Jogging di Jembatan Merah Putih

Posting ini terinspirasi oleh tulisan Cipu. Dia kalau berkunjung ke negeri orang lain alias luar negeri menyempatkan untuk olahraga lari. Cerita dia tentang lelarian di negeri orang salah satunya bisa dibaca di  http://cipuceb.blogspot.co.id/2016/07/lelarian-di-negeri-orang.html. Saya pikir, -mumpung saya lagi di negeri sendiri tapi beda propinsi- kenapa saya juga tidak menulis tentang menikmati olahraga lari di tempat ikonik di kota Ambon.

Sepanjang pengetahuan saya yang baru tiga kali umur jagung di kota Ambon, banyak tempat kece yang bisa dijadikan untuk ajang mejeng olahraga lari. Ada beberapa venue yang banyak didatangi para pecinta olahraga lari untuk mengeluarkan keringat dengan berlari. Diantaranya Lapangan Merdeka di depan kantor gubernur Maluku, lapangan sepakbola Stadion Mandala Remaja di Karpan (Karang Panjang) dan yang terbaru lagi ngehits Jembatan Merah Putih (JMP).

Jembatan Merah Putih Ambon.jpg

JMP diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 4 April 2016 yang lalu. Jadi masih baru dan kinyis-kinyis alias still fresh. Sebagaimana barang baru banyak orang yang pengen melihat, merasakan, dan akhirnya selfie & wefie di JMP. Bagi yang suka olahraga lari juga memanfaatkan jembatan ini sebagai venue. Dengan panjang jembatan yang 1.140 meter cukup lari bolak-balik sebanyak lima kali di JMP saja dijamin baju Anda sudah basah kuyup oleh peluh. Jembatan ini bukan datar. Jembatan Pendekat di sisi Desa Poka (sisi utara) sepanjang 520 meter menanjak. Jembatan Pendekat di sisi Desa Galala (sisi selatan) sepanjang 320 meter juga menanjak tapi tak semenanjak sisi utara. Hanya Jembatan Utama sepanjang 300 meter yang cukup datar.

Saya terakhir jogging disana sekitar dua minggu lalu. Saya jogging jam 17.20 sampai pukul 18.20 wit. Jam segitu matahari masih bersinar terang, kalau cuaca bagus. Kalau sore hari banyak orang berfoto-ria di jembatan utama. Tidak hanya foto-foto, banyak juga yang menikmati sore hari sambil menunggu matahari terbenam.

jogging jmp.jpg

dari arah poka.jpg

 

kota dan teluk ambon.jpgsebagian kota dan teluk Ambon dilihat dari JMP

arah passo jmp.jpg

Jarak yang saya tempuh dari tempat saya tinggal sampai ke lokasi patung Dr.Johannes Leimena yang terletak di pertigaan Durian Pakah-Poka-Laha  dekat kampus Universitas Pattimura sekitar tiga kilometer. Jadi pergi pulang total jaraknya enam kilometer.

patung dr johannes leimena.jpg

depan rektorat univ pattimura.jpgdi depan rektorat universitas pattimura

Dibawah ini adalah rute saya jogging melewati JMP. Dimulai dari tempat saya tinggal (1) sampai ke pertigaan lokasi patung Dr. Johannes Leimena.

rute jogging.jpg

************************************************************

Dua buku gratis dari posting sebelumnya saya alihkan untuk posting kali ini. Karena mereka yang terpilih mendapatkan buku gratis tidak mengirimkan alamat untuk saya kirimkan buku. Mereka adalah rhanztheking.wordpress.com dan firstychrysant.wordpress.com. Jadi untuk posting kali ini saya sediakan empat eksemplar buku gratis. Silahkan berkomentar sesuai konteks. Saya akan memilih mereka yang berhak mendapatkan buku tersebut. Syarat dan ketentuan berlaku.

Yang mendapat buku gratis untuk posting lalu adalah: bersapedahan.wordpress.com dan arinidm.wordpress.com. Selamat kepada yang mendapatkan buku gratis. Mohon kirimkan alamat lengkap dan nomor hp untuk keperluan pengiriman buku. Kirim via japri.

 

 

43 Tanggapan to “Jogging di Jembatan Merah Putih”

  1. winnymarlina Says:

    jauh juga joggingnya kak

    @ winnymarlina
    Lumayan, Win.

  2. adelinatampubolon Says:

    Waktu berkunjung ke Ambon jembatannya belum jadi sehingga nga sempat menikmati jembatan ini. Keren juga yach.

    @ adelinatampubolon
    Boleh dicoba jogging kalo berkunjung lagi ke Ambon.

  3. Tan Panama Says:

    Indonesia Timur memang menarik. Udaranya pasti super segar. Jauh berbeda dengan Jakarta, pagi-pagi sudah penuh polusi. Hehe

    Tapi di manapun sama, harus tetap bahagia.😀

    @ Tan Panama
    Memang daerah IndTim banyak tempat yang kece. Cuma belum terekspos saja secara luas.
    Salah satu yang saya suka disini adalah udara yang bersih.

  4. fahrizinfa Says:

    Tempat jogging nya bagus banget.. pemandangan nya bisa bikin makin semangat buat olah raga… Saya belum pernah mencoba jogging di luar kota… mungkin lain waktu akan saya coba🙂

    Salam…

    @ fahrizinfa
    Pemandangan dari JMP memang keren. Kalau berkunjung ke suatu tempat coba sempatkan jogging, lumayan ada kenangannya.

  5. kang nur Says:

    Tempatnya indah banget… kalau saya ke situ ga jadi jogging, pinginnya poto-poto terus…

    @ kang nur
    Ya, indah sekali. Jogging sambil berfoto, asik.

  6. kayka Says:

    whoaaa speechless keren banget, san fransisco kalah🙂

    asyik ya bisa jogging dengan pemandangan seperti ini.

    salam
    /kayka

    @ kayka
    Memanjakan mata dan dapat sehat badan,🙂

  7. huma sarah Says:

    klo tempatnya kece gini saya jogingnya mah seminggu 7x alias tiap hari. Selain badan sehat, mata juga sehat liat pemandangan bening kyak gini😀 Ambon manise …

    @ huma sarah
    Saya gak kuat jogging 7x seminggu, hehehe… Pemandangannya memang bagus.

  8. rynari Says:

    Jogging melintas jembatan cantik….. Wow keringat nengucur, mata dimanjakan pemandangan elok ya Uda. Cara unik mematerikan kenangan tugas di wilayah lain. Salam

    @ rynari
    Ya, mba Prih, kece badai kalau kata cumilebay. Membaca pengalaman orang lain menginspirasi saya untuk melakukannya juga.

  9. Prita Pdinata Says:

    Wihhh asik tuh view lautnyaa

    @ Prita Pdinata
    Iya, asik. Banyak juga yang menikmati sore dari sana.

  10. Arif Rahman Says:

    Jadi semakin tertarik untuk berkunjung ke Ambon. Semoga saja tidak jauh dari rumah bapak tua saya lokasinya tuh jembatan.

  11. jampang Says:

    Mantap itu jaraknya. Saya mah nggak kuat. Lari 100 meter aja udah ngos2an.

    Bentuk jembatannya, sekilas seperti jembatan di luar negeri sana… Yang di amerika. Atau…. Ampera palembang yah?

    @ jampang
    Mungkin ada persamaan design dengan jembatan luar negeri, bang.

  12. Khoirur Rohmah Says:

    btw, Jembatannya keren tuh,,trus itu untuk dua arah ato satu arah, pak ? wkwkwkwkwk
    *penasaran

    Lumayan menguras tenaga dan bikin sehat tuh klo jogging di sepanjang jembatan, behh… jadi kangen olahraga lari😀

    @ Khoirur Rohmah
    Jembatannya dua jalur empat lajur (lihat foto ketiga).
    Lumayan buat kesehatan,🙂

  13. ACADEMIC INDONESIA Says:

    Indah sekali jembatannya, serasa sudah sampai ke sana. terima kasih share perjalanannya… ditunggu selanjutnya.

    @ ACADEMIC INDONESIA
    Memang bagus jembatannya.

  14. Cipu Suaib Wittoeng Says:

    Mas Alris, makasih postingannya. Saya belum pernah ke Ambon, dan selalu saja ada halangannya kalau mau main ke Ambon.

    Tempat larinya ciamik mas, saya sampai berdecak kagum melihat pemandangan JMP. Totally put it as my list place to run. Thanks laporan pandangan matanya mas

    @ Cipu Suaib Wittoeng
    Semoga sempat ke Ambon secepatnya dan bisa menjajal JMP untuk jogging, aamiin.
    JMP jadi salah satu ikon kota Ambon karena kecantikannya itu.

  15. Ecky Agassi Says:

    Wah jadi terinspirasi nulis tentang olahraga di kota tempat saya kerja, hehe

    Salam olahraga mas, semoga sehat selalu🙂

    @ Ecky Agassi
    Ayo dokumentasikan. Suatu saat kalau sudah pindah jadi kenangan, Ecky.

  16. dyahayupamela Says:

    Saya banget lah jogging, bagussss ya tempatnya. Mudah-mudahan bisa kemari diajak liputan buat nyobain jembatannya haha

    @ dyahayupamela
    Semoga keinginannya kesampaian, aamiin.

  17. Son Agia Says:

    Yang saya salut itu, bersih banget lingkungannya. Sampe ke jalanan-nya aja kelihatan rapi dan “baru”.

    Ya Allah, ini beda jauh banget ama Bandung :))

    @ Son Agia
    Secara umum kota Ambon bersih. Beberapa kali dapat piala Adipura secara beruntun.
    Lha, katanya kang Emil walikota membuat Bandung lebih baik, kok kebersihannya malah kurang?

  18. Akhmad Muhaimin Azzet Says:

    Mengunjungi suatu daerah, lalu berolahraga lari, sungguh ini menarik sekali bila banyak orang menjadikannya sebagai gaya hidup yang sehat. Semoga postingan ini menginspirasi banyak pembaca, sehingga semakin banyak yang melakukannya. Terima kasih banyak ya, Mas🙂

    @ Akhmad Muhaimin Azzet
    Semoga juga menginspirasi banyak orang, ustadz. Aamiin.

  19. April Hamsa Says:

    Wah itu di Ambon ya Mas?
    Bagus nian pemandangannya, apalagi yang sekitaran jembatan itu. Itu laut apa sungai ya yg dihubungkan? Kalau sungai kok luas bgt hehe

    @ April Hamsa
    Iya, Ambon.
    Itu teluk. Kota Ambon berada di teluk dan perbukitan. Cakep deh.

  20. Rahayu Wiandra Says:

    duhh naksir sama jembatannya, lautnya juga keren..

    @ Rahayu Wiandra
    Yoi cakep deh…

  21. Izzah Annisa Says:

    Waaah, jadi pengen lelarian di sana. Pemandangannya indah banget, ya. Selain menyegarkan paru2, jogging di sana pastilah sangat memanjakan mata dan menenangkan pikiran🙂

    @ Izzah Annisa
    Ayo ke Ambon dan jogging di JMP

  22. Senja Kelana Says:

    Ini dapat buku apa sih pak, penasaran..hehee. Sekalipun saya mungkin ga ada kandidat untuk mendapatkanya, tp saya cukup penasaran dan kepoin beberapa artikel bapak..dan alhamdullilah tetap ga nemu…😥

    Mungkin sekali tempo main ke suramadu pak, pemandanganya yahut da suer..apalagi kalah malam..

    ^____^

    @ Senja Kelana
    Buku apa saja, gak ada kriteria khusus. Kebanyakan buku motivasi dan novel.

  23. Salman Faris Says:

    Tempat jogging kayak gini pastinya betah berlama2 jogging ya Bang hehehe

    @ Salman Faris
    Asik memang tempatnya.

  24. winnaz Says:

    Jembatan dan viewnya sama-sama cantik, sangat wajar dimanfaatkan oleh pengunjung untuk olah raga lari dan selfie. Badan sehat, rasa syukur terucap terus. Ambon memang manise.

    @ winnaz
    Kalo minggu pagi jembatannya di pakai buat jogging massal dan car free day.

  25. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Alris…. satu aktiviti yang mengasyikkan dengan larian di atas jembatan. Hal seperti ini masih asing di Malaysia kerana jarang dilakukan. mungkin kerana Malaysia banyak taman rekreasinya makan jembatan bukan satu pilihan. Kalau di sini, jembatan lebih menjadi tumpuan untuk tempat memancing ikan.

    Sebelum jembatan Merah Putih ini dibina, apakah jalan yang digunakan oleh penduduk untuk berhubung antara dua tanah tersebut ? Satu lagi, maksudnya dari jembatan merah Putih itu adalah warna bagi bendera Indonesia ya. ?

    Salam takzim dari Sarikei, Sarawak.

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    Waalaikumsalam wr.wb, kak Siti.
    Sebenarnya jembatan ini hanya dilalui sewaktu jogging sahaja. Tidak khas untuk jogging sahaja.
    Sebelum jembatan dibina hubungan antara dua tempat memakai perahu.
    Ya, jembatan ini dinamakan merah putih untuk penghargaan bendera pusaka.

  26. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Alhamdulillah, dengan adanya jembatan itu, pasti memudahkan rakyat untuk menjana ekonomi antara dua daratan. Sangat senang sekali ya apabila pemerintah perihatin dengan kemahuan rakyat.

    terima kasih mas Alris atas maklumannya.

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    Jembatan ini mempersingkat waktu tempuh dari pusat kota ke lapangan terbang. Dahulu waktu tempuh dari pusat kota ke lapangan terbang 60 minit sekarang menjadi 30 minit sahaja.Jembatan ini juga mengurangi jem (jammed) di daerah Galala dan Passo.

  27. Kang Nurul Iman Says:

    Jauh juga ya kang jarak yang ditempuhnya, pasti setelah jogging badan terasa muantappp untuk digerakan.

    @ Kang Nurul Iman
    Lumayan kang. Demi kesehatan dijabanin aja kang.

  28. dia Says:

    wah kakak rajin ya olahraganya …
    *kapan terakhir saya jogging ya ..

    @ dia
    Gak rajin sih, kalo sempat dilakukan.

  29. Zizy Damanik Says:

    Enaknya jogging itu sekalian jalan-jalan dan menyegarkan pikiran ya.

    @ Zizy Damanik
    Iya, jadinya badan sehat pikiran segar.

  30. Dandy Siswandy Says:

    Itu engga ada jalur khusus untuk yang jogging ?

  31. baiqrosmala Says:

    Seru yaa kayaknya joging di sana pak.. belum banyak kendaraan yang lalu lalang, lingkungannya juga terlihat bersih

  32. bersapedahan Says:

    jogging di tempat semenarik ini sih … pasti asyikkk
    btw .. di jembatan itu tidak ada trotoar khusus untuk pejalan yang lari lari ya ..

    @ bersapedahan
    Tidak ada trotoar. Mungkin yang membangun dulu mikir gak perlu ada trotoar, heran juga saya.

  33. ysalma Says:

    Jembatannya cantik, pemandangannya elok,, bakal betah jogging ditempat ini.

    @ ysalma
    Iya bikin betah,🙂

  34. Lois Says:

    Keren sekali jembatannya, mengingatkan pada Golden Gate Bridge di San Francisco. Aspalnya juga mulus sekali.

    @ Lois
    Iya keren nih jembatan, saya juga suka. Karena masih baru aspalnya memang mulus, semoga tahun-tahun mendatang juga tetap mulus.
    Beberapa jembatan yang panjang di Indonesia sekarang dibangun dengan rasa seni,🙂

  35. Indah Susanti Says:

    Wis…10 K lari-nya jadinya…lumayan juga loh🙂 Semoga terus sering lari ya, hidup sehat🙂

    @ Indah Susanti
    Belum nyobain 10K, hehehe… Tapi kayaknya masih mampu 10K asal gak dipaksakan, santai aja.

  36. Ester Aprillia Says:

    Foto-fotonya kereeeenn 👍👍👍

    @ Ester Aprillia
    Padahal cuma pakai kamera hp len*ovo harga sejutaan lebih dikit,🙂

  37. ilmudes Says:

    Pemandangannya bagus,fotonya juga bagus pak.

    @ ilmudes
    Pemandangannya memang bagus. Fotonya kurang maksimal, karena cuma memakai kamera ponsel yang harganya terjangkau kantong saya.

  38. arinidm Says:

    Aaak baru sempet blogwalking nggak tahunya kemaren dapat hadiah buku 😱😱😱 Batal lah sudah dapat buku perdana dari Da Alris ni 😂😂😂 Btw Ambon cantik banget daerahnya ternyata ya Da, moga-moga suatu saat bisa main-main ke daerah Timur. Padahal ada Oom yang tinggal di Gorontalo tapi sayangnya belum ada kesempatan ke sana.

    @ arinidm
    Hal buku kalo rezeki mah gak kemana,🙂
    Daerah di nusantara ini cantik semua. Salah satunya Ambon ini, saya suka.
    Semoga kesampaian piknik ke Indonesia Timur, aamiin.

  39. sariwidiarti Says:

    jembatannya kayak jembatan suramadu yang menghubungkan surabaya dan madura, jadi panjaaaaang banget, tapi hemat waktu😀

    @ sariwidiarti
    Iya mirip-mirip. Ini juga memperpendek jarak kota dengan bandara Ambon.

  40. asoka remadja sungkharisma Says:

    weeeewwww kalo jembatanya kaya gini mau lah tiap hari berlari lari hahahhahahah
    salam kenal mas😀
    mampir-mampir ke blog saya mas hehe

    #BaruBalajarBlogWalking

    @ asoka remadja sungkharisma
    Jembatannya memang cantik dan asyik buat jogging. Selamat blog walking.

  41. DollyPR Says:

    Ambon, apalagi yang bisa menolak untuk terkesima dengan kota ini?

    @ DollyPR
    Ambon emang manise…

  42. brizki Says:

    waktu saya ke sana jembatan ini belum selesai, masih sementara dikerjakan. setelah lihat fotonya ternyata keren…

    @ brizki
    Memang keren, jadi salah satu ikon kota Ambon.

  43. nanangrusmana Says:

    Asyik ey….ambon maniseee…lama kah di sana?

    @ nanangrusmana

    Pekerjaan struktur selesai akhir tahun ini kalo gak ada halangan. Pekerjaan arsitektur, MEP, fasad dan infrastruktur belum jelas apakah saya masih bertahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: