Rindu Diatur

sumber gambar dari sini

Setelah mati suri sekian bulan, -tepatnya empat bulan 11 hari- akhirnya hari ini blog ala-ala yang gak fokus pada satu bidangpun hidup lagi. Bertepatan dengan hari raya idul fitri tahun 2017 saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, mohon maaf lahir dan batin. Taqabbalallahu minna wa minkum.

Punya kebebasan waktu ternyata tidak membuat saya produktif. Saya sejak akhir april 2017 sudah tidak punya ikatan kerja dengan pihak manapun, alias jadi free man, bukan preman lho, ya. Tapi justru punya waktu berlimpah saya tidak bisa update blog, tidak ada posting baru. Malah kebiasaan berkunjung ke blog teman juga menurun drastis. Semangat menulis dan juga membaca ikut terjun bebas. Ketika masih gawe sama pihak lain biasanya sebulan bisa menamatkan membaca satu kadang dua eksemplar buku, setelah jadi manusia bebas tidak satupun buku yang bisa saya tamatkan membacanya. Sedihnya awak ini, 😦  Semua kebawa ikut amblas. Kenapa bisa begitu, ya?

Ketika anda bekerja pada orang lain atau institusi ada aturan yang harus ditaati, dipatuhi dan dijalankan. Aturan harus dijalankan untuk memastikan sesuatu proses berjalan sesuai koridor yang semestinya. Aturan kudu ditaati untuk memastikan pekerjaan dikerjakan sesuai urut-urutannya. Aturan mesti dijalankan untuk memastikan bisnis berjalan dengan benar. Lha, kalau tak mau diatur, ya, kacaulah. Saya contohnya, karena gak ada yang ngatur kacau juga dalam konsistensi menulis di blog. Walau sebenarnya selama ini saya juga gak konsisten menulis, 🙂

Saat ini saya merindukan diatur lagi oleh orang diatas saya secara jabatan. Kangen diatur oleh perusahaan. Aneh juga, ya, kok merindukan diatur oleh pihak lain. Mungkin saya belum bisa teratur kalau mengatur diri sendiri. Mungkin diatur oleh pihak lain saya lebih baik. Buktinya saya kalau diatur oleh perusahaan masih bisa menulis di blog. Diatur oleh perusahaan saya masih bisa olahraga agak teratur. Diatur oleh pihak lain kalau hasilnya lebih baik? Kenapa harus ngotot mengatakan tidak.

saya ketika diatur dan mengatur
hasil diatur dan mengatur

Semoga dalam waktu dekat ini saya kembali ke dunia atur-mengatur dalam bidang konstruksi, bidang pekerjaan yang sudah saya jalani lebih dari 20 tahun. Selama itu saya gak merasa bosan, karena menurut saya pekerjaan konstruksi adalah pekerjaan yang dinamis. Kalau bangun-membangun itu pekerjaan stagnant dan membosankan saya sudah lama pindah kerjaan ke bidang kuliner yang juga saya cintai. Atur-mengatur dalam dunia konstruksi itu asyik, sero bana baso kampuang ambo, hehe… Mohon doa-nya, ya, pembaca sekalian.

So, saya salut sama kalian yang konsisten menulis. Anda konsisten menulis berarti konsisten menaati aturan yang dibuat sendiri. Kalau Anda bisa menaati aturan yang dibuat sendiri itu salah satu cirinya Anda sudah siap jadi entrepreneur, mengikuti jejak sukses pengusaha ayam gepuk pak gembus yang beromset delapan milyar per bulan. Wooowww… Makanya, -Alris- jadi pengusaha jangan jadi orang gajian seumur hidup. Oke, deh, mari merintis jadi pengusaha dari sekarang.

*******************************************************

liandamarta.com dan andiktaufiq.wordpress.com adalah yang mendapatkan buku gratis dari saya untuk posting Makan Malam. Silahkan kirim alamat lengkap dan nomor hp via japri untuk keperluan pengiriman buku. Batas pengiriman alamat adalah tanggal 7 Juni 2017. Lewat dari tanggal itu hadiah buku saya batalkan.

44 Tanggapan to “Rindu Diatur”

  1. shiq4 Says:

    Berbalik dengan saya pak alris. Klo saya,cenderung tertekan sama aturan. Tapi sebisa mungkin saya tetap mengikuti aturan agar tidak menjadi sumber kekacauan 😀

    @ shiq4
    Tiap individu itu unik. Aturan bagus bagi seseorang belum tentu baik bagi orang lain.
    Bagi saya saat ini adanya aturan membuat hidup saya lebih teratur, 🙂

  2. Hendi Setiyanto Says:

    wah selamat datang kembali. aku pun kadang bosan diatur tapi kalau kelamaan libur dan tanpa aktivitas berarti malah penginnya kerja saja (mungkin masih suka jadi bawahan) hahaha

    @ Hendi Setiyanto
    Kelamaan diatur begitu bebas aturan malah jadi gak teratur, hehe…
    Mesti belajar lagi mengatur diri sendiri ketika jadi manusia bebas.

  3. inlycampbell Says:

    mohon maaf lahir dan batin, Mas Alris

    @ inlycampbell
    Mari saling memaaafkan, Inly.

  4. Messa Says:

    betul pak Alris, jadi pengusaha aja 😀 btw, selamat Idul FItri pak. semoga semua yang dicita-citakan terwujud 🙂

    @ Messa
    Iya, Messa, doain ya, saya cepat jadi pengusaha.
    Semoga semua cita-cita Messa juga tercapai.

  5. rynari Says:

    Mengatur-diatur senada dengan membangun bangunan di bidang Uda Alris. Benar tak ada bosannya karena passion dan tanggung jawab saling berkaitan. Selamat atur-mengatur di kesempatan baru ya Uda. Salam

    @ rynari
    Karena ada cinta dalam bekerja, maka betahlah dalam hal atur-mengatur. Tapi sudah harus memikirkan mengatur diri sendiri sejak dari sekarang. Kelamaan diatur orang nanti seperti hewan piaraan, hilang sifat juangnya.Bahkan bisa jadi sifat adventure-nya hilang karena lama dipelihara alias jadi orang gajian terus. Semoga kita bisa naik pangkat jadi orang yang menggaji.

  6. monda Says:

    si uda ini unik menurutku,
    rajin blogwalking ke mana2, tanpa ngarep blognya dikunjungi balik
    selamat menikmati waktu free dulu da, sebelum mulai lagi atur mengatur

    @ Monda
    Terima kasih kak Monda. Dalam bekerja pun harus kita nikmati waktu yang ada.

  7. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Alris…

    Saya juga begitu, suka diatur oleh pihak atasan dalam melaksanakan tugas yang diberi kerana akan nampak lebih kemas dan mantap. Setiap aturan yang ada tentu mempunyai impak tersendiri kepada yang diatur ya. Mudahan mas Alris akan kembali aktif walau nanti akan sibuk kembali.

    Salam Syawal yang mulia dari Sarikei, Sarawak.

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    Waalaikumsalam wr wb, Kak Siti,
    Betul, kak Siti. Bila belum bisa mengatur diri sendiri, lebih baik diatur orang lain. Terima kasih atas doa dari Kak Siti, semoga saya cepat bekerja kembali, aamiin.

  8. ar syamsuddin Says:

    Benar juga mas Alris, klo ga ada yang ngatur kita jadi bebas semaunya ya, contohnya saya pasca pensiun susah sekali mandi pagi…hehee. Selamat Idul Fitri Mohon Maaf lahir dan Batin…semoga amal ibadah Ramadhan kita diijabah oleh Allah Subhanahu wata’ala, amien.

    @ ar syamsuddin
    Bebas tapi gak bisa mengatur buat diri kita sendiri, ya, Pak AR Syamsuddin. Kita perlu belajar secara bertahap untuk bisa menaati aturan yang dibuat sendiri.
    Selamat menikmati pensiun Pak AR Syamsuddin. Aamiin, semoga amal ibadah kita diterima Allah swt.

  9. Dewi Rieka Says:

    Iya harus maksa diri sendiri biar bisa tetap produktif ey..

    @ Dewi Rieka
    Betul. Mari memaksa, eh…

  10. adelinatampubolon Says:

    Selamat idul fitri uda.

    iya nich beberapa kali kesini penghuninya kabur hehehehe.. semoga keinginan jadi wirausaha segera terwujud yach uda.

    @ adelinatampubolon
    Terima kasih Adelina. Maaf lahir dan batin ya.
    Semoga segera terwujud jadi pengusaha, Aamiin.

  11. Bang Aswi | @bangaswi Says:

    Selama aturan itu baik dan sama-sama menguntungkan, ya lanjutkan saja. Insya Allah semua manusia itu ada passionnya sendiri meski saling mengatur. Enjoooy ^_^

    @ Bang Aswi
    Betul bang Aswi, setuju.
    Tapi sebaiknya harus punya target waktu untuk menjadi pengatur diri sendiri alias jadi wirausahawan. Selama-lamanya jadi anak buah ada batas umur yang tak bisa dinafikan. Sukses selalu.

  12. Akhmad Muhaimin Azzet Says:

    Dari Jogja saya juga mohon maaf lahir dan batin ya, Mas. Taqabbalallahu minna wa minkum. Semoga rezeki kian berkah; baik dengan cara gajian maupun jadi pengusaha. Aamiin…

    @ Akhmad Muhaimin Azzet
    Mari sama-sama memaafkan ya ustadz.

  13. lovelyristin Says:

    Soal atur mengatur ini memang kdg butuh porsi masing2 yaa.. Ada saatnya kita butuh diatur, tp Ada saatnya ga mau di atur hihihi.. Asalkan ga mau ikut aturan deh..berabe klo gitu hehehe…

    @ lovelyristin
    Saya masih bisa teratur kalo ada yang ngatur, hehe…

  14. kutukamus Says:

    Soal konsistensi/berdisiplin ria sendiri ini memang aneh. Saya target 1 bulan min 1 artikel sampai sekarang masih kebakaran terus. Mau ngaku karena sibuk juga tidak masuk akal (kalau memang cukup kemauan, apa repotnya 1 post/30 hari?). Tapi ya itu, fakta bicara: saya terbukti sangat konsisten untuk tidak konsisten. 😀
    “Mohon Maaf Lahir batin”

    @ kutukamus
    Kalo bebas malah tidak bisa ngatur sendiri. Memang payah saya ini.
    Yuk mari konsisten untuk posting, hehe…

  15. Yenita Anggraini Says:

    wah,hari ini juga saya kembali update blog setelah hampir 4 bulan tidak update. Dan ayam gepuk pak gembus itu enaaaak…*gagal fokus*

    @ Yenita Anggraini
    Saya juga lagi mencari obat mujarab untuk penyakit malas ngeblog, 🙂

  16. Ririe Khayan Says:

    Ikutan juga mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. Taqabbalallahu minna wa minkum yaa.

    Selamat menulis kembali di blog, Alhamdulillah “libur” ngeblognya hanya 4 bulan 11 hari. Saya mungkin tidak total “cuti” ngeblog tapi anjang sana BW yang libur banget. Posting juga belum bisa stabil (ikut curhat deh)

    @ Ririe Khayan
    Sama memaafkan ya mba Ririe Khayan. Semangat terus untuk menulis.
    salam

  17. Herdiansyah Hamzah Says:

    Maaf lahir bathin, semoga makin menebalkan iman kemanusiaan kita,

    @ Herdiansyah Hamzah
    Sama memaafkan ya Herdiansyah Hamzah.

  18. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Alris…

    Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Bila lagi hendak menulis lagi untuk perkongsian yang seterusnya. Didoakan sihat dan sejahtera serta diluaskan rezeki dalam keberkatan Allah SWT.

    Salam takzim dari Sarikei, Sarawak.

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    Waalaikumsalam wr wb, kak Siti
    Terima atas doa kak Siti. Semoga kita tetap sihat dan berjaya selalu.

    salam

  19. bersapedahan Says:

    hidup begitu dinamis ya … perubahan kadang bikin bingung .. butuh adaptasi.
    saya pribadi sih cukup konsisten menulis blog karena menuliskan tentang hobby saya .. sesepedahan … haha

    @ bersapedahan
    Iya, harusnya hidup dinamis. Tapi kelamaan diatur sifat survive bisa hilang, 😦
    Saya cinta menulis, tapi sering cinta itu naik turun, malah saya sering turunnya, hehe…

  20. noe Says:

    Halo mas Alris, lama aku gk main kesini. Hehe. 😀

    @ noe

    Hai juga mba Noe. Saya juga lama gak main ke blog mba, 🙂

  21. Achmad Rifaldo Says:

    Terkadang hal-hal yang sudah lama kita tinggalkan akan menghantui kita dimasa depan. Seperti uda yang dulu diatur, sekarang setelah mengatur jadi rindu seperti keadaan dulu waktu diatur.

    Semangat uda.

    http://www.achmadrifaldo.com

    @ Achmad Rifaldo
    Kelamaan diatur akhirnya seperti binatang buas yang dipelihara, sifat survive nya akan berkurang dan jadi makhluk manja. Kalau kelamaan jadi peliharaan/diatur malah gak bisa ngatur diri sendiri.

  22. Agung Rangga Says:

    Mohon maaf lahir batin pak. 😀 (duh, semoga belum telat)

    @ Agung Rangga
    Sama-sama Gung. Gak ada waktu terlambat untuk memaafkan.

  23. Lois Says:

    Ttg konsisten menulis blog juga tergantung pada isinya. Semakin disukai topik blognya semakin rajin menulis. Blog saya ttg kebun dan tanaman, pasti ada saja yang bisa saya catat dan tulis, tapi ya nguplek di pada topik yg sama.
    Semoga cepat mendapatkan pekerjaan apapun yang cocok baik itu bekerja sendiri atau kerja di perusahaan orang lain. Peluang wirausaha di Indonesia bagus sekali tidak seperti di Australia, bisnis kecil sulit berkembang.

    @ Lois
    Isi blog saya gado-gado. Jadi nulis kalo lagi mood. Susah untuk konsisten menulis.
    Impian saya wirausaha. Semoga jadi kenyataan. Mohon didoakan.

  24. Rudi G. Aswan Says:

    Kalau bisa tertib dan justru produktif dengan diatur, kenapa tidak, Mas? Tak apa saya kira. Saya dulu resign dari penerbitan juga salah satunya karena ogah diatur atau dicampuri pak direktur haha. Plus ada lowongan di tempat lain. Walau akhirnya resign juga. Saya sekarang juga freeman dan freelancer, Mas. Hidup di daerah jadi kudu memaksa buat update blog sebagai salah satu sumber asap hehe. Saya doakan bisa kembali ke dunia bangun membangun biar bs membangun untuk sesama. Syukur syukur bikin perusahaan konstruksi. Kontraktor asyik juga.

    Kangen tulisan soal kuliner Ambon nih….:)

    @ Rudi G. Aswan
    Saya pengen mengikuti jejak kang Rudi. Sudah mulai bosan saya diatur orang terus-terusan. Mungkin satu dua tahun ini ngumpulin nyali dan ngumpulin modal dulu sebelum benar-benar mengatur diri sendiri. Mohon doanya.

  25. brizki Says:

    selamat sudah mulai berwirausaha Pak Alris, saya malah masih di angan-angan, jadi sekarang masih sering diatur, sesekali mengatur. soal menulis di blog, ya kalau lagi pengen aja.

    @ brizki
    Saat ini saya masih orang gajian. Saya baru memulai investasi kecil-kecil, orang lain yang kelola.
    Sebaiknya diumur muda seperti Brizki sudah memulai usaha sendiri. Kalau gagal umur masih panjang untuk memperbaikinya.

  26. evrinasp Says:

    Dulu saya diatur dan mengatur, sekarang lebih banyak diaturnya, kadang merasa gpp, tapi lebih banyak apa2nya *apa ini yah hehe

    @ evrinasp
    Keseringan diatur gak bagus juga, hehe…

  27. baiqrosmala Says:

    Kalau bagi saya, saya memilih mengerjakan sesuatu yg merupakan passion. Entah itu bekerja utk diri sendiri atau orang lain, kalau emang passion pasti akan enjoy dan lebih happy.

    @ baiqrosmala
    Kerja apapun kalo dikerjakan dengan passion pasti enjoy.

  28. Titik Asa Says:

    Ya ampun Mas…koq mirip kisahnya dengan apa yg terjadi dengan diri saya.
    Lepas dari rutinitas kerja, banyak waktu luang, eh malah bca kian jarang, apalagi ngeblog.
    Akhirnya sama Mas, saya pun rindu diatur lagi. Kini saya sedang mencari, moga cepat menemukannya.

    Salam,

    @ Titik Asa
    Semoga cepat menemukan kembali yang dicari ya Kang. Saya sudah dua bulan ini kembali diatur sama atasan, hehehe…

  29. abesagara Says:

    Berarti intinya adalah, kita harus bisa mengatur dan mendisiplinkan diri sendiri ya pak? Atau bahasa puitisnya, kita harus bisa mengalahkan diri sendiri untuk bisa menaklukkan dunia. Hehe, salam kenal pak alris, saya juga penulis blog yg tidak teratur, dan ingin jadi penulis blog yg teratur seperti kawan-kawan lainnya.

    @ abesagara
    Mendisiplinkan diri sendiri memang susah bagi yang tak biasa.
    Salam kenal kembali. Sukses untuk anda.

  30. dewinielsen.com Says:

    Saya juga baru nulis lagi mas..hi hi hi..lebih parah loh 7 bulan..keenakan tidurnya..ha ha ha…Yuk kita semangat ya mas…:D

    @ dewinielsen.com
    Gak terasa sudah 4 bulan saya gak posting tulisan baru, 😦
    Semoga kita segera bikin tulisan baru.

  31. Liza Fathia Says:

    Nah, ini yang menjadi pertimbangan ambo juo waktu mikir2 untuk resign. Nanti saya bakalan bisa mengatur waktu dengan baik enggak ya? Atau malah saya tidur2an aja di rumah mumpung suami dan anak sudah berangkat kerja dan sekolah. Walhasil jadinya enggak produktif.

    @ Liza Fathia
    Sebenarnya itulah kesempatan bagus mulai jadi entrepeneur kalau suami masih kerja, mumpung ada pemasukan tetap yang tidak mengganggu cashflow keluarga. Saya sebenarnya mulai bosan kerja diperintah orang lain. Hanya gimana lagi, kudu ngumpulin modal dulu sebelum buka usaha sendiri.

  32. agusjumadirauf Says:

    Hello salam kenal follow saya yaa

  33. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Alris…

    Semoga sihat dan dirahmati Allah. Mudahan ada waktu untuk berbagi pengalaman yang bermanfaat untuk kebaikan bersama. Pasti ada yang menarik untuk dikongsikan dalam tulisan.

    Salam sukses dari Sarikei, Sarawak.

    @ SITI FATIMAH AHMAD
    Waalaikumsalam wr wb, Kak Siti.
    Insya Allah pengalaman kita semua bermanfaat bagi banyak orang kalau dikongsikan dalam bentuk tulisan. Semoga kak Siti dan keluarga sihat serta dirahmati Allah swt, aamiin.

  34. nafsularfinda Says:

    Hahaha, aneh aja si mas, perpeksi orang beda2 sih, cuma kalau diatur orang lain, kita engga pernah jadi diri kita, :))
    Terserah si mas juga,
    Salken ya

  35. SITI FATIMAH AHMAD Says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Alris..
    Didoakan sihat dan diberkati Allah SWT. Ternyata masih sepi lagi tahun 2018 ini ya. Tentunya komitmen di dunia offline menjadi prioriti. Diharap semuanya baik-baik,

    Hadir ini untuk menjemput mas Titik Asa ke blog saya untuk menerima Award TQ 1.000.000 dan Award Persahabatan di LMGS G2 sebagai tanda penghargaan dari saya sepanjang persahabatan dan silaturahmidi dunia maya selama ini.

    CT470. SATU JUTA DI LAMAN MENULIS GAYA SENDIRI G2 – APRIL 2018

    Terima kasih dan salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

  36. Hendi Setiyanto Says:

    selamat malam, wah lama juga tak mampir ke blog ini, selamat lebaran juga walau telat banget hehehe

  37. Winny Marlina Says:

    Aku juga resign kak dari kerjaan lama kemudian adaptasi lgi. Memang diatur dan mengatur itu ada pembelajaran di dalamnya

    @ Winny Marlina
    Salut untukmu Win, berani resign. Selamat beradaptasi lagi ditempat baru.

  38. Tuteh Says:

    Lama tidak update … yuk update lagi 😀

    @ Tuteh
    Sudah di update 9 – 9 – 2018, hehe..

  39. Kika Cipendawa Says:

    Selamat hari raya Mas, semoga selalu sukses. Salam kenal dari bisnis baru saya..

    @ Kika Cipendawa
    Sama sama mas.

  40. akhmad muhaimin azzet Says:

    Berkunjung lagi kemari, Mas, rasanya lama tak bersua melalui blog. Semoga sehat selalu ya, Mas…

  41. Yudhi Hendro Says:

    ayoo semangat posting lagi bang Alris…..pasti banyak cerita yg bisa dibagi buat kami….

    @ Yudhi Hendro
    Ini sudah update kang, hehehe..

  42. Himawan Sant Says:

    Ikut mendokan agar mas Alris cepat terlaksana jadi wirausaha, eh# siapa tau sekarang malah udah jadi bos ya … hehehe 😁

    Doain balik buat aku juga ya, bisa wirausaha nantinya.
    Bosan kerja ikut orang dengan aturan kerja yang tak sesuai peraturan kerja resmi.

  43. alrisblog Says:

    @ Himawan Sant : Aamiin. Semoga mas Himawan Sant berjaya jadi pengusaha. Saya masih jadi anak buah.

  44. GoTravelly Says:

    Ayooo kaka semangat menulis lagi dan semangt blog walking juga.

    Semoga usaha yang direncakan berjalan lancar dan diberi kemudahan. aamiin

    @GoTravelly
    Semoga, aamiin.

Tinggalkan komentar