Makan Gadang : Gulai Itiak Lado Mudo

Sewaktu pulang kampung bulan Agustus 2012 saya menyempatkan diri untuk mengadakan Makan Gadang dengan teman sepermainan masa kecil, adik dan ponakan. Makan Gadang adalah makan bersama beralaskan daun pisangΒ  (balanjuang, Padang); (bancakan, Jawa); (botram, Sunda). Dalam kegiatan makan bersama ini kalau di kampung saya yang bertanggung jawab dalam penyediaan konsumsi biasanya secara bersama. Kadang ada juga saat orang rantau yang pulang kampung “ditodong” untuk membeli bahan yang akan dimasak, khususnya bebek, entog, ikan, dan jengkol. Karena biasanya bahan yang akan dimasak itulah harganya sedikit mahal.

Posting kali ini biarlah gambar yang berbicara.

cimg2230

cimg2233

cimg2236

cimg2243

cimg2244

cimg2249

cimg2255

cimg2252

cimg2257

cimg2259

cimg2279

Gulai Itiak Lado Mudo versi kampung saya tidak memakai santan. Resep Gulai Itiak Lado Mudo bisa dibaca disini.

********************************************************

Posting lalu yang mendapatkan buku gratis dari saya adalah:Β barrabaa.blogspot.com dan agungrangga.com. Silahkan kirim alamat lengkap dan nomor hp untuk keperluan pengiriman buku. Selepas tanggal 30 Oktober 2016 apabila saya belum menerima alamat lengkap, maka hadiah buku saya alihkan ke orang lain.

********************************************************

 

35 Tanggapan to “Makan Gadang : Gulai Itiak Lado Mudo”

  1. denaldd Says:

    Saya langsung kangen desa lihat postingan ini Pak. Kalau di Ambulu, desa saya dilahirkan, selalu ada bancakan menjelang hari raya, atau panen, atau kalau ada pengajian. Rasanya guyub makan rame2 gini. Dan pasti selalu nafsu makan meningkat karena makan sambil ngobrol bareng2 haha.

    @ denaldd
    Cara makan besar bersama ala desa inilah yang selalu bikin saya kangen kampung halaman. Makan sambil ngobrol dan becanda membuat masakan makin enak, πŸ™‚

  2. Jejak Parmantos Says:

    Yang masak bapak2 juga ternyata… Kirain di foto pertama, bapak2 tinggal retina bersih. Hebat! Tradisi yang keren!

    @ Jejak Parmantos
    Kalo makan gadang dengan peserta banyak laki yang masak memang kebanyakan laki juga. Jika makan gadang dengan peserta keluarga, maka yang masak lebih banyak kaum ibu.
    Bukankah tukang masak rumah makan Padang adalah lelaki, hehehe…

  3. ganganjanuar Says:

    Jadi kangen makan nasi liwet alas daun pisang memanjang gitu, Pak AlrisπŸ™‚

    @ ganganjanuar
    Ayo dibikin acara makan bersama kang, ngobatin kangen.

  4. rynari Says:

    Foto yg berbicara tentang kebersamaan indah, budaya makan gadang yang membanjar panjang. Sedapnya itiak lado ijo dalam makan gadang penuh suka cita ini. Salam

    @ rynari
    Betul sekali mba Prih. Budaya makan gadang ini khas kampung, mempererat jalinan silaturahmi.

  5. winnaz Says:

    Itiak lado mudo-nyo samakin batambah lamaknyo dek masak dan makan basamonyo mah. Jadi taragak kampuang anak rantau dek nyo.

    @ winnaz
    Iyo bana. Kalau pulkam sempatkan makan gadang, pasti jadi kenangan yang bikin taragak,πŸ™‚

  6. annosmile Says:

    wahh seru juga makan rame-rame memanjang pake daun pisang itu
    semua berkumpul jadi satu hihihi

    @ annosmile
    Seru abis, hehe…

  7. Lois Says:

    Makan bersama teman-teman atau sanak keluarga akan lebih nikmat apalagi itu bebeknya pasti super segar, dipotong langsung dimasak…. sedap! Ditambah tak usah cuci piringπŸ™‚ Sudah lihat resepnya, kalau pakai daging ayam pasti enak juga ya?

    @ Lois
    Iya betul sekali. Makan bersama bikin masakannya terasa makin enak,πŸ™‚
    Masakan dengan bahan masih segar ketika dimasak memang maknyuss.

  8. arinidm Says:

    Waah seru banget ya Da! Lihat fotonya jadi teringat ayam cabe hijau buatan mertua, hehe.

    @ arinidm
    Iya seru makan bersama. Makan makin nikmat,πŸ™‚

  9. Dyah Ayu Pamela Says:

    Makan di atas daun pisang gini itu wkt di gunung… tapi ini beda ya,.. makan gadang. Aduhh udh menunya itik dimasak padang lagi… nyessss kepingin

    @ Dyah Ayu Pamela
    Kalo di gunung makannya makin lahap bin nikmat karena dingin,πŸ™‚

  10. Agung Rangga Says:

    Wuiih, kalau di Bali ini namanya “megibungan”, makan bersama-sama dengan wadah tampah.πŸ˜€
    Oh iya, alamat saya sudah dikirim ke email Mas Alris ya, terima kasih~πŸ™‚

    @ Agung Rangga
    Lain daerah lain pula namanya ya Gung.
    Oke, buku segera saya kirim.

  11. cumilebay.com Says:

    Ini dari bapak2 untuk bapak2 yaaa
    Yang masak bapak2 nich rasa nya nikmat kah ??? eh tapi orang minang semua jago masak yeee

    @ cumilebay.com
    Ini makan gadang untuk para lelaki. Tukang masak lelaki masakannya lebih berasa,πŸ™‚

  12. harryhermanan Says:

    Kalo di Lombok namanya begibung! Tapi kalo menunya macam di atas, ada bebeknya, mai dong diajak makan bareng juga #ngarep

    @ harryhermanan
    Ntar kalo saya ke Lombok kita adakan acaranya, hehehe…

  13. Zizy Damanik Says:

    Waaaahhh proses masaknya luar biasa. Yakin deh ini pasti rasanya pun mantapp…!

    @ Zizy Damanik
    Iya, mantaaap, nambah berkali-kali, hehehe…

  14. tuaffi Says:

    yang bikin seru dan lahap makan adalah masak bareng dan makan barengnya.πŸ˜€

    @ tuaffi
    Nah, itu bumbu yang bikin enak masakan yaitu : kebersamaan.

  15. RAF Says:

    Sato lah ambo ciek.. sero bana bantuak no..

    @ RAF
    Iyo sabana lamak, batambuah deknyo.

  16. bebyrischka Says:

    Kasian bebeknyaaaa.. 😭😭😭 Tapi kalok uda jadi masakan disikat jugak sik. Wkwkwk :p

    @ bebyrischka
    Jangan lihat itiknya sebelum dipotong,πŸ™‚

  17. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamualaikum wr.wb mas Alris….

    Sungguh makan bersama secara beramai-ramai begitu mempunyai momen yang indah untuk dikenang dan tentunya ingin diulangi lagi. Setakat saya tahu, belum ada makan seperti ini di tempat saya. Suasana kampung ini sangat mengasyikkan. Saya belum pernah merasa daging itik, apakah sedap ya.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    Waalaikum salam wr wb, kak Siti
    Makan bersama ini juga merekatkan silaturahmi. Momen makan bersama ini selalu terkenang. Kalau pulang kampung selalu teringin makan bersama lagi.
    Daging itik ini sedap sekali, kalau tahu cara memasaknya.

  18. Monda Says:

    haduuuh…. manalah itiaklado mudo itu sudah sedap ditambah lagi makan bersama seperti itu..
    jadi ingat makan di kampungku …

    @ Monda
    Memang benar kak Monda, makan bersama bikin masakan makin enak,πŸ™‚

  19. Akhmad Muhaimin Azzet Says:

    Enak sekali itu, Mas, betapa makan bersama itu berkahπŸ™‚

    @ Akhmad Muhaimin Azzet

    Iya, ustadz, makan bersama jalin silaturahmi dan semoga jadi berkah.

  20. Alid Abdul Says:

    Dan kebetulan aku gak suka makan itik/bebek hehehe, itu diganti pakai ayam bisa gak sih?

    @ Alid Abdul
    Bebek enak banget. Asal ayam kampung enak juga,πŸ™‚

  21. Aquileana Says:

    Moving post…. there are so many stories and feelings behind each pic…πŸ™‚

    @ Aquileana
    Thank you for your visiting.

  22. brizki Says:

    lebih rame lebih enak… mmmakaaaaannnn…πŸ™‚

    @ brizki
    Iya, kalo rame makan makin semangat.

  23. bersapedahan Says:

    wah asyik banget makan ramai2 begini .. guyub
    bener2 tradisi yang bagus, apalagi makan dengan alas panjang seperti ini, Di daerah saya kalau makan ramai2 .. ya dimakan dengan piring terpisah.

    @ bersapedahan
    Makan bersama dengan alas daun pisang ini membuat rasa kebersamaan lebih akrab. Makan lebih nikmat.

  24. omnduut Says:

    Nah cara makan rame2 ini kayak ngidang di Palembang.πŸ™‚

    @ omnduut
    Lain daerah lain namanya ya. Tapi prinsipnya makan bersama,πŸ™‚

  25. Adhi Artadhitive Says:

    Onde mande!…
    Ini dia yang harus dilakukan anak muda jaman sekarang…
    jadi kangen sma temen maen dulu yang sering makan gadang…

    @ Adhi Artadhitive
    Makan bersama menambahkan rasa kebersamaan, makan makin nikmat.

  26. adelinatampubolon Says:

    sudah lama nga ngerasaian makan bareng kayak gini. terakhir pas nenek (oppung) masih hidup dan rasanya nikmat bangat. makan besar bareng sepupu2.

    @ adelinatampubolon
    Ayo, makan gadang dengan teman-teman. Memang makan gadang bersama itu lebih nikmat.

  27. dewinielsen.com Says:

    Aku baru tunjukin ke suami pak..beliau ketawa2 ..secara tradisi kita ditanah air special banget kanπŸ˜€ makan bersama, pake alas daun pisang..oooh muantep..rasa kekeluargaan dan yg pasti nikmat tiada tara…πŸ˜€

    @ dewinielsen.com
    Kalau balik ke Indonesia bolehlah pak suami Dewi dibawa makan bersama pakai daun pisang. Pasti jadi pengalaman seru,πŸ™‚

  28. Hening Doubletrackers Says:

    Oit, salam kenal kakaknya. terimakasih sudah berkunjung ke kami. seru ya makan bareng begini. di tempat kerja saya dulu juga sering begini. sama-sama pakai daun pisang tapi bukan acara adat atau apa, ya sekedar makan-makan saja biar seru dan akrab hehe. seru, seruπŸ™‚

    @ Hening Doubletrackers
    Keseruan itu yang bikin makannya enak,πŸ™‚

  29. Kang Alee Says:

    Waaah, bikin laper

    @ Kang Alee
    Yuk, makan, hehe…

  30. Travelling Addict Says:

    wah serunya makan itiak rame2 kaya gitu…

    @ Travelling Addict
    Yoi, seru sekali.

  31. Irly - (Irna Octaviana) Says:

    Aduuhh.. itu nikmat banget makan gitu.. makannya rame-rame, nyiapinnya juga bareng-bareng, capeknya sama-sama, kenyangnya belum tentu #Eh..

    Duh.. biking ngiler!

  32. Irly - (Irna Octaviana) Says:

    Aduuhh.. itu nikmat banget makan gitu.. makannya rame-rame, nyiapinnya juga bareng-bareng, capeknya sama-sama, kenyangnya belum tentu #Eh..

    Duh.. biking ngiler!

    @ Irly – (Irna Octaviana)
    Memang enak makan bersama. Susah senangnya bersama,πŸ™‚

  33. Inklocita Says:

    waaah mantap nih Pak, kayak ngeliwet kalo di Bandung

    -M.
    http://inklocita.blogspot.co.id/2016/11/impulsive-weekend-trip-awal-mula.html

    @ Inklocita
    Memang muantabs keren, makannya enak poll.

  34. Desi Namora Says:

    makan rame2 sealu nikmat ya

  35. ekpedisi pengiriman motor Says:

    kayaknya mantap banget dah rasanya, uh jadi pengen ikut cicip.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: