First Scuba Diving: Ngeri-ngeri Sedap dan Menakjubkan Alam Bawah Laut

Tak terbayang sama sekali bagi saya suatu saat akan menyelam dengan peralatanย  penyelam. Jangankan membayangkan, mimpipun saya belum pernah hal diving ini. Dan diving pertama saya terjadi secara tiba-tiba, tanpa ada perencanaan dan tanpa pelatihan terlebih dahulu. Mungkinkah dimasa lalu saya membayangkan diving, mengendap dalam alam bawah sadar, dan terus terpelihara? Lalu hari ini (12 – 12 – 2016) Tuhan mewujudkannya.

Memanfaatkan liburan 12 Desember 2016, kami tim pengawas pembangunan proyek ada waktu untuk liburan walau tidak seharian penuh. Dari pagi sampai jam dua belas masih kerja seperti biasa. Jam 12 siang sampai jam 18 sore ada waktu free. Berembuklah kami mau piknik dadakan kemana. Yup, semua setuju untuk pergi diving. Ada tempat kece badai yang orang doyan piknik divingpun belum tentu tahu. Tempatnya berada disatu desa di Morela Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah.

Lalu bagaimana dengan peralatan untuk menyelam? Alat bantu yang bernama SCUBA (Self Contained Underwater Breathing Apparatus) berharga mahal kalo mau beli tapi lagi bokek, ๐Ÿ™‚ย  Kalau sudah ditakdirkan untuk diving ada saja jalannya. Teman kerja saya punya satu set peralatan, ditambah peralatan dari teman-teman dari Lantamal IX, maka terkumpul empat set alat scuba. Perbanyaklah teman baik dan jalin silaturahmi urusan jadi dimudahkan. Itulah jalannya.

scuba-equipment-diagramgambar dari sini

Cuuss, kami berangkat dari kota Ambon sekitar jam 12.00 wit. Perjalanan ke lokasi ditempuh dalam waktu satu jam memakai kendaraan roda empat. Memakai mobil Toyota Avanza tahun 2014, tentunya. #takmausebutmerek. Kondisi jalan dari kotaย  Ambon ke lokasi beraspal mulus. Ada beberapa tempat aspalnya tidak baik. Maklum saja ini di daerah, lha, wong yang dekat dari Jakarta saja banyak jalan rusak parah. Ya, kan. Inilah rute yang kami tempuh dari kota Ambon. Tanda kuning itu tujuannya.

morella-121216

Sampai di lokasi tanpa basa-basi langsung persiapan untuk menyelam. Penjelasan penggunaan peralatan menyelam, tips dalam menyelam dan langkah-langkah penyelamatan jika terjadi suatu bahaya diberikan oleh anggota marinir. Dari enam orang teman saya, hanya satu orang yang sudah biasa menyelam. Walaupun dia belum punya sertifikat menyelam, dia sudah sering menyelam, bahkan pernah menyelam sampai kedalaman 45 meter. Lima orang lainnya ujug-ujug seumur hidup baru kali itu mau diving, termasuk saya.

morella121216serius mendengakan penjelasan penggunaan alat menyelam

whatsapp-image-2016-12-13-at-4-23-07-pmDeep Gauges dan Presure Gauges

Setelah mendapatkan penjelasan dari instruktur cara penggunaan alat, langkah-langkah dalam menyelam bagi pemula, tanda-tanda yang digunakan untuk keselamatan dan minta bantuan, dan teknik lainnya yang berguna dalam menyelam, kitapun segera nyebur ke laut untuk praktek. Yuk, mari…

morela1212siap beraksi. deg-degan euy…

morella121216-alris

whatsapp-image-2016-12-13-at-2-20-02-pmdi kedalaman 9 meter dengan latar belakang jurang kedalaman ratusan meter

Sebagai pemula dan baru pertama kali diving kedalaman sembilan meter bagi saya sudah merupakan rekor. Pada saat mulai menyelam sampaiย  pada kedalaman lima meter masih oke, tidak terjadi apa-apa. Memasuki kedalaman enam meter telinga sudah mulai terasa sakit. Dengan teknik/cara yang diajarkan oleh instruktur akhirnya sakit di telinga bisa dihilangkan. Bertahan di kedalaman enam meter sekitar tiga menit, penyelaman dilanjutkan sampai kedalamanย  sembilan meter. Nah, di kedalaman sembilan meter ini telinga lebih sakit dari kedalaman enam meter. Telinga terasa berdenging dan sakit. Sekali lagi teknik/cara yang diberikan oleh instruktur sebelum menyelam sangat membantu. Apa teknik/cara menghilangkan sakit telinga itu? Anda ikut pelatihan diving nanti caranya diberi tahu. Atau kalau pengen tahu juga baca ini. Nama tekniknya adalah Ekualising. Bagi orang yang baru pertama kali diving dianjurkan untuk melakukan Ekualising setiap pertambahan kedalaman satu meter.

Pengalaman pertama diving ini bagi saya sangat berkesan. Amazing. Dunia bawah laut sangat indah, penuh warna, juga ikannya pun warna-warni. Ini salah satu contoh.

*******************************************************

Yang mendapatkan buku gratis dari saya untuk posting lalu adalah:djangki.wordpress.com dan bersapedahan.wordpress.com. Silahkan kirim alamat lengkap dan nomor hp untuk keperluan pengiriman buku sampai tanggal 21 Desember 2016. Lewat dari tanggal itu, maka hadiah buku saya alihkan ke orang lain.

*******************************************************

Iklan

64 Tanggapan to “First Scuba Diving: Ngeri-ngeri Sedap dan Menakjubkan Alam Bawah Laut”

  1. shiq4 Says:

    Wah pak alris menyelam ha ha ha…..

    Kalau saya udah biasa nyelam di sungai pak, tanpa peralatan apapun. Pingin juga nyoba nyelam di laut dgn berbagai perlengkapannya. Cuma belum ada kesempatan.

    @ shiq4
    Waktu di kampung menyelam di sungai hal biasa bagi saya.
    Menyelam di laut lain lagi tantangannya. Kalo panik di kedalaman bisa nyawa melayang, ngeri.

  2. Gara Says:

    Jangankan di daerah yang dekat dengan Jakarta, di Jakarta dan tak seberapa jauh dari istana kepresidenan pun ada jalan rusak, haha.
    Saya menghindari menyelam karena tidak bisa berenang, haha. Dulu pernah snorkeling dan itu bagi saya sudah cukup, haha. Alam bawah laut Maluku memang sangat indah, ya. Semoga selalu lestari.

    @ Gara
    Iya, ya. Jalan rusak banyak. Kalo gak rusak nanti anggaran pemeliharaannya tiap tahun gak turun, hehehe…
    Cobalah menyelam di laut, anda akan makin bersyukur setelah melihat keindahan bawah laut.

  3. ganganjanuar Says:

    Saya mah boro-boro diving pak, renang aja gak bisa dan gak berani gara-gara dulu pernah tenggelam XD

    @ ganganjanuar
    Untuk menghilangkan trauma harus belajar renang, ๐Ÿ™‚

  4. winnymarlina Says:

    jadi ingat pengalaman pertama dan terakhir daving di Bali kak padahal gak bisa berenang

    @ winnymarlina
    Ayo diving lagi, Win.

  5. Cipu Suaib Wittoeng Says:

    Huaah sama kita. Udah pernah scuba. Tapi saya malas buat lanjut untuk license. Ga ada duit hahahahahah

    @ Cipu Suaib Wittoeng
    Yang penting bisa diving dulu, license nanti aja, ๐Ÿ™‚

  6. sari Says:

    huaaa..pernah hampir tenggelam pas belajar renang, jadi kalo ke laut bawaannya takut liat air banyak gitu,, boro2 mau ikut nyelam..padahal penasaran juga pingin liat keindahan bawah laut..

    @ sari
    Melawan trauma tenggelam harus dengan belajar berenang. Alam bawah laut cantik luar biasa, emezinglah pokoknya, ๐Ÿ™‚

  7. nisrina Says:

    Kalo ga bisa renang tapi diving gapapa ? Saya bisanya cuma gaya batu ahaha

    @ nisrina
    Sebaiknya bisa berenang. Kalau diving didampingi instruktur kayaknya bisa.

  8. Dyah Ayu Pamela Says:

    Om itu kelihatannya mendadak divingnya. Wah ngeri knp knp… Apalagi blm ada licence

    @ Dyah Ayu Pamela
    Iya mendadak. Kalo ada instruktur, lalu menyelam didampingi instruktur tidak ngeri, malah ketagihan. Saya contohnya, ๐Ÿ™‚

  9. Avant Garde Says:

    bang alris, alamat sudah saya kirim ke alris587@gmail.com tapi waiting list katanya ๐Ÿ˜ฎ ada alamat lain? makasih

    @ Avant Garde
    Udah saya kirim email tinggal dibalas saja

  10. Avant Garde Says:

    sip bang…. makasih ya ๐Ÿ™‚

    @ Avant Garde
    Sip, sabar menunggu.

  11. Titik Asa Says:

    Asik banget nyelam begitu ya…
    Tapi saya gak bisa berenang nih Mas…hadeuh

    Salam,

    @ Titik Asa
    Gak bisa renang juga bisa diving. Teman saya yang ikut diving kemaren ada satu orang gak bisa renang. Yang penting ada keberanian, dan harus didampingi instruktur.

  12. adelinatampubolon Says:

    Seru kan uda dunia menyelam. Dan kalau dadakan gini, tanpa rencana perasaannya lebih pasrah ketimbang uda direncanain jauh hari sebelumnya.

    baca tulisan uda aku jadi kangen ngediving nich.

    @ adelinatampubolon
    Betul sekali, Lina. Saya yang baru pertama kali diving merasakan pengalaman yang sangat seru. Jadi kepengen lagi, nih, kayaknya tahun baru kita mau diving lagi. Beruntung kita punya kawan marinir yang jadi instruktur.

  13. rynari Says:

    Keren Uda Alris…. Selalu ikut mengagumi keesokan bawah laut. Instruktur dan pembelajar sama ahlinya langsung jadi. Lautnya jawara jernih yak.

    @ rynari
    Kalo sudah menyelam tertantang untuk menikmati alam bawah laut. Lautnya masih lestari, memang juara laut Ambon ini.

  14. ysalma Says:

    Saya sering nemenin yang suka main air, tapi belum pernah diving.
    Kalau tambah kedalaman telinga berdenging, udah terbayang gimana kendalanya. Mungkin akan jadi pembaca cerita mereka yang sering mencobanya aja ๐Ÿ™‚

    @ ysalma
    Ayo uni ysalma ikut diving. Sangat menyenangkan menyelam melihat kehidupan bawah laut.

  15. Monda Says:

    sangat mengesankan bisa diving ya uda…
    boleh ya langsung nyelam ke tempat dalam..?
    kalau yang ikut kursus belajar nelam di kolam dulu katanya

    @ Monda
    Iya, kak Monda. Sangat eksaited-lah, ๐Ÿ™‚
    Harus menyelam secara bertahap dulu, mulai dari yang paling dangkal makin lama makin dalam. Kemaren di kedalaman 6 meter kita ditahan dulu sama instruktur sekitar 15 menit. Setelah merasa nyaman, tidak grogi, tidak panik, bisa menguasai diri, menguasai tanda-tanda bahaya & minta pertolongan dan bisa berfikir rasional kalau terjadi sesuatu barulah lanjut sampai kedalaman 9 meter. Lebih dari dari itu bahaya buat pemula, juga membahayakan instruktur dalam memberikan bantuan.

    Saya belum pernah ikut kursus. Kemaren instruktur kita marinir dari Lantamal IX.

  16. bersapedahan Says:

    wow .. seru banget menyelam …. baru tahu jika menyelam lebih dari 4 meteran telinga akan terasa sakit … tapi asyik banget bisa diving … melihat kehidupan di bawah laut yang sangat eksotis secara real ..
    Katanya jika sudah menyelam sekali akan terus ketagihan ๐Ÿ˜€

    @ bersapedahan
    Iya seru, kang.
    Makin dalam makin sakit di telinga. Tapi setelah lewat dari 9 atau 10 meter sakit di telinga akan hilang.
    Memang betul, diving bikin ketagihan.

  17. Wyndham Istanbul Says:

    Thanks on your marvelous posting! I seriously enjoyed reading it, you may be a great author.
    I will be sure to bookmark your blog and will eventually come back later on. I want to
    encourage you to ultimately continue your great writing,
    have a nice evening!

  18. Ameltami Says:

    Salam kenal bang, baru pertama kali mampir disini. Btw saya belum pernah diving, membayangkannya pun ngeri. Takut tenggelam hehehe.

    @ Ameltami
    Salam kenal juga Amel.
    Kalo sudah dicoba scuba diving menyenangkan. Bagi saya malah bikin ketagihan, ๐Ÿ™‚

  19. Elite Palace Hotel Says:

    It’s amazing in support of me to have a web site, which
    is good designed for my know-how. thanks admin

  20. Agung Rangga Says:

    saya pengen banget nyobain menyelam gini pak, tapi saya ndak bisa berenang… ๐Ÿ˜ฅ

    @ Agung Rangga
    Gak harus bisa berenang, Gung. Asal ada instruktur yang mendampingi, bisa scuba diving tentunya kalau sudah diajari cara menggunakan alat dan teknik lainnya yang dibutuhkan.

  21. Allisa Yustica Krones Says:

    Adek saya hobi sekali tuh menyelam…kalo saya sih sama sekali gak berani. Betul, ngeri2 sedap ya di kedalaman laut itu ๐Ÿ˜€

    @ Allisa Yustica Krones
    Kalo sudah pernah menyelam dengan alat scuba memang jadi ketagihan. Ngerinya hanya saat pertama kali saja.

  22. dewinielsen.com Says:

    Sudah dari dulu banget pengen belajar menyelam tapi belum kesampean karena phobia.

    @ dewinielsen.com
    Menghilangkan phobia lakukan belajar renang. Mulai dari yang dangkal dulu, bareng anak-anak yang belajar berenang.

  23. Nuhid Says:

    Ngeri-ngeri sedap.

    @ Nuhid
    Yoi, sangat menyenangkan.

  24. east timor hotel Says:

    If some one wants expert view about running a blog then i
    advise him/her to visit this website, Keep up the nice job.

  25. Orin Says:

    aku baru nyobain snorkeling ajaaaa, divingnya belum *mupeng

    @ Orin
    Ayo teh dicoba. Kalo udah nyoba bikin nagih, suer.

  26. penulismalas Says:

    Pingin juga deh mas bisa menyelam kayak gini, kayaknya keren yaa hehehe tpi ya gitu, gak bisa berenang :/

    @ penulismalas
    Ayo segera dicoba. Pemandangan bawah laut mengagumkan. Hebat luar biasa.

  27. Ami Hamni Says:

    Keren banget mas. Tapi gak tertarik kalo nyelam, berenang aja gak bisa hihi

    @ Ami Hamni
    Saya awalnya juga gak antusias. Tapi begitu nyoba sekali langsung ketagihan. Apalagi dikedalaman pasti pemandangannya lebih yahud dan mengagumkan.

  28. dedy Says:

    Ha3 tidak perlu pakai pakaian renang lengkap, cukup pakaian yang nempel di badan saja.
    yang penting SCUBA nya….. ๐Ÿ˜€

    @ dedy
    Ya, betul da Ded. Yang penting menyelam dulu. Pakaian lengkap nanti saja.

  29. Hanif Insanwisata Says:

    memang ngeri kalau diving itu. dulu pnh ikut kelas diving d Raja Ampat. dapat materinya aja, gilak. udah ditakut2in soal kesalahan dalam diving.

    eh, itu pegang karang? bukannya g boleh ya?

    salam kenal ya, hanif insanwisata

    @ Hanif Insanwisata
    Salah itu kalau instruktur menakuti-nakuti. Instruktur memberikan informasi yang benar dan cara menanggulangi kalau terjadi bahaya.
    Karang boleh dipegang asal tidak merusak.
    salam kenal

  30. Nasirullah Sitam Says:

    Duh kangen diving ๐Ÿ™‚

    @ Nasirullah Sitam
    Ayok segera ke laut, nyebur yang dalam itu ternyata menyenangkan, ๐Ÿ™‚

  31. Vety Fakhrudin Says:

    Wuihhh keren mas scuba diving, pengen nyoba tapi perlu ngumpulin keberanian dulu kayaknya…huahahaha…dan bener2 musti belajar kayaknya ๐Ÿ˜…

    @ Vety Fakhrudin
    Ayo atuh segera. Scuba diving itu mengasikkan. Kalo udah nyoba sekali jadi pengen lagi, lagi…

  32. RAF Says:

    Asli penasaran saya pengen nyoba scuba diving ini uda Alris. Pengen nyoba, cuman belum ada kesempatan..

    @ RAF
    Niatkan terus sambil berusaha mewujudkan, Insya Allah kesampaian.

  33. promod indonesia Says:

    ihh pengen nyoba dah seru ๐Ÿ™‚

    @ promod indonesia
    Hayuk, pasti ketagihan.

  34. Yudi Says:

    Saya pernah dengar, katanya diving itu harus kursus dulu. Ternyata bisa, ya tanpa kursus…
    Apakah hanya tempat-tempat tertentu yang boleh diselami oleh orang yang belum punya pengalaman diving?

    @ Yudi
    Sebaiknya memang kursus dulu lebih baik. Hal ini erat hubungannya dengan keselamatan.
    Kalau sudah bisa berenang, suka snorkling, tidak gugup di laut, dengan pelatihan secukupnya dari instruktur berpengalaman sudah bisa scuba diving. Itu pengalaman saya.

  35. Zizy Damanik Says:

    Pengalaman menyelam memang memberikan sensasi yang tak terlupakan. ๐Ÿ™‚

    @ Wadiyo
    Iya betul sekali.

  36. Wadiyo Says:

    deg-degan dan akhirnya, terbiasa ya Mas?
    terima kasih

    @ Wadiyo
    Terbiasa sih belum, tapi lumayanlah sebagai pemula.

  37. Rudi Chandra Says:

    Asyik banget tuh menyelam.
    Apalagi alam bawah laut maluku terkenal indah.

    @ Rudi Chandra
    Yoi, sangat menyenangkan.

  38. mechtadeera Says:

    Waah..saya pengeeen..tp berenangpun tak bisa.. Hiks…
    Menyenangkan sekali ya pak..

    @ mechtadeera
    Bisa scuba diving asal diberi pelatihan sama instruktur yang berpengalaman.

  39. rangtalu Says:

    Wah keren Pak, lah diving lengkap dengan SCUBA. Ambo jangankan diving, berenangpun belum bisa, hehe ๐Ÿ˜€

    @ rangtalu
    Rezeki gak kemana. Kalo udah datang saatnya pasti juga akan menyelam pakai alat itu. Mimpikan dan berusaha, pasti terwujud.
    Ambo baruntuang dibaok kawan, ๐Ÿ™‚

  40. Lois Says:

    Saya kalau berenang bisanya gaya batu (langsung tenggelam), tetap tak kebayang untuk scuba diving kalau tak bisa berenang. Kalau saya lihat keindahan bawah laut di film dokumenter, pasti asyik sekali untuk menyelam. Berapa jauhnya sinar matahari bisa menembus air laut?

    @ Lois
    kalau scuba diving bersama instruktur yang berpengalaman pasti bisa walaupun tidak bisa berenang. Waktu scuba diving kemaren ada teman saya yang tak bisa berenang.
    Saya kemaren hanya sampai kedalaman 9 meter, itu masih terang. Menurut teman yang sudah pernah menyelam sampai kedalaman 30 meter, di dasar laut itu terang. Tapi gak tau juga kalo udah kedalaman ratusan meter.

  41. TPA Tahfidz Masjid Al-Muhtadin Says:

    Cantik banget ya, Mas, pemandangan bawah laut. Rasanya tentu menyenangkan ๐Ÿ™‚

    @ TPA Tahfidz Masjid Al-Muhtadin
    Memang cantik sekali.

  42. www.Emakmbolang.com Says:

    Masih nggak pede scuba dive. Snorkling aja asih pakai jaket pelampung. Tapi klo renang di kolam renang, beraani banget. hehehe\

    @ Emakmbolang

    Kalo udah dicoba bikin ketagihan. Coba aja.

  43. Jalan-Jalan KeNai Says:

    saya pengen ngerasain diving. Kayaknya seru banget bisa lihat keindahan bawah laut

    @ Jalan-Jalan KeNai
    Ayo dicoba. Keindahan bawah laut memang cakep banget.

  44. Ni Made Sri Andani Says:

    Aduuuh…keren banget Pak. Saya belum pernah Diving. Dulu pernah sekali saja ikut snorkeling …itupun rasanya stress berat karena saya tidak bisa berenang๐Ÿ˜ข

    @ Ni Made Sri Andani
    Ayo dicoba scuba diving, mbok Dani. Pasti ketagihan kalo sudah coba, ๐Ÿ™‚

  45. didisahertianblog Says:

    Wah jadi kangen pengen menyelam lagi. Walaupun baru satu kali mencoba scuba diving tapi malah pengen lagi.

    Salam kenal yah kak.
    Ijin meninggalkan jejak juga follow blognya.

    Salam.

    Didi.

    @ didisahertianblog
    Ayo nyelam lagi. Scuba diving memang bikin nagih.

  46. cumilebay.com Says:

    Dulu aku baru 3 meter aja telinga dah jerit2 sakit, tapi seiring dah mulai sering akhir nya dah nyaman bisa ekualis langsung

    @ cumilebay.com
    Ayo scuba diving lagi, pasti asik dan nagih. Kalo udah lebih dari 9 meter telinga sudah nyaman, cuma hati-hati karena badan akan turun terus kalo gak di kontrol.

  47. Scandic Star Hotel Sollentuna Says:

    whoah this blog is excellent i love studying your
    articles. Stay up the great work! You realize, many individuals are hunting around for this information, you could help them greatly.

  48. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Alris…

    Kalau sudah sampei 9 meter itu, memang hebat untuk seorang pemula. Saya menyelam hanya mampu 2 meter sahaja. itu pun di kolam renang. Saya teringin masuk ke laut dalam untuk melihat keindahannya sendiri.

    Pengalaman yang menarik dan menakjubkan. Biasanya aktiviti tidak dirancang itu lebih mengujakan ya. Semuanya dengan izin Allah jua.

    Salam takzim dari Sarikei, Sarawak.

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    Waalaikumsalam wr wb, kak Siti
    Cubalah scuba diving ini. Melihat alam bawah laut sangat menyenangkan. Semoga kak Siti bisa menyelam di laut melihat keindahan ciptaan Allah swt.

  49. Dandy Siswandy Says:

    pertama kali ikut course diving aku malah kurang nyaman pake alat alat scubanya tapi akhirnya terbiasa juga

    @ Dandy Siswandy
    Kalo pertama memang kurang nyaman. Tapi udah menyelam menyenangkan.

  50. sari widiarti Says:

    alat2 menyelam, apa gak berat ya pak? tapi terbayar deh sama cantiknya laut ๐Ÿ˜€

    @ sari widiarti
    Kalo di dalam air terasa ringan sekali.
    Alam bawah laut memang menakjubkan.

  51. nianastiti Says:

    Jadi pengen bisa menyelam, tapi bisanya baru snorkling soalnya ga jago renang ๐Ÿ˜€

    @ nianastiti
    Ayo scuba diving, pasti mengasikkan.

  52. leli Says:

    Wah keren. Saya hanya sebatas snorkling doang yang pernah ๐Ÿ˜€

    9 Meter lumayan dalam yaaaaah

    @ leli
    Cobalah scuba diving, pasti bikin nagih.
    9 meter untuk pemula cukup dalam.

  53. Mirwan Choky Says:

    Asiknyaaaa bisa diving.

    @ Mirwan Choky
    Ayo scuba diving.

  54. Triton Dive Says:

    wooow… keren pak. selamat datang di dunia bawah air ๐Ÿ˜‰
    Sdg cari-cari info, masuk ke blog ini. Hebat.
    Untuk lebih nyaman dan aman sebaiknya ambil license, agar saat menyelam memahami do and don’ts-nya.

    Selamat!

    @ Triton Dive
    Makasih sudah berkunjung. Nanti kalo ada kesempatan ambil lisensi.

  55. Deddy Huang Says:

    apalah ya rasanya scuba, aku kemaren baru pertama kali snorkeling aja udah kelelep.. gak kebayang untuk scuba pasti lebih “seru” ehe

    @ Deddy Huang
    Saya pertama coba langsung jatuh cinta. Asiknya luar biasa.

  56. Fubuki Aida Says:

    pengen banget bisa dan dapet kesempatan diving suatu hari nanti. Amin

    @ Fubuki Aida
    Ikhtiar supaya bisa scuba diving.

  57. Ikrom Zain Says:

    lihatnya asyik, tapi saya gak bisa renang, huhu
    semakin ke bawah semakin ngeri ya
    tapi dibayar dengan keindahannya.

    @ Ikrom Zain
    Gak harus bisa renang kalo scuba diving. Teman saya juga gak bisa renang tapi bisa scuba diving.
    Makin dalam makin banyak tantangannya.

  58. Udumwara Resort Paro Bhutan Says:

    I truly love your website.. Pleasant colors & theme.
    Did you build this amazing site yourself? Please reply back as I’m wanting to create my own personal blog and would love
    to know where you got this from or just what the theme is called.
    Appreciate it!

  59. April Hamsa Says:

    Serunyaaaaa. Lautnya masih bersih banget ya di sana mas ๐Ÿ˜€

    @ April Hamsa
    Memang mengasyikkan. Lautnya jernih banget.

  60. Setiawan Mangando Says:

    Mantapppp

    Follback mas http://www.mangandosetiawan.com

    @ Setiawan Mangando
    Memang oke banget, ๐Ÿ™‚

  61. Agus Susanto Says:

    pokoknya pengalaman pertama diving itu deg deg ser buanget yah pak, saya takut gak bisa muncul kepermukaan pak.. hihihi

    @ Agus Susanto
    Harus didampingi instruktur supaya aman.

  62. Ucig Says:

    Jadi diving, telinga bisa sakit kayak di pesawat gitu kah?
    Baru tau …pengin banget diving. 9 meter, bayanginnya kok engap yaa huhuu

    @ Ucig
    Lebih sakit dari di dalam pesawat terbang.

  63. Indah Susanti Says:

    Mumpung di Ambon ya, memang lokasi top buat menyelam. Semoga terus berlanjut menyelam-nya dan sebisa mungkin gak pegang-pegang terumbu karang ๐Ÿ˜‰ Susah memang awal-awal menyelam, mengatur buoyancy di bawah laut gak mudah ๐Ÿ™‚ Keep diving!!

    @ Indah Susanti
    Saya usahakan gak pegang terumbu karang. Semoga bisa menyelam lagi lain waktu. Soalnya kini sudah pindah ke Kalimantan.

  64. Rudi MedanWisata Says:

    wahh kerennnn,,,, belum pernah diving,, taunya baru snorkling aja nih pakk..

    @ rudihartoyo.com
    Ya, begitulah. Alam bawah laut mengagumkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: