Arrrggghhh… Susahnya Rutin Olahraga

Ketika masih tinggal di ibu kota negara saya masih jogging selama 30 menit sampai satu jam dua sekali seminggu + main skipping dengan lompatan sebanyak 1000 – 1500  setiap jogging tersebut. Lumayanlah menjaga stamina dengan cara murah meriah. Olahraga jogging juga gak butuh modal banyak, hanya sepatu yang nyaman pakai dan pakaian olahraga sepantasnya.

Olahraga ini, ya jogging, banyak manfaatnya. Menurut situs http://manfaat.co.id banyak sekali manfaat olahraga jogging. Ada 20 manfaat bagi kesehatan fisik dan keseimbangan mental. Manfaat bagi kesehatan fisik yaitu: memperbaiki kualitas tidur; untuk kesehatan jantung; membakar kalori dalam tubuh; membentuk tubuh ideal; kulit terlihat lebih cerah; mampu identifikasi gejala penyakit; meningkatkan konsentrasi; memperbesar betis dengan alami; melancarkan siklus menstruasi; meningkatkan nafsu makan; paha lebih berisi; mengatasi sesak nafas; memperkuat tulang kaki.

Sedangkan untuk keseimbangan mental olahraga jogging memberikan manfaat: bersemangat sepanjang hari; produktifitas kerja; berumur lebih panjang; meningkatkan rasa percaya diri; lebih bersosialisasi; menjadi pribadi yang giat; terhindar dari stress.

sehat dengan skipping

sehat dengan skipping, gambar dari sini

Mari kita lihat manfaat olahraga skipping menurut situs tersebut diatas.

  1. Menurunkan Berat Badan

Anda punya problem dengan berat badan seperti yang saya alami? Maksud saya adalah berat badan anda tidak ideal. Berolahraga skipping selama satu jam mampu membakar kalori sampai 1000 kalori. Olahraga skipping yang dilakukan membakar lemak dalam tubuh yang kemudian dikeluarkan bersama keringat.

  1. Meningkatkan Kapabilitas

Manfaat olahraga skipping atau lompat tali yang dilakukan dapat meningkatkan kepadatan  tulang. Juga meningkatkan kapabilitas tubuh secara menyeluruh.

  1. Mengencangkan Otot

Kekencangan otot kita dapat makin baik jika kita rutin dan secara teratur melakukan olahraga skipping ini. Otot dapat semakin kencang sebagai efek lompatan tersebut, terutama otot kaki dan otot bagian bawah tubuh lainnya.

Namun tak hanya otot bagian kaki dan bagian bawah lainnya, otot bagian atas seperti lengan dan bahu pun mendapatkan manfaatnya, hal ini dikarenakan tangan adalah sebagai poros dari putaran tali.

  1. Mengoptimalkan Energi Dalam Tubuh

Olahraga skipping mampu membantu seseorang dalam menambah energi di dalam tubuh, sebab olahraga skipping ini dilakukan dengan menggunakan energi. Maka latihan yang dilakukan akan mampu membiasakan tubuh mengeluarkan energi yang tersimpan di dalam sehingga mampu mengoptimalkan energi di dalam tubuhnya di kemudian hari di lain waktu.

  1. Membentuk Tubuh

Membentuk tubuh dalam artian ini adalah bentuk tubuh berotot pada bagian tertentu yang dihasilkan dari olahraga skipping. Otot bagian kaki akan semakin kencang namun tetap ramping dan tidak berlemak pada bagian betis, sehingga ini menambah keindahan pada kaki. Lengan juga mendapatkan manfaat berupa otot yang terbentuk karena tangan digunakan sebagai poros berputarnya tali.

  1. Menambah Tinggi Badan

Bagi yang masih dalam masa pertumbuhan olahraga ini merangsang pertambahan tinggi badan.  Masa remaja adalah masa pertumbuhan dimana seseorang mampu tumbuh mendapatkan tinggi ideal.  Sehingga olahraga skipping sering dijadikan salah satu program bagi banyak remaja dalam hal meninggikan badan.

  1. Meningkatkan Fertilitas

Ketidakteraturan pola menstruasi adalah salah satu permasalah ringan yang terjadi pada organ reproduksi wanita. Selain itu masalah kesulitan mendapatkan keturunan dan lain-lain. Ternyata, skipping adalah olahraga yang berfungsi membantu memperbaiki fungsi reproduksi termasuk meningkatkan fertilitas.

  1. Mencegah Osteoporosis

Olahraga skipping yang dilakukan secara rutin akan sangat bermanfaat untuk mencegah terkena osteoporosis di kemudian hari. Osteoporosis adalah kondisi dimana terjadi kerapuhan atau pengeroposan pada tulang. Manfaat olahraga skipping mampu meningkatkan kualitas atau kepadatan tulang seseorang, sehingga skipping sangat berguna untuk mengurangi resiko terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

  1. Meningkatkan Stamina dan Keseimbangan Tubuh

Lompat tali (skipping) yang dilakukan secara teratur akan mampu meningkatkan stamina tubuh, serta kelenturan tubuh. Tidak hanya itu saja, lompatan yang dilakukan juga mampu meningkatkan keseimbangan tubuh kita.

  1. Meningkatkan Kinerja Otak

Pada dasarnya olahraga skipping adalah hasil kombinasi dari irama gerakan lompatan dan ketpatan waktu dalam melewati rintangan berupa putaran tali. Hal ini berarti membuat otak bekerja lebih cepat dan tepat dalam hal mengkalkulasikan gerakan melompat yang dilakukan dan waktu yang tepat untuk melompat melewati tali yang berputar.

Akibatnya kita melatih otak kita agar terbiasa untuk bekerja dengan cepat dan tepat. Koordinasi tubuh yang baik, kemampuan gerak reflex, keseimbangan tubuh, serta meningkatkan kinerja otak pun akhirnya dapat kita peroleh sebagai manfaat dari olahraga skipping.

Sejak tinggal di Ambon dari beberapa waktu lalu saya sulit sekali untuk berolahraga rutin. Olahraga rutin saya cuma jalan kaki dari tempat tinggal ke tempat kerja berupa jalan kaki selama dua puluh menit, yaitu 10 menit waktu berangkat kerja dan 10 menit waktu pulang kerja. Saya paksakan untuk jalan kaki pergi dan pulang kerja. Kalo mau senang saya bisa saja menumpang kendaraan teman gak usah jalan kaki. Tapi demi sehat dan supaya tetap bersemangat kerja saya jalani jalan kaki. Sulitnya saya olahraga rutin 100% karena kemalasan saya saja.

Beberapa waktu yang lalu sewaktu ke Jakarta pulangnya saya sengaja membawa tali skipping. Niatnya, sih, buat olahraga skipping lagi. Biar badan sehat, dan mendapatkan manfaat seperti tertulis diatas. Semoga minggu depan sudah mulai olahraga skipping. Memulai sesuatu memang terasa berat dan malas. Seperti saya menulis posting ini,🙂

***

Untuk posting berjudul Rimbang Beda dengan Leunca, yang mendapatkan buku gratis dari saya adalah : sisihidupku.wordpress.commasrozak.com; dan dherdian.wordpress.com. Kepada yang terpilih silahkan kirim alamat lengkap via japri ke alris587[@]gmail dotkom. Buku akan saya kirim setelah alamat lengkap saya terima. Selamat hari guru. Walau terlambat saya harus mengucapkan selamat pada orang yang membuka jendela dunia dan ilmu pengetahuan buat saya dan semua orang.

Posting kali ini juga akan ada pemberian buku gratis bagi tiga orang yang memberikan komentar. Silahkan berkomentar sesuai topik.

48 Tanggapan to “Arrrggghhh… Susahnya Rutin Olahraga”

  1. via maheswari Says:

    Setuju. Sy pun dulu demikian. Rasanya olah raga itu sesuatu yg sgt berat untuk dilakukan meski tahu betul manfaatnya. Hingga akhirnya sy mulai mencoba yoga. Sekarang sy rutin tiap hari Yoga bahkan jika sehari tidak Yoga, tubuh seperti merasa ada yang kurang. Mungkin harus menemukan dl olah raga yang benar2 klik di hati baru akhirnya bisa merasa menikmati olah raga. Yang jelas sih skrg alergi dan asma sy sdh tidak pernah kambuh lagi 😊

    @ via maheswari
    Saya merasa olahraga yang klik bagi saya adalah jogging dan skipping ini. Murah, meriah dan gak perlu modal besar.
    Karena Via yang komentar pertama, dan memberikan komentar beberapa saat setelah tulisan ini tayang, maka berhak mendapatkan buku gratis dari saya. Kirim alamat lengkap via email untuk keperluan pengiriman buku. Salam sehat.

  2. Jejak Parmantos Says:

    Setuju, kalo jogging itu meningkatkan nafsu makan. Karena energi yang dikeluarkan saat jogging tergolong besar meskipun hanya dilakukan kurang dari sejam. Saya biasanya jogging di pagi, biar setelah jogging sarapannya jadi banyak hehe. Karena saya termasuk orang yg males sarapan🙂

    @ Jejak Parmantos
    Saya kalo abis jogging bukan lapar tapi ngantuk, hehehe…
    Olahraga jogging di pagi hari emang jos gandos, ya, mas🙂

  3. via maheswari Says:

    Wihiiii asikkkk dpt buku gratisss. Makasih byk ya mas. Sy email alamat sy. Semoga sukses selalu 😊

    @ via maheswari
    Sukses juga buat Via.

  4. Rifqy Faiza Rahman Says:

    Saya juga suka olahraga, tapi harus saya akui, tidak rutin melaksanakannya😦

    @ Rifqy Faiza Rahman
    Ayo dirutinkan olahraga mas Rifqy biar makin tangguh menjelajah,🙂

  5. Jauhari Says:

    dan saya juga termasuk yang #gagal rutin olah raga😐

    @ Jauhari
    Kalo belum rutin usahakan sesekali tetap olahraga.

  6. winnymarlina Says:

    aku juga malas olahraga mas sekarang nyoba diet tp gagal diet malah

    @ winnymarlina
    Jalan kaki aja ke kantor, Win. Itu juga sudah olahraga.

  7. Brad Says:

    Yang penting kita menjalankan apa yg kita anjurkan. Bahasa Sunda-nya “walk the talk”. Hehe

    Jadi sekarang masih rutin gak? Saya nggak. Terima kasih atas pengingatnya.🙂

    @ Brad
    Minggu depan saya mau mulai lagi skipping, om Brad. Ayo olahraga rutin biar sehat, dan gak perlu bikin “repot” dokter,🙂

  8. ganganjanuar Says:

    Olahraga saya bulutangkis (karena dibayarin tempat kerja), juga sempet dulu rajin lari gara-gara aplikasi Endomondo🙂
    Sekarang endomondonya di uninstall, larinya tinggal kenangan haha…

    @ ganganjanuar
    Kantor yang peduli kesehatan karyawannya memotivasi karyawan untuk tetap sehat dengan olahraga. Jaman rame bike to work, kantor tempat saya kerja dulu membagikan sepeda gratis dengan catatan tiap jumat wajib bersepada ke kantor. Saya gak ambil sepeda gratis itu, karena gak kuat gowes dari Bogor ke Jakarta.
    Beruntunglah kang Januar olahraga dibiayai kantor.

  9. kayka Says:

    melawan malas ini nih da, mesti disiplin #sambilmenunjukdirisendiri.
    saya sendiri setiap berangkat kerja targetnya naik tangga stasiun bawah tanah. ini juga kadang setan kecil diatas kepala teriak-teriak ‘naik tangga jalan atau lift ajaaa’ #halaaah

    salam
    /kayka

    @ kayka
    Kalo gak dipaksain olahraga bagi kaum banyak alasan, -termasuk saya- disiplin tidak akan berjalan,🙂
    Tapi banyak jalan kaki, minimal 10 ribu langkah sehari, cukup menjaga kebugaran.
    Saya juga kadang dibisiki syetan, “gak usah capek, ikut mobil teman aja.” Tapi tetap saya lawan, hehe…

  10. shiq4 Says:

    Saya nggak pernah olahraga pak. Mungkin nanti bulan maret tahun depan baru mulai jogging lagi.

    @ shiq4
    Ayo olahraga biar makin sehat.

  11. Sing Indo Says:

    Gimana ya biar semangat olah raga?

    http://singindo.com/2015/11/26/cewek-ini-pesan-antar-kfc-dari-hotel-dengan-suara-seperti-orang-sedang-bercinta/

    @ Sing Indo
    Supaya semangat olahraga, ya, kang, gampil pisan. Pertama pilih olahraga yang disenangi, kedua just do it, hehehe…

  12. denaldd Says:

    Saya kagum lho dengan konsistensi Pak Alris selalu memberikan buku gratis disetiap postingan. Barakah selalu ya Pak🙂
    Saya olahraga lari seminggu 2-3 kali. Kalau mau ikutan race nambah frekuensinya. Olahraga yang awet sampai sekarang buat saya hanya lari dan renang, selain bersepeda dan jalan kaki kemana2. Dulu karate juga, tapi musti saya stop karena skoliosis yang tidak memungkinkan. Saya baru tahu lho pak kalo skipping meningkatkan fertilitas. Wah perlu saya coba ini haha. Kalo suami sih skipping rajin setiap hari. Terima kasih Pak buat informasi berharga ini.

    @ denaldd
    Bagi-bagi buku gratis sebagai salah satu bentuk rasa syukur atas rejeki yang gak terbatas yang diberikan Tuhan kepada saya. Nikmat masih hidup dan sehat saja sudah gak ternilai. Dikasih rejeki dalam bentuk gaji rutin tiap bulan juga yang wajib saya syukuri. #kok malah ceramah,🙂
    Aamin, barakah juga buat mba Deni dan keluarga.

    Salut deh buat mba Deni, olahraga yang dilakukan rutin. Saya waktu sekolah dulu sering olahraga maraton dan jogging.
    Menurut info skipping bisa meningkatkan fertilitas.

  13. via maheswari Says:

    Mungkin harus cari tau dulu suka nya olah raga apa. Kl sudah suka pasti bakal semangat sih kalo menurut sy. Karena sy pun pernah mencoba beberapa jenis olah raga dri jogging, fitness, senam, zumba, aerobik, berenang, tapi ga ada yg bertahan sampai akhirnya sy mencoba yoga dan ternyata saya suka banget. Karena suka jadinya sy menikmati tiap hari yoga. Semoga segera ketemu olah raga yang disukai ya 😊

    @ via maheswari
    Sejak dulu saya suka jogging dan skipping. Jadi kayaknya olahraga ini yang akan saya tekuni lagi,🙂

  14. hensamfamily Says:

    Alhamdulillah saya rutin olah raga selesai subuh dan sebelum berangkat ngantor. Kecuali hari Senin dan Kamis karena berpuasa. Tapi saya agak males keluar rumah jadi olah raganya senam di depan tv hehehe… Caranya ngikutin instruktur senam yang didownload dari Youtube. Terdiri dari 2 tahap, warming up dengan senam yang low impact dan dilanjutkan dengan senam yang high impact. Total setengah jam-an. Hal ini berhubung usia sudah 35an dan perut sudah mulai gampang buncit. Alhamdulillah tekanan darah lebih normal dan lemak disekitar perut jadi menipis. Tapi tentunya harus didukung dengan asupan makanan dengan kalori yang dibatasi. Salam olahraga!

    @ hensamfamily
    Wah bersyukur banget itu bisa rutin olahraga. Saya juga kadang peregangan dan senam kecil-kecilan di dalam kamar,🙂
    Salam sehat selalu.

  15. Evi Says:

    Penyakit malas itu emang susah obatnya. Saya juga gitu Pak Alris. Sekarang malas banget olah raga..:(

    @ Evi
    Ayo uni Evi mulai olahraga. Jalan kaki dipagi hari keliling komplek dapat sehat dan silaturahmi.

  16. Akhmad Muhaimin Azzet Says:

    Saya juga kepingin banget olahraga, tapi tidak bisa rutin. Termasuk bersepeda yang dulu rutin tapi sekarang jarang lagi. Akhirnya, saya memaksa diri kalau jamaah ke masjid harus jalan kaki. Dengan demikian, semoga ini juga menjadikan sehat🙂

    @ Akhmad Muhaimin Azzet
    Di Yogya olahraga sepeda kayaknya masih banyak yang melakukan. Bagus nih bersepeda, dapat sehat juga refreshing lihat pemandangan sepanjang jalan,🙂

  17. jampang Says:

    saya sekarang kurang olahraga…. paling jalan pagi seminggu sekali…. plus gendong anak😀

    @ jampang
    Saya dulu waktu pergi pulang kerja pakai sepeda motor juga jaraaang banget olahraga. Hehehe…

  18. Gara Says:

    Saat yang paling susah memang ketika memulai sesuatu ya Mas, rasanya memang berat, tapi kata teman saya, kalau kita mulai sedikit demi sedikit, lama-lama akan menikmati dan terbiasa :hehe.
    Well, saya pikir hal itu berlaku bagi sebagian besar orang, kecuali saya dalam hal olahraga :haha, habisnya saya males banget memulai olahraga *digampar karena munafik :haha*. Tapi saya harus sadar juga dan mulai menggerakkan badan sedikit demi sedikit. Terima kasih ya sudah berpartisipasi dalam hal itu (saya menganggap ini bagian penyadaran saya)! :haha.

    @ Gara
    Rata-rata memang orang malas olahraga ya. Tapi demi sehat, ayo, mari kita mulai olahraga.
    Sedikit dulu, lalu tingkatkan terus sampai menjadi kebiasaan. Salam olahraga.

  19. Ecky Agassi Says:

    Semenjak saya kerja di Kendari pun jarang jogging nih, mungkin butuh adaptasi hehe

    @ Ecky Agassi
    Perlu mulai dari olahraga yang sederhana dulu.

  20. Hermawan - MivecBlog.com Says:

    Cuma bisa rutin tiap minggu pagi… selebihnya #malez🙂

    @ Hermawan
    Walau cuma seminggu sekali tapi rutin juga sudah oke.

  21. Ariesusduabelas Says:

    Saya jarang olahraga tapi nafsu makan baik-baik saja tuh. Malah berlebih kalau uang ada. Hahaha. Yang penting sepertinya menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh dan cukup istirahat. Olahraga sekalian beraktifitas atau kerja; ya jalan, ya ngangkat-angkat. Tapi kalau mau yang lebih optimal lagi, ya be sure, olahraga!

    @ Ariesusduabelas
    Menjaga asupan makanan dan cukup istirahat adalah hal penting. Olahraga membuat tubuh lebih fit, prima dan semangat. Mari olahraga!

  22. adelinatampubolon Says:

    Sama mas aku pun males bangat disuruh olahraga. Kalau sdh malas2an seminggu dua minggu mulai lagi itu susah nya minta ampun.

    @ adelinatampubolon
    Ayo mulai lagi olahraga, mulai dari olahraga yang ringan aja dulu.

  23. Allisa Yustica Krones Says:

    Amiinn…semoga minggu depan udah bisa rutin olahraganya yaaa

    @ Allisa Yustica Krones
    Semoga dapat saya penuhi niat saya itu, aamin.

  24. momogrosir Says:

    aku juga kalau soal olahraga selalu susah rutin.

    @ momogrosir
    Walau gak rutin tapi tetap usahakan ada olahraga sekali seminggu.

  25. arinidm Says:

    Aduh baca tulisan ini jadi ngingetin saya untuk olahraga Mas, saya itu juga malessss banget olahraga, pdhl berat badan udah naik 10 kilo aja dari terakhir nimbang, tapi baru termotivasi dikit aja buat olahraga. Soalnya saya ini milih-milih pula sukanya olahraga apa, jogging nggak suka, maunya sepeda tapi nggak punya sepeda. Trus kalo bisa yang indoor bukan yg outdoor krn males dilihat orang sekitar yg suka nongkrong di depan rumahnya. *terlalu byk persyaratan* Sebenernya di deket rumah ada sih tempat senam, cuma isinya ibu-ibu pejabat semua jadi males deh ikutan, takut obrolannya nggak nyambung, ato lbh takut lg merasa inferior dengan ibu-ibu pejabat hahaha. Pdhl kata suami ngapain harus keder lah kita punya profesi sendiri kok. *iya juga sih* *jadi ngalor-ngidul bahasannya* Eeeh gara2 baca ini jadi nyadar kenapa ga skipping aja ya kan bisa di rumah sendiri ngelakuinnya kan. Mari sama2 berdoa semoga kita ga malas olahraga lagi ya Mas, hehehe

    @ arinidm
    Olahraga jogging keliling komplek juga bagus, sekalian silaturahmi. Pagi jogging bareng suami nambah mesra,🙂
    Semoga kita jalani olahraga secara rutin.

  26. fasyaulia Says:

    Aku gak serajin itu sih olahraga nya. Palingan jogging itupun jaraaaaaaaaang bangeeeet hahaha :))))

    @ fasyaulia
    Jogging juga bagus buat kesehatan. Ayo jogging teratur.

  27. andyhardiyanti Says:

    Udah lama banget nih gak olahraga😦
    Makanya nih berat badan rasanya makin nambah aja. Sekarang cuma pergi ke CFD aja kok rasanya udah capek banget. wkwkwkw

    @ andyhardiyanti
    Ayo segera olahraga. Gemuk adalah sumber bermacam penyakit.

  28. Meiy Piliang Says:

    kalo uni memaksa diri olahraga, gak ada cara lain mengalahkan malas, biasanya malas sih krn byk kerjaan lain. kalau sudah dimulai terasa enjoy, uni juga sukanya jalan cepat, jalan nyantai, jogging. sukanya keliling2 kompleks, ada pemandangan, pohon2. kalo di lapangan yg ada trek malah bosen mutar2 disitu2 aja. sebenarnya yg paling disuka adalah trekking ke rimba raya😀

    @ uni Mey
    Menjelang terbiasa memang harus dipaksakan untuk olahraga, ya, uni. Paling asik itu memang jalan kaki ke daerah yang hijau banyak pohonnya.

  29. rangtalu Says:

    wah, sudah beberapa bulan terakhr saya sudah sangat sangat sangat sangat jarang berolahraga, bahkan untuk urusan jalan apalagi jogging sekalipun.
    efeknya benar-benar terasa, saya menjadi mudah mengantuk, mudah lelah dan kurang fokus saat belajar.

    tapi bantuaknyo, mulai minggu bisuak, ambo rutinkan lai da, ndak bisa mode ko taruih doh

    @ rangtalu
    Kalo badan gak prima, gak segar gampang mengantuk kalo ada kegiatan yang bersifat duduk saja. Mari olahraga biar sehat dan bersemangat menjalani kegiatan.

  30. ded Says:

    Aaah…. sekarang saya juga jarang jogging apalagi skipping padahal manfaatnya begitu besar.
    Semoga kita semangat lagi olah raga 🙂

    @ uda Ded
    Mari olahraga uda Ded,🙂
    Apalagi olahraga rutin makin prima kesehatan tubuh.

  31. nanangrusmana Says:

    naaaaaaaaaaahhhhhh………..ini dia yang tak pernah saya lakukan kang…huk huk……olahraga bisa dihitung jari selama bbrp tahun malah ….nggak sehat ya. tp mau lari nanti tambah kurus saya🙂 , olah raga apa yang cocok buat yang kurus yaaa…… saya biasanya olahraga Catur hihihi

    @ nanangrusmana
    Olahraga jogging cocok kang, atau jalan kaki juga bagus.
    Dengan berolahraga badan terasa makin prima, hidup makin bersemangat. Saya sudah merasakannya.

  32. Ririe Khayan Says:

    Olah raga, masih menjadi PR yg harus saya selesaikan. Terutama sjk pindah ke Yogya, aktifitas fisik yang namanya OR menjadi sangat jarang banget saya lakukan. Paling-paling hanya jalan kaki kalau hari Jum’at

    @ Ririe Khayan
    Memang sudah jadi penyakit banyak orang untuk malas olahraga. Saya juga begitu. Makanya saya tulis ini, supaya jadi pengingat juga buat diri saya. Kan malu koar-koar tapi gak melakukan.

  33. @HEYDEERAHMA Says:

    Lengkap nih informasinya… Ayo semangat pak buat skippingnya!

    @ @HEYDEERAHMA
    Ayo…semangat olahraga teratur.

  34. cumilebay.com Says:

    Jadi body kakak, mirip kayak di foto itu yaaa ??? yaa ampun keren bener jadi ngiri hahaha

    @ cumilebay.com
    Bercita-cita sih punya body kayak gitu. Tapi belum kesampaian, masih proses, wkwkwk…

  35. eda Says:

    baca ini trus baru ngeh, uda gak olah raga sebulan abis sakit😀

    @ eda
    Yuk olahraga lagi. Cara sehat itu sebenarnya cukup sederhana, salah satunya dengan olahraga.

  36. Fahmi Anhar Says:

    hahaha sama! ini juga problem buat saya. sudah jarang olahraga karena waktunya yang habis di kantor. sampai rumah sudah capek. weekend prefer untuk kruntelan family time dengan si kecil. trus kapan dong olahraganya?

    @ Fahmi Anhar
    Olahraganya pagi setelah sholat subuh,🙂

  37. rynari Says:

    Masa lompat tali sudah sulit untuk saya, palingan sesekali jalan saat ngebun nih Uda. Salam sehat

    @ rynari
    Jalan kaki juga bikin sehat.

  38. rangga fahrian Says:

    Wah ini, masalah yang sama dengan saya. Bagi saya pindah lingkungan tinggal itu resikonya besar juga termasuk pengaruh malas berolahraga.
    Salam kenal dari Lombok, diunggu kunjungan baliknya😀

    @ rangga fahrian

    Mari kita mulai olahraga dari yang sederhana. Salam kenal kembali.

  39. Irwin Andriyanto Says:

    Wah manfaat nya banyak, saya bun suka berolahraga khususnya olahraga gowes😀 ,,, salam kenal dari Tangerang

  40. Titik Asa Says:

    Nyerah banget urusan olah raga. Paling top yg sekarang saya lakukan hanya jalan kaki saja kelililing sukabumi, itupun hanya di hari sabtu atau minggu saja…
    Jadi kepikiran berolahraga ringan rutin lagi nih Mas…
    Salam,

    @ Titik Asa
    Olahraga jalan kaki juga asik kang, dan sehat. Ayo terus berusaha.

  41. Adiitoo Says:

    Saya juga begitu. Awalnya malas banget. Tapi setelah menjalani dengan rutin, ternyata olahraga itu menyenangkan. Semangat, Mas

    @ Adiitoo
    Iya, Adit. Minggu lalu saya jogging bareng teman di lapangan Merdeka Ambon. Mengasikkan.

  42. Rahmah Says:

    Takkan susah jika dipaksa untuk disiplin…
    Kayak saya harus paksa diri olahraga lari2 kecil tiap pagi

    @ Rahmah
    Ya memang, harus dipaksakan supaya disiplin.

  43. Indah Says:

    Bener bangetttttt! Susah banget nyari waktu buat berolahraga, walaupun di waktu” singkat bisa t5api tetep aja terkadang males.. huhu.. *kebiasaan buruk*😦

    @ Indah
    Harus dipaksakan untuk olahraga, kalo gak gitu malas terus,🙂
    Ayo olahraga.

  44. bersapedahan Says:

    skipping bnaget banget manfaatnya ya … dulu juga waktu mulai berusaha olahraga .. saya coba skipping .. tapi ga bisa rutin …. akhirnya…. balik ke hobi waktu kecil .. sesepedahan kesana kesini …🙂

    @bersapedahan
    Bersepeda kayak mas ini juga sangat bermanfaat. Apalagi menempuh jarak berpuluh kilometer itu membutuhkan energi gak sedikit.

  45. Kursus Internet Marketing 0821-4150-2649 Says:

    Dulu pernah bisa Rutin 6 Bulan , terus berhenti total melihat tidak ada perkembangan dalam Body Building😄.

    @Kursus Internet Marketing 0821-4150-2649
    Untuk perkembangan body building butuh waktu lama, mas, gak bisa instan.

  46. Ruang Freelance Says:

    Memang kalo mau membiasakan hidup sehat itu kok sulit banget ya rasanya. olahraga sih sampe sekarang masih dijalani, cuman ya itu gak rutin, jadi ya kalo lagi pengen olahraga, kalo lagi males ya gak olahraga.🙂

  47. Tanu Isl Says:

    Oyama Slim Tea “Tampil Langsing Secara Alami”. Oyama Slim Tea terbuat dari herbal alami yang diformulasikan secara ilmiah untuk menghasilkan produk teh berkualitas tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. info: cs@indosehat.com

  48. annosmile Says:

    betul mas harus rutin berolahraga karena banyak manfaatnya..
    hehe..saya menyadari kalau kurang olahraga..
    sekali diajak jalan jauh badan langsung kaku2.. duhh

    @ annosmile
    Iya. Olahraga banyak manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: