Apa yang Anda Tanam Itu Pula yang Anda Tuai

Sebenarnya mood Anda sepanjang hari itu dimulai dari apa yang Anda lakukan ketika bangun dari tidur. Saya ingat akan petuah, “apa yang Anda tanam itu pula yang Anda tuai.” Mengawali hari menurut saya dimulai ketika bangun tidur. Kondisi saat kita bangun tidur dan mengawali hari setelah bangun tidur dengan sesuatu akan menentukan mood kita sepanjang hari. Baik yang Anda lakukan ketika bangun dari tidur, maka mood Anda sepanjang hari akan baik.ย  Salah Anda melakukan sesuatu ketika bangun dari tidur, banyak aktifitas Anda hari itu akan berakhir dengan membuat banyak kesalahan. Jadi suasana hati yang dibentuk ketika bangun dari tidur itulah yang akan menghiasi hari Anda. Itu pengalaman saya.

Jadi bagaimana membuat mood selalu baik sepanjang hari. Itu dimulai dari tidur Anda. Usahakanlah tidur yang cukup sesuai kebutuhan tubuh. Manusia itu unik, ada yang cukup tidur selama empat jam. Manusia lainnya harus tidur delapan jam untuk mencapai kebugaran. Para ahli berpendapat yang penting tidur itu berkualitas. Lamanya tidur berkualitas tergantung range umur seseorang. National Sleep Foundation (NSF) merekomendasikan berapa lama waktu tidur pada setiap usia. Misal rekomendasi waktu ideal tidur untuk usia 26 – 64 tahun adalah 7 – 9 jam. Lamanya waktu tidur itu menurut saya tidak mengikat untuk semua orang. Nikola Tesla, -seorang penemu, fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik yang memiliki lebih dari 300 hak patent hanya tidur 2 – 3 jam sehari. Tesla juga tidur bukan di kasur empuk, kebanyakan tidurnya adalah di sofa. Dia meninggal di usia 86 tahun. Jadi haruskah Anda tidur 8 jam sehari? Saya sendiri saat ini tidur hanya sekitar 6 jam sehari.

Sebagai orang yang beragama, setelah bangun tidur saya biasanya akan langsung berdoa. Kadang lupa juga berdoa. Saya mengucap syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Sang Maha Pencipta. Terutama saya diberi sehari lagi untuk dinikmati. Setelah itu saya berdiam diri sebentar untuk menjaga kesadaran. Bersihkan pikiran dari segala masalah yang mungkin akan segera membanjiri otak di hari itu. Lalu bangun secara perlahan. Selanjutnya melakukan aktifitas ibadah sesuai agama yang saya anut. Setelah kegiatan ibadah selesai barulah saya melakukan kegiatan lainnya sebelum berangkat kerja.

Menurut beberapa tulisan yang saya baca, ada beberapa hal dilakukan untuk membuat pagi lebih ceria agar suasana hati tetap baik sepanjang hari. Pada prinsipnya kegiatan tersebut adalah aktifitas ringan. Dimulai dari bangun yang santai, tidak terburu-buru. Lalu gerakkan otot-otot secara perlahan.Luangkan waktu beberapa menit untuk menarik napas. Sebaiknyaย  tidak meminum teh atau kopi dengan gula dan susu karena itu bersifat asam. Minuman setelah bangun tidur air putih atau jus lemon.

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan jika melewatkan sarapan bisa menyebabkan obesitas, diabetes, dan penurunan kekebalan tubuh. “Jika Anda melewatkan sarapan, Anda akan berakhir membuat pilihan makanan yang salah sepanjang hari. Saat bangun, gula darah rendah karena ada jeda yang panjang di antara makan malam dan waktu sarapan. Oleh karena itu penting untuk setidaknya makan sedikit di pagi hari agar tidak lesu,” kata Ramon Lamba, ahli kesehatan.

Hindari marah-marah di pagi hari. Bad mood di pagi hari akan mengeblok energi positif. Ketenangan di pagi hari adalah hal yang penting. Satu lagi tips untuk memulai hari dengan baik adalah menyiapkan pakaian semalam sebelumnya. Kadang hal kecil bisa memicu kesibukan yang tidak perlu di pagi hari. Misal lupa menarok ikat pinggang yang akan dipakai sehingga sibuk mencari kesana-kemari. Siapkan barang-barang yang perlu untuk mencegah timbulnya stress.

nyari emas, eh bukan...cari emas, eh salah. ngebor bro…

Ada orang yang langsung merokok setelah bangun dari tidur. Bagi saya itu adalah tindakan ceroboh, mengisi paru-paru pertama kali dengan racun. Saya tak perlu berdebat tentang hal ini. Silahkan saja googling apa bahaya merokok. Kalau bagi saya tidak memberikan apapun kepada tubuh sebelum minum segelas air. Satu lagi tambahan adalah hindari gadget saat bangun tidur. Tak usah mengecek medsos, sms, e-mail, WA, dan bbm. Eh, masih adakah bbm? Saya sudah lama tak pakai bbm. Awali juga pagi hariย  ente dengan senyum.

***

Pada posting ini saya masih menyediakan dua eksemplar buku gratis. Saya akan memilih orang yang berhak mendapatkan buku gratis dari pengomentar yang ada di tulisan ini. Syarat dan ketentuan berlaku. Yang mendapat buku gratis untuk posting lalu adalah: hafidhmind.wordpress.com dan sabilalb.wordpress.com. Selamat kepada pemenang, selamat menunaikan ibadah puasa juga,๐Ÿ™‚

46 Tanggapan to “Apa yang Anda Tanam Itu Pula yang Anda Tuai”

  1. imvalta.com Says:

    Oke…saya ikut komentar juga….
    Syarat dan ketentuan berlaku๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    @ imvalta.com
    Terima kasih.

  2. awansanblog Says:

    yang terakhir tuh yg berat, ngecek gadget ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    but, mkasih atas artikelnya, saya jadi tersadar kembali ๐Ÿ˜

    @ awansanblog
    Kita yang mengatur gadget, bukan kita yang diatur gadget,๐Ÿ™‚

  3. ade_jhr Says:

    Kalau ak si biasanya pas melek wajib senyum, doa dan minum trus cek hp sambil ngumpulin energi.. Cek hp juga buka” instagram dan wordpress kalau udah total melek baru bangun ibadah klo lg ngk males haha terus cari sarapan. Sarapan penting buat gw karena kalau sudah kerja sering ngak sempat makan siang ๐Ÿ˜„

    @ ade_jhr
    Usahakanlah untuk ibadah lebih dulu sebelum kegiatan lainnya. Sarapan juga baik, menghindari sakit maag,๐Ÿ™‚

  4. endaharum14 Says:

    Makasih bang, mas, pak. Sepertinya saya lupa bahagia kalau pagi menjelang. Karena rempong urus rumah dan anak. Harusnya bangun lebih pagi, ibadah lebih oke dan senyum alhamdulillah reminder nya (:

    @ endaharum14
    Rempong urus anak itu menurut saya ibadah jika dilakukan dengan ikhlas. Bangun lebih pagi asal tidur juga lebih awal.

  5. farizalfa Says:

    Masalah tidur adalah masalah saya juga sepertinya, saya sering sekali belajar sampe malam sembari menyeruput kopi tiba-tiba jam 12 saya tidak sedikitpun mengantuk, padahal jam segitu seharusnya saya harus tidur. Akhirnya saya coba berbaring dan tidak bisa juga, dan coba baca novel biar ngantuk tapi ngak ngefek juga akhirnya baru tidur sekitar jam 5 selesai shalat subuh, padahal kuliah dimulai jam sembilan. Bangun jam 8 siap-siap kuliah dan akhirnya kuliah dengan mata hitam. hahaha

    @ farizalfa
    Jangan minum kopi kalau sudah malam hari. Nanti punya masalah seperti yang Farizalfa hadapi. Tidur cukup itu penting untuk menjaga stamina.

  6. zaenudin Says:

    saya setuju banget mas alris. pas bangun itu harus minum air putih dan menurut tulisan yang saya baca,ketika bangun tidur harus melakukan 3x 1/2 menit itu akan terhindar dari penyakit jantung.
    1/2 menit pertama membuka mata
    1/2 menit kedua bangun
    1/2 menit ketiga duduk dulu sebelum mengawali aktivitas

    @ zaenudin
    Nah, info baru nih buat kesehatan jantung.

  7. Andik Taufiq Says:

    Betul. Bangun pagi kalau sudah dibiasakan akan jadi berkah. Ga berat sebenarnya, hanya perlu kebiasaan. Apalagi kalo tidurnya cukup dan pas. Otak jadi fresh, pikiran jadi positif. Ga perlu melakukan yang aneh-aneh untuk mengkondisikan pikiran positif saat bangun tidur. Cukup senyum dan berdoa sebagai tanda syukur telah dibangunkan lagi dari tidur. Selanjutnya… yang penting disetel kalem saja. Mau kemana emangnya pagi-pagi kok buru-buru. Kalau kesiangan nah itu baru wajar terburu-buru.๐Ÿ˜€

    Tapi tetap tidak disarankan untuk buru-buru. Dunia ya begitu itu. Dia ga akan kemana-mana. Malah kalau semakin diburu akan semakin haus diderita, semakin lelah dirasa.

    @ Andik Taufiq
    Saya berusaha untuk membiasakan bangun setengah jam sebelum sholat subuh. Memang berat diawal. Tapi kalau tidurnya cukup, bangun diawal lebih mudah. Soalnya sekarang saya harus mengawasi kerja di lapangan sering sampai dinihari. Jadi begitu deh, mbah, kadang saya bangun siang juga, sekitar jam 7-an pagi.
    Prinsip saya sih sekarang dinikmati saja.

  8. adelinatampubolon Says:

    untuk seumur aku sekarang jadwal tidur masih harus 8 jam loh mas, wkwkwk.. kalau kurang dari 8 jam pasti bawaannya bete. bisa dipastikan jam 9 malam sudah berada didunia mimpi. paginya benaran segar bugar dan happy sepanjang hari.

    Kalau aktivitas pagi setelah bangun aku setuju air putih atau lemon sangat baik untuk mendetox tubuh plus menghindari gadget adalah tindakan yang amat tepat menurut aku. Jadi selamat menuai kebahagiaan yach mas.

    @ adelinatampubolon
    Ya, tiap orang berbeda lamanya waktu tidur. Kalo saya bisa tidur 6 jam rasanya sudah happy banget, makanya hari minggu sering saya manjakan diri dengan tidur siang๐Ÿ™‚
    Minum air putih atau lemon sangat baik setelah bangun tidur.

  9. denaldd Says:

    Sejak awal tahun 2016, salah satu kebiasaan baru yg saya dan suami terapkan adalah menjelang tidur dan bangun tidur sama2 mensyukuri 5 hal. Jadi kami saling menyebutkan waktu akan tidur dan pas bangun tidur apa saja yg patut disyukuri. Ternyata itu sangat menyenangkan sekali. Banyak hal2 kecil yg sering terlupakan untuk bersyukur. Dan itu selalu jadi mood booster kami sepanjang hari, selalu bersyukur.

    @ denaldd
    Nah, ini saya dapat pelajaran baru lagi dari mba Deny. Saya akan coba untuk menyebutkan dan mensyukuri nikmat yang Tuhan berikan sebelum tidur. Kalo selama ini setelah selesai kerja dan berkemas mau pulang saya merenung sebentar sambil mengucap syukur atas nikmat yang Tuhan berikan hari itu.

  10. Firsty Chrysant Says:

    Postingannya tentang tidur dan mood keren abis dah…

    Tidur saya 2 tahun ini acak2-acakan…. Tapi kalau saya bisa tidur 9 ana atau sebelum jam 10, trus bangun jam 3, dan ngga tidur lagi sampai siang, badan tetap fresh sampe malam. Meski tidur hanya 5 jam.

    Tapi kalau tidur jam 12 atau lewat, trus abis subuh tidur lagi sampe jam 8, badan tetap ngga segar meski tidur sekitar jam 8.

    Jadi bener lah sunah rasul : membagi malam dengan 3 bagian.

    1/3 bagian buat beraktifitas, 1/3 bagian buat tidur dan 1/3 bagian akhir buat ibadah.

    jadi kalau di Indonesia malamnya ada 12 jam, paling ngga udah tidur jam 10, trus bangun jam 2 an, dan ibadah malam dari jam2 an sampe subuh…

    Pengen banget praktekinnya, tapi belum pernah terwujud, heheh

    @ Firsty Chrysant
    Semoga segera terwujud pembagian aktifitas, tidur dan ibadah secara ideal. Mulai dengan pelan-pelan, lama-lama juga bisa.

  11. Timothy W Pawiro Says:

    Pengennya sih tidur mules 7 jam ya, tp udah kebiasaan tidur 4 jam nih. Kadang bangun pagi juga, pengennya berdoa dan mengucap syukur, tapi trus ga inget huee … Mesti digiati lagiiii!!๐Ÿ˜‰

    @ Timothy W Pawiro
    Wah salut saya bisa tidur 4 jam sehari. Berdoa dan bersyukur bikin hidup lebih berkualitas.

  12. Ester Aprillia Says:

    Suka dgn postingannya mas alris ini.. Seperti membaca artikel kesehatan skaligus ada unsur motivasi dan rohani di dalamnya. Hihihiiiii.. Itu yg kadang saya lupa, mengeset otak utk positif saat bangun tidur agar sepanjang hari mood terjaga baik ๐Ÿ˜

    @ Ester Aprillia
    Mengeset otak untuk hal yang bagus di pagi hari akan membuat hari terasa menyenangkan. Mari berpositif dan bersyukur ketika bangun tidur.

  13. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Alris…

    selamat menjalani ibadah puasa dan mendapat kebaikan dari amal ibadah yang dilakukan.

    Saya kalau bangun tidur setelah baca doa akan minum air putih dahulu untuk menyegarkan tubuh setelah terhidrasi semasa tidur. Baru mengerjakan perkara lain. Alhamdulillah, benar sekali mas, senyum di awal pagi merupakan ibadah buat seluruh hari.

    Salam Ramadhan al-mubarak dari Sarikei, Sarawak.

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    Waalaikumsalam wr wb, Kak Siti.
    Selamat menunaikan ibadah puasa untuk Kak Siti dan keluarga.
    Mari kita memulai hari dengan hal yang baik dan berpikiran positif.

  14. ar syamsuddin Says:

    Setuju mas Alris, Awal yang baik insya Allah akan berakhir dengan baik pula, begitu pun sebaliknya..saya meyakini hal itu mas, karena energi positif yang kita bangun sejak di awal akan bisa mengatasi energi negatif baik dari internal maupun eksternal diri kita, tentu dengan pertolongan Allah SWT.
    Salam dari Dompu

    @ ar syamsuddin
    Saya juga meyakini seperti yang Pak AR Syamsuddin katakan. Sesuatu yang dimulai dengan baik diharapkan juga berakhir baik.

  15. prih Says:

    Terima kasih Uda, menata ulang alur kegiatan bangun tidur untuk membangun mood positif. Mau meniru minum air putih dulu sebelum yang lain.

    @ prih
    Saya juga coba mencoba budaya baru nan positif, biar hidup makin bermakna,๐Ÿ™‚

  16. April Hamsa Says:

    Ah iya Mas. Tapi, kadang saat bangun pagi, anak rewel, huwaaaa itu suka bikin emak2 kyk saya jd buang energi bad mood pagi2 hiks. Terima kasih, baca postingan ini jd diingatkan utk lbh membangun energi yg positip2 aja, berlaku jg saat anak rewel pagi2๐Ÿ™‚

    @ April Hamsa
    Anak rewel sudah jadi bawaan anak kecil. Saya juga mengalami waktu anak saya kecil. Yang penting bagaimana kita menyikapinya.

  17. bersapedahan Says:

    kalau zaman sekarang sih .. bangun tidur langsung pegang gadget …. kelakuan yang tidak benar dan betul … mesti ada revolusi mental kayaknya

    @ bersapedahan
    Sebaiknya memang gak pegang gadget dulu kalau bangun pagi.

  18. Monda Says:

    bad mood pagi hari itu memang mengganggu banget waktu kerja da, jadinya kalau ada persoalan yang mengganggu nggak mau dipikirin, biarin aja mikirnya ditunda dulu

    @ Monda

    Iya, betul kak Monda. Kayak kita menanam keburukan dipagi hari, siang sampai sore kita menuai yang tidak baik.

  19. ndgblog Says:

    Saya paling bt kalau sudah ada asap rokok seliwiran melewati lubang hidung hehe

    @ ndgblog
    Bilangin aja sama yang ngerokok itu.

  20. Haris Luqman Hakim Says:

    Saya bukan perokok, dan untungnya saya tremasuk orang yang rajin sarapan sebelum beraktivitas.

    @ Haris Luqman Hakim
    Bagus itu tidak merokok.Sarapan yang wajar juga bagus.

  21. Akhmad Muhaimin Azzet Says:

    Memulai dengan hal yang menyenangkan ketika pagi hari tampak jelas dari doa bangun tidur ya, Mas, dibuka dengan kalimat rasa syukur๐Ÿ™‚

    @ Akhmad Muhaimin Azzet
    Iya ustad berdoa setelah bangun tidur menurut saya refleksi dari rasa syukur dan permohonan kebaikan diawal hari.

  22. Ceritaeka Says:

    Hmm biasanya tiap pagi saya ngecek hape sambil di toilet sih. Sepertinya aku mau lakukan tantangan ini deh, gak cek medsos abis bangun. Pengen tau gimana rasanya๐Ÿ˜› Hehehe

    @ Ceritaeka
    Kalo saya sih sudah menghindari gadget ketika baru bangun tidur. Masa sih kita yang diatur gadget?

  23. Anjar Sundari Says:

    Jam tidur saya tidak terjadwal dengan baik. Sering sekali ketika jam 9 malam sudah sangat mengantuk namun harus memaksa terjaga karena harus setrika pakaian. Setelam jam 10 keatas justru ngantuknya hilang dan ketika mau tidur justru kesulitan. Akhirnya baru bisa tertidur hampir jam 12 malam.

    Kalau bangun tidur kebiasaan cek hp, siapa tahu selama saya tidur ada pesan penting dan segera dijawab. Biasanya sih ada yang minta diisi pulsa, karena saya jual pulsa. Kalau bukanya nanti-nanti yang beli bisa marah tuh :))

    @ Anjar Sundari
    Saya kalo gak capek banget jarang tidur dibawah jam 12 malam, tidurnya kebanyakan jam satu atau jam dua malam.

  24. Haris Luqman Hakim Says:

    Untung saya bukan perokok, dan saya juga rajin sarapan tiap pagi.

  25. dedy Says:

    Saya setuju “Awalilah harimu dengan senyum”

    @ uda Dedy
    Iya uda Ded, mengawali hari dengan positif salah satunya dengan tersenyum.

  26. Effendi nurdiaman Says:

    Untung saja saya bukan tipe orang perokok jadi pas bangun tidur tidak menghisap rokok๐Ÿ™‚ tapi kalau untuk membaca BBM saya sering tuh mas๐Ÿ˜ฆ mungkin disitu lah letak kesalahan saya mas. Semoga setelah membaca artikel ini saya bisa lebih baik lagi๐Ÿ™‚

    @ Effendi nurdiaman
    Bagus tidak merokok. Usahakan tidak bergadget saat baru bangun tidur karena sudah menyuruh otak untuk berpikir yang tak perlu. Tapi itu terserah anda.

  27. Son Agia Says:

    Wah mantap cees. Gaya tulisan ente penyusunannya rapi.

    Di bagian yang mengatakan bahwa porsi tidur itu relatif/tergantung orangnya, sukses bikin saya ngangguk-ngangguk. Saya biasa tidur rata-rata 4-5 jam/hari, and I don’t have any problem at all. In fact, I awalys wake up fresh in the morning.

    Dan satu lagi, dulu nenek saya selalu ngasih nasehat, “Kudu bisa sarapan pagi walaupun cuman sesuap nasi.” Sekarang saya jadi tahu, ternyata pendapat nenek saya ini ada penjelasan ilmiahnya.

    Thanks for the information.

    @ Son Agia

    Tulisan saya rapi? Wah terima kasih. Menurut saya masih acak-kadut,๐Ÿ™‚
    Lama waktu tidur tergantung kebiasaan seseorang. Selagi masih nyaman dan tidak mengganggu kesehatan menurut saya masih oke saja.
    Saya juga akhirnya mengusahakan sarapan setelah baca beberapa tulisan yang menganjurkan sarapan untuk mengurangi salah satu alasan obesitas.

  28. Khoirur Rohmah Says:

    Subhanallah… saya baru menerapkan jika setelah bangun tidur dengan suasana dan mood yang baik beberapa minggu terakhir ini. Apalagi terganggu dengan nyala lampu ketika tidur, membuat durasi waktu tidur saya yang sangat cukup itu terasa begitu cepat.
    Oleh karena itu, saya menerapkan untuk tidak menyalakan lampu ketika tidur, akhir2 ini.
    Bangun tidur, kebiasaan saya sampai saat ini selalu cek hape, atau nggak, terbangun karena alarm. atau nggak cek sms. karena, sebelum tidur, saya selalu mematikan data, supaya bangunnya tidak sibuk membuka notif yang seabrek itu. Itu saya.
    Benar memang kalau bangun dipagi hari, perlu dibangun mood yang baik. Karena hal itu berpengaruh dengan aktifits selama sehari penuh nantinya. dan aku telah membuktikannya sendiri.

    Ketika subuh, merungut karena suatu hal, berimbas dengan org sekitar saya, juga relasi dalam lingkungan kerja saya.
    Maka dari itu, saya sekarang mencoba membiasakan diri untuk setiap kali bangun tidur utk membangun mood yang positif, hingga mathari muncul, saya juga sudah mmpersiapkan, kegiatan apa saya yg mesti saya lakukan.

    Wajib dan penting memperisiapkan barang2 terkait keperluan untuk hari itu di malam hari sebelunya. Supaya tidak tergesa2 ketika menjelang pagi tiba.
    Nah, ini juga saya banget. Pernah salah sragam seragam gegara tidak saya persiapkan dengan baik. *lupa hari kayaknya juga๐Ÿ˜€
    atau nggak ada iket krudung yang ga tau kmana perginya, xoxoxo.

    Kalau setelah bangun tidur, lebih baik minum air putih. atau nggak air hangat untuk memusnahkan kuman2 yg jelek di mulut. Tapi sayangnya yg ini blum saya terapkan hingga kini. Kalau kebetulan ingat ya minum air putih biasa aja.
    Kebiasaan buruk yang ingin saya ubah itu seperti arang minum air putih. hheee

    Oh iya, kalau di rumah sebelum kerja, ibu selalu kukuh meminta saya untuk sarapan pagi. Meski Cuma makan nasi sama tempe atau tambah sambel, gitu aja, buat ganjel perut. Kalau nggak gitu bakalan keroncongan setelah jam 10.an hehe. Atau nggak, lambung kumat dan sakit perut. Bisa2 kena tipes seperti kemarin itu.

    Beh… bisa jadi 1 postingan ini kak๐Ÿ˜€

    @Khoirur Rohmah โ€“ [rurohma.com]

    – Awalilah bangun tidurmu dengan penuh semangat
    – Hindari membuka gadget terlebih dahulu sebelum semangat pulis 100%
    – Hindari menyalakan lampu untuk bisa tidur lebih efektif
    – Persiapakan segala sesuatunya sebelum hari H. Meski hal seremeh itu bisa membawa dampak besar.
    – Jangan lupakan sarapanmu.
    – Atur pola tidur dengan baik, supaya ketika bangun tidur lebih semangat lagi, hingga menjalani aktifitas seharian lebih giat.
    – Bangun tidur menentukan keefektifak aktifitasmu seharian.
    – Minum air putih setelah bangun tidur itu baik loh
    – Kalau tak ingin terganggu aktifitasmu menjelang jam makan siangmu, jangan lupakan sarapanmu.

    *cerminan bagi saya juga nih kak๐Ÿ˜€

    Terima kasih banyak sudah diingatkan dari tulisan kakak ini yaa ^_^

    @ Khoirur Rohmah
    Tidur sebaiknya mematikan lampu. Sinar dari lampu listrik tidak baik untuk kesehatan dalam masa tubuh istirahat.
    Cobalah setelah bangun tidur tidak diatur oleh gadget.
    Tips yang diberikan bagus.

  29. Kang Nurul Iman Says:

    Iya benar apa yang kita tanam itu yang akan didapat sunggu kata kata yang singkat tapi mengandung arti yang luar biasa.

    @ Kang Nurul Iman
    Begitulah adanya.

  30. ecky Says:

    Dimulai dengan yang baik ya, Mas?๐Ÿ˜€

    @ ecky
    Ya, Ecky. Mudah-mudahan akhirnya juga baik.

  31. fahrizinfa Says:

    Setuju banget nih.. apa yang dilakukan pertama ketika bangun tidur bakal mempengaruhi keseluruhan kegiatan pada hari itu..
    Pernah saya bangun tidur dengan kondisi agak bad mood karena kesiangan.. mood jelek nya itu kebawa terus seharian sampai malam hahahaha

    Salam…

    @ fahrizinfa
    Semoga tetap memulai hari dengan baik dan mindset positif.

  32. vizon Says:

    Satu hal yang sebaiknya kita hindari di pagi hari adalah, tidur lagi selepas subuh. Dalam hadisnya, Nabi saw. mengatakan bahwa tidur selepas subuh itu mematikan pikiran. Jika mood kita ingin bagus sepanjang hari, maka menikmati pagi dengan berbagai aktifitas positif, akan membuatnya tetap bertahan. Tidur pagi, akan merusak mood tersebut..๐Ÿ™‚

    @ uda Vizon
    Ini yang sulit. Bagi saya, karena saya harus gawe sampai jam satu jam dua pagi, setelah sholat subuh saya tidur lagi sampai jam tujuh pagi.
    Kalau irama kerja sudah normal mungkin saya tak perlu tidur lagi setelah subuh.

  33. cK Says:

    Aku badmood pas bangun tidur kalau kebangunnya kaget gitu, entah karena pintu digedor-gedor atau ada yang main petasan. Tapi badmoodnya gak ampe seharian sih, paling cuma beberapa jam pertama.

    @ cK
    Bagus itu, badmood gak pakai lama,๐Ÿ™‚

  34. Orin Says:

    iyaaa betul banget, kalo kesiangan bangun, misalnya. biasanya sih agenda hari itu entah kenapa jadi berantakan, adaaa aja yang salah. Padahal, kalo menurutku itu sebetulnya sugesti aja sih, seharusnya kita bisa mengendalikan mood kita sendiri kan ya, tapi kan teorinya doang yg gampang, prakteknya mah yaa….begitulah hihihihihi

    @ Orin

    Harusnya sih mood memang bisa dikendalikan. Tapi kalo sudah diawali yang tak baik pastinya ada pengaruh juga.

  35. brizki Says:

    betul, apa yang kita tanam, itu pula yang kita tuai

    @ brizki
    Yoi.

  36. Emakmbolang Says:

    Banget, mood pagi hari sangat penting untuk keseharian. Kadang jika malam aku selesaikan semua tugas, jadi pagi semua sudah bersih, rapi dan tenang. tinggal nyruput kopi aja๐Ÿ™‚

    @ Emakmbolang
    Kalau sudah dipersiapkan malamnya, diawali pagi dengan senang.

  37. Yudhi Hendro Says:

    bangun pagi itu memang menyehatkan ya mas…. biasanya setelah bangun saya wudhu dan usahakan sholat subuh jamaah di masjid. jalan kaki, pulangnya baru minum segelas air putih. pagi hari saat beraktivitas, pikiran dan abdan terasa segar๐Ÿ™‚

    @ Yudhi Hendro
    Kalau saya minum air putih setelah bangun pagi, untuk pengganti cairan tubuh yang hilang selama tidur.
    Olahraga dipagi hari sehat sepanjang hari.

  38. @eviindrawanto Says:

    Mood kita adalah tanggung jawab kita. Maka kita wajib mengusahakannya bila ingin selalu mood bagus. Mood bagus dimulai dari pagi yang bagus ya Pak Alris๐Ÿ™‚

    @ @eviindrawanto
    Menurut pengalaman saya memang begitu, uni. Mood bagus di pagi hari senang pikiran sepanjang hari.

  39. jonathanbayu Says:

    Yup, kesehatan harus selalu dijaga..kesehatan itu modal utk mencapai cita-cita #aseek

    @ jonathanbayu
    Yoi, kesehatan yang utama. Kalo sakit apa yang dilakukan?

  40. winnymarlina Says:

    kalau pagi pagi udah esmosi kayak rugi banget bang

    @ winnymarlina
    Betul sekali, Win.

  41. Diptra Says:

    Setuju mas Alris, apa yang kita tanam, maka itulah yang kita tuai. Ternyata termasuk juga di urusan bangun pagi juga yaa hehe mantap.

    Sebagai anak elektro yang ngefans dengan nikolai Tesla, saya malah baru tau beliau tidurnya hanya beberapa jam.

    Apa memang orang-orang outliers itu tidurnya sedikit yaa hehe

    @ Diptra
    Karena percaya mood di pagi hari akan mewarnai sepanjang hari, maka saya selalu berdoa yang terbaik setiap pagi.
    Soal tidur menurut saya soal kebiasaan saja. Kebiasaan bisa dibentuk dengan latihan yang intesif.

  42. Gena Lysistrata Says:

    Setujuuuu..penentu hari itu memang biasanya di pagi hari..maka dari itu perlu bangun pagi dengan tersenyum, bersyukur dan optimis..

    @ Gena Lysistrata
    Yoi, harus dimulai hari dengan bersyukur dan optimis. Tersenyum di pagi hari sebagai penanda hari ternyata mendatangkan semangat optimis.

  43. arinidm Says:

    Kalo saya lucunya Da kalo nggak buka gadget saat bangun tidur bisa memancing untuk tidur lagi setelah sholat Subuh. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Jadi untuk saya buka gadget malah berguna untuk memulai aktivitas di pagi hari, hihihi. *tidak baik untuk ditiru*

    @ arinidm
    Yang saya maksud adalah baru bangun tidur langsung “diperintah-perintah” oleh gadget. Kalo setelah sholat subuh buka gadget sih menurut saya juga gak apa-apa.

  44. BUKU โ€œRAHASIA SUKSES TERBESARโ€ โ€“ Another Side About Princes Bee Says:

    […] saya pernah berkomentar di postingan Bpk Alris di sini eh, setelah beberapa minggu, ada e-mail yang masuk dari beliau dan mengabarkan jika aku berhak […]

    @ Khoirur Rohmah
    Kalo kata-kata klasik “rezeki tidak kemana.”

  45. Johnc846 Says:

    Very good blog post.Really thank you! Fantastic. eceeegagddge

  46. Queen Hotel Cambodia Says:

    Pretty nice post. I simply stumbled upon your blog and
    wanted to say that I have truly loved browsing your weblog posts.
    After all I will be subscribing for your rss feed
    and I am hoping you write once more soon!

Tinggalkan Balasan

