanztheking.wordpress.com dan cipuceb.blogspot.com. Selamat buat pemenang. Kirimkan alamat lengkap dan nomor telepon untuk keperluan pengiriman buku. Alamat dan nomor telepon bila melewati lebih dari seminggu belum dikirim, buku akan saya alihkan ke orang lain.

Saya masih menyediakan buku gratis. Buku gratis akan saya berikan kepada blogger yang memberikan komentar di posting ini. Silahkan memberikan komentar. Syarat dan ketentuan berlaku.

31 Tanggapan to “Molana Island : Piknik Tanpa Direncanakan”

  1. Rissaid Says:

    Foto tambat di pulau Molanan, airnya bening banget 🌻

    @ Rissaid
    Memang bening sekali.

  2. shiq4 Says:

    Baru denger molana island. Tapi dipikir-pikir buanyak sekali wisata indonesia yang belum populer meskipun bagus. Pulau ini salah satunya.

    @ shiq4
    Namanya saja tersembunyi dari khalayak umum, jadi tak banyak orang yang tahu.

  3. Prita Pdinata Says:

    Huhu jauh banget ya Manado. Keluar pulau Jawa aja saya baru sekali😦 cantik sekali ya pantainya, ngiler ketika ngebaca terumbu karang…

    @ Prita Pdinata
    Hah, Manado? Pulau Molana masih di Maluku, belum pindah ke Manado,🙂

  4. kayka Says:

    enak ya uda tinggal di deket tempat-tempat cantik begini, bisa dadakan

    pasirnya asli bagus bangeeet

    salam
    /kayka

    @ kayka
    Iya, salah satu keuntungannya bisa pergi dadakan dan gak banyak biaya.

  5. baiqrosmala Says:

    Pantai tersembunyi paling indah di duniaaa? Waaah keren banget ya Indonesia.. Pantainya emang cantik banget🙂

    @ baiqrosmala
    Memang bagus banget.

  6. fahrizinfa Says:

    Wah.. itu air laut nya bening banget… udah susah banget sekarang buat nyari tempat yang kaya gitu…. Jadi pengen kesana… semoga nanti bisa pergi ke sana..🙂

    Salam…

    @ fahrizinfa
    Sangat bening. Saya sampai berdecak kagum, dan berdoa selalu bening lestari selamanya.
    Semoga kesampaian kesana.

  7. arinidm Says:

    Wow airnya kelihatan jernih banget ya Da. Btw kadang sesuatu yg nggak direncanakan itu kemungkinan lebih berhasil dijalankannya ntah kenapa lebih tinggi daripada yang udah dari jauh-jauh hari direncanakan ya Da, hehe.

    @ arinidm
    Benar-benar bening.
    Iya, tanpa rencana malah bikin puas,🙂

  8. BaRTZap Says:

    Wah baru kali ini saya mendengar soal Pulau Molana, bisa jadi referensi nih kalau ada jodoh dan rejeki berkunjung ke Maluku. Btw untuk diving di Molana ada info dive centre nya kah?

    @ BaRTZap
    Memang itu pulau cantik dan keren yang belum banyak diketahui orang. Saya tak tahu dive centre di Ambon, coba saja gugling.

  9. Ecky Agassi Says:

    wah dengan persiapan yang singkat bisa terealisasi ya mas Alris😀

    @ Ecky Agassi
    Ya, Ecky, dadakan tapi hasilnya memuaskan.

  10. prih Says:

    Pasir pantai lembut dan laut jernih, impian pecinta pantai. Sungguh indah Nusantara kita ya Uda. Semoga setiap pengunjung memelihara kelestariannya.

    @ prih
    Iya, mba Prih. Saya baru sekali itu ketemu pantai cantik dengan pasir lembut.

  11. publisherngapak Says:

    pemandangannya sangat elok dan membahagiakan😀 pengin kesana juga tapi belum kesampaian

    @ publisherngapak
    Semoga niat publisherngapak kesampaian, aamiin.

  12. Cipu Suaib Wittoeng Says:

    Pantai Molana nya indah banget yah. Saya kalau lihat air laut pasti gatel pengen terjun hahahah apalagi airnya sebening itu.

    Horeeee dapat hadiah, makasih yah mas Alris.

    @ Cipu Suaib Wittoeng
    Banget. Saya rasanya belum puas berenang disana. Ada rencana mau balik lagi kesana sambil bermalam, pengen merasakan sepinya malam di pulau kosong.
    Data: nmr hp, pin bb, dan alamat Cipu saya hapus di komentar ini, khawatir disalahgunakan pihak tak bertanggungjawab. Tenang, data dan alamat sudah saya simpan. Sabar menunggu buku dari saya, ya.
    salam

  13. NLP Surabaya Says:

    Kerennn dah pemandanganya indah
    NLP Surabaya
    jago Foto nih

    @ NLP Surabaya
    Memang cakep pulau, laut dan pantainya.
    Foto semua diambil pakai kamera hp.

  14. adelinatampubolon Says:

    Baru tau nama pulau molana. untuk kesini ada biaya atau karcis masuk nga sich mas?

    @ adelinatampubolon
    Tak pakai karcis, tak ada pungutan. Pulau kosong tak berpenghuni.

  15. dedy Says:

    Waduh…. udah 2x ke Ambon, ga ada yg ngasih tau pulau seindah ini😦

    @ uda Dedy
    Gak semua orang tau pulau cantik ini, bahkan orang Ambon sekalipun. Tapi kalau nelayan pulau Saparua dan pulau Haruku rata-rata tau karena mereka banyak yang melaut mencari ikan kesana.

  16. Khoirur Rohmah Says:

    Dari hasil jepretan poto aja terlihat cantik pasir pantainya. Bening dan halus.
    BTw, itu kok sepi pengunjung ya mas…
    Pantas aja kalau dapet julukan pantai indah yang tersembunyi di pulau Indonesia.. hee

    Perlu ini nih di rawat dan dikenalkan lebih banyak lagi ke banyak khalayak😀

    @ Khoirur Rohmah
    Padahal saya fotonya pakai kamera hp yang gak mahal. Apalagi kalo pakai kamera canggih pasti hasilnya lebih mengagumkan.
    Saya khawatir kalo di komersialkan dan tidak dikelola dengan baik malah merusak kecantikannya.

  17. jonathanbayu Says:

    Gilee, bening banget airnya…share foto underwaternya juga doong hehe
    Saya malu kalah sama orang Jepang, tahun segitu udah kesana, lah kita yg punya tapi gatau😄

    @ jonathanbayu
    Saya gak punya kamera untuk bawah air, jadi foto bawah air gak ada,🙂
    Gak semua traveler tau pulau cantik ini.

  18. Kang Nurul Iman Says:

    Waw bagus banget ya tempatnya kang jadi pengen coba nih berkunjung kesana.

    @ Kang Nurul Iman
    Semoga bisa kesana juga Kang Nurul Iman.

  19. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Alris….

    Pemandangan di Pulau Molana itu sangat indah sekali. sayangnya tidak ada foto keseluruhan pulau tersebut dari jauh. Saya sangat suka melihat foto speedboat sendirian atas laut itu. kelihata menarik dari sudut pandangnya. Salut buat Indonesia punya pantai tersembunyi yang terindah di dunia. Tidak menyangka juga terumbu karang bisa jadi pulau ya. Malah sangat asri dan asli.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    Waalaikumsalam wr wb, Kak Siti
    Foto kelesuruhannya belum ada saya buat. Harus ambil dari jarak agak jauh, ketengah laut. Ombak di tengah laut agak besar.
    Iya, pulaunya dari karang.

  20. bersapedahan Says:

    Asyikk bangettt.. tinggal tidak jauh dari pulau seindah ini.

    Tinggal tunggu waktu saja, pulau ini akan semakin populer dan banyak wisatawan datang. Mudaj2 kebersihan dan keasriannya tetap terjaga.

    @ bersapedahan
    Iya bersyukur banget. Saya juga baru tahu pulau cantik itu. Saya juga berharap pulau itu tetap asri.

  21. nanangrusmana Says:

    Kerenn kang

    @ nanangrusmana
    Iya, kang. Pulau, laut dan pasirnya cakep pisan.

  22. dewitya Says:

    indah banget pantainya, duhh.. ambon emang surga dunia banget😦

    @ dewitya
    Emang indah sekali pulaunya.

  23. febridwicahya Says:

    Bening air lautnya :’ bikin nggak nahan buat njebur mas😦

    @ febridwicahya
    Betul, Febri. Asik banget nyebur disana.

  24. kang nur Says:

    Air lautnya jernih dan tenang, nyaman buat berenang ya…

    @ kang nur
    Betul. Bikin malas untuk berhenti main di air laut.

  25. Timothy W Pawiro Says:

    Duh ke Maluku aja belum kesampean nihhh:-/

    @ Timothy W Pawiro
    Niatkan, semoga dimudahkan ke Maluku.

  26. April Hamsa Says:

    Wow kirain tadi dimana gtu, namanya Molana Island kirain di luar negeri😀

    Airnya seger banget keliatanny ya, jd pengen nyemplung pns2 gini :))

    @ April Hamsa
    Masih di negeri tercinta,🙂
    Air lautnya masih jernih, bening banget.

  27. kutukamus Says:

    Itu berendam di laut sambil tetap pakai baju biasa..?
    Fisiknya hebat sekali!🙂

    @ kutukamus
    Ya, pakai baju kaos biasa. Air lautnya lumayan sejuk, agak dingin, tidak seperti air laut pada umumnya yang pernah saya rasakan.
    Mungkin karena jernih belum tercemar, masih alami, saya enjoy saja berendam.

  28. Salman Faris Says:

    Duh pantainya indah banget Mas, jadi pengen timur sana, masuk wish list hehehe

    @ Salman Faris
    Semoga kesampaian niatnya.

  29. Lois Says:

    Asyiknya bisa berfoto sendirian di pantai tanpa kelihatan orang lain. Semoga pantai ini akan tetap bersih dan cantik, kalau sudah kebanjiran terlalu banyak turis akan kotor dan berubah pemandangannya.

    @ Lois
    Saya juga berharap orang yang datang ke pulau ini care dengan kebersihan dan kelestarian alam.
    Pulau ini belum begitu terkenal, sehingga jarang turis mancanegara yang datang.

  30. Indah Susanti Says:

    Saya pernah cek Molana ini tahun lalu dan ingin ke sana, sayangnya dive resort yg deket pulau Molana rada-rada somse – males jawab e-mail saya dengan jelas, sementara dive resort yg saya tinggali gak bisa akses karena keterbatasan perahu (mesin kurang memadai, jarak terlalu jauh). Moga-moga bisa balik lagi dan ada dive resort yang lebih ramah deket Molana.

    @ Indah Susanti
    Ada rumah penginapan yang disewakan di pulau Molana ini. Silahkan kunjungi situs ini untuk informasi lengkap: http://molanaisland.net

  31. helmavania Says:

    Wah pulau nya keren, pantai nya juga bagus. Banyak tempat wisata di Indonesia yang saya belum tau ternyata

    @ helmavania
    Memang bagus. Semoga tetap lestari tidak tercemar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: